MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Langkah Menemukan Influencer TikTok yang Pas untuk Brand Kamu

 · 
2 min read
 · 
eye 404  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Beriklan melalui influencer di TikTok memungkinkan brand untuk tidak terlihat terlalu jualan, menggandakan kekuatan pemasaran dari bukti sosial dan kepercayaan merek.

TikTok memiliki nuansa yang khas. Ini bukan tentang nilai produksi yang tinggi melainkan tentang menjadi otentik dan ramah.

Sebuah studi Ad Week baru-baru ini melaporkan bahwa 49% pengguna TikTok telah membeli produk atau layanan dari sebuah brand setelah melihatnya diiklankan, dipromosikan, atau di-review pada platform ini. 

Kesediaan untuk berbelanja berdasarkan rekomendasi influencer didasarkan pada tingkat kepercayaan tinggi antara pengikut dan pembuat konten favorit mereka. 

Begitu influencer memperkenalkan merek kamu kepada audiens mereka, audiens akan jauh lebih mungkin untuk mempercayai merekmu. 

Berikut cara menemukan influencer yang tepat untuk merek kamu.

1. Pahami demografi TikTok dan niche kamu sendiri

Penting untuk mempertimbangkan apakah audiens kamu menggunakan platform ini dan apakah merek kamu cocok untuk TikTok.

Lebih dari 60% pengguna TikTok berusia di bawah 35 tahun, dan 54% adalah perempuan, tapi audiens ini semakin mencakup beragam demografi.

Persentase besar pengguna berada dalam kelompok Gen Z dan milenial, dan mereka terus menjadi kelompok demografi yang berkembang paling cepat. 

Jika audiens merek kamu lebih tua dan lebih profesional, mungkin mereka belum menggunakan TikTok.

Niche TikTok adalah kelompok orang dengan minat yang serupa. Menemukan niche memungkinkan kamu untuk menyaring potensi influencer dengan audiens spesifik yang mungkin akan menikmati dan berinteraksi dengan merek kamu.

Tidak yakin mulai dari mana? Platform TikTok memudahkan untuk menemukan tren dan niche populer. 

Cara melakukannya adalah dengan klik tab 'Discover' di bagian bawah aplikasi TikTok. Ini akan menunjukkan hashtag yang sedang tren dan memberikan ide tentang apa yang sedang ditonton orang saat ini.

Cara lain adalah dengan mulai mencari kata kunci yang berkaitan dengan bisnis kamu. 

Misalnya, jika kamu memiliki brand makeup dan mengetik ‘Beauty’ di search bar, akan muncul topik populer. 

Begitu klik ‘Search’, kamu bisa menggulir ke kiri dan klik 'Hashtag' untuk melihat daftar hashtag yang sedang tren untuk topik tersebut.

Kedua opsi ini memungkinkan kamu untuk melihat niche yang populer dan apa yang orang cari dalam niche itu. 

Setelah kamu dapat menyaring niche yang ingin kamu targetkan, kamu dapat mulai mencari pembuat konten yang menggunakan hashtag tersebut.

3. Temukan influencer dalam niche kamu

Tinggalkan keinginan untuk mencari TikTok influencer terbesar di Google dan sebaliknya cari mereka yang tertarik pada merek kamu yang unik.

Kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk kerjasama dengan influencer ternama, karena di TikTok siapapun bisa menjadi influencer.

Berikut beberapa cara populer untuk menemukan influencer TikTok:

  • Hashtag: Begitu kamu menemukan hashtag yang relevan, klik itu dan lihat video yang sedang tren dalam kategori tersebut. Kamu juga bisa mengikuti hashtag yang relevan, sehingga video dengan hashtag tersebut akan muncul di halaman 'For You', memudahkan kamu untuk menemukan video tren dari influencer di masa depan.


  • TikTok Creator Marketplace: TikTok Creator Marketplace adalah alat analitik dalam TikTok yang memungkinkan kamu melihat jangkauan keterlibatan, penonton, dan demografis seorang influencer. Brand harus mendaftar akun, dan setelah disetujui, mereka dapat mencari influencer dan menghubungi mereka langsung.


  • Platform media sosial lain: Banyak influencer berada di beberapa platform media sosial. Jika kamu menyukai konten yang seseorang ciptakan di Instagram misalnya, coba cari mereka di TikTok.


  • Platform influencer marketing: Menggunakan platform pemasaran influencer membuatnya mudah untuk menemukan influencer di semua platform, terhubung dengan mereka, dan melacak kinerja mereka. Kamu dapat menyaring berdasarkan kata kunci, lokasi, metrik keterlibatan, demografi audiens, industri, dan lainnya untuk menemukan kreator TikTok yang sempurna untuk merek kamu. 

4. Evaluasi calon influencer

Sebelum kamu mulai menghubungi influencer, pastikan untuk melakukan pemeriksaan latar belakang pemasaran untuk melihat apakah konten, pengikut, dan reputasi mereka merupakan representasi yang baik dari merek kamu.

Lihat merek yang telah bekerjasama dan pengikut mereka. Kamu perlu memeriksa kontennya, bukan hanya jumlah pengikut. 

Lihatlah kualitas konten sebagai metrik terpenting saat memutuskan bekerja dengan seseorang.

Tanyakan pada diri kamu:

  • Apakah mereka mendapatkan interaksi positif? Kamu dapat mengetahui banyak tentang seorang influencer dengan melihat jumlah likes, comments, dan shares. Mereka mungkin mendapatkan banyak tayangan, tapi jika percakapan dalam komentar negatif, orang mungkin akan mengatakan hal yang sama tentang merek kamu ketika influencer tersebut menyebutkannya. Demikian pula, jika orang melihat video tetapi tidak menghasilkan shares, kamu bisa berasumsi pengguna tidak menikmati atau mempercayai video tersebut sehingga tidak ingin membagikannya dengan pengikut mereka.


  • Apakah audiens mereka sejalan dengan merek kamu? Mungkin kamu menyukai konten seorang TikToker, tapi ketahuilah apakah penonton mereka memiliki potensi untuk menjadi pelanggan merek kamu. Lihat siapa yang berinteraksi dengan kontennya dan siapa yang mengikuti mereka untuk mengukur ini.


  • Apakah minat dan nilai mereka sejalan dengan merek kamu? Pastikan untuk melihat konten sebelumnya dan melakukan pencarian cepat di Google. Kamu harus menghindari kerjasama dengan kreator yang bertentangan dengan nilai merek kamu atau memiliki citra negatif dalam dunia kreasi konten.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan dapat menemukan influencer TikTok yang sesuai dengan merek kamu dan memulai kemitraan yang bermanfaat dalam pemasaran digital yang berkembang pesat.

Apakah kamu siap untuk berkolaborasi dengan influencer? Sebelum itu, ketahui juga Black Campaign dalam Influencer Marketing yang Perlu Dihindari 

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC