Masyarakat Indonesia saat ini banyak yang menjadi pecinta belanja online, itu makanya kemudian lahir Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Banyak promo, diskon, gratis ongkir, dan tawaran menarik lainnya untuk membuat orang-orang berbelanja pada hari itu. Selain pelanggan merasa puas dengan promo belanja, penjual pun merasakan hal yang sama karena transaksi meningkat drastis. Apalagi saat ini Harbolnas tak hanya digelar di akhir tahun saja, melainkan di tanggal unik sejak bulan Juli, sehingga menjadi momen yang tepat untuk menjalankan strategi digital marketing. 

 

Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan momen Harbolnas agar bisa meningkatkan penjualan bagi bisnis online Anda?

 

Cara Memanfaatkan Momen Harbolnas untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

  1. Buat Promo Diskon Khusus Harbolnas

Apabila Anda ingin meningkatkan penjualan di momen ini serta menjalankan digital marketing for small businesses, maka pastikan Anda memberikan promo harga spesial hanya di hari itu saja. Tujuannya, supaya calon pembeli tertarik untuk belanja saat itu juga, sebab di keesokan hari diskon tersebut tidak akan berlaku lagi. 

 

Perlu Anda ketahui, sebagian besar konsumen sangat menyukai diskon. Walaupun diskon nominalnya di bawah 50% sekalipun. Selain itu, Anda bisa memberikan promo diskon misalnya 15% di pembelian barang kedua, jadi pelanggan akan mendapatkan dua barang dengan setengah harga normal. Ini akan menjadi promo yang sangat menggiurkan. 

 

  1. Cuci Gudang 

Selain mengadakan diskon, Harbolnas menjadi momen yang tepat untuk cuci gudang alias menjual barang stok lama dengan harga yang jauh lebih murah. Mengingat, pada umumnya ada banyak sekali barang yang sudah tak terlalu dicari di pasaran, namun masih sangat bermanfaat. Nah, jika ditawarkan dengan harga yang ekonomis, tentu akan ada banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli.  

 

Cuci gudang akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda sebagai penjual. Jangan lupa untuk memberikan bonus untuk pembelian dalam jumlah banyak. Tidak perlu yang mahal, Anda bisa memberikan bonus berupa satu sachet sheet mask jika Anda berjualan produk perawatan tubuh. Sekalipun harganya tak mahal, hal ini nyatanya bisa membuat pelanggan senang dan biasanya akan kembali berbelanja di lain waktu. 

 

 

  1. Berikan Gratis Ongkir 

Saat momen spesial seperti Harbolnas tiba, tidak ada salahnya jika Anda memberikan gratis ongkir untuk para pembeli. Namun Anda pun harus memberikan syarat tertentu agar tidak membuat bisnis Anda merugi. Misalnya, syarat dengan minimal pembelian 100 ribu rupiah, maka konsumen berhak mendapatkan gratis ongkir dalam kota, atau subsidi ongkir untuk pengiriman di luar pulau Jawa, dan lain sebagainya. Untuk hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebijakan digital business masing-masing. 

 

  1. Undian Spesial 

Melakukan undian spesial saat hari belanja online nasional pun bisa menjadi promo menarik bagi para pembeli. Undian ini bisa dicoba dengan memberlakukan sistem poin. Misalnya, semakin banyak belanja, maka semakin banyak poin yang didapat dan pelanggan berhak mendapatkan hadiah sesuai poin yang dikumpulkan. Dengan catatan, selama persediaan masih ada. Namun sistem ini bisa juga dilakukan dengan cara seperti pilih acak nomor undian.

 

 

  1. Buat Iklan yang Menarik 

Selain menawarkan banyak diskon dan keuntungan yang menggiurkan, jangan lupa untuk membuat iklan yang menarik juga untuk mempromosikan momen ini, bisa berupa iklan dalam bentuk video kreatif, atau sekadar foto dan ilustrasi yang unik. Cara terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan iklan adalah bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai strategi digital marketing, atau melibatkan influencer untuk membantu mempromosikan promo besar-besaran saat Harbolnas di toko Anda. 

 

Anda pun pasti pernah atau bahkan sering melihat iklan momen belanja online ini di berbagai media, bukan? Itulah salah satu cara mengiklankan promo spesial di berbagai marketplace. Bukan hanya marketplace atau e-commerce besar saja, online shop menengah dan kecil-kecilan tentunya akan melakukan promosi besar-besaran untuk meningkatkan penjualan di momen ini. 

 

Demikianlah beberapa cara memanfaatkan momen Hari Belanja Online Nasional untuk meningkatkan penjualan. Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sejak jauh hari, supaya hasilnya maksimal dan pelayanan para pelanggan bisa maksimal, seperti melakukan pengecekan ketersediaan barang, kemasan packing, dan kerja sama dengan jasa pengiriman. Sebab, pelanggan yang puas akan membawa lebih banyak lagi calon pelanggan dan usaha Anda akan terus berkembang. Jadi, pastikan memanfaatkan momen Harbolnassebaik mungkin, ya!