knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
9 Alasan Pemasara...

9 Alasan Pemasaran di Facebook Masih Efektif Dilakukan

06 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 13.658  
Social Media

Alasan Pemasaran Di Facebook

Menjalankan bisnis di era digital seperti saat ini menawarkan kemudahan untuk mempromosikan dan memasarkan produk. Apalagi saat ini ada berbagai  platform untuk promosi. Kamu bisa melakukan pemasaran di Facebook, Instagram, TikTok, hingga LinkedIn. 

Meskipun ada banyak pilihan, pemasaran di Facebook tetap relevan dan efektif. Kenapa? Temukan jawabannya  di artikel Redcomm Knowledge kali ini. 

9 Manfaat Melakukan Promosi dan Pemasaran di Facebook 

Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk mengembangkan bisnis dengan melakukan promosi dan pemasaran karena efektif menjangkau banyak calon pelanggan baru dan potensial menciptakan konversi.

Berikut ini, 9 alasan kenapa Anda perlu melakukan pemasaran di Facebook:

1. Platform dengan Pengguna Terbanyak

Alasan yang pertama mengapa Facebook marketing masih efektif adalah karena media sosial yang satu ini memiliki banyak pengguna, terutama pengguna yang masih baru pertama kali menggunakan media sosial. 

Dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, Facebook menjadi platform sosial terbesar, sehingga berpeluang besar bagi bisnis Anda untuk menjangkau audiens secara luas.

Artinya, kalau Anda sebagai pebisnis mampu menjangkau mereka, maka akan ada banyak calon pelanggan baru yang bisa Anda dapatkan.

Jangan lupa setelah memiliki akun Facebook, buat juga Fanpage Facebook. Ikuti saja panduan dan cara membuat Fanpage Facebook ini.

Nah, memanfaatkan Fanpage Facebook, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk, sekaligus dapat membantu calon pelanggan menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda.

2. Media Promosi Murah dan Efektif

Alasan yang kedua, Facebook memiliki tingkat efektivitas yang tinggi jika Anda gunakan untuk mempromosikan usaha, termasuk menggunakan Facebook Ads. Bagi Anda yang ingin menggunakan Facebook Ads, Anda bisa mempelajari cara menjalankan iklan di Facebook Ads.

Meskipun beriklan di Facebook perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya iklan, namun biaya ini masih jauh lebih hemat dibandingkan iklan jenis lain. 

Apalagi pemasaran di Facebook dan beriklan di Facebook Ads memungkinkan Anda mengatur anggaran iklan yang sesuai dana tersedia,  namun tetap bisa mencapai audiens yang relevan. 

Jika melihat hasil penelitian yang Hootsuite lakukan, biaya per klik (CPC) iklan Facebook rata-rata hanya sekitar $0,97. Jelas biaya ini jauh lebih ekonomis dengan dampak hasil besar yang bisa Anda dapatkan.

Tapi kalau tak ingin boncos biaya iklannya, mending berdiskusi dulu dengan tim profesional yang sudah berpengalaman mengelola iklan lebih dari 500+ brand. Klik saja Kontak Redcomm

Sebagai bagian dari digital marketing agency Indonesia, Redcomm sudah tentu akan memastikan yang terbaik untuk bisnis Anda.

3. Akses 24 Jam Nonstop

Facebook memungkinkan bisnis Anda untuk selalu aktif dan tersedia bagi pelanggan, kapan pun mereka butuhkan. 

Dengan akses 24 jam non-stop, Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih responsif, baik untuk promosi, melakukan penjualan produk, hingga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Coba hitung ulang dan bandingkan besar biaya Anda mempekerjakan banyak karyawan yang bekerja 24 jam dengan melakukan pemasaran di Facebook. Murah mana biayanya?

4. Media yang Efektif untuk Berkomunikasi

Aplikasi Facebook menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Bukan hanya bisa berkirim pesan melalui chat, namun juga bisa melalui kolom komentar dan messenger

Anda dapat berkomunikasi dengan calon pembeli melalui fitur komunikasi tersebut dan membangun interaksi yang erat dengan pelanggan, sehingga mereka bisa mengingat produk dan layanan bisnis Anda dengan baik. 

Untuk diketahui, baik Facebook personal maupun Fanpage Facebook, memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

5. Fitur Pemasaran yang Lengkap

Facebook marketing juga sangat memudahkan para pebisnis karena di dalamnya terdapat tools marketing yang dapat memudahkan setiap pebisnis untuk mempromosikan produk, baik melalui media gambar, video dan teks. Hanya saja, promosi di Facebook tak bisa asal pasang foto

Anda harus tahu bagaimana cara membuat foto produk yang mengundang rasa penasaran dan menarik perhatian pelanggan, cara membuat gambar dan video untuk memasarkan produk, video production, dan sebagainya.

Anda juga dapat menggunakan Facebook Live untuk berinteraksi langsung dengan audiens, meningkatkan keterlibatan, dan akhirnya menciptakan konversi penjualan yang memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

6. Cocok untuk Segala Jenis Bisnis

Facebook adalah media sosial yang bisa digunakan oleh semua masyarakat. Jadi, apapun bisnis Anda, baik bisnis kecil maupun bisnis besar, bisa memanfaatkan platform yang satu ini untuk jualan di Facebook marketplace.

7. Memiliki Jangkauan Luas

Ketika memposting konten maupun mempromosikan produk melalui Facebook, maka jangkauan pasar akan sangat luas. 

Para calon pembeli yang akan menemukan produk Anda bukan hanya dari dalam wilayah Indonesia saja, namun bisa pula dari luar negeri.

8. Target Pasar Akurat

Cara jualan di Facebook semakin efektif karena Anda bisa menentukan target pasar secara akurat dan dapat menggali consumer insights

Apalagi kalau Anda menggunakan iklan berbayar dari Facebook, maka algoritma akan mengarahkan konten promosi dan pemasaran Anda pada target yang Anda inginkan.

Sesuai dengan bukti yang eMarketer temukan bahwa 78% pemasar digital sudah membuktikan menggunakan Facebook Ads dapat membantu mencapai target audiens yang lebih tepat.

Hal ini karena Facebook Ads memungkinkan Anda menentukan target pasar dengan sangat spesifik. Tinggal atur saja iklan berdasarkan lokasi, usia, minat, dan perilaku konsumen.

9. Memudahkan Proses Analisis Pasar

Di dalam Facebook, Anda sebagai pebisnis  bisa menganalisis pasar dengan mudah karena terdapat data analitik yang real time dan terukur. 

Data tersebut dapat Anda gunakan untuk menganalisis performa iklan, memahami demografi audiens, mengidentifikasi tren pasar, hingga menemukan peluang yang bisa dikembangkan.

Dengan semua informasi tersebut nantinya akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik saat perlu menyelenggarakan social media campaign di masa mendatang.

 

Sekarang Anda sudah tahu alasan dan manfaat melakukan pemasaran di Facebook. Selanjutnya pelajari dan terapkan juga strategi pemasaran di Facebook dengan Facebook Reach & Frequency dan Auction.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER