MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

27 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 25.857  
Social Media

redcomm

Facebook ads adalah layanan iklan berbayar milik Facebook yang dapat membantu pebisnis mengiklankan bisnisnya berdasarkan demografi audiens, seperti berdasarkan usia, penghasilan, perilaku berbelanja, dll. Selain itu, masih ada banyak keuntungan menggunakan Facebook ads untuk pengembangan bisnis. Berikut penjelasannya.

5 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads 

1. Meningkatkan Branding

Pengguna Facebook bisa membangun jaringan pertemanan tanpa batasan wilayah. Namun sejalan dengan bertambahnya fitur Facebook, maka saat ini Facebook bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk, brand, layanan bisnis, bahkan jasa. 

Artinya, Facebook ads dapat membuat produk dan bisnis Anda semakin dikenal orang dari berbagai wilayah. Bahkan kalau Anda menerapkan strategi yang tepat, mereka bisa sekalian menjadi pelanggan. 

Itu sebabnya, tak ada salahnya Anda memanfaatkan iklan berbayar di Facebook untuk membangun dan memperkuat branding bisnis. Sebab, semakin besar brand awareness yang Anda dapatkan, maka peluang Anda mengembangkan usaha juga jadi terbuka lebar.

2. Iklan Lebih Tepat Sasaran

Keuntungan menggunakan Facebook ads selanjutnya adalah iklan menjadi lebih tertarget atau bisa menjangkau calon pelanggan secara tepat. 

Hal ini karena tersedia pengaturan iklan yang memungkinkan Anda menargetkan audiens berdasarkan data, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, penghasilan, hingga perilaku berbelanja. 

Dengan mengatur target pasar secara jelas, potensi untuk mendapatkan konsumen yang tepat pun lebih besar. Contohnya, produk yang Anda jual adalah alat tulis dan perlengkapan sekolah. Maka target iklan Anda harus bisa menarik perhatian remaja usia 15 tahun dan orang tua yang memiliki anak usia sekolah.

Jika harga produk cukup mahal, Anda bisa menargetkan kota-kota besar saja. Sebaliknya, kalau harga produk terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, Anda bisa memasukkan kota kecil bahkan kabupaten sebagai wilayah pemasaran yang mau Anda jangkau.

3. Iklan Sesuai Budget

Anda memiliki kendali penuh dalam mengatur dan mengelola iklan, termasuk penggunaan budget untuk beriklan. Artinya, dengan dana terbatas pun Anda tetap bisa memasang iklan di Facebook ads lho.

Meski begitu, tetap pastikan Anda sudah tahu dulu target pasar yang ingin dijangkau, data statistik demografi mereka, dan cara pengaturan iklan yang efektif. Nah, kalau Anda baru mengenal Facebook ads, coba pelajari dulu cara kerjanya di ya.

Lalu agar target iklan bisa tepat sasaran, alangkah baiknya Anda juga mempelajari cara membuat konten yang menarik, cara membuat caption yang menarik perhatian konsumen, belajar search engine marketing, atau berkonsultasi saja dengan tim digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman, seperti Redcomm.

4. Format Iklan Beragam

Facebook ads memungkinkan Anda mengekspresikan kreativitas dalam berbagai format desain iklan, mulai dari video pendek, gambar, foto, teks, bahkan tautan menuju ke landing page produk. 

Hal ini karena di Facebook ads memang sudah tersedia cukup banyak format iklan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bahkan berbagai format iklan ini juga bisa Anda kombinasikan penggunaannya dengan fitur retargeting dan remarketing. Oh ya, untuk memahami kedua fitur ini, baca saja artikel yang berjudul Perbedaan Retargeting dan Remarketing dalam Bisnis Digital.

5. Membangun Komunitas untuk Jualan

Keuntungan Facebook ads yang terakhir adalah membangun komunitas sebagai wadah untuk promosi dan jualan. Di Facebook cukup lengkap fitur-fitur yang memungkinkan Anda membangun komunitas

Setelah memiliki komunitas, Anda tinggal mengelolanya dengan baik dan terus jaring anggota baru melalui pemasangan iklan. Selain sebagai wadah untuk berjualan, berkomunitas juga membuka peluang untuk membangun interaksi dan kolaborasi antara sesama pebisnis. 

Cara lain, Anda bisa langsung bergabung di berbagai komunitas yang sudah banyak di Facebook. Ini cara yang lebih praktis tanpa harus membangun komunitas sendiri. 

Pilihlah komunitas yang sesuai dengan brand yang Anda usung dan produk atau jasa yang hendak Anda pasarkan. Berinteraksilah di komunitas dan jangan cuma berjualan saja. Sesekali, Anda juga bisa membuat konten-konten berupa tips yang akan membuat Anda semakin dikenal anggota lain. 


Itulah 5 keuntungan menggunakan Facebook ads. Keuntungan memang tidak akan datang langsung sekaligus. Tetap ada proses yang perlu Anda lalui, termasuk mempelajari berbagai fitur pendukung yang disediakan oleh Facebook untuk memaksimalkan iklan Anda. Lalu jika saat ini Anda sudah siap menggunakan Facebook ads untuk beriklan, pelajari juga yuk Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER