MENU
SEARCH KNOWLEDGE

CTA: Arti, Manfaat, dan Fungsinya dalam Digital Marketing

23 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 1.335  
Data Driven Marketing

redcomm

Call to Action (CTA) merupakan salah satu elemen penting yang wajib ada dalam website dan mendukung kesuksesan strategi digital marketing. Apakah Anda sudah tahu apa itu CTA? Kalau belum, baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui pengertian CTA, manfaat, dan fungsinya dalam digital marketing.

Pengertian CTA

CTA atau Call to Action adalah serangkaian teks atau elemen visual dalam suatu konten atau website yang mendorong pengunjung melakukan tindakan tertentu. 

Tindakan ini bisa beragam, seperti mengisi formulir, mengklik tautan, berlangganan newsletter, atau melakukan pembelian. 

CTA bertujuan untuk mengarahkan audiens atau pengunjung website agar berinteraksi lebih lanjut dengan isi halaman website, produk, atau layanan yang Anda tawarkan.

Fungsi dan Manfaat CTA dalam Digital Marketing

1. Mengatur Alur User Journey dalam Website

CTA membantu mengatur alur perjalanan pengguna (user journey) di dalam website. Dengan menempatkan CTA yang strategis, Anda dapat mengarahkan pengunjung ke halaman-halaman yang relevan, membantu mereka menemukan informasi dengan lebih mudah, dan meningkatkan kesempatan untuk berkonversi.

2. Membuat Konten Lebih Bernilai dan Berkualitas

Dengan menggunakan CTA, Anda dapat membuat konten lebih bernilai dan berkualitas. CTA mengajak pengunjung untuk mencari tahu lebih lanjut atau mendapatkan solusi atas masalah mereka. Konten yang memberikan nilai tambah ini lebih cenderung dinilai positif oleh mesin pencari dan pengunjung.

3. Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website tanpa berinteraksi lebih lanjut setelah melihat satu halaman. 

Maka untuk memperkecil angka bounce rate, atau bahkan menurunkan potensi terjadinya bounce rate, Anda perlu menggunakan CTA yang menarik perhatian.

Misalnya, CTA berupa banner, pop-up, CTA dalam bentuk tombol disertai ajakan untuk mendapatkan hadiah, dan sebagainya. Lalu, tempatkan CTA di tempat yang strategis sehingga audiens yang melihat terdorong untuk melakukan klik. 

Semakin banyak klik, maka alur pengunjung di website Anda semakin panjang, halaman yang mereka konsumsi pun jadi lebih banyak, dan akhirnya menurunkan angka bounce rate.

4. Meningkatkan Peluang Terjadinya Konversi

Manfaat penggunaan Call to Action (CTA) berikutnya adalah meningkatkan peluang terjadinya konversi. 

Jika penggunaan CTA bisa Anda lakukan dengan efektif, bahkan mendorong audiens untuk mengikuti saran yang Anda berikan, tentunya konversi pun bisa terjadi, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian.

5. Mengajak User Segera Bertindak & Mengambil Keputusan

CTA mengajak pengunjung untuk segera bertindak dan mengambil keputusan. Ketika pengunjung merasa termotivasi oleh CTA yang kuat, mereka lebih cenderung untuk mengambil langkah-langkah yang Anda inginkan.

6. Cara Praktis Mengumpulkan Data Kontak

Call to Action juga menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan data kontak penting dari pengunjung. 

Misalnya, Anda dapat menawarkan konten eksklusif dalam pertukaran informasi kontak. Hal ini kemudian akan memungkinkan Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens.

7. Mendatangkan Lebih Banyak Leads

Dengan CTA yang efektif, Anda dapat mendatangkan lebih banyak leads. Leads adalah calon pelanggan potensial, dan dengan berbagai tindakan seperti pengisian formulir atau berlangganan, mereka menjadi aset berharga bagi bisnis Anda.

Alasan Website Bisnis Wajib Ada CTA

Mengapa website bisnis wajib memiliki CTA? Tanpa CTA, website hanya akan menjadi lembaran statis di internet. 

CTA membantu mendorong audiens berinteraksi secara aktif di suatu website, melakukan suatu tindakan yang disarankan, hingga meningkatkan fungsi website sebagai media pemasaran yang efektif. 

Terdapat beberapa alasan yang mendukung penggunaan CTA, baik untuk bisnis B2C, B2B, atau eCommerce.

  • CTA yang dibuat secara efektif membantu membangun user journey yang konsisten hingga sampai ke titik pembelian (atau jenis konversi lainnya).
  • Membangun kepercayaan dan otoritas merek bisnis. 
  • Membantu audiens memahami langkah lanjutan yang perlu dilakukan untuk berinteraksi dengan brand Anda. 
  • Membantu proses mengubah audiens menjadi pelanggan setia.


Saat membuat CTA, Anda harus terlebih dahulu memilih dan menentukan jenis CTA yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Dalam hal ini juga harus relevan dengan target audiens yang mau Anda bidik. Untuk itu, pahami dulu, yuk, 11 Jenis CTA dan Contoh Penggunaannya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER