DDM atau Data Driven Marketing adalah metode pemasaran berbasis data. Setiap strategi pemasaran yang diambil mengacu pada data keterlibatan dan interaksi konsumen, tanpa mempertimbangkan faktor lain.
DDM atau Data Driven Marketing adalah metode pemasaran berbasis data. Setiap strategi pemasaran yang diambil mengacu pada data keterlibatan dan interaksi konsumen, tanpa mempertimbangkan faktor lain.
Dalam Redcomm Knowledge kali ini, Anda bisa mempelajari tips memaksimalkan data driven untuk meningkatkan penjualan bisnis. Simak ulasannya, yuk.
Data driven marketing adalah pendekatan pemasaran yang memanfaatkan data untuk membuat keputusan strategis demi mengoptimalkan kinerja kampanye pemasaran.
Menggunakan strategi data driven marketing, Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran agar sesuai dengan pola kebiasaan konsumen, dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan.
Prinsip sederhananya, pendekatan berbasis data, terutama dari sumber data yang akurat, memungkinkan Anda berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Hal ini sejalan dengan prinsip bisnis sesungguhnya, yang mana bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik.
Meskipun data driven berorientasi pada konsumen, namun di tahap awal Anda tetap perlu menggali informasi dari pihak internal terkait kondisi di dalam perusahaan. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan, antara lain:
Selain membenahi kerja tim sales agar lebih optimal, pemetaan proses penjualan berbasis data seperti ini juga bisa mendorong akurasi lebih baik.
Dengan cara ini, para leader departemen bisa mengidentifikasi strategi dan pola marketing yang lebih efektif sekaligus efisien.
Proses optimalisasi data driven marketing dilanjutkan dengan cara mengidentifikasi setiap konsumen yang pernah melakukan transaksi.
Proses identifikasi ini merupakan langkah awal pembuatan demografi data untuk mengumpulkan profil konsumen yang memenuhi syarat sebagai prospek berkualitas.
Prospek berkualitas adalah konsumen yang berpotensi besar melakukan transaksi.
Konsumen yang masuk dalam kelompok ini akan diberi penawaran menurut pola transaksi periode sebelumnya, sehingga perusahaan bisa memaksimalkan keuntungan.
Apabila membuat data demografi konsumen secara manual terasa sulit, Anda bisa menggunakan software khusus.
Penggunaan software membuat proses pengumpulan data demografi berjalan otomatis, sehingga Anda tinggal menerima dan membaca data tanpa repot menyusun demografi konsumen.
Ini menjadi teknik pengolahan data yang bagus untuk proses data analisis bisnis.
Dalam penerapannya, data driven marketing mengacu pada insight penjualan. Artinya, Anda perlu mendapatkan informasi sebanyak mungkin, seperti:
Jangan hanya berfokus pada penjualan. Anda juga perlu membuat dan membagikan konten. Konten adalah hal yang paling dicari pengguna internet, entah untuk mendapatkan informasi, inspirasi, hiburan, mencari solusi, atau untuk sekadar menambah wawasan.
Pelajari jenis konten seperti apa yang disukai oleh pelanggan, kapan waktu terbaik untuk posting, dan sebagainya.
Semua data terkait pelanggan ini perlu tim sales kumpulkan dan susun rapi, kemudian diserahkan kepada tim marketing untuk diproses lebih lanjut.
Tim marketing akan memaksimalkan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya, sehingga bisa menyumbang lebih banyak traffic maupun meningkatkan penjualan.
Salah satu keunggulan utama dari data driven marketing adalah kemampuannya dalam memberi informasi secara real time.
Dengan menggunakan data yang diperbarui secara berkala, Anda dapat segera menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan tren dan perubahan perilaku konsumen yang terjadi.
Ini sangat penting dalam dunia bisnis yang dinamis, di mana permintaan dan preferensi konsumen dapat berubah dengan cepat.
Data driven marketing tidak hanya bergantung pada pengumpulan data, tetapi juga pada pemahaman dan analisis data tersebut.
Maka penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan analytics tools yang dapat memproses dan menganalisis data secara efisien.
Fungsi analytics tools, antara lain:
Penerapan data driven marketing adalah langkah strategis yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan secara efektif dan efisien.
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, mengandalkan insting saja tidak cukup. Pemasaran berbasis data adalah kunci untuk memahami kebutuhan konsumen dan memenangkan persaingan.
Oleh karena itu pelajari juga, yuk: Kombinasi Web Data Analytics dan Data Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis yang Lebih Baik.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC