knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Meningkatkan...

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Data Driven Marketing

15 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 7.519  
Analisis Data

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Data Driven Marketing

DDM atau Data Driven Marketing adalah metode pemasaran berbasis data. Setiap strategi pemasaran yang diambil mengacu pada data keterlibatan dan interaksi konsumen, tanpa mempertimbangkan faktor lain.

Dalam Redcomm Knowledge kali ini, Anda bisa mempelajari tips memaksimalkan data driven untuk meningkatkan penjualan bisnis. Simak ulasannya, yuk.

Mengenal Apa Itu Data Driven Marketing

Data driven marketing adalah pendekatan pemasaran yang memanfaatkan data untuk membuat keputusan strategis demi mengoptimalkan kinerja kampanye pemasaran.

Menggunakan strategi data driven marketing, Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran agar sesuai dengan pola kebiasaan konsumen, dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan. 

Prinsip sederhananya, pendekatan berbasis data, terutama dari sumber data yang akurat, memungkinkan Anda berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Hal ini sejalan dengan prinsip bisnis sesungguhnya, yang mana bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik.

Tips Memaksimalkan Data Driven untuk Meningkatkan Penjualan

1. Mengetahui Pola Terbaik Tim Marketing

Meskipun data driven berorientasi pada konsumen, namun di tahap awal Anda tetap perlu menggali informasi dari pihak internal terkait kondisi di dalam perusahaan. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan, antara lain:

  • Breakdown aktivitas tim sales. Berapa banyak meeting yang tim sales lakukan setiap minggu. Bagaimana pola pengiriman email marketing dan copywriting pada email? Bahkan Anda perlu tahu cara tim sales menerima panggilan konsumen, dan lain sebagainya.
  • Buatlah data statistik dari aktivitas tersebut dalam format yang mudah dibaca karyawan. Kemudian masukkan ke dashboard yang bisa diakses oleh setiap departemen agar bisa menjadi fokus perhatian bersama.
  • Gunakan matriks berisi data aktivitas penjualan setiap tim sales sebagai perbandingan antar departemen.
  • Cari tahu tim sales mana saja yang memiliki performa rendah. Lalu minta mereka mengikuti langkah-langkah yang diterapkan tim sales dengan performa penjualan yang sudah bagus.

Selain membenahi kerja tim sales agar lebih optimal, pemetaan proses penjualan berbasis data seperti ini juga bisa mendorong akurasi lebih baik.

Dengan cara ini, para leader departemen bisa mengidentifikasi strategi dan pola marketing yang lebih efektif sekaligus efisien.

2. Mencari Tahu Data Prospek

Proses optimalisasi data driven marketing dilanjutkan dengan cara mengidentifikasi setiap konsumen yang pernah melakukan transaksi.

Proses identifikasi ini merupakan langkah awal pembuatan demografi data untuk mengumpulkan profil konsumen yang memenuhi syarat sebagai prospek berkualitas.

Prospek berkualitas adalah konsumen yang berpotensi besar melakukan transaksi.

Konsumen yang masuk dalam kelompok ini akan diberi penawaran menurut pola transaksi periode sebelumnya, sehingga perusahaan bisa memaksimalkan keuntungan.

Apabila membuat data demografi konsumen secara manual terasa sulit, Anda bisa menggunakan software khusus.

Penggunaan software membuat proses pengumpulan data demografi berjalan otomatis, sehingga Anda tinggal menerima dan membaca data tanpa repot menyusun demografi konsumen.

Ini menjadi teknik pengolahan data yang bagus untuk proses data analisis bisnis.

3. Menganalisis Jangkauan dan Keterlibatan Pelanggan

Dalam penerapannya, data driven marketing mengacu pada insight penjualan. Artinya, Anda perlu mendapatkan informasi sebanyak mungkin, seperti:

  • Jangkauan dan keterlibatan pelanggan terhadap brand maupun produknya.
  • Mempelajari pola konsumen dalam bertransaksi.
  • Anda sebagai leader atau pemilik usaha juga perlu mencari tahu media penyumbang sales terbanyak, apakah melalui website, Facebook ads, Instagram ads, atau mungkin iklan di YouTube.

Jangan hanya berfokus pada penjualan. Anda juga perlu membuat dan membagikan konten. Konten adalah hal yang paling dicari pengguna internet, entah untuk mendapatkan informasi, inspirasi, hiburan, mencari solusi, atau untuk sekadar menambah wawasan.

Pelajari jenis konten seperti apa yang disukai oleh pelanggan, kapan waktu terbaik untuk posting, dan sebagainya.

Semua data terkait pelanggan ini perlu tim sales kumpulkan dan susun rapi, kemudian diserahkan kepada tim marketing untuk diproses lebih lanjut.

Tim marketing akan memaksimalkan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya, sehingga bisa menyumbang lebih banyak traffic maupun meningkatkan penjualan.

4. Memanfaatkan Data Real-Time

Salah satu keunggulan utama dari data driven marketing adalah kemampuannya dalam memberi informasi secara real time.

Dengan menggunakan data yang diperbarui secara berkala, Anda dapat segera menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan tren dan perubahan perilaku konsumen yang terjadi.

Ini sangat penting dalam dunia bisnis yang dinamis, di mana permintaan dan preferensi konsumen dapat berubah dengan cepat.

5. Mengoptimalkan Penggunaan Analytics Tools

Data driven marketing tidak hanya bergantung pada pengumpulan data, tetapi juga pada pemahaman dan analisis data tersebut.

Maka penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan analytics tools yang dapat memproses dan menganalisis data secara efisien.

Fungsi analytics tools, antara lain:

  • Membantu mengidentifikasi pola perilaku konsumen.
  • Memprediksi penjualan di masa depan.
  • Perusahaan lebih mudah melakukan segmentasi pasar.
  • Memudahkan penentuan target audiens yang spesifik.
  • Menciptakan strategi pemasaran yang lebih personal dan relevan.


Penerapan data driven marketing adalah langkah strategis yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan secara efektif dan efisien.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, mengandalkan insting saja tidak cukup. Pemasaran berbasis data adalah kunci untuk memahami kebutuhan konsumen dan memenangkan persaingan. 

Oleh karena itu pelajari juga, yuk: Kombinasi Web Data Analytics dan Data Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis yang Lebih Baik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER