Masyarakat Indonesia saat ini banyak yang menjadi pecinta belanja online. Itu makanya kemudian lahir Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.
Masyarakat Indonesia saat ini banyak yang menjadi pecinta belanja online. Itu makanya kemudian lahir Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.
Banyak promo, diskon, gratis ongkir, dan tawaran menarik lainnya untuk membuat orang-orang berbelanja pada hari itu.
Selain pelanggan merasa puas dengan promo belanja, penjual pun merasakan hal yang sama karena transaksi meningkat drastis.
Kesuksesan Harbolnas akhirnya mendorong hari berbelanja ini tak hanya digelar di akhir tahun saja, melainkan di tanggal kembar. Tentunya momen ini tak boleh pebisnis abaikan.
HARBOLNAS adalah perayaan belanja online yang menawarkan diskon besar-besaran dan promo menarik.
Bagi pebisnis, momen ini merupakan kesempatan untuk menjual produk dalam volume besar, menarik pelanggan baru, dan memperkuat brand awareness.
Buktinya apa? Anda bisa membaca dari hasil riset yang dirilis situs iPrice. Di dalam laporannya disebutkan kalau penjualan selama HARBOLNAS 2022 meningkat hingga 30% dibandingkan hari-hari biasa.
Serupa dengan iPrice, Nielsen juga merilis data kalau ada kurang lebih 87% konsumen Indonesia mengaku tertarik dengan HARBOLNAS karena penawaran diskon dan promo yang menarik, dan 45% dari mereka cenderung mencoba brand baru selama HARBOLNAS berlangsung.
Data di atas menjadi bukti momen HARBOLNAS bukan hanya tentang meningkatkan transaksi dan penjualan, tetapi menjadi peluang bagi brand untuk menarik perhatian konsumen baru.
Lalu, bagaimana cara memanfaatkan momen Harbolnas agar bisa meningkatkan penjualan bagi bisnis online Anda?
Apabila ingin meningkatkan penjualan di momen Harbolnas serta menjalankan digital marketing for small businesses, pastikan Anda membuat program promo yang menarik.
Misalnya memberikan promo harga spesial hanya di hari itu saja. Tujuannya, supaya calon pembeli tertarik untuk belanja saat itu juga, sebab esok harinya diskon tidak akan berlaku.
Kenapa perlu membuat promo diskon begini? Karena sebagian besar konsumen sangat menyukai diskon. Walaupun diskon nominalnya di bawah 50% sekalipun.
Selain itu, Anda bisa memberikan promo diskon misalnya 15% di pembelian barang kedua, jadi pelanggan akan mendapatkan dua barang dengan setengah harga normal. Ini akan menjadi promo yang sangat menggiurkan.
Selain mengadakan diskon, Harbolnas menjadi momen yang tepat untuk cuci gudang alias menjual barang stok lama dengan harga yang jauh lebih murah.
Mengingat, pada umumnya ada banyak sekali barang yang sudah tak terlalu dicari di pasaran, namun masih sangat bermanfaat.
Nah, jika ditawarkan dengan harga yang ekonomis, tentu akan ada banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli.
Cuci gudang akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda sebagai penjual, seperti:
Saat momen spesial seperti Harbolnas tiba, tidak ada salahnya jika Anda memberikan gratis ongkir untuk para pembeli. Namun Anda pun harus memberikan syarat tertentu agar tidak membuat bisnis Anda merugi.
Misalnya, syarat dengan minimal pembelian 100 ribu rupiah, konsumen berhak mendapatkan gratis ongkir dalam kota.
Atau Anda bisa juga menyertakan syarat khusus lainnya untuk pemberian subsidi ongkir pengiriman di luar pulau Jawa, dan lain sebagainya, berdasarkan kebijakan bisnis masing-masing.
Melakukan undian spesial saat hari belanja online nasional pun bisa menjadi promo menarik bagi para pembeli.
Undian ini bisa dicoba dengan memberlakukan sistem poin. Misalnya, semakin banyak belanja, semakin banyak poin yang bisa pelanggan dapatkan.
Nanti poinnya bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu, dengan catatan selama persediaan masih ada.
Selain menawarkan banyak diskon dan keuntungan yang menggiurkan, jangan lupa membuat iklan yang menarik, bisa berupa iklan berbentuk video kreatif untuk promosi, atau sekadar foto dan ilustrasi yang unik.
Cara terbaik lainnya, bekerja sama saja dengan digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai strategi digital marketing.
Anda juga bisa menggandeng digital marketing agency Indonesia yang punya KOL management dan influencer untuk membantu mempromosikan promo besar-besaran saat Harbolnas di toko Anda.
Bukan hanya marketplace atau e-commerce besar saja, online shop menengah dan kecil-kecilan juga perlu melakukan promo untuk memanfaatkan momen Harbolnas semaksimal mungkin.
Demikianlah beberapa cara memanfaatkan momen Hari Belanja Online Nasional untuk meningkatkan penjualan. Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sejak jauh hari, supaya hasilnya maksimal.
Persiapannya bisa dengan mempelajari Cara Promosi Produk Agar Laku Keras atau Memanfaatkan Instagram Marketing untuk Promosi Online.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC