Jika menerapkan strategi digital marketing di media sosial, pertimbangkan juga menerapkan strategi influencer marketing. Influencer adalah orang yang punya pengaruh besar di media sosial.
Jika menerapkan strategi digital marketing di media sosial, pertimbangkan juga menerapkan strategi influencer marketing. Influencer adalah orang yang punya pengaruh besar di media sosial.
Bekerja sama dengan mereka akan membantu mensukseskan kegiatan pemasaran dan promosi yang Anda lakukan.
Agar lebih jelas, cari tahu apa itu influencer marketing dan manfaatnya untuk perkembangan bisnis yang signifikan di artikel ini.
Anda pasti pernah melihat ada akun di media sosial yang memiliki banyak pengikut dan apa pun yang dibicarakan di akun tersebut, selalu ramai dengan interaksi.
Bahkan ketika pemilik akun mempromosikan suatu bisnis, para followers banyak yang ikut membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan. Nah, pemilik akun seperti ini bisa disebut sebagai influencer.
Tidak hanya selebritis, cukup banyak influencer yang berasal dari berbagai profesi, sebagai blogger, YouTuber, atau publik figur yang memiliki peran penting di kalangan atau industri tertentu.
Mereka bisa menjadi trend setter untuk skala kecil maupun besar. Karena itu, banyak pemilik bisnis yang bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk, jasa, maupun layanan yang disediakan. Inilah yang kemudian dikenal sebagai influencer marketing.
Influencer marketing termasuk dalam kategori native ads, yaitu konten berbayar yang bentuk, fungsi, dan kualitas kontennya menarik perhatian, serta mengundang audiens untuk mencari tahu lebih banyak.
Maka wajar kalau hingga hari ini influencer marketing dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif.
Salah satu manfaat influencer marketing adalah dapat membangun brand awareness, meningkatkan interaksi dengan audiens, bahkan membuka peluang terjadinya lebih banyak penjualan.
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan bekerja sama dengan influencer dan menerapkan strategi influencer marketing:
Dengan melakukan endorsement melalui influencer, otomatis akan memperluas pangsa pasar. Itu karena para influencer memiliki pengikut yang aktif dalam berinteraksi, seperti saling memberi like maupun komentar.
Lalu ketika Anda bekerja sama dengan influencer tersebut, maka informasi apa pun mengenai bisnis dan produk bisnis Anda akan cepat tersebar serta diketahui oleh para followers-nya.
Bahkan influencer bisa saja menyarankan untuk menggunakan produk Anda karena bagus, dan para pengikutnya pun ikut membeli dan menggunakan produk Anda.
Nah, agar bisa bekerja sama dengan influencer yang tepat, coba baca dulu artikel berikut: Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Influencer untuk Digital Campaign.
Namun jika belum punya pengetahuan menjalankan strategi influencer marketing, bahkan belum paham harus bekerja sama dengan influencer seperti apa, alangkah baiknya Anda bekerja sama saja dengan digital agency Jakarta yang memiliki layanan KOL Management.
Tim dari agensi digital biasanya sudah berpengalaman dalam menjalankan strategi social media campaign, termasuk influencer marketing.
Ketika seseorang memberikan informasi atau rekomendasi tentang suatu produk, layanan, atau brand, baik secara online maupun offline, inilah yang disebut penyebaran informasi dari mulut ke mulut atau disebut juga Word Of Mouth.
Cara pemasaran ini sudah terbukti efektif, apalagi jika bersumber dari orang yang menggunakan produk atau jasa Anda secara langsung.
Fakta yang tak bisa dipungkiri, promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu cara pemasaran yang paling ampuh, bahkan di era digital seperti sekarang. Hal ini dibuktikan dalam Global Trust Advertising Nielsen.
Dalam hasil riset tersebut disebutkan bahwa kurang lebih 83% konsumen benar-benar mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Angka ini lebih tinggi dari iklan TV yang mendapatkan kepercayaan konsumen sekitar 63%.
Anda perlu membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya, bekerja sama saja dengan influencer yang sangat menyukai produk Anda.
Biasanya, sebagian besar mikro influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada followers.
Bagi pengikut influencer tadi, hal ini jelas lebih menarik. Sebab memberikan kesan nyata dan sudah ada buktinya. Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk Anda dapat dibangun lebih kuat.
Influencer biasanya memiliki hubungan yang baik dan dipercaya oleh pengikut mereka. Ketika mereka merekomendasikan suatu produk atau layanan, ini bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand.
Dampak positifnya akan semakin terasa kalau Anda bisa memilih influencer yang memiliki niche atau audiens yang relevan dengan bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
Dengan memilih influencer yang sesuai dengan target pasar, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik dan relevan.
Misalnya, jika produk Anda adalah kosmetik vegan, bekerja sama dengan influencer yang fokus pada gaya hidup vegan akan lebih efektif.
Konten yang diposting oleh influencer sering kali mendapatkan tingkat interaksi yang tinggi, seperti komentar, likes, dan share.
Ini bisa meningkatkan engagement rate brand Anda dan membantu dalam menciptakan komunitas yang aktif di sekitar produk Anda.
Ingin mendapatkan feedback dan insight yang lebih real time atau langsung dari target konsumen yang ingin Anda bidik? Jika iya, bekerja sama saja dengan influencer yang relevan dengan bisnis Anda.
Influencer sering kali menerima feedback langsung dari pengikut mereka mengenai produk yang dipromosikan.
Artinya, selain menjadi media promosi, influencer bisa menjadi sumber informasi yang valid mengenai bagaimana produk Anda diterima konsumen dan area mana yang bisa ditingkatkan.
Itulah penjelasan singkat tentang influencer marketing dan manfaatnya untuk promosi dan pemasaran bisnis. Nah, agar penerapan strategi influencer marketing tepat sasaran, Anda juga perlu tahu Tren Influencer Marketing Terbaru.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC