Dalam membangun bisnis, termasuk digital business, penerapan Public Relation (PR) adalah salah satu strategi digital marketing yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan potensial sekaligus meningkatkan penjualan.
Dalam membangun bisnis, termasuk digital business, penerapan Public Relation (PR) adalah salah satu strategi digital marketing yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan potensial sekaligus meningkatkan penjualan.
Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan lengkap cara menggaet pelanggan dengan digital public relation dan manfaatnya di artikel Redcomm kali ini.
Citra yang baik dan kredibilitas perusahaan tentu tidak bisa terbentuk secara cepat. Semuanya membutuhkan proses, seperti pembuatan strategi yang matang, kerja keras, serta menjaga konsistensi produk maupun pemasaran yang berkelanjutan.
Dalam proses marketing, Anda membutuhkan PR atau humas untuk bisa menyampaikan informasi-informasi bermanfaat dan menarik terkait brand serta produk dan layanannya kepada target konsumen.
Saat menyampaikan informasi, public relation harus memilih rangkaian kata-kata manis dan tepat. Sebab pemilihan kata memegang kunci penting, yang mana dapat membantu mempengaruhi persepsi pelanggan.
Dengan cara ini, Anda lebih mudah merebut hati dan perhatian konsumen, sehingga tertarik pada produk Anda. Namun kata-kata tersebut juga perlu data-data pendukung yang relevan supaya semakin mendorong pelanggan untuk menaruh kepercayaan karena sudah ada bukti nyata.
Saat ini, PR juga memasuki era digital public relation, artinya aktivitas hubungan masyarakat yang melibatkan penggunaan teknologi dan platform digital dalam membangun citra yang baik atau branding untuk bisnis.
Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis mana pun sudah pasti membutuhkan kehadiran loyal customer.
Biasanya, pelanggan dengan tipe loyal akan melakukan promosi secara sukarela yang bersifat positif dan penyebarannya dari mulut ke mulut (word of mouth).
Berikut ini cara menggaet pelanggan loyal dengan teknik digital marketing public relation:
Agar bisa menjangkau para pengguna online yang sangat luas, penggunaan blogging dan microblogging dinilai efektif untuk membangun branding companies. Keduanya memungkinkan Anda bisa memperluas jaringan secara lifetime.
Apalagi saat ini semuanya serba online, maka sejauh apa pun jarak target atau audiens yang dituju, mereka tetap bisa dengan mudah dan cepat mengetahui informasi yang Anda bagikan.
Di saat yang sama, blogging dan microblogging tidak hanya berguna untuk memperluas jaringan, namun juga dapat memfasilitasi serta menjaga komunikasi dua arah antara brand dan konsumen.
Saat ini, pengguna media sosial terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan satu orang biasanya memiliki banyak akun media sosial. Tak heran kalau menurut data dari We Are Social, jumlah pengguna identitas media sosial di Indonesia mencapai 139 juta.
Dengan banyaknya pengguna media sosial, peluang untuk menerapkan digital public relation jadi semakin terbuka lebar. Kenapa perlu menerapkan media sosial marketing? Berikut beberapa manfaat social media marketing:
Untuk menjalankan teknik digital PR, penting bagi Anda untuk menguasai serta memahami cara kerja dan algoritma berbagai platform media sosial. Salah satunya terkait penggunaan hashtag.
Pastikan dalam semua postingan di media sosial, PR menggunakan hashtag yang spesifik, unik, dan menjadi ciri khas brand.
Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat menambahkan tagar di setiap unggahan konten PR:
Inovasi adalah kunci keberhasilan dalam dunia digital yang terus berkembang. Tanpa inovasi, strategi digital public relation (PR) Anda bisa menjadi usang dan tidak relevan, sehingga sulit menarik perhatian pelanggan.
Ketika berupaya menarik pelanggan melalui penerapan salah satu strategi digital marketing, inovasi yang bisa Anda lakukan harus memperhatikan tren terbaru, melibatkan penggunaan teknologi, dan pemilihan platform pemasaran digital yang tepat.
Selain itu, Anda dituntut aktif serta peka dengan tren terbaru supaya nantinya bisa menyampaikan informasi yang relevan atau disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi.
Kolaborasi dengan influencer merupakan salah satu strategi digital PR yang efektif. Influencer memiliki basis pengikut yang besar dan loyal, sehingga informasi tentang brand Anda dapat menyebar lebih cepat dan luas.
Manfaat berkolaborasi dengan influencer dan menjalankan strategi influencer marketing, antara lain:
Public relation adalah kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan antara brand dengan konsumen.
Di era digital, Anda bisa melakukan teknik digital public relation, seperti blogging dan microblogging, menerapkan sosial media marketing, menggunakan hashtag, hingga bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta, seperti Redcomm Indonesia, misalnya.
Karena sudah pasti akan sangat menguntungkan kalau Anda Bekerja sama dengan Digital Agency untuk Menerapkan Digital Public Relation Terkini.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC