Bagi sebagian pengusaha, membangun komunitas dalam bisnis itu dianggap tidak terlalu penting jika dibandingkan aktif melakukan kegiatan promosi dan peningkatan kualitas produk. Padahal jika dikaji lebih dalam, banyak poin positif yang bisa didapatkan jika Anda melakukannya sebagai bagian dari digital marketing business. Alasannya sederhana, semakin banyak Anda dikelilingi orang dengan passion sama, maka akan semakin matang pula bisnis tersebut. Mengapa begitu? 

 

6 Alasan Pentingnya Membangun Komunitas Usaha 

Sebenarnya ada banyak alasan yang melatarbelakangi pentingnya Anda membangun sebuah komunitas dengan bidang usaha sejenis, termasuk saat Anda menjalankan strategi digital marketing. Tapi paling tidak, enam alasan berikut ini sudah bisa mewakili persepsi bahwa usaha akan semakin maju jika ada campur tangan dari komunitas yang dibangun. 

 

 

  1. Relasi Bisnis Lebih Banyak 

Saat Anda membangun sebuah komunitas dengan latar belakang usaha yang sejenis atau usaha yang bisa saling mendukung, secara otomatis mereka sudah menjadi relasi bisnis terbaik. Contohnya, komunitas bisnis tekstil. Di dalam komunitas tersebut akan berkumpul produsen bahan dasar kain, penjahit, distributor, hingga pebisnis di ruang lingkup yang sama. 

 

Mereka bisa menjadi rekan utama ketika usaha yang sedang Anda jalankan perlu produk tertentu. Misalnya, bisnis Anda di bidang usaha pakaian jadi. Saat Anda kekurangan bahan dasar pembuatan pakaian karena supplier yang biasa bekerja sama stoknya sedang tidak tersedia, Anda bisa meminta pada rekan di komunitas untuk menjadi pengganti yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

 

  1. Jadi Sumber Informasi Penting 

Sebagai bagian dari digital marketing strategist, tujuan dibuatnya komunitas yang memiliki latar belakang usaha sama adalah untuk menjalin komunikasi yang baik. Selain itu, juga bisa menjadi media sharing informasi apa pun yang berkaitan dengan usaha. Seperti saat terjadinya kenaikan bahan baku tekstil, bisa saja Anda mendapatkan informasinya dari rekan yang tergabung dalam komunitas tersebut. 

 

  1. Wawasan Jadi Lebih Luas 

Bisa jadi selama ini wawasan atau pengetahuan Anda seputar bisnis yang digeluti masih terbatas karena minimnya waktu untuk mempelajari banyak hal. Tapi dengan banyak berdiskusi melalui chatting ataupun kopi darat dengan teman satu komunitas, Anda bisa mendapatkan insight lebih lengkap mengenai strategi internet marketingterbaru yang potensial diterapkan pada usaha Anda. 

 

 

  1. Riset Lebih Mudah 

Mau melakukan riset pasar untuk produk baru Anda dengan budget terjangkau? Anda bisa memanfaatkan rekan yang tergabung dalam komunitas. Caranya, bagikan sampel produk secara gratis, kemudian sebar survei dan minta mereka menjawab jujur terkait produk tersebut serta kemungkinan kondisi pasar yang mungkin terjadi. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan karena mereka pun menguasai dunia bisnis yang sama. 

 

  1. Sebagai Pengingat Branding Companies Anda 

Komunitas dapat menjadi pengingat pentingnya sebuah branding untuk usaha Anda, apalagi jika bisnis tersebut dibangun untuk jangka panjang. Anggota komunitas secara tidak langsung akan jadi pemicu yang bisa mematenkan brand dan meningkatkan kualitas produk, agar brand jadi semakin populer.

 

  1. Pemberi Solusi 

Percaya atau tidak, komunitas yang dibangun oleh pemilik usaha akan jadi salah satu gudang solusi dari berbagai masalah bisnis yang dihadapi. Karena pastinya, sesama anggota komunitas bisa jadi pernah mengalami hal yang sama, kemudian mereka akan dengan senang hati untuk berbagi solusi berdasarkan pengalaman. Jadi, solusi untuk setiap masalah yang Anda hadapi bisa terselesaikan dengan mudah, selain tentu saja tetap bisa mengandalkan tim digital agency yang sudah berpengalaman dalam membantu pebisnis mengembangkan bisnis. 

 

 

Bagaimana Cara Membangun Komunitas bagi Pemilik Bisnis? 

Membentuk sebuah komunitas bisnis memang tak semudah mengedipkan mata. Tingkat kesulitan dan permasalahan yang muncul bisa jadi sama seperti Anda membangun bisnis. Butuh proses yang cukup panjang dan detail hingga terkumpul orang-orang yang punya pemikiran sama dan bisa saling menguntungkan satu sama lain. 

 

Cara tepat untuk membangun komunitas adalah dengan memulai mempromosikan usaha melalui berbagai platform, terutama media sosial. Kemudian, buatlah ruang bagi orang-orang untuk berdiskusi dan berbagi informasi. Saat itulah proses seleksi anggota komunitas bisa dilakukan. 

 

Setelah merasa cocok dan yakin dengan beberapa pebisnis yang satu visi dan misi, Anda bisa melangkah lebih jauh dengan membentuk tim pengelola komunitas, yang nanti manfaatnya bisa dinikmati bersama. Artinya, sukses berjalan beriringan sesuai target bisnis masing-masing. 

 

Semoga informasi tentang pentingnya membangun komunitas untuk para pelaku usaha ini mampu membuka wawasan Anda, bahwa kesuksesan bisnis juga ditentukan oleh sejauh mana Anda bisa menggandeng banyak orang hebat untuk menjadi bagian dari pengembangan bisnis di masa depan. Jangan lupa, agar promosi digital yang Anda lakukan tepat sasaran dan bisa semakin sukses, Anda bisa menggandeng tim digital advertising agencyIndonesia.