Interaksi adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam membuat visualisasi data multivariat dengan dimensi tinggi. Ada dua aspek yang biasanya ditampilkan. Pertama, banyaknya variabel dalam data multivariat yang tidak dapat disajikan seluruhnya karena adanya keterbatasan ruang visualisasi. Kedua, kesulitan mengekspresikan struktur kompleks data yang memiliki dimensi tinggi.

 

Untuk membuat visualisasi data, dibutuhkan teknologi interaktif yang modern. Komunikasi antara operator dengan antarmuka sistem operasi juga termasuk interaksi. Jadi, pengguna bisa memperoleh sejumlah informasi yang diinginkan dengan lebih selektif. 

 

Salah satu contoh manfaat visualisasi data adalah ketika Anda ingin melihat jumlah total penjualan setiap bulan. Hal yang umum dilakukan, misalnya membuat laporan bulanan secara rutin, yang kemudian akan digabung supaya bisa mendapatkan perbandingan hasil terkini dengan hasil sebelumnya.

 

Bukan perkara mudah menemukan dan membandingkan data dengan cara seperti ini. Bahkan bisa saja menimbulkan kesalahan fatal. Namun, dengan adanya visualisasi data yang interaktif, akan ada filter yang bisa difungsikan untuk menampilkan data yang diinginkan.

 

Lantas, bagaimana jika ingin menjadikan visualisasi data terlihat interaktif di dalam dashboard? Anda bisa menggunakan query parameter untuk aplikasi visualisasi data.

 

 

4 Fungsi Query Parameter Dasar dan Skenario Interaksinya

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai empat fungsi query parameter dasar, lengkap dengan skenario interaksi yang bisa Anda coba. Silakan disimak!

 

  1. Filter Parameter

Filter parameter merupakan fungsi paling dasar dari visualisasi data interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat melakukan filter untuk berbagai macam data yang berbeda, menyesuaikan dengan kondisi yang Anda inginkan. Ketika menggunakan filter parameter ini, Anda bisa langsung dapat mengubah tabel-tabel yang ada menjadi diagram untuk penyajian data yang lebih menarik.

 

Dengan menggunakan filter, seluruh data akan diperiksa. Kemudian ditampilkan sesuai dengan nilai default parameternya. Anda bebas memilih periode waktu dan data lainnya untuk mendapatkan query data yang Anda mau. 

 

Anda akan menemukan dengan mudah jumlah penjualan setiap pelanggan, penjualan dari setiap karyawan, bahkan penjualan yang dihasilkan oleh para marketing dari cabang mana saja dengan tanggal, bulan, dan tahun berapa pun yang diinginkan.

 

  1. Keterkaitan Parameter

Anda dapat menautkan dua atau lebih komponen, sehingga mencapai hubungan asosiasi antar-data yang ada dengan cara mengaitkan diagram data. Manfaatkan fungsi aplikasi pada visualisasi data untuk menunjukkan seberapa banyak cabang bisnis yang dimiliki di berbagai wilayah penjualan, lengkap dengan tingkat keuntungan yang didapatkan. 

 

Saat menggunakan fungsi tautan bagan dan Anda mengklik salah satu area di kolom pertama, bagan-bagan lainnya akan menginformasikan akun pesanan dari para pelanggan, riwayat pesanan, lengkap dengan perkiraan pesanan dalam kurun waktu triwulan dari area yang dipilih.

 

Tak hanya itu, manfaat visualisasi data ini dapat menginformasikan beberapa hal, seperti laporan analisis produk, laporan arus kas, dan sebagainya.

 

 

  1. Keterkaitan Perincian

Poin nomor tiga ini adalah fitur umum yang berasal dari bagan dinamis. Fungsi utamanya, untuk memperluas cakupan data yang ada dalam jumlah tak terbatas, serta untuk mendapatkan data terperinci yang ditampilkan dengan dimensi lebih tinggi daripada yang lain.

 

Contohnya, Anda dapat menelusuri penjualan dari satu negara, lalu ke provinsi, kemudian ke kotanya. Anda bisa memfilter data tersebut berdasarkan slider yang ada, yang posisinya berada di sebelah kanan tampilan. 

 

Anda juga dapat menambahkan fungsi linkage berdasarkan peta drill-down. Caranya, klik area di sebelah kiri peta, lalu di sebelah kanannya akan muncul tabel rincian  dan data grafik untuk area tersebut. 

 

Dalam visualisasi data interaktif, keterkaitan drill-down ini banyak sekali dipakai. Umumnya digunakan untuk informasi tur, analisis keuangan pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Menggunakan keterkaitan drill-down membuat mata Anda tidak lelah dalam mengecek satu persatu data yang tidak sedikit.

 

  1. Tampilan Dinamis dari Panel Parameter

Hal yang sering dialami ketika menggunakan fungsi query parameter adalah kondisi query tertentu yang baru bisa muncul ketika ada persyaratan tertentu yang sudah terpenuhi. Contohnya, saat Anda memilih laporan, bisa dipilih “berdasarkan hari”, lalu akan ditampilkan “tanggal mulai” dan juga “tanggal akhir”. 

 

Jika memilih “berdasarkan bulan”, kontrol tanggal akan disembunyikan dan yang ditampilkan hanya tahun dan bulan saja. Kemudian, ketika Anda memilih “berdasarkan tahun”, maka yang tampil hanya tahun saja.

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai manfaat query parameter untuk membuat visualisasi data yang interaktif. Anda telah mempelajari berbagai macam teknik visualisasi interaktif yang penting, bukan?

 

 

Perlu Anda perhatikan, sangat penting untuk selalu membuat tabel dan bagan Anda menjadi dinamis, serta membuat hubungan antara bagan yang berbeda agar menghasilkan interaksi terbaik saat pembacaan data.

 

Sepintas, membuat visualisasi data terlihat merepotkan dan cukup membingungkan. Namun, ketika Anda mendalami query parameter dan mempelajari satu per satu fungsinya, lambat laun Anda akan memahami. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan analisis data. Anda dapat mengumpulkan seluruh data bisnis dalam satu tampilan yang dinamis, menarik secara visual, dan tentu saja interaktif sehingga mudah dipelajari.