MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Jenis CTA Berdasarkan Media yang Digunakan

14 Nov  · 
2 min read
 · 
eye 534  
Data Driven Marketing

redcomm

Dalam strategi digital marketing, pemilihan jenis CTA atau Call to Action adalah faktor utama yang akan mengarahkan calon pelanggan potensial untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, mengklik tautan, hingga melakukan pembelian. 

Namun, untuk mengoptimalkan efektivitas CTA, Anda perlu memahami jenis CTA yang digunakan harus sesuai dengan medianya. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mempelajari jenis-jenis CTA berdasarkan media yang digunakan.

5 Jenis CTA Berdasarkan Media yang Digunakan dan Contohnya

1. CTA untuk Email Marketing

Penggunaan CTA dalam strategi email marketing bermanfaat untuk mendorong pembaca melakukan tindakan setelah membaca pesan di dalam email tersebut. 

CTA di dalam email biasanya berupa tautan atau tombol yang mengarahkan pembaca untuk mengunjungi situs web, mengunduh e-book, atau melakukan pembelian.

Wording CTA yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tujuan tersebut, contohnya: 

  • “Klik di sini untuk mendapatkan penawaran spesial kami!” 
  • “Unduh panduan gratis sekarang!”
  • “Langganan buletin kami untuk penawaran eksklusif!”

2. Penggunaan CTA pada Facebook Marketing

Apa itu CTA di Facebook? CTA di Facebook adalah tombol yang ditempatkan di halaman bisnis atau iklan Facebook. 

Tombol tersebut bertujuan untuk mengarahkan pengguna Facebook yang menemukan Fanpage bisnis Anda untuk melakukan suatu tindakan yang Anda harapkan. Misalnya, mengajak mereka menghubungi nomor kontak yang Anda pasang, berkunjung ke halaman produk di website bisnis, atau mengisi formulir pemesanan. 

Contoh CTA untuk strategi pemasaran di Facebook, misalnya: 

  • “Hubungi Kami”
  • “Pelajari Lebih Lanjut”
  • “Unduh Sekarang.”


3. Jenis CTA untuk Instagram

Instagram juga memiliki macam-macam CTA yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan dan dalam berbagai konteks pemasaran online

Biasanya, CTA di IG bermaksud untuk mendorong pengguna mau berinteraksi dengan postingan maupun profil bisnis. 

Anda dapat menggunakan beberapa jenis CTA berikut untuk promosi di Instagram Bisnis:

  • “Klik link di bio kami!” 
  • “Tinggalkan komentar dan beri pendapat Anda!”
  • “Klik follow dan dapatkan konten bermanfaat setiap hari.”

4. Penempatan CTA pada Landing Page

Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk mengubah leads potensial menjadi pelanggan loyal. Penempatan CTA yang tepat pada landing page menjadi kunci kesuksesan kampanye digital yang Anda selenggarakan.

Nah, beberapa lokasi yang tepat untuk menempatkan CTA pada landing page, yaitu di atas halaman promosi utama, di tengah halaman setelah memberikan informasi penting terkait penawaran yang menarik, dan di bagian bawah halaman setelah testimoni atau ulasan. Bahkan Anda juga bisa menempatkan CTA pada sidebar dan dalam bentuk banner yang bisa di-klik.

5. CTA pada Website

Di website, CTA bertindak sebagai pemandu yang mengarahkan pengunjung, sekaligus navigasi yang membantu pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Penempatan yang strategis dan pesan yang jelas dapat meningkatkan potensi terciptanya konversi. 

Anda bisa menggunakan beberapa contoh CTA, seperti:

  • “Daftar sekarang!”
  • “Beli produk ini sekarang!”
  • “Hubungi kami untuk konsultasi gratis!”

Analisis Keberhasilan CTA

Setelah memasang Call to Action (CTA), Anda tetap perlu melakukan analisis tingkat keberhasilan CTA. Caranya, analisis funnel marketing dan sesi kunjungan. 

Menganalisis funnel marketing membantu Anda memahami perjalanan pelanggan dari awal mereka menemukan situs web bisnis Anda hingga akhirnya memutuskan pembelian. Pahami juga di titik mana pelanggan berhenti atau elemen CTA yang mana yang tidak mereka sentuh. 

Selain itu, analisis sesi kunjungan juga membantu Anda menganalisis efektivitas CTA. Apakah pelanggan akhirnya melakukan klik pada CTA yang berbunyi, “Penawaran Terbatas”, “Isi Formulir Pemesanan untuk Harga Diskon”, dan sebagainya. 

Lalu, cari tahu juga CTA mana saja yang sama sekali tidak pelanggan klik, dan lakukan perbaikan.

Perbaikan yang mungkin Anda lakukan, misalnya memindahkan posisi dan letak tombol CTA, mengganti kata-kata yang Anda gunakan sebagai ajakan untuk melakukan tindakan, dan sebagainya. 

Buat catatan progress keseluruhan dari penerapan CTA pada website sehingga Anda punya rekam jejak, mana strategi CTA yang berhasil dan mana yang tidak, serta perbaikan seperti apa yang sudah dilakukan sehingga semua tombol CTA di situs web bisnis bisa memiliki kinerja yang maksimal.


Memahami jenis CTA yang sesuai dengan media yang digunakan adalah langkah penting dalam strategi pemasaran digital. Setiap media memiliki karakteristik unik, dan CTA yang efektif harus disesuaikan dengan media tersebut. Supaya penerapan dan pemasaran CTA tepat, coba pelajari juga Contoh CTA yang Efektif dan Faktor Pendorong Terjadinya Klik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER