Menjalankan bisnis di masa modern seperti sekarang semakin menarik karena bisa memanfaatkan berbagai platform digital, mulai dari Instagram, TikTok, LinkedIn, bahkan Facebook. Pada artikel kali ini, Redcomm akan mengajak Anda untuk fokus membahas pemasaran di Facebook, mengingat pemasaran di platform ini masih efektif dilakukan.

 

Anda bisa memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk mengembangkan bisnis yang dijalani. Banyak dari pemilik bisnis yang memilih Facebook karena terbukti jika Facebook marketing masih sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan calon pelanggan baru.

 

Alasan Facebook Marketing Masih Efektif

Jika Anda juga memiliki dan menjalankan bisnis saat ini. Sebaiknya, jangan ragu untuk menggunakan Facebook sebagai salah satu media promosi online. Berikut ini, 9 alasan kenapa Anda perlu melakukan pemasaran di Facebook.

 

 

  1. Media Sosial dengan Banyak Pengguna Pemula

Alasan yang pertama mengapa Facebook marketing masih efektif adalah karena media sosial yang satu ini memiliki banyak pengguna, terutama pengguna yang masih baru pertama kali menggunakan media sosial. Artinya, kalau Anda sebagai pebisnis mampu menjangkau mereka, maka akan ada banyak calon pelanggan baru yang bisa Anda dapatkan.

 

Bisa dikatakan jika Facebook adalah media sosial yang paling populer di dunia. Banyak dari masyarakat di berbagai negara yang menggunakan media ini untuk bersosial atau bahkan mempromosikan bisnis. 

 

Jangan lupa setelah memiliki akun Facebook, Anda juga perlu tahu cara membuat fanpage Facebook untuk mempromosikan dan menjual produk yang Anda miliki. Cara ini juga sangat membantu calon pelanggan untuk bisa menemukan produk yang Anda tawarkan dengan lebih mudah.

 

  1. Media Promosi Murah dan Efektif

Alasan yang kedua, Facebook memiliki tingkat efektivitas yang tinggi jika digunakan untuk mempromosikan usaha, termasuk menggunakan Facebook ads. Bagi Anda yang ingin menggunakan Facebook ads, Anda bisa mempelajari cara menjalankan iklan di Facebook ads.

 

Anda bisa melakukan promosi secara maksimal menggunakan protokol ini tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Jika dibandingkan mempromosikan usaha melalui media, seperti televisi atau bahkan baliho, tentu Facebook jauh lebih menarik karena murah dan praktis.

 

  1. Dapat Diakses Selama 24 Jam Nonstop

Mempromosikan produk melalui Facebook memungkinkan pelanggan bisa mengakses bisnis Anda kapanpun mereka membutuhkannya. Hal ini karena sebagai media sosial populer, sudah pasti Facebook bisa diakses 24 jam nonstop.

 

 

  1. Media yang Efektif untuk Berkomunikasi

Aplikasi Facebook menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Bukan hanya bisa berkirim pesan melalui chat, namun juga bisa melalui kolom komentar. Anda dapat berkomunikasi dengan calon pembeli melalui fitur komunikasi tersebut dan membangun interaksi yang erat dengan pelanggan, sehingga mereka bisa mengingat produk dan layanan bisnis Anda dengan baik. Untuk diketahui, baik Facebook personal maupun Fanpage Facebook, memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

 

  1. Terdapat Banyak Fitur Menarik

Facebook marketing juga sangat memudahkan para pebisnis karena di dalamnya terdapat tools marketing yang dapat memudahkan setiap pebisnis untuk mempromosikan produk, baik melalui media gambar, video dan teks. Hanya saja, promosi di Facebook tak bisa asal pasang foto

 

Anda harus tahu bagaimana cara membuat foto produk yang mengundang rasa penasaran dan menarik perhatian pelanggan, cara membuat gambar dan video untuk memasarkan produk, video production, dan sebagainya.

 

  1. Cocok untuk Segala Jenis Bisnis

Facebook adalah media sosial yang bisa digunakan oleh semua masyarakat. Jadi, apa pun bisnis Anda, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar, bisa memanfaatkan platform yang satu ini untuk jualan di Facebook marketplace. Tidak sulit untuk menggunakan Facebook sebagai media promosi karena terdapat Facebook ads yang dapat Anda manfaatkan.

 

  1. Memiliki Jangkauan Luas

Ketika Anda memposting sesuatu atau mempromosikan produk melalui Facebook, maka jangkauan pasar akan sangat luas. Para calon pembeli yang akan menemukan produk Anda bukan hanya dari dalam wilayah Indonesia saja, namun bisa pula dari luar negeri.

 

 

  1. Memiliki Target Pasar yang Akurat

Cara jualan di Facebook semakin efektif karena Anda bisa menentukan target pasar secara akurat dan dapat menggali consumer insights. Dengan menggunakan iklan berbayar dari facebook maka algoritma akan mengarahkan pada target yang Anda inginkan.

 

  1. Mudah dalam Menganalisis Pasar

Di dalam Facebook, para pebisnis bisa menganalisis pasar dengan mudah karena terdapat informasi real time yang terukur. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisis potensi yang ada pada masyarakat sehingga target selanjutnya dapat dioptimalkan.

 

Itulah informasi tentang 9 alasan mengapa Facebook marketing masih sangat efektif. Anda juga bisa memaksimalkan keuntungan dari usaha yang dimiliki melalui platform yang satu ini.