Ketika melihat perkembangan suatu bisnis, tahukah Anda apa aset bisnis yang paling berharga bagi suatu perusahaan? Aset perusahaan yang paling berharga adalah apa yang dikatakan oleh pelanggan yang telah membeli dan mencoba produk Anda, serta bagaimana pandangan orang-orang terhadap perusahaan Anda. Ini juga dikenal sebagai reputasi bisnis suatu perusahaan. Pertanyaannya, apakah manfaat content marketing bisa membangun reputasi bisnis usaha Anda?

 

Mengenal Istilah Content Marketing

Saat ini dunia online sudah begitu ramai dengan berbagai bisnis yang berebut pasar. Persaingan jadi semakin ketat hingga siapa yang bisa menarik perhatian banyak orang, dalam hal ini menarik perhatian calon pelanggan, bisa jadi brand tersebut akan menguasai pasar. Penerapan digital marketing strategy yang tepat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan. Dan pelengkap yang mendukung dalam penerapan metode pemasaran media online ini adalah content marketing

 

Pernah mendengar istilah content is king atau konten adalah raja? Ya, konten yang Anda buat untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bisnis Anda akan menjadi kunci utama yang menentukan, apakah calon pelanggan tertarik dengan brand dan produk Anda ataukah tidak.

 

 

Content marketing adalah strategi yang digunakan dalam kegiatan pemasaran ataupun promosi, yang berfokus pada pembuatan konten yang sesuai, memiliki nilai dan manfaat, yang bisa membantu pelanggan. Konten tersebut kemudian didistribusikan secara konsisten melalui media yang tepat sehingga bisa menarik minat audiens. Bahkan bisa mendorong audiens untuk melakukan tindakan pembelian yang mendatangkan keuntungan bisnis.

 

Dengan kata lain, gaung mengenai bisnis dan produk maupun layanan yang Anda sediakan, akan diketahui banyak orang kalau Anda bisa menghadirkan banyak konten yang bagus secara online. Apakah harus konten online? Tidak juga, namun dengan membuat konten online, Anda bisa menjangkau pengguna internet di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Artinya, jangkauan pemasaran Anda pun jadi lebih luas. 

 

Sebelum kita membahas lebih banyak mengenai konten marketing, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat dari konten tersebut untuk membangun reputasi bisnis Anda. 

 

Manfaat Content Marketing Bisa Membangun Reputasi Bisnis

 

1.    Muncul di Halaman Pertama Mesin Pencari

Dengan konten online yang dibuat secara optimal serta memberikan beberapa kata kunci yang relevan akan menjadikan website bisnis berpeluang untuk dikunjungi pembeli. Ketika Anda membuat konten online yang dilengkapi dengan keyword yang dibidik secara tepat, mesin pencari seperti Google akan menjelajah untuk mengambil sejumlah situs web, kemudian akan menampilkannya pada halaman pertama mesin pencari jika memiliki nilai yang tinggi.

 

Dalam penilaian Google, website yang memiliki konten bagus, original, dan informatif, akan mendapatkan tempat di halaman pertama. Ketika website bisnis Anda berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google, tentunya konten itu lebih mudah untuk menjangkau pengunjung, yang berpotensi pula meningkatkan pembelian. 

 

2.    Menjadikan Website Bisnis Anda Lebih Profesional

Selanjutnya, pembuatan konten online dalam konteks pemasaran bisnis mampu menjadikan website bisnis Anda lebih profesional. Sebuah website yang selalu update dengan konten terbaru secara rutin memang akan memberikan kesan kepada pengunjung bahwa website dikelola dengan baik dan secara profesional.

 

Di sisi lain, jika website jarang atau tidak pernah update konten, pengunjung website bisa bertanya-tanya, apakah perusahaan ini masih aktif? Apakah perusahaan dengan website yang kurang aktif begini mampu memberikan layanan pelanggan yang baik?

 

 

Contoh kasus sederhana, suatu hari Anda mengunjungi 2 website bisnis yang serupa untuk mencari informasi terbaru berkaitan dengan produk maupun layanan yang tersedia. Website pertama, melakukan update konten secara rutin. Ketika ada pelanggan yang mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar atau meninggalkan jejak pertanyaan di kolom chat (jika tersedia), mereka akan langsung memberikan jawaban. 

 

Website kedua, konten terakhir yang tayang di website adalah konten 6 bulan yang lalu. Saat ada pengunjung website mengajukan pertanyaan di kolom komentar, tak kunjung mendapatkan jawaban. Dari kedua website seperti ini, mana yang akan Anda pilih untuk melakukan tindakan selanjutnya? Misalnya untuk melakukan pembelian atau ingin mengajak kerjasama. 

 

Jawaban yang Anda berikan terkait dua website dalam contoh di atas, sejalan dengan jawaban yang sebagian besar diberikan oleh pengunjung suatu website. Untuk mengetahui secara pasti mengenai hal ini, Anda bisa melakukan survei untuk riset pasar

 

3.    Mampu Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Bisnis dengan situs web yang selalu diperbarui dengan konten tentu memiliki nilai lebih berharga dibandingkan dengan bisnis dengan situs web yang jarang atau tidak pernah diperbarui. Dengan informasi konten yang mumpuni, sebuah bisnis akan bisa lebih dipercaya oleh konsumen.

 

Alasan utamanya, informasi yang disajikan dalam bentuk konten atau tulisan bisa meningkatkan sekaligus mempertahankan kepercayaan pelanggan potensial. Dan bisa pula mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara berkesinambungan, bahkan bisa melakukan pembelian dalam jumlah besar sekaligus. 

 

Alasan berikutnya, konten marketing yang dibuat dengan serius menunjukkan keseriusan pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya. Pelanggan jelas melihat hal ini dan memang membutuhkan layanan yang serius pula atas tindakan apapun yang mereka lakukan terkait dengan hubungan kerjasama, transaksi, dan sebagainya. Ketika suatu bisnis telah mendapatkan nilai yang baik dan kepercayaan dari pelanggan, kredibilitas perusahaan pun akan mengalami peningkatan ke arah yang baik.

 

 

4.    Meningkatkan Penjualan

Terakhir, pentingnya penyediaan dan pembuatan content marketing dalam penerapan digital marketing mampu meningkatkan omset penjualan secara signifikan. Karena semua kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan reputasi dan nama baik brand tujuannya tentu saja agar proses pemasaran bisa berjalan dengan baik dan mencapai akhir berupa terjadinya transaksi. 

 

Namun harus diingat, penerapan strategi marketing yang memanfaatkan konten sebagai cara melakukan promosi membutuhkan konsistensi dalam menekuni content marketing supaya manfaat content marketing bisa membangun reputasi bisnis Anda benar-benar terjadi.