Review pelanggan adalah bentuk baru pemasaran dari mulut ke mulut.
Review pelanggan adalah bentuk baru pemasaran dari mulut ke mulut.
Orang mencari ulasan yang dibuat oleh orang lain, mempelajari pengalaman yang tertulis di dalam ulasan, baru kemudian membuat keputusan pembelian berdasarkan ulasan tersebut.
Ketika calon pelanggan atau klien mendengar pendapat positif dari orang lain, ini membangun kepercayaan dan mempengaruhi pengambilan keputusan dengan cara yang tidak bisa dicapai melalui iklan biasa.
Review bagus dapat menyebar dengan cepat dan membawa peningkatan penjualan yang signifikan.
Sementara ulasan negatif dapat merugikan Anda, mulai dari turunnya angka penjualan hingga membuat bisnis mengalami kemunduran.
Kebiasaan konsumen untuk membaca ulasan atau review online sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun kebiasaan ini menjadi suatu keharusan ketika masa pandemi di mana orang banyak melakukan belanja online.
Di saat yang sama, pengalaman yang buruk akibat produk yang dibeli tak sesuai harapan juga menjadi pemicu munculnya kebiasaan membaca ulasan dari konsumen lain terlebih dahulu.
Umumnya, ada empat alasan mengapa seseorang akan mencari ulasan online sebelum melakukan pembelian, yaitu:
Ketika banyak konsumen yang merasa wajib membaca review atau ulasan dari konsumen lain, maka mau tidak mau Anda sebagai pemilik bisnis harus menyediakannya.
Hanya saja, mendapatkan review bagus dari pelanggan memang gampang-gampang susah. Tapi jangan khawatir, coba terapkan 4 cara berikut ini:
Meminta ulasan pada waktu yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dari proses ini dan bisa meningkatkan layanan pelanggan.
Anda bisa menggunakan chatbot, bertanya di media sosial, menggunakan situs web bisnis, atau melalui email marketing. Prinsipnya, timing selalu penting.
Dalam prosesnya, wajar kalau Anda tidak ingin seseorang merasa tidak senang gara-gara Anda meminta review pada saat yang salah, dan akhirnya mendapatkan review negatif.
Ini berarti, Anda harus memahami dan melacak perjalanan pelanggan. Ketahui di mana dan kapan seseorang berinteraksi dengan brand Anda.
Ini akan membantu Anda merancang saluran, menemukan titik interaksi, sekaligus menentukan funnel marketing yang tepat sehingga berdampak besar untuk meningkatkan keterlibatan.
Jadi, kapan waktu terbaik untuk meminta ulasan positif dari konsumen? Berikut ini beberapa waktu yang bisa Anda manfaatkan:
Tujuannya adalah untuk mendekati konsumen ketika mereka merasa puas atau terpenuhi sehingga mereka akan menyampaikan perasaan tersebut dalam ulasan.
Jika sudah mendapatkan ulasan yang bagus, ya sebaiknya Anda jadikan saja ulasan itu sebagai materi promosi untuk “memikat” lebih banyak orang agar tertarik melakukan pembelian.
Kalau tidak, ya tidak ada gunanya Anda memiliki ulasan yang tersembunyi atau disimpan dalam database.
Manfaat mempromosikan ulasan yang bagus tak hanya mendatangkan lebih banyak orang untuk melakukan pembelian, namun juga bisa sekaligus mendorong mereka untuk berbagi pendapat mereka sendiri.
Pertimbangkan untuk menempatkan ulasan di halaman utama website Anda. Jika Anda memiliki halaman produk dan review yang berkaitan langsung dengan produk tersebut, sertakan juga di sana.
Atau buat saja halaman khusus dengan nama “testimoni” misalnya dan tayangkan semua ulasan yang Anda dapatkan di sana agar siapa pun bisa mengaksesnya dengan mudah.
Lalu di bagian bawah halaman, boleh banget ditambahkan formulir “Beri Tahu Kami Pendapat Anda” agar konsumen baru juga ikut tertarik mengirimkan ulasan mereka sendiri.
Sangat penting untuk proaktif dalam menanggapi umpan balik pelanggan. Jika Anda sedang mencari review, pastikan Anda atau seseorang dalam tim layanan pelanggan, meluangkan waktu untuk membacanya dan memberikan tanggapan.
Review positif mudah ditanggapi. Pengakuan sederhana dan terima kasih atas waktu yang dihabiskan seseorang untuk memberikan ulasan seharusnya sudah cukup.
Namun, ulasan negatif memerlukan lebih banyak waktu dan perhatian. Apalagi kalau jumlahnya banyak, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan online reputation management.
Apakah Anda tahu bahwa 94% konsumen mengatakan ulasan buruk membuat mereka menghindari suatu bisnis?
Namun menurut data Review Trackers, 45% konsumen juga ada yang mengatakan, meskipun mereka membaca review yang buruk, namun pemilik bisnis menanggapinya dengan baik, maka ada kemungkinan mereka tetap berinteraksi dengan bisnis Anda.
Jadi penting untuk memperhatikan apa yang dikatakan oleh reviewer dan merespons dengan solusi atau peluang untuk menghubungi perusahaan dan memperbaiki situasi.
Jika jumlah review positif yang Anda dapatkan masih sangat sedikit, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan hadiah atau insentif bagi konsumen yang memberikan review positif.
Hadiahnya bisa berupa voucher potongan harga pada pembelian berikutnya, sample produk baru, produk gratis, diskon khusus, atau gimmick lainnya (souvenir seperti gantungan kunci, pulpen, dll).
Hadiah kecil seperti ini dapat memotivasi orang, bahkan mungkin meningkatkan penjualan Anda ketika mereka kembali berbelanja.
Setiap orang percaya waktunya berharga, jadi beri alasan kepada orang untuk memberikan review.
Perhatikan saat menggunakan trik di atas, mana yang belum memberi hasil, dan mana yang malah bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Nah strategi yang berhasil bisa Anda teruskan.
Dalam menjalankan bisnis, kepuasan pelanggan menjadi hal utama dan penting untuk keberlanjutan bisnis. Maka dari itu, ketahui juga Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC