MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pentingnya Analisis Customer Journey untuk Tingkatkan Penjualan

23 May  · 
3 min read
 · 
eye 4.683  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Tim digital agency Jakarta di Indonesia maupun digital marketer yang berlokasi di berbagai kota lainnya, akan melakukan analisis customer journey terlebih dahulu sebelum menjalankan digital campaign di internet maupun platform media sosial. 

Manfaat melakukan analisis calon konsumen adalah Anda jadi lebih paham mengenai siapa calon konsumen dan bagaimana kinerja media atau platform yang mau digunakan. 

Di saat yang sama, melakukan analisis customer journey untuk meningkatkan penjualan menjadi upaya terbaik untuk menemukan peluang baru dan menjangkau lebih banyak target audiens.

3 Hal Penting dalam Analisis Customer Journey

Untuk bisa menjalankan strategi digital marketing yang tepat sasaran, Anda perlu menganalisis pemasaran digital seperti apa yang paling sesuai dengan target market dan relevan dengan brand identity bisnis Anda.

Itulah sebabnya, Anda perlu mengetahui data penting yang wajib Anda analisis saat melakukan digital marketing, proses analisis data, data kualitatif, data kuantitatif, serta memahami faktor penting saat melakukan analisis campaign. Selanjutnya, lakukan eksplorasi untuk perkembangan bisnis. 

Semua proses tersebut nantinya akan sangat membantu ketika Anda perlu menyusun business plan dan menentukan target yang mau dicapai. Untuk menerapkannya, pelajari 3 kategori penting berikut ini:

1. Hubungan Antar Platform untuk Pemasaran Digital

Untuk bisa berinteraksi dan membangun hubungan baik dengan pelanggan, Anda perlu memahami mereka. Maka mau tidak mau, Anda perlu melakukan analisis data yang tersedia di platform yang Anda gunakan. Misalnya menggunakan situs web bisnis. 

Setiap website memiliki data dari Google analytics dan Google search console atau data di Google webmaster. Sementara media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, bahkan YouTube, juga sudah memiliki perangkat analitik yang langsung tersedia pada platform masing-masing.

Langkah berikutnya, lakukan social media campaign, menerapkan strategi SEO, atau menjalankan strategi email marketing untuk meningkatkan traffic website dan mendapatkan data pelanggan. 

Selain itu, Anda juga perlu memiliki alat analisis data yang bisa menyatukan semua platform yang Anda gunakan. 

Misalnya, menggunakan Hootsuite untuk mengintegrasikan semua platform media sosial, sehingga proses analisis customer journey menjadi lebih praktis, cepat, dan akurat. 

Nantinya, seluruh data yang berhasil Anda dapatkan ini bisa berguna saat menyelenggarakan digital campaign atau saat perlu mengembangkan bisnis lebih lanjut. 

2. Data yang Berfokus pada Customer Journey

Jika analisis web berfokus pada tampilan halaman, maka saat melakukan analisis pemasaran digital fokusnya sudah pasti ke konsumen. 

Tujuan analisis customer journey untuk mendapatkan lebih banyak data terkait perilaku pelanggan. Apa saja data customer journey yang bisa Anda dapatkan melalui kegiatan analisis pemasaran digital?

  • Platform Pertama Tempat Pelanggan Berinteraksi: Anda jadi tahu di platform mana saja untuk pertama kalinya konsumen berinteraksi dengan produk atau mengenal brand identity bisnis. Termasuk apa yang mereka lakukan di platform tersebut. 
  • Analisis Konten: Anda bisa mempelajari dan melakukan evaluasi bagaimana konten mempengaruhi pelanggan hingga terjadi pembelian.
  • Cara Pelanggan Menemukan Situs Web: Anda dapat mengetahui cara calon pelanggan menemukan situs web atau bisnis Anda untuk pertama kalinya. Apakah dari Google atau media sosial? 
  • Berbagai Informasi Lainnya: Cukup banyak informasi penting yang Anda butuhkan untuk mensukseskan kampanye digital, seperti apakah konsumen menjadi bagian aktif dari pelanggan email? Apakah mereka menekan tombol penawaran yang dikirim melalui email menjadi konversi pembelian? Bahkan Anda bisa mempelajari aktivitas konsumen membaca informasi bisnis pada website dengan detail.

Semua data penting yang Anda dapatkan melalui analisis digital marketing bisa membantu Anda dan tim digital marketing agency Jakarta untuk memutuskan seperti apa strategi marketing campaign yang tepat di masa mendatang.

Di saat yang sama, Anda bisa tahu tren digital marketing yang sedang ramai diperbincangkan, lalu menggunakan pengetahuan tersebut untuk merancang strategi promosi dan pemasaran yang lebih baik.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membandingkan strategi email marketing seperti apa yang berdampak signifikan bagi bisnis. Contoh: 

  • Apakah pengiriman email secara rutin bisa menghasilkan lebih banyak konversi dibandingkan dengan promosi di halaman website
  • Apakah konten yang ditayangkan di Twitter justru lebih menghasilkan leads dibandingkan platform lain?
  • Bagaimana hasil Instagram campaign? Bagus hasil Instagram ads atau Instagram TV?

 Dengan berfokus pada data customer journey atau perjalanan konsumen, Anda akhirnya bisa menemukan letak titik konversi terakhir yang paling banyak dilalui pelanggan. 

Nah titik terakhir itulah yang nantinya bisa Anda prioritaskan demi mendapatkan lebih banyak calon konsumen potensial yang bisa meningkatkan angka penjualan.

3. Analisis Closed-Loop Marketing

Fungsi dari analisis digital marketing lainnya adalah mengaitkan aktivitas pemasaran digital tertentu dengan jumlah pendapatan yang Anda peroleh dari penjualan.

Bisa saja website Anda efektif dalam menghasilkan prospek menjanjikan, namun prospek tersebut tidak bisa berubah menjadi pelanggan dan menghasilkan uang untuk bisnis. Nah, dengan analisis pemasaran closed-loop, Anda bisa melihat datanya.

Syarat untuk melakukan analisis closed-loop marketing adalah adanya keterhubungan antara sistem analisis pemasaran digital dengan platform manajemen pengelolaan pelanggan. 

Di sini, Anda bisa mengetahui, apakah pemasaran individual yang telah dilakukan sudah memberikan kontribusi untuk bisnis atau sebaliknya. 

Pada akhirnya, Anda bisa menentukan platform atau channel mana yang akan dikelola dengan serius bersama tim digital agency Indonesia supaya penjualan bisa terus meningkat.

Cara Memanfaatkan Digital Marketing Analytics dengan Efektif

Umumnya, digital marketer sudah mengetahui pentingnya memperhatikan traffic dan kinerja situs web supaya mendapatkan insight yang akurat. 

Di sisi lain, masih banyak pula pemasaran bisnis yang gagal karena tak punya tujuan ketika menjalankan digital campaign. Akibatnya, data yang didapat masih mentah tanpa tahu target yang hendak dicapai. 

Selain itu, kegagalan bisa juga akibat tidak adanya sarana yang jelas untuk mengukur kesuksesan yang akan dicapai. Bahkan, bisa pula karena kombinasi keduanya.

Cara terbaik untuk mengurangi risiko terjadinya kegagalan, Anda wajib memiliki sasaran bisnis yang terfokus dan dapat ditindaklanjuti. Lalu, gabungkan prioritas dari semua tim pemasaran yang Anda miliki. 

Tujuan ini bisa dicapai dengan memakai format Smart, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely atau S.M.A.R.T.

Terakhir, jangan menganggap sepele iklan online atau iklan digital yang bisa meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness

Saat konsumen melihat iklan yang terpasang, traffic organik bisa mengalami peningkatan. Mereka akan tertarik dengan brand Anda, kemudian menelusuri semua media sosial, termasuk berkunjung ke situs web yang Anda miliki.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan digital marketing analysis, segera klik Kontak Redcomm. Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency Jakarta yang profesional dan berpengalaman. Atau kalau masih ingin tahu cara mendapatkan lebih banyak konsumen, coba baca artikel ini: Tips Mendapatkan Audiens di Setiap Tahapan Customer Journey.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER