Aset perusahaan yang paling berharga adalah apa yang pelanggan katakan tentang bisnis dan produk Anda, serta bagaimana mereka melihat perusahaan Anda. Inilah yang dikenal dengan nama reputasi bisnis.
Aset perusahaan yang paling berharga adalah apa yang pelanggan katakan tentang bisnis dan produk Anda, serta bagaimana mereka melihat perusahaan Anda. Inilah yang dikenal dengan nama reputasi bisnis.
Nah, bagaimana cara membangun reputasi bisnis? Bisakah memanfaatkan content marketing? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini, yuk.
Saat ini dunia online sudah begitu ramai dengan berbagai bisnis yang berebut pasar. Persaingan pun semakin ketat. Siapa yang bisa menarik perhatian banyak orang, maka bisa menguasai pasar.
Penerapan digital marketing strategy yang tepat menjadi salah satu cara terbaik mendapatkan lebih banyak calon pelanggan. Pelengkap yang mendukung dalam penerapan metode pemasaran media online ini adalah content marketing.
Pernah mendengar istilah content is king atau konten adalah raja? Ya, konten yang Anda buat untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bisnis, akan menjadi kunci utama yang menentukan, apakah calon pelanggan tertarik dengan brand dan produk Anda ataukah tidak.
Di saat yang sama, menggunakan strategi konten yang tepat bisa membantu Anda membentuk persepsi yang positif atas bisnis yang Anda jalankan, memperkuat brand identity dan brand image, lalu akhirnya bisa membangun reputasi bisnis.
Content marketing berbeda dengan sponsored content. Pengertian content marketing adalah strategi yang digunakan dalam kegiatan pemasaran maupun promosi, yang berfokus pada pembuatan konten yang relevan dengan target audiens, memiliki nilai, dan bermanfaat bagi banyak orang.
Konten tersebut kemudian didistribusikan secara konsisten melalui media yang tepat sehingga bisa menarik minat audiens. Bahkan bisa mendorong audiens untuk melakukan tindakan pembelian yang mendatangkan keuntungan bisnis.
Dengan kata lain, produk dan layanan bisnis Anda akan diketahui banyak orang jika Anda bisa menghadirkan banyak konten yang bagus secara online. Apakah harus konten online?
Tidak juga, namun dengan membuat konten online, Anda bisa menjangkau pengguna internet di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Artinya, jangkauan pemasaran pun menjadi lebih luas.
Sebelum membahas lebih banyak mengenai konten marketing, ada baiknya ketahui dulu manfaat content marketing untuk membangun reputasi bisnis.
Konten online yang Anda buat secara optimal dengan menyertakan beberapa kata kunci yang relevan, akan meningkatkan peluang website bisnis dikunjungi lebih banyak pembeli.
Hal ini karena pemilihan kata kunci yang tepat membantu mesin pencari seperti Google menemukan situs Anda, melakukan crawling, indexing, dan akhirnya menampilkan situs bisnis Anda di halaman pertama mesin pencari.
Dalam penilaian Google, website yang memiliki konten bagus, original, dan informatif, akan mendapatkan tempat di halaman pertama.
Ketika website bisnis berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google, tentunya konten itu lebih mudah menjangkau pengunjung, yang berpotensi pula meningkatkan pembelian.
Selanjutnya, pembuatan konten online dalam konteks pemasaran bisnis mampu menjadikan website bisnis Anda lebih profesional.
Website yang rutin update konten terbaru, akan memberikan kesan kepada pengunjung kalau website dikelola dengan baik dan secara profesional.
Di sisi lain, jika website jarang atau tidak pernah update konten, pengunjung website bisa bertanya-tanya, apakah perusahaan ini masih aktif?
Apakah perusahaan dengan website yang kurang aktif begini mampu memberikan layanan pelanggan yang baik?
Contoh sederhana, suatu hari Anda mengunjungi dua website bisnis yang serupa untuk mencari informasi terbaru berkaitan dengan produk maupun layanan yang tersedia.
Website pertama, melakukan update konten secara rutin. Ketika ada pelanggan yang mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar atau meninggalkan jejak pertanyaan di kolom chatbot (jika tersedia), mereka akan langsung memberikan jawaban.
Website kedua, konten terakhir yang tayang di website adalah konten 6 bulan yang lalu. Saat ada pengunjung website mengajukan pertanyaan di kolom komentar, tak kunjung mendapatkan jawaban.
Dari kedua website ini, mana yang akan Anda pilih untuk melakukan tindakan selanjutnya? Misalnya, untuk melakukan pembelian atau ingin mengajak kerjasama.
Jawaban yang Anda berikan terkait dua website dalam contoh di atas, sejalan dengan jawaban yang sebagian besar diberikan oleh pengunjung suatu website. Untuk mengetahui secara pasti mengenai hal ini, Anda bisa melakukan survei untuk riset pasar.
Bisnis dengan situs web yang selalu update konten tentu memiliki nilai lebih dibandingkan bisnis dengan situs web yang kontennya jarang atau tidak pernah diperbarui.
Fakta yang saat ini tak bisa Anda pungkiri adalah banyak konsumen lebih mempercayai bisnis yang informasi kontennya selalu up to date.
Apalagi kebiasaan masyarakat modern sekarang selalu membaca banyak informasi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan pembelian.
Alasan berikutnya, konten marketing yang Anda buat dengan serius menunjukkan keseriusan pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya. Apalagi kalau Anda bisa memprediksi tren konten lebih dulu dari kompetitor.
Pelanggan jelas melihat hal ini, sebab mereka juga ingin dilayani dengan baik atas apa pun tindakan yang akhirnya mereka ambil, baik saat mau menjalin hubungan, melakukan transaksi, dan sebagainya.
Ketika suatu bisnis telah mendapatkan nilai yang baik dan kepercayaan dari pelanggan, reputasi dan kredibilitas perusahaan pun akan mengalami peningkatan ke arah yang baik.
Terakhir, penyediaan dan pembuatan content marketing dalam penerapan strategi digital marketing mampu meningkatkan omzet penjualan secara signifikan.
Semua kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan reputasi dan nama baik brand, tujuannya tentu saja agar proses pemasaran bisa berjalan dengan baik dan mencapai akhir berupa terjadinya transaksi.
Namun harus diingat, penerapan strategi content marketing membutuhkan konsistensi sehingga manfaat content marketing dapat membantu Anda membangun reputasi bisnis. Jangan lupa, terapkan juga strategi content marketing matrix.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC