1. Bisa Mengidentifikasi Pelanggan Teratas
Memanfaatkan CRM data memungkinkan Anda mengidentifikasi pelanggan potensial dan menarik kembali perhatiannya, sehingga mereka lebih banyak membeli produk Anda di masa mendatang.
Cara menarik perhatian para pelanggan potensial bisa melalui penawaran dan penyesuaian lainnya agar pelanggan yang loyal memiliki pengalaman berkesan dengan brand Anda.
Nah, semakin Anda mengenal konsumen dan paham customer behavior, Anda jadi lebih mudah menentukan strategi meningkatkan profit penjualan, bahkan bisa mendorong konsumen mau mereferensikan brand Anda kepada relasi atau kenalan mereka
2. Menemukan Pelanggan Baru yang Mirip dengan Pelanggan Potensial
Mengenali kebiasaan pelanggan secara rutin dan berkelanjutan memudahkan Anda mengenali siapa saja calon konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan potensial.
Kemudian Anda bisa fokus pada mereka dengan cara memberikan penawaran-penawaran terbaik. Misalnya pemberian voucher, diskon tambahan, atau melakukan strategi promosi digital tertentu yang akan membuat mereka terus berinteraksi dengan brand Anda.
Di saat yang sama, hal tersebut juga memungkinkan Anda menemukan pelanggan baru yang memiliki kemiripan dengan pelanggan potensial.
Pada akhirnya, strategi ini membantu Anda menetapkan target pelanggan yang lebih tepat sasaran dan bisa sekaligus memperluas target market.
3. Bisa Meningkatkan Koordinasi Antar-departemen
Mayoritas departemen atau divisi dalam perusahaan saling bergantung satu sama lain. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang efektif agar kerja sama pemasaran dan promosi bisa berjalan selaras.
Adanya kombinasi antara CRM dan promosi di media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor yang mungkin tidak melakukannya.
Tim penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan departemen lainnya bisa berkolaborasi lebih baik untuk menangani pelanggan.
Informasi pelanggan ada di satu data terpusat yang seluruh departemen bisa mendapat akses untuk mengetahui aktivitas real time pelanggan.
Setelah mengetahui status setiap pelanggan, seluruh tim bisa berkoordinasi untuk menyusun ulang rencana dan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan target customer yang telah ditetapkan.
4. Melacak Setiap Langkah Perjalanan Pelanggan
Melakukan analisis customer journey sangat penting bagi penentuan digital marketing strategies tepat sasaran. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal customer journey untuk membuat konten yang tepat dan bisa menarik perhatian mereka.
Berdasarkan analisis tersebut, nantinya Anda bisa mengetahui cara terbaik untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan.
Namun ingat, pastikan semua konten promosi di media sosial harus berfokus pada upaya membangun interaksi yang berkesinambungan.
Untuk itu, Anda juga perlu tahu cara terbaik melakukan optimasi saat penyelenggaraan promosi dan kampanye di media sosial, termasuk memanfaatkan keberadaan CRM data yang bisa melacak like, comments, dan berbagai metrik lainnya.