Kalender konten berfungsi sebagai kerangka kerja untuk rencana digital marketing strategist bisnis Anda. Membuat kalender konten dapat membantu Anda menentukan tema konten dan kapan waktu yang tepat untuk membagikan postingan tersebut di berbagai platform media sosial bisnis Anda. Karena dengan menggunakan waktu secara baik dan tepat, maka besar kemungkinan bisnis Anda akan bisa diterima oleh masyarakat sebagai pengguna media sosial juga. Dengan adanya usaha di atas, target penjualan akan tercapai sebesar-besarnya.

 

Selain itu, untuk jangka panjangnya kalender konten media sosial menjadi hal yang sangat berguna untuk membantu Anda agar tetap terorganisir, fokus, dan menghemat waktu dalam merencanakan strategi pemasaran digital di media sosial, serta mengelompokkan jenis konten apa saja yang menghasilkan engagement terbaik.

 

Bisnis Anda sebaiknya menggunakan beberapa platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram untuk media sosial marketing. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa setiap platform memiliki tujuan yang berbeda. Mempersiapkan kalender konten Anda dengan menggunakan semua platform akan membantu Anda menyajikan konten secara berbeda agar sesuai dengan audiens.

 

Menyatukan Konten dan Strategi

Sebelum mendalami perencanaan, sangat penting melakukan audit komprehensif atas keberadaan media sosial dan konten di semua saluran media sosial yang Anda miliki terlebih dahulu. Mengumpulkan data di setiap akun media sosial akan membantu  memahami platform mana yang mempunyai kinerja terbaik dan membantu memahami jenis konten mana yang paling sesuai dengan audiens di setiap platform.

 

Perhatikan waktu dan frekuensi posting yang paling banyak terlibat. Meskipun semua platform memiliki waktu terbaiknya masing-masing ketika para penggunanya mengupload konten, namun Anda yang paling mengenal audiens Anda. Jadi, pastikan untuk melakukan riset sebelum memposting konten bisnis Anda. Anda mungkin menemukan pengguna Facebook  lebih aktif selama jam makan siang di hari kerja, sementara pengguna Pinterest  aktif di malam hari setelah anak-anak mereka tidur.

 

 

Kenapa Harus Menggunakan Content Calendar?

Jika tidak memiliki rencana yang jelas (terutama dalam masalah bisnis) hanya akan membuang-buang waktu untuk memasarkan bisnis Anda melalui media sosial. Hal yang sama, kalau Anda tidak konsisten dan teratur melakukannya, maka kemungkinan besar bisnis yang Anda iklankan di media sosial akan gagal dan tetap sulit mendapatkan pelanggan baru.

 

Konten kalender mempermudah Anda merencanakan apa yang akan dilakukan di masa depan, baik dalam kurun waktu mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Berikut beberapa manfaat konten kalender:

 

  • Memudahkan dalam mengatur deadline dan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Melihat semua pekerjaan pada satu tempat. Posting artikel di blog, mengirim pesan dan buletin email, membuat jadwal acara, menyiarkan Podcast, hingga upload video.
  • Berpikir secara strategis tentang konten yang akan dibuat. Singkatnya, akan bekerja lebih efisien dan efektif serta mengurangi stres.
  • Menemukan waktu yang tepat untuk posting bisnis Anda sesuai dengan acara tahunan yang selalu diperingati. Contoh, ketika menyambut Hari Natal, maka Anda bisa membuat konten yang temanya sesuai dengan Hari Natal.

 

Alat Membuat Kalender Konten untuk Posting di Media Sosial

Kalender konten menunjukkan kepada Anda cara mendistribusikan konten yang sama pada waktu yang berbeda dan dengan cara yang sedikit berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengguna di setiap platform media sosial.

 

Alat penjadwalan dapat membantu Anda menghindari stres karena harus mengunggah konten setiap hari. Nah, dengan adanya alat penjadwalan ini memungkinkan untuk membuat jadwal posting di beberapa channel sekaligus. Bahkan, Anda juga dapat mengoptimalkan setiap postingan agar ditayangkan pada waktu terbaik untuk setiap platform.

 

 

  1. Sprout Social

Sprout Social dapat membantu memahami audiens dan melibatkan komunitas online Anda melalui perencanaan konten dan fitur demografis, serta alat analisis untuk membantu meningkatkan eksistensi media sosial Anda di masyarakat. Fokus yang ada pada platform Sprout Social adalah pada ROI dan pengoptimalan konten media sosial Anda untuk nilai tambah jangka panjang. 

 

  1. HootSuite

Hootsuite merupakan salah satu program penjadwalan konten paling populer saat ini. Fitur pada platform ini sangat baik untuk mengatur konten-konten. Anda dapat menambahkan Hootsuite Ekstensi Google Chrome pada browser, yang berarti Anda dapat menjadwalkan konten-konten Anda dengan lebih baik. 

 

  1. Zoho Social

Zoho Social memungkinkan Anda membuat kalender konten dengan opsi drag and drop, sehingga Anda dapat dengan mudah menjadwalkan ulang dan mengelola channel konten. Aplikasi ini juga menawarkan alat kolaboratif sehingga Anda dapat membagikan konten dengan tim atau klien.

 

Dengan adanya alat kolaboratif ini, akan meminimalisir kesalahpahaman antara klien dengan Anda sebagai penyedia jasa apabila di tengah kerja sama ada perubahan konsep.

 

 

  1. CoSchedule

CoSchedule adalah pengatur kampanye marketing terbaik yang dapat mengoptimalkan strategi marketing. Tak hanya bisa membantu untuk mengatur konten, CoSchedule juga bisa mengatur aset dan media sosial. Tersedia pula fitur kalender pemasaran yang dapat membantu Anda menganalisis visibilitas keseluruhan dari semua proyek dalam tampilan kalender lintas fungsi.

 

CoSchedule juga memungkinkan Anda membuat alur kerja terpadu untuk setiap proyek di dalam kalender kolaboratif untuk konten, media sosial, e-mail, dan event. Dengan adanya, kalender editorial blog, integrasi WordPress, fitur pengunggahan konten media sosial, dan manajemen tugas, Anda bisa mengkoordinasi semua konten-konten dari proses produksi hingga distribusi konten dalam kegiatan content marketing.

 

Menguraikan konten media sosial dalam kalender konten membantu untuk dapat konsisten dengan postingan Anda, pada tingkatan lebih lanjut bisa mengarah ke tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Penting untuk diketahui bahwa Anda tidak perlu memanfaatkan setiap platform media sosial yang ada, fokuslah pada platform yang paling ramai dikunjungi audiens. Kalau membutuhkan saran konten marketing yang tepat sasaran, atau hendak menyelenggarakan social media and digital marketing campaign, Anda juga bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta terpercaya.