Era digital membuat banyak orang harus bisa menyesuaikan diri, termasuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Mengenai kegiatan pemasaran misalnya, pemilik bisnis dituntut untuk bisa melakukan pemasaran secara online. Aktivitas ini disebut juga dengan istilah digital marketing, yang mana penerapannya bisa memanfaatkan internet untuk membuka peluang yang lebih besar lagi bagi bisnis Anda.

 

Jika bisnis Anda menargetkan konsumen yang bersumber dari media sosial, menggunakan jasa influencer marketing layak Anda pertimbangkan. Sebab, mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh cukup besar di media sosial. Apa yang mereka katakan atau gunakan, seringkali diikuti oleh banyak orang, terutama yang menjadi fans atau followers mereka.

 

Ada banyak media pemasaran digital yang bisa Anda gunakan, misalnya Google Business, WhatsApp Business, email marketing, dan masih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan secara online. Dari semua media promosi di atas, artikel kali ini akan fokus membahas tentang influencer marketing, dan mengulas manfaatnya untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

 

 

Pengertian Influencer Marketing 

Penggunaan jasa influencer marketing bisa dibilang sudah jadi hal yang wajar di dunia bisnis. Sebagai orang yang juga menggunakan media sosial, Anda tentu sudah sering melihat para selebritis yang mendapat endorse dari sebuah brand, tidak hanya menghiasi layar TV, tapi juga mendominasi media sosial.

 

Tidak hanya selebritis, biasanya seorang influencer bisa pula berasal dari orang yang berprofesi sebagai blogger, youtuber, atau publik figur yang memiliki peran penting di kalangan tertentu. Secara umum, seorang influencer memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (followers) di media sosial.

 

Dalam perkembangannya, pengguna media sosial dengan ribuan pengikut juga bisa disebut sebagai influencer jika memiliki pengaruh yang besar serta mendapatkan kepercayaan publik atau orang-orang yang mengikutinya. Sesuai dengan namanya, pengaruh adalah kekuatan seorang influencer.

 

Mereka bisa menjadi trend setter untuk skala kecil maupun besar. Karena itu, banyak pemilik bisnis yang bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk, jasa, maupun layanan yang disediakan suatu brand. Inilah yang kemudian dikenal sebagai influencer marketing.

 

Influencer marketing merupakan pilihan strategi pemasaran online yang bisa diandalkan oleh perusahaan. Salah satu alasan pemilik bisnis mengajak para influencer bekerja sama adalah untuk meningkatkan brand awareness dan bisa pula untuk meningkatkan penjualan sesuai target pasar yang ditentukan.

 

Influencer marketing termasuk dalam kategori native ads, yaitu konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk, fungsi, dan kualitas yang tidak kalah bagus dengan konten organik yang dibuat oleh media promosi lainnya.

 

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Lalu, apa keuntungan menggunakan influencer sebagai strategi pemasaran untuk bisnis Anda? Simak penjelasan berikut ini.

 

  1. Memperluas Pangsa Pasar

Dengan melakukan endorsement melalui influencer, otomatis akan memperluas pangsa pasar Anda. Itu karena mereka memiliki pengikut yang aktif dalam interaksi, seperti saling memberi like maupun komentar pada konten di akun media sosial influencer tersebut. Aktivitas inilah yang kemudian membuat informasi apa pun mengenai produk Anda dapat dilihat, dibaca, dan diketahui oleh para pengikut influencer yang bekerja sama dengan Anda. Dampak berikutnya, bisnis Anda dapat dikenal lebih banyak orang.

 

Untuk bekerja sama dengan influencer yang tepat, ada cukup banyak yang perlu Anda perhatikan. Secara lengkap Anda bisa membacanya pada artikel yang berjudul 5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Influencer untuk Digital Campaign. Atau kalau Anda ingin lebih mudah lagi, Anda bisa bekerja sama saja dengan digital agency Jakarta yang berpengalaman dalam hal social media and digital marketing, termasuk dalam melakukan pemilihan influencer yang tepat untuk bekerja sama dengan Anda. 

 

  1. Menghasilkan Word Of Mouth

Ketika seseorang memberikan informasi atau rekomendasi tentang suatu produk, layanan, atau merek melalui akun pribadinya, inilah yang disebut penyebaran informasi dari mulut ke mulut atau disebut juga Word Of Mouth.

 

Cara pemasaran ini sudah terbukti efektif, apalagi jika bersumber langsung dari orang yang menggunakan produk atau jasa Anda secara langsung. Fakta yang tak bisa dipungkiri, promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu cara pemasaran yang paling ampuh, bahkan di era digital seperti sekarang.

 

 

Global Trust Advertising Nielsen menyebutkan bahwa kurang lebih 83% konsumen benar-benar mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Angka ini lebih tinggi dari iklan TV yang mendapatkan kepercayaan konsumen sekitar 63%.

 

Aktivitas promosi yang dilakukan influencer melalui media sosial akan memperkuat strategi word of mouth sehingga pesan mengenai produk bisnis Anda dapat tersebar ke seluruh pengikut mereka.

 

  1. Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Anda perlu membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya, Anda dapat bekerja sama dengan influencer yang sangat menyukai produk Anda. Biasanya, sebagian besar mikro influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada pengikut mereka. Bagi pengikut influencer tadi, hal ini jelas lebih menarik, karena memberikan kesan yang lebih nyata dan sudah ada buktinya. Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk Anda dapat dibangun lebih kuat.

 

Itulah penjelasan singkat tentang influencer marketing dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Harapannya, setelah membaca artikel ini Anda sudah bisa menentukan influencer seperti apa yang akan dipilih untuk mempromosikan produk Anda.