Dengan meningkatnya jumlah pengguna Instagram menjadikan platform ini sebagai media yang cukup potensial untuk melakukan promosi produk dan menemukan konsumen baru. Untuk memenuhi kebutuhan marketing, sebenarnya Instagram sudah memiliki layanan Instagram Ads. Namun jika Anda tahu caranya, maka Anda tetap bisa melakukan promosi yang membuat produk Anda laris manis tanpa perlu pasang Instagram ads.

 

Begini Cara Promosi Produk Laris Manis Tanpa Perlu Pasang Instagram Ads

Harus diakui, Instagram ads memang memberikan prospek yang bagus untuk terciptanya penjualan. Tetapi dengan banyaknya pelaku usaha menggunakan Instagram sebagai media melakukan promosi dan memasarkan produk, persaingan bisnis yang ketat pun terjadi. Artinya, Anda harus mencari cara terbaik untuk bisa memenangkan persaingan ini tanpa perlu menghabiskan banyak biaya hanya untuk memasang iklan berbayar.

 

Berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan persaingan pasar di Instagram tanpa harus menggunakan Instagram ads.

 

 

  1. Posting dan Tampilkan Foto Paling Menarik

Hal pertama dan yang paling utama demi bisa memenangkan persaingan bisnis yang ketat, Anda perlu memaksimalkan kinerja akun Instagram Anda sebagai media promosi yang bisa mendapatkan trafik organik. Caranya, dengan melakukan posting dan menampilkan foto yang paling menarik. Hal ini terkait dengan fungsi Instagram yang sesungguhnya, yaitu media berbagi foto dan video. 

 

Jadi, buatlah foto produk yang kreatif dan menarik. Foto produk di sini tak melulu berupa produk yang difoto ala kadarnya, namun sudah disertai background yang artistik, kombinasi warna yang kontras, dan sebagainya. Meskipun ada caption atau keterangan yang berisi kata-kata dalam postingan Anda, tetap saja peran gambar memiliki porsi yang lebih besar untuk menarik perhatian pengguna. 

 

Sederhananya, saat Anda membuka akun Instagram dan mulai berselancar di timeline Anda, maka hal pertama yang akan menarik perhatian Anda pasti tampilan foto atau image. Kalau sudah tertarik, baru Anda klik foto tersebut dan kemudian membaca caption-nya. Benar begini yang Anda alami, kan? Nah, begitu pula yang dialami dan dilakukan followers Anda. 

 

Semakin menarik foto yang Anda tampilkan, semakin besar peluang Anda mendapatkan respons dari pengguna Instagram lain. Untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik dan menarik, Anda bisa melakukan editing, mempelajari teknik fotografi, atau menyewa jasa fotografi profesional. 

 

  1. Gunakan Judul yang Menarik

Saat Anda sudah siap posting konten, langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah menulis caption. Caption merupakan keterangan yang menjelaskan isi konten yang ingin Anda bagikan. Tuliskan deskripsi produk bisnis Anda selengkap mungkin agar calon konsumen lebih mudah memahaminya. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan teknik copywriting.

 

Setelah caption jadi, gunakan judul yang menarik untuk postingan Anda ini. Menggunakan judul yang mengundang rasa penasaran bisa memancing pengguna Instagram lain melakukan klik pada postingan Anda. Ingat, judul ini harus Anda letakkan di space terbatas persis di bawah foto Anda, lalu berilah jarak dengan isi caption sehingga isi caption yang sebenarnya tidak langsung bisa terbaca. Orang harus melakukan klik terlebih dahulu untuk bisa mengetahui isinya. 

 

 

  1. Gunakan Hashtag Ciptaan Anda dan Hashtag Populer

Penggunaan hashtag yang ditandai dengan tanda pagar (#) sangatlah penting. Jika Anda pernah menggunakan Twitter, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya hashtag. Melihat fungsinya yang luar biasa, Instagram juga menggunakan ini pada layanan mereka. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten Anda.

 

Usahakan ada dua hashtag utama pada setiap postingan Anda. Hashtag utama di sini maksudnya, satu hashtag ciptaan Anda sendiri yang akan menjadi identitas bisnis Anda, satu lagi adalah hashtag populer yang sedang banyak digunakan orang. Selain untuk menandai konten, biasanya pengguna akan melakukan pencarian menggunakan hashtag. Jadi, Anda perlu mengetahui tagar apa saja yang sedang populer dan relevan dengan konten yang Anda bagikan, kemudian lengkap dengan hashtag yang menjadi identitas brand Anda.

 

Dengan menggunakan hashtag yang tepat sasaran, Anda membuka peluang besar untuk mendapatkan respons dari netizen dan followers. Hal ini bisa Anda maksimalkan sebelum memutuskan untuk menggunakan Instagram Ads agar konten Anda dapat menjangkau pengguna lebih banyak lagi.

 

  1. Berikan Tanggapan pada Komentar

Merespons setiap komentar yang masuk jadi salah satu pekerjaan yang harus Anda lakukan. Karena dengan memberi respons, akun Anda lebih terkesan ramah dan dapat meningkatkan ketertarikan orang lain pada bisnis Anda. Ini juga berlaku jika ada yang menyebut akun Anda pada story mereka.

 

Mengapa Anda harus membalasnya? Karena followers akan merasa dihargai sebagai calon konsumen. Ketika mereka merasa dihargai, kemudian merasa senang karena tanggapan Anda yang cepat, mereka akan memiliki ketertarikan pula untuk membeli produk Anda atau bahkan menjadi pelanggan setia Anda.

 

 

  1. Rajinlah Membagikan Konten Instagram di Media Sosial Lain

Agar postingan Anda semakin memiliki peluang besar untuk dilihat orang, cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan konten Anda ke berbagai sosial media lain yang Anda miliki. Di Instagram, Anda bisa menggunakan fitur share untuk membagikan konten ke Facebook dan Tumblr. Fitur ini juga bisa Anda aktifkan untuk memberikan kemudahan pada followers yang ingin membagikan konten yang mereka sukai ke sosial media milik mereka.

 

Demikianlah pembahasan mengenai cara promosi produk laris manis tanpa perlu pasang Instagram ads. Semoga bisa membuka wawasan dan bermanfaat untuk Anda.