knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Hack Tips untuk M...

Hack Tips untuk Meningkatkan Social Media Marketing Campaign Anda!

06 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 5.237  
Social Media

Hack Tips Untuk Meningkatkan Social Media Marketing Campaign Anda

Social media marketing campaign adalah serangkaian aktivitas pemasaran yang direncanakan dan dijalankan melalui platform media sosial untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. 

Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, menghasilkan leads, meningkatkan angka penjualan, menggalang dukungan atas isu tertentu, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menerapkan kampanye pemasaran di media sosial yang memberi dampak positif bagi perkembangan bisnis? Simak jawabannya di bawah ini.

Hack Tips Social Media Marketing Campaign

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda sebaiknya melakukan semua yang Anda bisa, sehingga mampu mewakili image perusahaan yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Nah, supaya tujuan bisnis yang Anda tetapkan bisa tercapai, berikut beberapa tips meningkatkan impact dan menyempurnakan hasil dalam report social media campaign:

1. Membuat Gabungan Konten

Apabila ingin postingan di media sosial bisa menarik lebih banyak perhatian audiens, ada kunci social media marketing campaign yang harus Anda patuhi, yaitu selalu menyediakan konten unik

Hanya saja, tidak semua orang bisa membuat konten yang bagus dengan mudah. Jika Anda juga mengalami hal ini dan stuck sehingga tak tahu harus membuat konten seperti apa, maka tentukan dulu target market social media marketing.

Hasilnya nanti bisa Anda gunakan untuk membuat konten. Tinggal cari beberapa topik yang masih relevan dengan bisnis Anda, kemudian gabungkan, dan olah menjadi konten original yang menarik.

Mengenai pembuatan konten, Anda bisa bekerja sama dengan tim creative agency yang bernaung di Redcomm digital marketing agency Jakarta

Tim kreatif di agensi digital ini bisa memberi masukan kepada Anda terkait konten seperti apa yang cocok dan bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang. 

Atau Anda bisa memilih digital marketing agency Indonesia yang memiliki tim khusus dan berpengalaman dalam penerapan social media marketing campaign.

2. Pelajari Crowdsourcing

Anda pasti bertanya-tanya, apa yang diinginkan orang-orang di luar sana, kan? Kalau iya, lakukan riset di internet dan cari tahu apa yang banyak orang cari. 

Nah, mempelajari crowdsourcing akan membantu mengetahui opini pelanggan mengenai produk serta layanan yang Anda miliki, produk yang mereka cari, informasi yang paling sering mereka akses, dan sebagainya.

Melakukan crowdsourcing ini mudah kok, dan prosesnya juga gratis. Hanya butuh ketekunan dalam mencari informasi serta data yang Anda butuhkan.

3. Menumpang Hashtag Populer (Hashjacking)

Dewasa ini, agaknya hampir semua orang tahu apa itu hashtag. Namun, jika mendengar hashjacking, apakah Anda tahu? 

Pengertian hashjacking adalah suatu proses yang melibatkan penggunaan hashtag populer untuk mengundang lebih banyak orang melihat postingan Anda, lalu melakukan interaksi.

Walau hashjacking ini mampu memberikan hasil yang memuaskan, tetap hanya bisa terjadi saat Anda menggunakan hashtag yang relevan untuk konten yang diunggah. 

Namun dalam implementasinya harus hati-hati lho. Sebab kalau memilih sembarang hashtag yang tak relevan dengan bisnis dan target market, bisa jadi audiens merasa tak suka dan akhirnya hasil kampanye media sosial yang Anda jalankan jadi tak sesuai harapan.

4. Pemasaran dengan Jasa Influencer

Pada influencer marketing trend 2021, Anda bisa melihat tren apa saja yang semakin populer dan hal ini tentu memberi manfaat bagi strategi promosi bisnis saat ini.

Sistem kerja influencer marketing adalah perusahaan mencari seseorang yang populer dari berbagai media sosial yang ada, lalu menawarkan kerja sama supaya mereka bisa menampilkan produk maupun layanan bisnis dari perusahaan Anda ke dalam postingan mereka. 

Strategi ini efektif kalau goals Anda adalah membangun dan meningkatkan brand awareness. PR bagi Anda, pastikan Anda menerapkan panduan tren social media marketing.

Kemudian temukan influencer yang memiliki minat dan relevansi yang kuat dengan produk dan brand image bisnis Anda. Dengan cara ini, penyelenggaraan kampanye di media sosial bisa memberikan hasil yang lebih optimal.

5. Iklan Asli

Yang dimaksud dengan iklan asli adalah iklan yang telah disesuaikan kemunculannya dengan bentuk dan fungsi dari web tempat munculnya iklan. 

Dengan menggunakan jenis iklan seperti ini, pelanggan jadi tak menyadari kalau mereka sedang melihat iklan. Malah sebaliknya, mereka merasa seperti sedang melihat konten umum dari suatu website.  

Ini adalah salah satu website marketing campaign yang sangat bagus karena bisa membuat pelanggan “tenggelam” dalam promosi Anda, dan mempengaruhi alam bawah sadar mereka, tanpa membuat mereka merasa sedang dibombardir iklan.

6. Menumpang Berita (Newsjacking)

Salah satu tips meningkatkan social media campaign lainnya adalah memasukkan berita utama yang sedang populer ke dalam konten Anda. Hal ini akan membuat orang lain tertarik untuk terlibat dengan produk yang Anda miliki. 

Dengan “mengendarai” gelombang berita, Anda bisa lebih mudah menarik perhatian calon pembeli. Namun ingat, Anda tetap harus memilih berita yang relevan dengan produk maupun bisnis Anda ya.

7. Pemasaran yang Real Time

Memilih social media sebagai media campaign memang pilihan yang tepat. Dengan menggunakan media sosial sebagai tempat meningkatkan brand of voice, Anda bisa mengunggah peristiwa yang benar-benar terjadi, atau segera setelah kejadian itu berlangsung.  

Manfaatkan media sosial untuk membuat postingan atau tweet yang real time demi mengungkapkan banyak berita baru yang terjadi di waktu tertentu. 

Ini juga bisa menjadi cara mengiklankan produk atau layanan, saat para pelanggan memintanya secara langsung melalui kolom komentar di media sosial.

Lakukan Monitoring Rutin Agar Tak Tertinggal Tren 

Dari semua tips meningkatkan social media marketing campaign yang sudah Anda baca di atas, semuanya bisa jadi akan sia-sia kalau Anda tidak melakukan evaluasi, analisis dan monitoring.

Maka mau tidak mau Anda perlu memonitor media sosial secara rutin. Ini cara terbaik agar Anda tak tertinggal tren, mengingat Anda tak bisa memprediksi perubahan apa yang akan terjadi di luar sana. 

Ketika melakukan hal ini, Anda bisa sekaligus menanggapi pertanyaan, komentar, dan mention dari para pelanggan sehingga mereka akan merasa terhubung dan lebih percaya. 

Melakukan interaksi dengan para pelanggan juga dapat menumbuhkan kepercayaan yang besar pada produk dan meningkatkan peluang barang dibeli lagi suatu saat kelak. 

Terakhir, Anda boleh saja stalking para kompetitor dan mempelajari campaign sukses yang mereka lakukan. Anda bisa melakukan adaptasi dari campaign tersebut dan membuatnya selangkah lebih maju. 

Itulah tips social media campaign yang bisa Anda lakukan. Semoga sukses! Kalau ingin berdiskusi lebih lanjut, klik Kontak Redcomm dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER