knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

6 Tips Jitu Memanfaatkan CRM Data untuk Strategi Promosi di Media Sosial

27 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 6.323  
Program Loyalitas & CRM

Manfaat Crm Data Untuk Strategi Promosi

CRM singkatan dari Customer Relationship Management. Tahukah Anda kalau memanfaatkan CRM data untuk strategi promosi di media sosial sangat penting? Apalagi di tengah persaingan bisnis yang saat ini sangat ketat dan mau tidak mau bisnis saling berebut perhatian pelanggan.

Dalam artikel kali ini, Anda bisa membaca penjelasan peran dan manfaat CRM untuk kepentingan promosi di media sosial. 

Namun jika belum paham mengenai CRM, Anda bisa membaca dulu artikel di Redcomm Knowledge yang berjudul Mengenal Istilah Dasar dalam Customer Relationship Management (CRM).

Sepenting Apakah Customer Relationship Management?

Ketika bicara tentang CRM data untuk strategi promosi di media sosial, mayoritas pebisnis justru mengabaikan hal ini. Padahal, CRM atau manajemen hubungan pelanggan tak boleh  Anda tinggalkan karena dikhawatirkan akan menimbulkan konsekuensi serius terhadap citra brand.

Saat pelanggan mereferensikan brand Anda kepada orang lain. Lalu, orang tersebut berbelanja dan mengulang hal yang sama, yaitu mereferensikan lagi kepada orang berikutnya, ini dapat menjadi pengalaman terbaik bagi brand.

Namun, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti pengalaman buruk yang pelanggan alami, tentunya akan berpengaruh terhadap bisnis dan profit.

Menariknya, Anda juga dapat menggunakan CRM untuk melakukan retargeting dan remarketing kepada pelanggan yang sudah pernah berbelanja sebelumnya.

Tujuannya supaya bisa mengingatkan mereka untuk kembali berbelanja produk Anda.

Cara Memanfaatkan CRM Data untuk Strategi Promosi di Media Sosial

1. Bisa Mengidentifikasi Pelanggan Teratas

Memanfaatkan CRM data memungkinkan Anda mengidentifikasi pelanggan potensial dan menarik kembali perhatiannya, sehingga mereka lebih banyak membeli produk Anda di masa mendatang.

Cara menarik perhatian para pelanggan potensial bisa melalui penawaran dan penyesuaian lainnya agar pelanggan yang loyal memiliki pengalaman berkesan dengan brand Anda.

Nah, semakin Anda mengenal konsumen dan paham customer behavior, Anda jadi lebih mudah menentukan strategi meningkatkan profit penjualan, bahkan bisa mendorong konsumen mau mereferensikan brand Anda kepada relasi atau kenalan mereka

2. Menemukan Pelanggan Baru yang Mirip dengan Pelanggan Potensial

Mengenali kebiasaan pelanggan secara rutin dan berkelanjutan memudahkan Anda  mengenali siapa saja calon konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan potensial.

Kemudian Anda bisa fokus pada mereka dengan cara memberikan penawaran-penawaran terbaik. Misalnya pemberian voucher, diskon tambahan, atau melakukan strategi promosi digital tertentu yang akan membuat mereka terus berinteraksi dengan brand Anda.

Di saat yang sama, hal tersebut juga memungkinkan Anda menemukan pelanggan baru yang memiliki kemiripan dengan pelanggan potensial. 

Pada akhirnya, strategi ini membantu Anda menetapkan target pelanggan yang lebih tepat sasaran dan bisa sekaligus memperluas target market. 

3. Bisa Meningkatkan Koordinasi Antar-departemen

Mayoritas departemen atau divisi dalam perusahaan saling bergantung satu sama lain. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang efektif agar kerja sama pemasaran dan promosi bisa berjalan selaras.

Adanya kombinasi antara CRM dan promosi di media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor yang mungkin tidak melakukannya.

Tim penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan departemen lainnya bisa berkolaborasi lebih baik untuk menangani pelanggan.

Informasi pelanggan ada di satu data terpusat yang seluruh departemen bisa mendapat akses untuk mengetahui aktivitas real time pelanggan.

Setelah mengetahui status setiap pelanggan, seluruh tim bisa berkoordinasi untuk menyusun ulang rencana dan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan target customer yang telah ditetapkan.

4. Melacak Setiap Langkah Perjalanan Pelanggan

Melakukan analisis customer journey sangat penting bagi penentuan digital marketing strategies tepat sasaran. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal customer journey untuk membuat konten yang tepat dan bisa menarik perhatian mereka.

Berdasarkan analisis tersebut, nantinya Anda bisa mengetahui cara terbaik untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan.

Namun ingat, pastikan semua konten promosi di media sosial harus berfokus pada upaya membangun interaksi yang berkesinambungan.

Untuk itu, Anda juga perlu tahu cara terbaik melakukan optimasi saat penyelenggaraan promosi dan kampanye di media sosial, termasuk memanfaatkan keberadaan CRM data yang bisa melacak like, comments, dan berbagai metrik lainnya.

5. Menargetkan Pelanggan yang Belum Membeli  

Identifikasi pelanggan menggunakan CRM data dapat membantu Anda membuat penawaran eksklusif yang memang dikhususkan untuk pelanggan loyal. Jadi, Click-Through Rate (CTR) media sosial akan naik seiring meningkatnya penjualan. 

Agar hal tersebut bisa terwujud, mau tak mau Anda juga harus mempelajari cara untuk menargetkan para pelanggan yang berbeda.

Ketika memilih menggunakan customer relationship management untuk mendapatkan insight mengenai perilaku pelanggan, Anda dapat membuat strategi promosi media sosial menjadi inklusif.

Hal ini memungkinkan Anda menargetkan banyak pelanggan melalui berbagai macam penawaran yang telah dipersonalisasi sesuai dengan minat masing-masing pelanggan. Misalnya dengan pengiriman email marketing atau newsletter.

6. Membuat Iklan yang Dipersonalisasi

Agar bisnis selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor, gunakan CRM data untuk membuat iklan yang dipersonalisasi bagi para pelanggan. 

Hal ini karena CRM mampu memberikan informasi data pelanggan untuk meningkatkan peluang repeat order atau pembelian kembali.

Caranya tentu saja menarget iklan pada konsumen yang memang berpotensi untuk menjadi pelanggan loyal. Anda juga bisa menggunakan iklan yang lebih tertarget untuk mengingatkan pelanggan tentang produk yang mereka sukai.

Berdasarkan pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia terpercaya, yang dikenal juga sebagai digital marketing agency Jakarta, penggunaan CRM data untuk strategi promosi di media sosial atau strategi promosi digital marketing lainnya sangat ampuh meningkatkan penjualan.

Sudah lebih dari 500 brand yang pernah bekerja sama dengan creative agency Redcomm telah mendapatkan hasil dan peningkatan bisnis yang signifikan, seperti yang terlihat pada client experience.

Demikian cara meningkatkan dan memanfaatkan CRM data untuk strategi promosi di media sosial. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam mengembangkan bisnis online yang lebih maju lagi. Jangan lupa, tambah pengetahuan Anda dengan membaca Strategi dan Rekomendasi Software CRM Terbaik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER