Meningkatkan kepuasan pelanggan adalah hal utama yang harus dilakukan setiap pemilik bisnis agar dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Ada banyak hal yang perlu diupayakan. Salah satunya, dengan memperbaiki kualitas layanan. Namun, apakah pelayanan yang baik saja sudah cukup membuat pelanggan merasa puas dan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan?

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

  1. Peningkatan Kualitas Produk dan Jasa

Salah satu cara memberi pelayanan pelanggan yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda jual. Apalagi jika Anda memiliki banyak pelanggan tetap, jangan sampai kualitas layanan justru menurun.

Anda sebaiknya melakukan evaluasi terhadap kualitas produk atau jasa yang dikelola, apakah masih terdapat banyak kekurangan? Bagaimana proses retur untuk produk yang rusak? Bagaimana kualitas packaging? Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala mengenai semua hal yang terkait dengan kualitas produk maupun hasil kerja jasa yang Anda berikan kepada pelanggan.

Jika perlu melakukan peningkatan dengan memanfaatkan teknologi, maka pertimbangkan penggunaan teknologi terbaru yang bisa membuat proses produksi menjadi lebih efektif, penggunaan teknologi pengemasan produk yang lebih efisien, dan sebagainya. Semakin kualitas produk terjaga dengan baik, maka semakin senang pelanggan membeli produk Anda. Dengan cara ini, diharapkan kepuasan pelanggan akan terus mengalami peningkatan.

promosi penawaran menarik

  1. Membuat Penawaran Menarik

Indikator kepuasan pelanggan akan terlihat dari seberapa loyal pelanggan menggunakan bisnis Anda. Nah, jika pelanggan sudah jatuh cinta dengan produk Anda, maka untuk menjaga mereka dan meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda dapat memberikan berbagai penawaran menarik, seperti giveaway, pemberian voucher produk, atau hadiah kecil yang menarik lainnya. 

Pemberian penawaran menarik bisa dilakukan melalui email marketing atau di media sosial. Melalui aktivitas di media sosial, Anda secara tidak langsung memiliki peluang melakukan pendekatan dengan para pelanggan. Hal ini juga akan berdampak kepada calon pelanggan yang sebelumnya tidak mengenal bisnis Anda. Mereka akan mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui konten yang ada di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa membuat program buy 1 get 1, untuk memancing pelanggan loyal melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Bisa pula menyelenggarakan program member get member, di mana pelanggan yang loyal akan mendapatkan benefit ketika merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain dalam jaringan pertemanan mereka.

memberikan pelayanan nomor satu

  1. Pelayanan Nomor Satu

Untuk membuat pelanggan semakin puas, sudah pasti pelayanan yang baik menjadi indikator penentu. Beberapa cara untuk meningkatkan pelayanan bisa dengan cara membuat sistem membership. Adanya sistem keanggotaan ini akan memudahkan Anda memberikan aneka fasilitas, misalnya layanan pesan antar, prioritas pemesanan di mana pelanggan loyal akan mendapatkan prioritas dalam pengiriman cepat, dan sebagainya.

Agar semakin menarik, Anda juga dapat memberikan produk gratis kepada pelanggan yang bisa mencapai pembelian dalam nominal tertentu. Atau bisa pula membuat sistem poin di mana untuk jumlah poin tertentu, pelanggan bisa memutuskan sendiri ingin mendapatkan hadiah apa yang Anda sediakan.

  1. Selalu Menekankan Kejujuran

Meningkatkan pelayanan pelanggan berarti harus mengedepankan nilai kejujuran. Jika Anda menjual produk palsu atau berkualitas rendah, maka pelanggan sudah pasti akan tanpa ragu meninggalkan bisnis Anda. 

Mungkin di saat awal bisnis baru buka, Anda memiliki banyak pelanggan yang penasaran dengan produk yang Anda jual. Namun karena ada ketidakjujuran terhadap produk yang dijual, maka bisa dipastikan sejalan dengan waktu penjualan produk akan mengalami penurunan. Bahkan bisa tidak laku sama sekali jika ada pelanggan yang kecewa kemudian memposting keluhannya di media sosial, atau dia menceritakan ke banyak orang betapa buruknya produk Anda.  

Menanamkan nilai kejujuran memang terdengar sepele ketika Anda ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, padahal cara ini akan membantu Anda tetap bertahan di bisnis yang sedang dijalankan.

memberikan respon cepat dan tanggap terhadap keluhan pelanggan

  1. Respons Cepat dan Tepat terhadap Keluhan Pelanggan

Loyalitas dan kepuasan pelanggan sangat bergantung bagaimana respons Anda ketika mereka mengeluhkan sesuatu, terkait produk, pengiriman produk, dan sebagainya. Dalam suatu bisnis yang besar, keluhan pelanggan yang diterima setiap hari tentu kompleks sekali. Solusinya, Anda harus memperbanyak jumlah customer service yang khusus melayani keluhan pelanggan. 

Semakin banyak customer service, makin cepat pula keluhan pelanggan teratasi. Menanggapi keluhan pelanggan dengan respons yang cepat membuat mereka merasa dihargai. Bukan tidak mungkin, pelayanan yang ramah dan respons yang cepat untuk setiap keluhan ini membuat pelanggan yang kecewa, tetap akan menjadi pelanggan setia, karena Anda bisa mengatasi masalah yang mereka hadapi dengan cepat. 

Nah, lima cara meningkatkan kepuasan pelanggan di atas sangat dianjurkan untuk Anda praktikkan. Setelah itu, lakukan evaluasi dan perhatikan hasilnya kemudian.