Dunia modern sangat bergantung pada teknologi dalam berbagai bidang. Bahkan, marketing digital juga semakin bertumbuh dan mengklaim diri sebagai salah satu jenis teknik marketing yang paling hemat dan efektif.

 

Peranan social media marketing menjadi sangat penting dalam marketing digital. Ini membuat Anda harus memahami, bagaimana cara terbaik yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan semua platform yang tersedia.

 

Hack Tips Social Media Marketing Campaign

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda sebaiknya melakukan semua yang Anda bisa, sehingga mampu mewakili image perusahaan yang ingin disampaikan kepada konsumen. Untuk mencapai hal tersebut, di bawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan social media campaign yang bisa digunakan. Yuk, disimak!

 

Membuat Gabungan Konten

Apabila Anda ingin postingan social media yang diunggah lebih banyak menarik perhatian para pengguna, ada kunci social media marketing campaign yang harus Anda patuhi, yaitu selalu menyediakan konten unik yang bisa menarik minat audiens. Hanya saja, tidak semua orang bisa membuat konten yang bagus dengan mudah. 

 

Jika Anda stuck dan tak bisa menemukan cara membuat konten tersebut, cobalah membuat gabungan konten dari berbagai ide yang muncul. Cari beberapa topik yang masih relevan dengan bisnis Anda, kemudian gabungkan, dan olah menjadi konten original yang menarik.

 

Mengenai pembuatan konten, Anda bisa bekerja sama dengan tim creative agency yang bernaung di Redcomm digital marketing agency Jakarta. Tim kreatif ini bisa memberi masukan kepada Anda terkait konten seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda dan bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang. Atau Anda bisa memilih digital marketing agency Indonesia yang memiliki tim khusus dan berpengalaman dalam penerapan social media marketing campaign.

 

 

Pelajari Crowdsourcing

Anda pasti bertanya-tanya, apa yang diinginkan orang-orang di luar sana? Namun, tak perlu khawatir. Kalau Anda melaksanakan tips social media campaign dengan memanfaatkan internet, pertanyaan ini bisa Anda jawab. 

 

Dengan adanya internet, semua menjadi jauh lebih mudah. Mempelajari crowdsourcing akan membantu mengetahui opini pelanggan mengenai produk serta layanan yang Anda miliki. Ditambah lagi, proses ini juga gratis, tidak mengeluarkan biaya apa pun.

 

Menumpang Hashtag Populer (Hashjacking)

Dewasa ini, agaknya hampir semua orang tahu apa itu hashtag. Namun, jika mendengar hashjacking, apakah Anda tahu? Yang disebut sebagai hashjacking adalah suatu proses yang melibatkan penggunaan hashtag populer. Tujuannya, untuk mengundang lebih banyak orang melihat postingan Anda, lalu melakukan interaksi.

 

Walau hashjacking ini mampu memberikan hasil yang memuaskan, tetap hanya bisa terjadi saat Anda menggunakan hashtag yang relevan untuk konten yang diunggah. Jika Anda sembarangan memilih, bisa jadi pemirsa justru tak suka, dan akhirnya strategi kampanye Anda pun tidak berjalan sesuai rencana.

 

Pemasaran dengan Jasa Influencer

Pada influencer marketing trend 2021, Anda bisa melihat tren apa saja yang semakin populer dan hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis Anda. Sistem kerja influencer marketing adalah perusahaan mencari seseorang yang populer dari berbagai social media yang ada, lalu menawarkan kerja sama supaya mereka bisa menampilkan produk maupun layanan dari perusahaan ke dalam postingan orang tersebut.

 

Ini akan sangat efektif bagi brand awareness, apabila Anda berhasil menerapkannya. PR bagi Anda, tentunya Anda perlu menerapkan panduan tren social media marketing, kemudian menemukan influencer yang memiliki minat relevan dengan brand Anda, sehingga memberikan hasil optimal dalam tiap penyelenggaraan influencer marketing yang dilakukan.

 

 

Iklan Asli

Yang dimaksud dengan iklan asli adalah iklan yang telah disesuaikan kemunculannya dengan bentuk dan fungsi dari web tempat munculnya iklan. Dengan menggunakan jenis iklan seperti ini, pelanggan jadi tak menyadari bahwa mereka sedang melihat iklan, sebaliknya mereka merasa seperti sedang melihat konten umum dari suatu website

 

Ini adalah salah satu website marketing campaign yang sangat bagus karena bisa membuat pelanggan “tenggelam” dalam promosi Anda, dan mempengaruhi alam bawah sadar mereka, tanpa merasa sedang di bombardir iklan.

 

Menumpang Berita (Newsjacking)

Salah satu tips meningkatkan social media campaign lainnya adalah memasukkan berita utama yang sedang populer ke dalam konten Anda. Hal ini akan membuat orang lain tertarik untuk terlibat dengan produk yang Anda miliki. Dengan “mengendarai” gelombang berita, Anda bisa lebih mudah menarik perhatian calon pembeli. Namun ingat, Anda tetap harus memilih berita yang relevan dengan produk maupun bisnis Anda.

 

Pemasaran yang Real Time

Memilih social media sebagai media campaign memang pilihan yang tepat karena dengan menggunakan media sosial sebagai tempat meningkatkan brand of voice, Anda bisa mengunggah peristiwa yang benar-benar terjadi, atau segera setelah kejadian itu berlangsung. 

 

Manfaatkan media sosial untuk membuat postingan ataupun tweet yang real time demi mengungkapkan banyak berita baru yang terjadi di waktu tertentu. Hal ini, juga bisa dijadikan cara dalam mengikat produk atau layanan, saat para pelanggan memintanya secara langsung lewat komentar di social media.

 

 

Memonitor Media Sosial

Pastikan selalu memonitor social media. Sebab, Anda tak bisa memprediksi perubahan apa yang akan terjadi di sana. Ketika melakukan hal ini, Anda bisa sekaligus menanggapi pertanyaan, komentar, dan mention dari para pelanggan sehingga mereka akan merasa terhubung dan lebih percaya. 

 

Melakukan interaksi dengan para pelanggan juga dapat menumbuhkan kepercayaan yang besar pada produk Anda dan meningkatkan peluang barang Anda dibeli suatu saat kelak. 

 

 

Terakhir, Anda boleh saja stalking para kompetitor dan mempelajari campaign sukses yang mereka lakukan. Anda bisa melakukan adaptasi dari campaign tersebut dan membuatnya selangkah lebih maju. Itulah tips social media campaign yang bisa Anda lakukan. Semoga sukses!