Jika berbicara tentang strategi digital marketing dalam menarik calon konsumen melalui dunia maya atau internet itu memang tak pernah ada habisnya. Ada banyak cara dan konsep yang bisa Anda coba, salah satunya lead generation. Lead generation adalah sebuah metode klasik yang masih dipakai hingga saat ini untuk menggaet pelanggan potensial. Jika dulu dilakukan melalui kontak nomor telepon, sekarang tentu lebih banyak lagi pilihannya. Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan mengenai lead generation berikut ini. 

 

Pengertian Lead Generation 

Lead merupakan sebuah cara yang tergolong klasik atau bisa dikatakan konvensional untuk menarik konsumen, termasuk di era digital business sekarang ini. Jadi, perusahaan atau brand melakukan pendekatan dengan menghubungi calon konsumen. Mungkin saat ini, model promosi seperti ini bisa dikatakan memaksa, tetapi jika Anda mengemasnya dengan balutan kalimat yang ramah, sopan, dan menarik perhatian, maka secara tidak sadar calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda. 

 

 

Apa Tujuan Lead Generation? 

Mendapatkan calon konsumen yang baru serta berpotensi memberikan keuntungan bagi perusahaan merupakan tujuan utama dari strategi lead generation. Sebuah produk atau jasa yang Anda miliki tentu ditargetkan juga pada calon pelanggan baru yang belum mengetahui tentang produk Anda. Sebab, jika Anda hanya berpatokan pada pelanggan lama, maka bisnis Anda bisa jalan di tempat dan tidak ada kemajuan. Untuk itu, Anda wajib bereksplorasi lebih banyak lagi dari sebelumnya dalam mengembangkan bisnis melalui internet marketing strategies, termasuk mencoba teknik lead generation

 

Jenis Lead Generation 

  1. Telepon 

Dengan mengumpulkan nomor telepon calon konsumen dan memberikan penawaran terbaik Anda kepada mereka satu demi satu, ini merupakan metode yang luar biasa menguras tenaga dan penuh tantangan. Kendala yang seringkali dihadapi adalah pemutusan komunikasi saat Anda sebagai pihak penjual sedang menawarkan produk. Maka dari itu, lebih baik jika Anda membuat janji terlebih dahulu sebelum melakukan telepon agar calon konsumen tidak merasa terganggu dan memberikan respons yang baik.  

 

 

  1. Melakukan Pameran Produk 

Jenis atau konsep lead yang satu ini paling baik dalam memberikan peluang untuk menggaet calon konsumen. Mengapa begitu? Karena umumnya dilakukan melalui sebuah acara atau pameran yang diselenggarakan di luar ruangan. Ini memberikan kesan santai dan tidak begitu memaksa. Pameran produk, promosi, atau kolaborasi dengan event tertentu akan lebih cepat dalam menaikkan rating pengunjung. Selain itu, pengunjung yang datang pun akan berpotensi membeli produk lebih banyak.  

 

Hanya saja, risiko dalam melakukan lead jenis ini adalah Anda membutuhkan biaya sewa tempat yang cukup besar. Namun jangan khawatir, biaya itu akan terbayar lunas ketika Anda mendapatkan manfaat lainnya, seperti relasi akan bertambah dengan sendirinya, keuntungan dari penjualan langsung, atau bisa jadi mendapatkan reseller

 

  1. Sistem Online

Saat ini, tidak dipungkiri jika internet marketing services melalui blog, website, media sosial atau promosi iklan online memang sedang digemari. Bahkan beberapa perusahaan biasanya bekerja sama dengan digital agency Indonesia agar promosi digital berjalan sesuai rencana dan bisa meraih target yang ditetapkan.

 

Mendatangkan lead dari kegiatan dan penerapan strategi digital marketing merupakan hal yang bagus dan investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Sebab, jangkauannya lebih luas, tak terbatas wilayah. Apalagi pengguna internet di Indonesia tergolong banyak, terutama user yang senang mengakses media sosial. Selain itu, Anda pun bisa lebih hemat biaya promosi, waktu mengurusi iklan, dan tenaga.  

 

 

  1. Media Cetak 

Saat ini, melakukan pemasaran melalui media cetak masih bisa dilakukan. Anda bisa menjalin kerja sama dengan media cetak manapun, dan hal ini termasuk dalam trik pemasaran yang bagus. Sebagai contoh, koran daerah yang banyak beredar di dalam masyarakat selalu menyediakan konten iklan dalam berbagai bentuk. Dalam kolom iklan yang disediakan, Anda bisa menyisipkan kupon undian atau voucher diskon tertentu. Umumnya, pembaca setia koran yang melihatnya akan merasa tertarik dan memikirkan bagaimana caranya agar bisa membeli atau mendapatkan produk yang Anda tawarkan. 

 

Itulah beberapa jenis lead generation yang ada. Anda bisa mencobanya pada bisnis Anda. Keberhasilan dari trik tergantung bagaimana Anda menerapkannya serta strategi seperti apa yang Anda lakukan dalam menyelenggarakan campaign digital. Untuk memudahkan proses lead generation, Anda juga bisa bekerja sama dengan Redcomm yang telah memiliki banyak pengalaman membantu para pebisnis mengembangkan bisnisnya.