knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Penting Tidak Pemilik Usaha Membangun Komunitas?

25 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 3.856  
CRM & Loyalty Programs

Penting Tidak Pemilik Usaha Membangun Komunitas

Bagi sebagian pengusaha, membangun komunitas dalam bisnis itu dianggap tidak terlalu penting jika dibandingkan aktif melakukan kegiatan promosi dan peningkatan kualitas produk.

Padahal jika dikaji lebih dalam, banyak poin positif yang bisa Anda dapatkan kalau menjadikan komunitas sebagai bagian dari penerapan strategi digital marketing

Alasannya sederhana, semakin banyak Anda dikelilingi orang dengan passion sama, maka akan semakin matang pula bisnis tersebut. Berikut penjelasannya. 

6 Alasan Penting & Manfaat Komunitas bagi Bisnis

Sebenarnya ada banyak alasan yang melatarbelakangi pentingnya Anda membangun komunitas, terutama yang anggota komunitasnya memang menggemari produk atau jenis industri yang sama dengan bisnis Anda. Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

1. Jadi Banyak Relasi

Saat Anda membangun komunitas dengan latar belakang usaha yang sejenis atau usaha yang bisa saling mendukung, secara otomatis Anda dan mereka menjadi relasi bisnis terbaik.

Contohnya, komunitas bisnis tekstil. Di dalam komunitas tersebut akan berkumpul produsen bahan dasar kain, penjahit, distributor, hingga pebisnis di ruang lingkup yang sama. 

Mereka bisa menjadi rekan utama ketika usaha yang sedang Anda jalankan perlu produk tertentu. Misalnya, bisnis Anda di bidang usaha pakaian jadi. 

Saat Anda kekurangan bahan dasar pembuatan pakaian karena supplier yang biasa bekerja sama stoknya sedang tidak tersedia, Anda bisa melakukan order kepada rekan di komunitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Jadi Sumber Informasi Penting 

Sebagai bagian dari digital marketing strategist, tujuan dibuatnya komunitas yang memiliki latar belakang usaha sama adalah untuk menjalin komunikasi yang baik. 

Selain itu, juga bisa menjadi media sharing informasi apa pun yang berkaitan dengan usaha. Seperti saat terjadi kenaikan bahan baku tekstil, bisa saja Anda mendapatkan informasinya dari rekan yang tergabung dalam komunitas.

3. Wawasan Jadi Lebih Luas 

Bisa jadi selama ini wawasan atau pengetahuan Anda seputar bisnis masih terbatas karena minimnya waktu untuk mempelajari banyak hal. 

Tetapi dengan banyak berdiskusi melalui chatting atau kopi darat dengan teman satu komunitas, Anda bisa mendapatkan insight lebih lengkap mengenai strategi internet marketing terbaru yang potensial diterapkan pada usaha Anda. 

Ini artinya, keberadaan komunitas bisa memperluas wawasan dan pengetahuan Anda berkaitan dengan perkembangan bisnis. 

4. Riset Lebih Mudah 

Mau melakukan riset pasar untuk produk baru Anda dengan budget terjangkau? Anda bisa memanfaatkan rekan yang tergabung dalam komunitas. 

Caranya, bagikan sampel produk secara gratis, kemudian sebar survei dan minta mereka menjawab jujur terkait produk tersebut.

Anda bahkan bisa bertanya mengenai kemungkinan reaksi pasar terhadap produk. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan karena mereka pun menguasai dunia bisnis yang sama.

5. Sebagai Pengingat Branding Companies 

Komunitas dapat menjadi pengingat pentingnya branding untuk usaha Anda. Apalagi jika bisnis dibangun untuk jangka panjang. 

Anggota komunitas secara tidak langsung akan jadi pemicu yang bisa mematenkan brand dan meningkatkan kualitas produk, agar brand jadi semakin populer.

6. Pemberi Solusi 

Percaya atau tidak, komunitas yang dibangun oleh pemilik usaha akan jadi salah satu gudang solusi dari berbagai masalah bisnis yang dihadapi. 

Karena pastinya, sesama anggota komunitas bisa jadi pernah mengalami hal yang sama, kemudian mereka akan dengan senang hati berbagi solusi berdasarkan pengalaman. 

Jadi, solusi untuk setiap masalah yang Anda hadapi bisa terselesaikan dengan mudah. 

Selain tentu saja Anda juga bisa mengandalkan tim dari digital marketing agency Jakarta atau Indonesia yang sudah berpengalaman dalam membantu pebisnis mengembangkan bisnis. 

Bagaimana Cara Membangun Komunitas bagi Pemilik Bisnis? 

Membangun komunitas bisnis memang tak semudah mengedipkan mata. Tingkat kesulitan dan permasalahan yang muncul bisa jadi sama seperti Anda membangun bisnis. 

Butuh proses yang cukup panjang dan detail hingga terkumpul orang-orang yang punya pemikiran sama dan bisa saling menguntungkan satu sama lain. 

Cara tepat untuk membangun komunitas, misalnya:

  • Promosikan usaha melalui berbagai platform, terutama media sosial. 
  • Kemudian, buatlah ruang bagi orang-orang untuk berdiskusi dan berbagi informasi. 
  • Sejalan bertambahnya anggota, Anda bisa memulai proses seleksi anggota komunitas. 

Setelah merasa cocok dan yakin dengan beberapa pebisnis yang satu visi dan misi, Anda bisa melangkah lebih jauh dengan membentuk tim pengelola komunitas, yang nanti manfaatnya bisa dinikmati bersama. Artinya, sukses berjalan beriringan sesuai target bisnis masing-masing. 

Kalau membutuhkan referensi cara efektif membangun komunitas, baca saja artikel berjudul: Contoh Brand yang Sukses Membangun Komunitas Online.

Jangan lupa, agar promosi digital yang Anda lakukan tepat sasaran dan bisa semakin sukses, Anda bisa menggandeng tim digital advertising agency Indonesia.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER