Di zaman modern seperti sekarang, promosi melalui media sosial dianggap lebih efektif karena bisa menjangkau lebih banyak orang. Banyak pengusaha atau pebisnis, baik offline maupun online, menerapkan digital marketing dengan tujuan agar iklan tersebut bisa dilihat masyarakat dari berbagai kalangan dalam waktu bersamaan. Inilah satu dari 5 keuntungan menggunakan Facebook Ads. Keuntungan lainnya, mari kita ulas bersama dalam artikel kali ini.

 

Apa Sebenarnya Facebook Ads Itu?

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang dimiliki platform Facebook. Platform yang satu ini memang menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sebagian di antara mereka percaya bahwa menggunakan Facebook Ads bisa menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan demografinya. 

 

Demografi di sini mencakup berbagai hal penting terkait pasar yang hendak dijangkau, mulai dari pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Bisa disimpulkan, jika menggunakan iklan ini, Anda bisa menentukan target konsumen lebih mudah dan tepat sasaran.

 

 

5 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads 

  1. Meningkatkan Branding

Selain keuntungan utama yang sudah disinggung di atas, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan, seperti meningkatkan branding. Awalnya, Facebook diciptakan dengan tujuan untuk membangun jaringan pertemanan, mengingat Facebook tidak memiliki batasan wilayah. Orang yang tinggal di ujung dunia Utara bisa terhubung dalam hitungan detik dengan orang yang berada di Selatan hanya dengan berinteraksi di Facebook. Sejalan dengan waktu dan semakin lengkapnya berbagai fitur di Facebook, maka saat ini Facebook juga bisa digunakan untuk mempromosikan brand, produk, maupun jasa yang Anda miliki.

 

Menggunakan Facebook Ads bisa membuat produk atau bisnis Anda semakin dikenal orang dari berbagai wilayah, bahkan kalau Anda menerapkan strategi yang tepat, mereka bisa sekalian menjadi pelanggan Anda. Itu sebabnya, memasang iklan berbayar tak ada salahnya dilakukan karena semakin kuat branding yang Anda bangun, semakin besar brand awareness yang Anda dapatkan. Di saat yang sama, peluang dan kesempatan terbaik untuk mengembangkan usaha jadi terbuka lebar.

 

  1. Iklan Menjadi Lebih Tertarget

Keuntungan menggunakan Facebook Ads selanjutnya adalah iklan menjadi lebih tertarget. Artinya, Anda bisa melakukan pengaturan sendiri terkait konsumen yang hendak Anda jangkau berdasarkan data, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, hingga hobi. Dengan mengatur target pasar secara jelas, potensi untuk mendapatkan konsumen yang tepat pun lebih besar. 

 

Contoh dari penerapan target pasar, misalnya produk stationery. Anda bisa menyesuaikan target pasar mulai dari remaja berusia 15 hingga orang tua muda berusia sekitar 40-45 tahun yang masih memiliki anak usia sekolah. Jika harga dari produk cukup mahal, Anda bisa menargetkan kota-kota besar saja. Sebaliknya, kalau harga produk Anda termasuk bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat, Anda bisa memasukkan kota kecil bahkan kabupaten sebagai wilayah pemasaran yang mau dibidik.

 

 

  1. Bisa Diatur Sesuai Budget yang Tersedia

Seperti yang sudah disinggung di atas, Facebook Ads merupakan iklan berbayar yang mana penggunanya harus mengetahui lebih dulu mengenai proses pembayaran dan lain sebagainya. Meskipun dianggap lebih efektif untuk beriklan, Anda tetap harus memastikan dan menganalisis terlebih dahulu sebesar apa dana yang tersedia untuk memasang iklan.

 

Syukurnya, memasang iklan di Facebook Ads cukup terjangkau. Dengan dana terbatas, asalkan bisa melakukan pengaturan yang tepat, maka target yang diincar bisa tetap tercapai. Agar target iklan bisa tepat sasaran, alangkah baiknya jika Anda juga mempelajari cara membuat konten yang menarik, caption yang memancing konsumen untuk mencari tahu lebih jauh, belajar search engine marketing, internet marketing strategies, atau bekerja sama dengan top branding agencies.

 

  1. Bisa Menggunakan Gambar atau Video

Sebuah iklan akan lebih menarik ketika berisi konten kreatif yang unik dan bisa membuat orang teralihkan perhatiannya. Konten tersebut bisa berupa gambar, suara, atau video. Nah, keuntungan menggunakan Facebook Ads selanjutnya adalah Anda bisa memasang iklan menggunakan gambar ataupun video yang akan membuat orang semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, bahkan bisa mengundang mereka untuk langsung membagikan iklan tersebut kepada orang lain dalam jaringan pertemanan mereka.

 

 

  1. Bangun Komunitas untuk Jualan

Terakhir adalah membangun komunitas sebagai wadah untuk promosi dan jualan. Di Facebook cukup lengkap fitur-fitur yang memungkinkan Anda membangun komunitas. Kelola komunitas tersebut dan terus jaring anggota baru melalui pemasangan iklan. Sembari mengembangkan komunitas, Anda bisa sekaligus menjadikan komunitas itu sebagai wadah untuk berjualan serta menjalin interaksi yang lebih solid dengan konsumen.

 

Cara lain, Anda bisa langsung bergabung di berbagai komunitas yang sudah banyak di Facebook. Ini cara yang lebih praktis tanpa harus membangun komunitas Anda sendiri. Namun, pilihlah komunitas yang sesuai dengan brand yang Anda usung dan produk atau jasa yang hendak Anda pasarkan. Berinteraksilah di komunitas itu dan jangan cuma berjualan saja. Sesekali, Anda juga bisa membuat konten-konten berupa tips yang akan membuat Anda semakin dikenal anggota lain. 

 

Itulah 5 keuntungan menggunakan Facebook Ads. Keuntungan memang tidak akan datang langsung sekaligus. Tetap ada proses yang perlu Anda lalui, termasuk mempelajari berbagai fitur pendukung yang disediakan oleh Facebook untuk memaksimalkan iklan Anda. Sabar dan tekunlah untuk mencoba. Semoga setelahnya, keuntungan Anda semakin berlipat ganda.