MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

05 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 6.192  
CRM Strategy

redcomm

Ada banyak cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mulai dari meningkatkan kualitas produk dan jasa, membuat penawaran menarik, memastikan memberi pelayanan nomor, satu, jujur dan amanah dalam melayani, respons cepat, dan sebagainya.

Semua hal di atas kalau Anda lakukan akan membuat bisnis bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. 

Namun, apakah pelayanan yang baik saja sudah cukup membuat pelanggan merasa puas dan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan? Temukan jawabannya di artikel ini, yuk.

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

1. Peningkatan Kualitas Produk dan Jasa

Salah satu cara memberi pelayanan pelanggan yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda jual. Apalagi jika memiliki banyak pelanggan tetap, jangan sampai kualitas layanan justru menurun.

Anda sebaiknya melakukan evaluasi terhadap kualitas produk atau jasa yang dikelola dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah masih terdapat banyak kekurangan pada produk atau jasa yang ditawarkan?
  • Bagaimana proses retur untuk produk yang rusak? 
  • Bagaimana kualitas packaging?

Lakukan evaluasi secara berkala mengenai semua hal yang terkait dengan kualitas produk maupun hasil kerja jasa yang Anda berikan kepada pelanggan.

Jika perlu melakukan peningkatan dengan memanfaatkan teknologi, maka pertimbangkan penggunaan teknologi terbaru yang bisa membuat proses produksi menjadi lebih efektif. Misalnya, menggunakan teknologi pengemasan produk yang lebih efisien, dan sebagainya.

Semakin kualitas produk terjaga dengan baik, semakin senang pelanggan membeli produk Anda. Dengan cara ini, Anda jadi lebih mudah meningkatkan penjualan bisnis.

2. Membuat Penawaran Menarik

Indikator kepuasan pelanggan akan terlihat dari seberapa loyal pelanggan menggunakan bisnis Anda. Nah, jika pelanggan sudah jatuh cinta dengan suatu produk, Anda dapat memberikan berbagai penawaran menarik, seperti giveaway, pemberian voucher produk, atau hadiah kecil yang menarik lainnya. Ini cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan

Tips memberikan penawaran menarik yang bisa mendatangkan lebih banyak lead potensial, antara lain:

  • Gunakan email marketing untuk menyebarkan penawaran dan promosi yang Anda selenggarakan.
  • Jangkau calon pelanggan yang sebelumnya tidak mengenal bisnis Anda dengan menyelenggarakan social media campaign dan sediakan konten yang menarik.
  • Buat program buy 1 get 1 untuk memancing pelanggan loyal melakukan pembelian dalam jumlah banyak. 
  • Bisa pula menyelenggarakan program member get member, di mana pelanggan yang loyal akan mendapatkan benefit ketika merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain dalam jaringan pertemanan mereka.

3. Pelayanan Nomor Satu

Untuk membuat pelanggan semakin puas, sudah pasti pelayanan yang baik menjadi indikator penentu. Beberapa cara untuk meningkatkan pelayanan bisa dengan cara membuat sistem membership. 

Adanya sistem keanggotaan ini akan memudahkan Anda memberikan aneka fasilitas, misalnya layanan pesan antar, prioritas pemesanan di mana pelanggan loyal akan mendapatkan prioritas dalam pengiriman cepat, dan sebagainya.

Agar semakin menarik, Anda juga dapat memberikan produk gratis kepada pelanggan yang bisa mencapai pembelian dalam nominal tertentu. 

Atau bisa pula membuat sistem poin di mana untuk jumlah poin tertentu, pelanggan bisa memutuskan sendiri ingin mendapatkan hadiah tertentu yang Anda sediakan.

4. Selalu Menekankan Kejujuran

Meningkatkan pelayanan pelanggan berarti harus mengedepankan nilai kejujuran. Jangan sampai Anda menjual produk palsu atau berkualitas rendah yang bisa membuat pelanggan meninggalkan bisnis Anda. 

Mungkin di saat awal bisnis baru buka, calon pelanggan berdatangan karena penasaran dengan produk yang Anda jual. Namun karena ada ketidakjujuran terhadap produk yang dijual, maka bisa dipastikan penjualan produk akan mengalami penurunan. 

Menanamkan nilai kejujuran memang terdengar sepele, namun pelanggan yang kecewa bisa berdampak buruk pada bisnis. Itulah sebabnya, Anda perlu memastikan memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

5. Respons Cepat

Loyalitas dan kepuasan pelanggan sangat bergantung bagaimana respons Anda dalam melayani mereka. Tak hanya berhubungan dengan keluhan terkait produk, pengiriman produk, dan sebagainya. Bahkan cara Anda menjawab pertanyaan mereka pun ada pengaruhnya.

Menanggapi keluhan pelanggan dengan respons yang cepat membuat mereka merasa dihargai. Bukan tidak mungkin, pelayanan yang ramah dan respons yang cepat untuk setiap keluhan ini membuat pelanggan menjadi semakin setia.

Solusi agar bisnis bisa memberikan respons yang cepat, Anda bisa kok memanfaatkan teknologi, misalnya dengan menggunakan chatbot. Cari tahu di sini Fungsi Chatbot dan Manfaatnya dalam Peningkatan Layanan Pelanggan.

Nah, lima cara meningkatkan kepuasan pelanggan di atas bisa Anda praktekkan untuk percepatan pertumbuhan bisnis. Lebih bagus lagi kalau ada strategi Menggaet Pelanggan dengan Teknik Digital Public Relation sehingga jumlah pelanggan Anda semakin banyak

Lalu untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa juga berkomunikasi dulu dengan tim profesional yang sudah berpengalaman dari digital marketing agency Indonesia maupun digital agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia. Langsung hubungi mereka melalui halaman Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER