MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Menarik Leads Berkualitas Terbaru dan Terkini

23 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 1.080  
Data Driven Marketing

redcomm

Dalam dunia bisnis, mendapatkan leads atau calon pelanggan potensial adalah langkah krusial yang akan menentukan keberhasilan bisnis. Sebab, perusahaan yang tak memiliki pelanggan loyal akan sulit berkembang. Untuk itu, terapkan yuk beberapa strategi lead generation untuk mendapatkan leads berkualitas di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Cara Menarik Leads Berkualitas Terbaru dan Terkini

1. Kuis dan Formulir di Website

Menyediakan kuis yang mengajak audiens terlibat atau formulir untuk audiens isi menjadi salah satu cara menarik leads berkualitas secara lebih efektif. 

Contoh kuisnya bisa berupa berapa banyak audiens mengenal produk atau layanan bisnis Anda. Bisa pula kuesioner mengenai apa sih yang audiens butuhkan. 

Untuk mendorong mereka mau menjawab kuis tersebut atau mengisi formulir yang disediakan, Anda bisa menyediakan “sedikit” hadiah, seperti e-book yang relevan dengan audiens, sample produk gratis, free menggunakan layanan untuk jangka waktu tertentu, dan sebagainya.

Selain itu, pastikan ketika pengisian kuis maupun formulir, mintalah audiens untuk memberikan data kontak mereka (yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda), yaitu nama, alamat email, nomor telepon / HP, dan sebagainya.

2. Hubungi Calon Pelanggan Potensial

Setelah memiliki daftar kontak, yang berupa nama, alamat email, dan sebagainya, dari kuis atau formulir di website, Anda perlu melakukan analisis dan menyortir data. Mulailah dengan melacak data leads di media sosial LinkedIn. 

LinkedIn adalah platform media sosial para profesional yang berfokus pada bisnis. Fokuskan analisis Anda pada leads yang berposisi sebagai eksekutif, pengambil keputusan di suatu perusahaan, atau pemangku kepentingan lainnya. 

Menghubungi para eksekutif dengan industri yang relevan dengan bisnis Anda akan membantu Anda mendapatkan leads potensial dengan tingkat kemungkinan konversi lebih besar. Di saat yang sama, pastikan ketika memulai komunikasi, Anda tidak serta merta promosi. 

Cobalah untuk menjalin hubungan baik dulu, baru kemudian mempresentasikan produk atau layanan bisnis Anda dengan cara yang menarik, soft selling, tanpa berusaha memaksa yang bisa membuat orang kesal. 

Alangkah lebih baik lagi kalau Anda terlebih dahulu mencari pain point (masalah) yang mereka hadapi, kemudian beri mereka solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ingin tahu lebih banyak cara berkirim email kepada calon pelanggan potensial, pelajari juga beberapa artikel yang membahas mengenai email marketing, seperti:

3. Dapatkan Referensi

Anda pasti pernah mengalami membeli suatu produk atau menggunakan layanan bisnis berdasarkan referensi dari seseorang. Begitu pun dengan konsumen di luar sana.

Maka mintalah kepada pelanggan yang puas dengan produk atau layanan yang Anda berikan, untuk merekomendasikannya kepada orang lain. Orang-orang biasanya lebih percaya kepada bisnis yang direkomendasikan oleh teman atau keluarga.

4. Konten Berkualitas di Blog

Buat dan sediakan konten berkualitas, informatif, dan relevan dengan kebutuhan audiens. Bentuknya bisa berupa artikel, video, foto, tabel, atau infografis. Konten yang bermanfaat dan bisa membantu audiens menyelesaikan masalah mereka akan menarik lebih banyak kunjungan ke website Anda.

Setelahnya, lengkapi halaman konten tersebut dengan Call to Action (CTA) yang mengarahkan audiens ke landing page atau klik banner untuk memperbesar peluang terjadinya konversi.

Jika audiens menganggap konten di website Anda memberi solusi untuk menyelesaikan masalah mereka, maka semakin besar kemungkinan mereka melakukan klik pada CTA atau malah langsung berkunjung ke halaman produk dan melakukan pembelian.

5. Kontes dan Hadiah

Mengadakan kontes dengan hadiah menarik dapat menjadi cara lain untuk menarik leads. Buatlah persyaratan kontes yang mengharuskan peserta untuk berbagi informasi kontak mereka. 

Jika hadiahnya sepadan, tentu audiens tak akan segan berusaha memenangkan hadiah dan memenuhi persyaratan yang Anda tetapkan.

6. Libatkan Tim Penjualan

Tim penjualan adalah aset berharga dalam menarik leads berkualitas. Untuk itu, Anda perlu melatih dan memastikan tim penjualan memahami tugasnya dengan baik serta punya pengetahuan tentang produk, manfaatnya, serta benefit yang bisa audiens dapatkan.

Di saat yang sama, tim penjualan juga perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa mendorong leads yang sudah tertarik dengan produk maupun layanan bisnis, mau langsung melakukan transaksi.

7. Optimalkan Penggunaan Sosial Media

Saat ini, sosial media menjadi platform yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan. Nah, media sosial juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak leads berkualitas lho.

Caranya bagaimana? Anda bisa mulai dengan memilih platform media sosial yang tepat untuk menyelenggarakan social media campaign. Kemudian buatlah konten dan sertakan hashtag yang relevan.

Cara lain, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk membangun brand awareness di media sosial sekaligus membangun interaksi. Bahkan, Anda dapat pula menggunakan iklan berbayar untuk menarik perhatian leads potensial.

8. Job Application

Jika bisnis Anda memiliki posisi pekerjaan yang tersedia, manfaatkan proses penerimaan karyawan untuk menarik leads berkualitas. Dalam formulir aplikasi pekerjaan, mintalah informasi kontak dan pertanyaan yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda miliki.

9. Konten yang Bisa Diunduh

Buatlah konten yang bisa diunduh, seperti ebook, panduan, atau whitepaper, yang menawarkan nilai tambah kepada audiens. 

Untuk mengakses konten tersebut, audiens perlu memasukkan sejumlah informasi yang Anda butuhkan. Nanti informasi kontak tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyelenggarakan email marketing, retargeting, remarketing, atau bentuk campaign lainnya.


Semoga 9 cara menarik leads berkualitas di atas bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak leads. Bahkan Anda bisa menggabungkan beberapa metode di atas untuk menemukan yang paling sesuai dan paling berhasil. 

Jika ingin lebih praktis tanpa repot mengumpulkan data leads tersebut dahulu, bagus juga kalau Anda bekerja sama saja dengan digital marketing agency Jakarta terpercaya, seperti Redcomm Indonesia. Tim Redcomm yang profesional dan berpengalaman siap membantu Anda.  Yuk, langsung saja isi kontak form berikut: Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER