MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Trik Ampuh Mendapat Review Bagus dari Pelanggan

 · 
2 min read
 · 
eye 975  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Review pelanggan adalah bentuk baru dari mulut ke mulut. Orang mencari ulasan tersebut, belajar dari pengalaman orang lain, dan membuat keputusan pembelian berdasarkan ulasan tersebut. 

Ketika calon pelanggan atau klien mendengar pendapat positif dari orang lain, ini membangun kepercayaan dan mempengaruhi pengambilan keputusan dengan cara yang tidak bisa dicapai melalui iklan biasa.

Review positif dapat menyebar dengan cepat dan membawa peningkatan penjualan yang signifikan, sementara ulasan negatif dapat merugikan pendapatan dan membuat bisnis mundur.

Mengapa orang melihat review online

Biasanya, ada empat alasan mengapa seseorang akan mencari ulasan online:

1. Mendapatkan bukti sosial dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan.

2. Belajar lebih lanjut tentang produk yang akan mereka beli.

3. Mengurangi kemungkinan membuat pembelian yang buruk.

4. Memahami manfaat dan keterbatasan produk.

Tentu saja, tujuan setiap bisnis adalah mendapatkan ulasan positif dan menggunakannya untuk meningkatkan penjualan serta memperluas merek mereka secara online

Berikut adalah empat trik yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan review pelanggan yang bagus.

1. Atur waktu yang tepat dan tahu kapan bertanya

Meminta ulasan pada waktu yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dari proses ini dan meningkatkan layanan pelanggan. Baik itu melalui media sosial, situs web Anda, atau melalui email, timing selalu penting. 

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah membuat seseorang tidak senang pada saat yang salah dan mendapatkan review negatif yang akan dilihat oleh orang lain.

Ini berarti Anda perlu memahami dan melacak perjalanan pelanggan. Ketahui di mana dan kapan seseorang berinteraksi dengan merek Anda. 

Ini akan membantu Anda merancang saluran dan titik interaksi yang akan memiliki dampak paling besar dan meningkatkan keterlibatan.


Waktu yang baik untuk meminta review meliputi:

1. Pesanan produk

2. Pemesanan ulang produk

3. Menggunakan tag media sosial

4. Komentar blog atau halaman arahan

5. Unduhan aset misalnya ebook

6. Rujukan pelanggan

Tujuannya adalah untuk mendekati mereka ketika mereka merasa puas atau terpenuhi sehingga mereka akan menyampaikan perasaan tersebut dalam ulasan.

2. Promosikan review Anda

Jika Anda sudah memiliki ulasan yang hebat, promosikanlah! Tidak ada gunanya memiliki ulasan yang tersembunyi atau disimpan dalam database. 

Ini tidak hanya akan mendorong orang untuk membeli dari Anda, tetapi juga mungkin mendorong mereka untuk berbagi pendapat mereka sendiri.

Pertimbangkan untuk menempatkan ulasan di halaman utama website Anda. Jika Anda memiliki halaman produk dan review yang berkaitan langsung dengan produk tersebut, sertakan juga di sana. 

Anda juga dapat menambahkan halaman 'testimoni' di mana semua ulasan Anda disimpan dan orang dapat mengaksesnya dengan mudah.

Anda juga dapat mempertimbangkan menambahkan formulir 'Beri tahu kami pendapat Anda' agar orang dapat dengan mudah mengirimkan ulasan mereka sendiri.

3. Tanggapi review positif maupun negatif

Sangat penting untuk proaktif dalam menanggapi umpan balik pelanggan. Jika Anda sedang mencari review, pastikan Anda atau seseorang dalam tim pemasaran, penjualan, atau layanan pelanggan Anda meluangkan waktu untuk membacanya dan memberikan tanggapan.

Review positif mudah ditanggapi. Pengakuan sederhana dan terima kasih atas waktu yang dihabiskan seseorang untuk memberikan ulasan seharusnya sudah cukup. Namun, ulasan negatif memerlukan lebih banyak waktu dan perhatian.

Apakah Anda tahu bahwa 94% konsumen mengatakan bahwa ulasan buruk membuat mereka menghindari sebuah bisnis? Namun, 45% mengatakan bahwa mereka lebih mungkin berinteraksi dengan perusahaan jika merespons ulasan negatif, menurut Review Trackers.

Jadi penting untuk memperhatikan apa yang dikatakan oleh reviewer dan merespons dengan solusi atau peluang untuk menghubungi perusahaan untuk memperbaiki situasi. 

4. Memberikan hadiah untuk review

Jika merasa bahwa Anda tidak mendapatkan jumlah ulasan yang diinginkan atau Anda hanya suka gagasan memberikan hadiah kepada pelanggan, pertimbangkan untuk menambahkan insentif dalam prosesnya.

Setiap orang percaya bahwa waktunya berharga, jadi beri alasan kepada orang untuk memberikan review

Hadiah seperti diskon, kupon, kartu hadiah, atau kontes harus dapat memotivasi orang dan bahkan mungkin meningkatkan penjualan Anda ketika mereka kembali berbelanja.

Perhatikan saat menggunakan trik ini bahwa Anda perlu mengembangkan sistem penghargaan yang menghasilkan hasil yang tepat untuk perusahaan. 

Menawarkan insentif telah terbukti meningkatkan positivitas ulasan. Namun, Anda juga ingin transparan dan memastikan ulasan tersebut asli, bukan hanya karena "penawaran".


Dalam menjalankan bisnis, kepuasan pelanggan menjadi hal utama dan penting untuk keberlanjutan bisnis. Maka dari itu, ketahuilah 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER