MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Penting Tidaknya Membuat Kalender Konten Media Sosial

05 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 6.139  
Social Media

redcomm

Apa manfaat kalender konten? Kalender konten berfungsi sebagai kerangka kerja untuk merealisasikan rencana digital marketing strategist bisnis Anda.

Membuat kalender konten dapat membantu Anda menentukan tema konten dan kapan waktu yang tepat untuk membagikan postingan di berbagai platform media sosial bisnis, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, TikTok, dan Instagram.

Supaya lebih jelas penting tidaknya membuat kalender konten media sosial, baca langsung saja penjelasannya pada artikel Redcomm Knowledge di bawah ini.

Menyatukan Konten dan Strategi

Sebelum membuat content calendar, Anda perlu melakukan social media audit terlebih dahulu, termasuk menganalisis konten mana saja yang memiliki kinerja baik dan mana yang tidak.

Kemudian cari tahu jenis konten yang disukai audiens serta perhatikan waktu dan frekuensi posting yang menunjukkan audiens paling banyak terlibat. 

Hal ini karena tiap-tiap platform media sosial memiliki waktu terbaik untuk posting, misalnya pengguna Facebook lebih aktif selama jam makan siang di hari kerja, sementara pengguna TikTok aktif di malam hari setelah anak-anak mereka tidur.

Pada prinsipnya, melakukan riset dan analisis sebelum memproduksi dan mempublikasikan konten akan membantu Anda lebih mengenal audiens dan akhirnya bisa menyediakan konten yang relevan dengan mereka.

Kenapa Harus Menggunakan Content Calendar?

Tidak memiliki rencana yang jelas dalam mempromosikan dan memasarkan bisnis hanya akan membuat Anda membuang-buang waktu dengan percuma. 

Sebaliknya, perencanaan yang baik, didukung pengetahuan tentang perilaku konsumen dan kebutuhan mereka akan konten, bisa membantu Anda mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan, bahkan mencapai target penjualan.

Jadi apa gunanya content calendar? Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu tetap terorganisir.
  • Bisa fokus memproduksi dan posting konten secara konsisten.
  • Menghemat waktu dalam merencanakan strategi pemasaran digital di media sosial.
  • Memudahkan pengelompokkan jenis konten apa saja yang menghasilkan engagement terbaik.
  • Memudahkan dalam mengatur deadline dan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Melihat semua pekerjaan pada satu tempat. Posting artikel di blog, mengirim pesan dan buletin email, membuat jadwal acara, menyiarkan Podcast, hingga upload video.
  • Berpikir secara strategis tentang rencana pembuatan konten. Singkatnya, dengan menggunakan content calendar, Anda akan bekerja lebih efisien dan efektif serta mengurangi stres.
  • Menemukan waktu yang tepat untuk posting bisnis Anda sesuai dengan acara tahunan yang selalu diperingati. Contoh, ketika menyambut Hari Natal, maka Anda bisa membuat konten yang temanya sesuai dengan Hari Natal.

Konten kalender mempermudah Anda merencanakan apa yang akan dilakukan di masa depan, baik dalam kurun waktu mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Kemudian pastikan Anda konsisten dan teratur dalam menggunakannya agar semua target promosi dan pemasaran bisa tercapai dengan baik.

5 Tools Social Media Marketing dan Content Calendar

Kalender konten akan menunjukkan cara mendistribusikan konten yang sama pada waktu yang berbeda di beberapa channel sekaligus, untuk memenuhi kebutuhan pengguna di setiap platform media sosial.

Selain itu, penggunaan kalender konten dapat menghindarkan Anda dari stres karena harus mengunggah konten setiap hari. 

Bahkan, Anda juga dapat mengoptimalkan setiap unggahan konten agar tayang pada waktu terbaik untuk setiap platform. 

Nah, untuk memudahkan pekerjaan Anda mengelola konten dan jadwal posting di media sosial, Anda bisa menggunakan tools social media marketing dan content calendar berikut ini:

1. Sprout Social

Sprout Social adalah alat yang dapat membantu Anda memahami audiens melalui perencanaan konten dan fitur demografis.

Pada fitur demografis ini, Anda dapat melihat data audiens secara jelas, mulai dari jenis kelamin, umur, lokasi, dan minat mereka. Informasi tersebut tentunya bermanfaat untuk melakukan penyesuaian konten supaya lebih relevan. 

Lalu tersedia pula alat analisis untuk membantu meningkatkan eksistensi platform media sosial yang Anda gunakan di kalangan pengguna internet.

Menggunakan kalender konten yang satu ini akan membuat Anda lebih responsif terhadap perubahan dan bisa berfokus mengoptimalkan konten media sosial dan peningkatan ROI 

2. HootSuite

Hootsuite adalah salah satu program penjadwalan konten paling populer saat ini. Anda bisa menggunakannya untuk mengatur dan menjadwalkan konten di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, TikTok, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya.

Dengan tampilan dashboard yang user friendly, Anda dapat melihat seluruh konten yang dijadwalkan di satu tempat saja sehingga jadi lebih efektif dalam mengatur semua konten, bahkan untuk platform media sosial yang berbeda.

Selain fitur penjadwalan, Hootsuite juga cocok untuk kerja sama tim, melacak kinerja konten, hingga memantau metrik, seperti tingkat keterlibatan, klik, dan pertumbuhan pengikut di setiap media sosial.

Semakin luas pemahaman Anda tentang audiens, akan memudahkan dalam menentukan jenis konten apa yang paling efektif dan waktu terbaik untuk mengunggahnya. Better, tambahkan saja Hootsuite Ekstensi Google Chrome pada browser. 

3. Zoho Social

Zoho Social memungkinkan Anda membuat kalender konten dengan opsi drag and drop, sehingga lebih mudah menjadwalkan ulang dan mengelola channel konten. 

Aplikasi ini juga menawarkan alat kolaboratif, sehingga Anda dapat membagikan konten dengan tim atau klien, sekaligus dapat meminimalisir kesalahpahaman antara klien dengan Anda sebagai penyedia jasa, apabila di tengah kerja sama ada perubahan konsep.

4. CoSchedule

CoSchedule adalah pengatur digital marketing campaign terbaik yang dapat mengoptimalkan strategi marketing. Tak hanya bisa membantu untuk mengatur konten, CoSchedule juga bisa mengatur aset dan media sosial.

CoSchedule juga memungkinkan Anda membuat alur kerja terpadu untuk setiap proyek di dalam kalender kolaboratif untuk konten, media sosial, e-mail, dan event.

Tersedia pula fitur kalender pemasaran yang dapat membantu Anda menganalisis visibilitas semua proyek dalam tampilan kalender lintas fungsi. 

Dengan adanya, kalender editorial blog, integrasi WordPress, fitur pengunggahan konten media sosial, dan manajemen tugas, Anda bisa mengkoordinasi semua konten-konten dari proses produksi hingga distribusi konten dalam kegiatan content marketing.

5. Buffer: Sosial Media Schedule

Buffer adalah tool social media management sederhana yang efektif untuk membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan posting-an dengan mudah.

Benefit menggunakan Buffer, antara lain:

  • Memungkinkan Anda melihat jadwal postingan secara menyeluruh dan membuat perubahan dengan cepat menggunakan fitur drag drop.
  • Tersedia alat analitik untuk melacak kinerja setiap konten yang terunggah sehingga Anda jadi tahu mana konten berkinerja baik dan mana yang butuh perbaikan.
  • Tampilan antarmuka yang user friendly dan kemampuan terintegrasi dengan berbagai platform media sosial. 
  • Cocok untuk semua jenis bisnis.

Kesimpulan

Mengelola konten media sosial memang membutuhkan waktu dan effort khusus untuk bisa mencapai hasil terbaik. Itulah sebabnya, Anda perlu membuat kalender konten media sosial agar bisa konsisten mengunggah konten dan meningkatkan keterlibatan.

Kalau membutuhkan saran konten marketing yang tepat sasaran, atau hendak menyelenggarakan social media and digital marketing campaign, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta terpercaya atau digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm Indonesia.

Selain itu, coba terapkan juga Hack Tips Social Media Marketing Campaign dan diskusikan cara penerapannya dengan berdiskusi dengan tim profesional di bidang digital campaign. Langsung klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER