MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Manfaat Instagram Marketing untuk Promosi Online

28 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 5.055  
Social Media

redcomm

Instagram marketing adalah salah satu cara sukses untuk melakukan promosi online. Hal ini karena pertumbuhan pengguna Instagram masih sangat besar, bahkan ada kurang lebih 60 juta pengguna Instagram di Indonesia pada akhir 2019 lalu. 

Ada banyak manfaat Instagram marketing yang bisa pebisnis dapatkan, seperti meningkatkan engagement dan penjualan, bisnis lebih dikenal, bisnis jadi eksis secara online, dll. Baca selengkapnya di bawah ini.

9 Manfaat Instagram Marketing untuk Promosi Online

1. Meningkatkan Engagement

Instagram memiliki tingkat keterlibatan (engagement) yang tinggi dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Ini artinya Anda dapat berinteraksi dengan audiens secara lebih mendalam melalui komentar, likes, dan direct messages

Engagement Instagram yang tinggi ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat hubungan antara merek Anda dengan konsumen. 

Hal ini karena konten visual, seperti foto, video, reels, bahkan Instagram carousel lebih mengundang ketertarikan dibandingkan konten teks.

2. Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Instagram Shopping

Instagram meluncurkan fitur Instagram Shopping pada 2018 lalu. Sejak saat itu, makin banyak perusahaan yang menggunakannya untuk menjual produk. Fitur ini memungkinkan label harga muncul ketika foto diketuk. Seperti mengunjungi e-commerce, namun dalam sosial media.

Pengguna Instagram yang tertarik dapat membeli produk yang dijual dengan mudah karena di bagian bawah foto ada tombol shop now. 

Jika ingin meningkatkan penjualan yang lebih baik, terutama untuk produk yang memang sedang dicari banyak pengguna Instagram, Anda bisa memaksimalkan penggunaan fitur ini. 

3. Fitur Stories Membuat Usaha Lebih Dekat dengan Pengguna

Fitur stories adalah fitur yang paling dicintai pengguna Instagram saat ini. Kemampuan untuk memposting sesuatu yang hanya tampak 24 jam saja membuat pengguna lebih leluasa membagikan keseharian tanpa takut melakukan spam terhadap pengikut mereka. 

Fitur ini juga bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk menaikkan impresi lewat story yang real-time. Caranya bisa dengan membuat konten behind the scene, budaya kerja di perusahaan, atau mengadakan sesi tanya jawab.

Percayalah, perusahaan yang bisa dekat dengan pelanggan akan terlihat lebih humanis dan akhirnya mampu meraih lebih banyak pengguna untuk bergabung. Selain itu, bisnis juga akan lebih dipercaya.

4. Visibilitas Usaha Jadi Lebih Baik Secara Online

Hashtag adalah kata kunci khusus yang merangkum apa yang ingin disampaikan dalam isi postingan. Anda dapat menggunakannya untuk memperluas jangkauan pengguna yang ingin Anda raih.

Namun hashtag hanyalah bagian kecil dari Instagram marketing, mengingat masih banyak hal lainnya yang perlu Anda tahu. Misalnya, cara membuat caption di Instagram, mengunggah konten secara konsisten, responsif menanggapi komentar dan pesan dari audiens, serta masih banyak lagi.

5. Mengarahkan Traffic ke Situs Bisnis

Instagram marketing tidak hanya sebatas di platform Instagram itu sendiri. Anda juga dapat menggunakan platform ini untuk mengarahkan traffic menuju situs bisnis.

Caranya, buatlah konten, baik untuk tayang di Feed Instagram maupun Reels. Setelahnya reshare ke Instagram Story dan gunakan fitur link atau fitur Swipe Up dengan menyematkan tautan ke website bisnis.

Dengan cara ini, Anda dapat mengajak audiens untuk melihat produk atau layanan yang Anda tawarkan lebih lanjut di situs web. Di saat yang sama, Anda juga sekaligus meningkatkan traffic website dan membuka peluang terjadinya konversi.

6. Membebaskan Penggunanya untuk Kreatif

Instagram punya banyak fitur yang bisa digunakan dalam menyampaikan pesan. Dapat melalui feed, story, atau bahkan IGTV. Semua fitur itu memungkinkan Anda mengunggah video berdurasi lebih dari 60 menit. 

Anda juga bisa melakukan siaran langsung demi menjalin hubungan yang lebih baik dan berinteraksi secara langsung dengan audiens. 

Untuk meningkatkan engagement, bisa pula dengan mengajak audiens ikut giveaway, digital campaign dalam bentuk video interaktif, testimoni dan lainnya sehingga tidak terbatas dengan menampilkan produk dalam katalog.

7. Bisnis Lebih Eksis

Dengan banyaknya pengguna di Instagram, maka terbuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Apalagi jika Anda terus melakukan pemasaran di Instagram. Bisnis Anda pun akan lebih eksis dan mudah ditemukan audiens.

Semakin eksis bisnis secara digital, maka akan ada banyak kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan, berinovasi untuk menciptakan lebih banyak produk berdasarkan preferensi pengguna, perluasan pasar, bahkan pengembangan bisnis menjadi lebih besar.

8. Mendapatkan Insight dan Feedback

Instagram mengumpulkan data interaksi yang tercipta pada setiap postingan dan memberikannya pada para penggunanya. Hal ini sangat praktis untuk melakukan riset kekurangan dan kelebihan promosi yang telah dilakukan, serta untuk melakukan perbaikan kedepannya.

Selain itu, Instagram marketing juga merupakan tempat yang ideal untuk mendapatkan feedback. Pengguna yang memposting foto atau video tentang produk Anda merupakan aset yang dapat Anda gunakan.

9. Segmentasi Audiens dan Pengukuran Campaign

Penggunaan Instagram memungkinkan Anda jadi lebih mudah melakukan segmentasi audiens. Anda dapat menargetkan audiens berdasarkan berbagai kriteria, seperti usia, lokasi geografis, minat, dan perilaku online. 

Dengan cara ini, konten yang Anda buat bisa sesuai dengan target audiens yang spesifik dan kemungkinan mereka tertarik dengan konten Anda pun jadi lebih besar. 

Selain itu, Instagram menyediakan beragam alat analisis yang memungkinkan Anda melihat seberapa efektif kampanye yang sudah Anda selenggarakan.

Anda dapat melihat berapa banyak orang melihat konten, berapa banyak interaksi yang terjadi, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan tautan yang Anda bagikan.

Tentunya semua ini memudahkan pengukuran campaign dan memberi insight yang lebih lengkap untuk merencanakan dan menyelenggarakan kampanye yang lebih efektif di masa depan.

Manfaat Instagram marketing sudah jelas memberi dampak yang positif pada pemasaran digital yang semakin kompetitif. Tapi tetap waspadai potensi gagal ya.

Makanya demi menghindarinya coba baca dulu artikel berikut: Penyebab Kegagalan Instagram Marketing yang Wajib Anda Hindari!

Atau jika masih membutuhkan konsultasi demi mendapatkan manfaat Instagram marketing secara maksimal, coba hubungi tim digital agency Indonesia yang kantornya berlokasi di Jakarta. Tapi sebaiknya janjian dulu dengan isi form kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER