Di era digital first saat ini, kehadiran brand di media sosial memiliki peranan penting, terutama kalau Anda ingin membangun eksistensi, kredibilitas, dan punya koneksi yang kuat dengan audiens.
Di era digital first saat ini, kehadiran brand di media sosial memiliki peranan penting, terutama kalau Anda ingin membangun eksistensi, kredibilitas, dan punya koneksi yang kuat dengan audiens.
Namun hadir di media sosial bukan berarti cukup dengan posting konten secara rutin saja. Anda butuh strategi yang terarah, konsistensi, dan pembuatan konten berbasis data.
Di sinilah peran social media management menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda.
Cari tahu yuk mengapa social media management penting dan apa saja sih peran digital marketing agency Indonesia dalam hal ini?
Saat menemukan tulisan di Redcomm Knowledge ini, mungkin Anda sedang menghadapi dilema.
Konten yang sudah Anda publikasikan secara rutin ternyata tenggelam di antara ribuan postingan lainnya dan sama sekali tidak mendatangkan engagement maupun konversi.
Tetapi tenang. Anda tidak sendirian. Jika mengalami hal tersebut, bisa dikatakan itu adalah pertanda kalau Anda memerlukan social media management yang ahli dan paham tren yang berlangsung di dalam masyarakat.
Beberapa peran penting social media management yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengatasi masalah di atas, di antara lain:
Social media adalah wajah brand Anda di dunia digital.
Fungsinya tidak hanya membuat bisnis Anda jadi terlihat oleh audiens, tetapi sebagai media untuk menjangkau, membangun kedekatan, sekaligus memperkuat bisnis Anda berada dalam top of mind mereka.
Dengan social media management yang terencana dengan baik, Anda bisa menarik perhatian sebanyak mungkin audiens secara personal, memperkuat brand awareness, dan membangun ikatan emosi yang kuat.
Interaksi langsung di media sosial memungkinkan brand mendengarkan opini, keluhan, dan masukan audiens secara real time.
Melalui kolom komentar, DM, atau fitur polling dan Q&A, Anda sebagai pihak brand bisa membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.
Di saat yang sama, kedekatan brand dengan audiens di media sosial ini pula yang nantinya akan mendorong terjadinya konversi dan loyalitas pelanggan.
Buktinya bisa Anda lihat pada hasil penelitian yang dirilis situs Sprout Social, bahwa 81% konsumen mengaku media sosial mampu “memaksa” mereka melakukan pembelian spontan, bahkan 28% di antaranya mengaku melakukan pembelian impulsif sebulan sekali.
Namun untuk bisa mendapatkan hasil yang signifikan, Anda harus benar-benar menjadi brand yang responsif.
Sebab masih dari penelitian yang sama ada 73% pengguna media sosial yang mengaku akan melakukan pembelian ke kompetitor kalau brand tidak merespons mereka di media sosial.
Brand yang aktif membagikan konten berkualitas, edukatif, dan informatif cenderung lebih dipercaya dibanding brand yang hanya muncul sesekali.
Pengalaman Redcomm digital marketing agency Indonesia yang telah membantu lebih dari 500+ brand menyelenggarakan lebih dari 1000+ digital campaign, melihat sendiri fakta bahwa konsisten posting, desain visual yang profesional, serta tone of voice yang sesuai akan memperkuat positioning brand Anda di mata audiens.
Bahkan dalam penelitian dari Edelman Trust Barometer menyebutkan bahwa 63% konsumen lebih mempercayai brand yang aktif di media sosial dan terbuka berinteraksi dengan audiens.
Social media management juga berperan besar dalam merancang dan mengelola digital campaign. Mulai dari pre-launch, launching, hingga after sales, semua bisa terkoordinasi melalui satu ekosistem media sosial yang terintegrasi.
Dengan fitur seperti Instagram Shopping, TikTok Shop, hingga Facebook Marketplace, social media bukan lagi sekadar platform promosi, tetapi sudah menjadi direct sales channel yang potensial dan menjanjikan keuntungan bagi bisnis Anda.
Untuk memastikan bisnis Anda juga memiliki peluang besar dalam hal ini, coba cek dulu kesehatan Digital Marketing Ecosystem yang Anda miliki.
Seluruh aset digital yang sehat, termasuk akun media sosial bisnis, akan menjadi saluran promosi dan pemasaran yang memudahkan audiens menemukan apa pun yang Anda tawarkan.
Kalau berbicara tentang media sosial, Anda tidak bisa hanya berfokus pada konten, tetapi juga harus mulai peduli dengan social listening.
Dengan kata lain, Anda perlu secara aktif dan rutin memantau percakapan publik mengenai brand Anda, baik positif maupun negatif.
Memang butuh waktu, tenang, dan dana ya dalam hal ini. Namun dampaknya cukup besar bagi kelangsungan bisnis, termasuk mampu tidaknya Anda mencegah krisis reputasi lebih dini.
Jadi ketika muncul potensi terjadinya krisis, brand Anda bisa merespons dengan lebih cepat dan tepat.
Bagi banyak brand, mengelola social media secara mandiri sering kali tidak efektif karena keterbatasan waktu, tenaga, dan keahlian teknis.
Di sinilah peran digital marketing agency Indonesia yang berpengalaman dalam social media management sangat dibutuhkan. Apa saja yang bisa tim agensi lakukan untuk membantu Anda? Berikut penjelasan lengkapnya:
Social media yang impactful tidak bisa hanya mengandalkan insting atau tren viral semata.
Di balik setiap konten yang sukses, ada strategi yang perlu Anda susun secara matang berdasarkan data dan pemahaman mendalam tentang target audiens.
Oleh karena itu, Anda perlu keahlian yang tim digital marketing agency miliki. Di Redcomm Group, tim spesialisasi media sosial akan membantu Anda untuk:
Dengan strategi seperti ini, setiap langkah dalam manajemen media sosial Anda jadi lebih terarah, tidak lagi terlalu banyak trial and error yang hanya membuang waktu dan budget, sehingga dapat memberikan hasil lebih terukur.
Konten adalah nyawa dari social media management. Tanpa konten yang menarik dan relevan, brand Anda akan sulit bersaing dalam algoritma dan atensi pengguna yang makin selektif.
Inilah alasan mengapa tim kreatif dari digital marketing agency memainkan peran sentral dalam menghasilkan konten yang bukan hanya estetik, tetapi juga performatif.
Tim digital agency ini biasanya terdiri dari:
Kenapa video memegang peranan penting? Sebab berdasarkan riset situs Wyzowl, 73% konsumen lebih tertarik pada video berdurasi pendek saat mengeksplorasi brand di media sosial.
Lalu dari Sprout Social juga disebutkan kalau 99% marketer mengaku dapat membantu meningkatkan pemahamanan audiens akan produk melalui video pendek.
Lalu 96% lainnya mengaku video pendek meningkatkan brand awareness, mendatangkan leads (88%), hingga mendorong peningkatan traffic website bisnis (82%).
Pada akhirnya, kombinasi antara kreativitas, riset tren, dan algoritma platform adalah senjata utama agar konten Anda tak hanya terlihat, namun juga berdampak dan dapat menghasilkan konversi.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya berdasarkan laporan Sprout Social, ada kurang lebih 73% konsumen mengharapkan brand merespons mereka secara langsung di media sosial. Jika brand tidak memberi respons, mereka akan lebih memilih membeli dari kompetitor.
Maka mau tidak mau Anda perlu memiliki tim khusus, misalnya customer service, admin media sosial, atau customer relationship management yang bertugas:
Pada prinsipnya, Anda butuh membangun community engagement agar tercipta interaksi dua arah antara brand dan audiens yang tak hanya sekadar memberi respons tetapi juga membangun trust dan advocacy.
Selain itu, interaksi yang cepat dan ramah akan meningkatkan customer satisfaction, sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan.
Tidak semua konten bisa mengandalkan viralitas organik.
Di tengah persaingan algoritma yang ketat dan jangkauan organik yang makin menurun, social media ads menjadi senjata utama untuk menjangkau audiens yang tepat dengan pesan yang relevan.
Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis paham mengimplementasikan iklan berbayar yang efektif tanpa pemborosan dana iklan.
Jika Anda termasuk salah satunya, mau tidak mau Anda perlu bekerja sama dengan digital marketing agency.
Tim ahli dari digital marketing agency akan membantu Anda melakukan optimasi iklan, di antaranya:
Dengan pendekatan data driven marketing dan eksperimen berkelanjutan, tim agensi memastikan setiap rupiah dari budget iklan Anda bekerja secara optimal sehingga mampu meningkatkan reach, engagement, hingga conversion.
Salah satu kekuatan utama dari digital marketing agency adalah kemampuannya mengubah data menjadi strategi yang actionable.
Dalam konteks social media, laporan bukan hanya sekadar angka, melainkan bahan bakar untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan presisi.
Digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm Group akan menyediakan:
Bisa dikatakan, kolaborasi ini akan membantu implementasi strategi media sosial Anda tidak lagi berdasarkan asumsi, tetapi berdasarkan insight konkret yang terus diperbarui.
Social media management bukan lagi sekadar aktivitas mengunggah berbagai jenis konten secara konsisten, tapi acak tanpa data.
Karena untuk membangun awareness yang kuat, meningkatkan engagement, menjaga reputasi, hingga mendongkrak penjualan, Anda perlu mengenali pasar dan target audiens secara spesifik agar dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Bekerja sama dengan digital marketing agency memastikan pengelolaan social media brand Anda dilakukan secara profesional, kreatif, dan berbasis data. Yuk, langsung Kontak Redcomm dan diskusikan kebutuhan bisnis Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC