knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Cara Kerja Iklan ...

Cara Kerja Iklan pada Google Ads

01 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 8.752  
SEM

Cara Kerja Iklan Pada Google Ads

Anda pasti sudah pernah membaca artikel tentang Google Ads di Redcomm Knowledge atau di artikel lain yang banyak tersedia di internet. 

Hanya saja, Anda masih bingung cara kerja iklan Google Ads. Untuk itulah akhirnya Anda menemukan artikel ini. 

Mengetahui cara kerja iklan berbayar di Google menjadi salah satu upaya yang baik agar setiap iklan yang Anda jalankan, terutama dalam penerapan strategi digital marketing, bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi bagi bisnis.

Pada pembahasan kali ini, Redcomm akan berbagi sedikit wawasan mengenai cara kerja iklan Google Ads dan apa yang dapat Anda harapkan dengan beriklan di Google.

Cara Kerja Iklan Google Ads

1. Melakukan Pemasaran Ulang

Pemasaran ulang atau remarketing adalah cara untuk terhubung dengan calon pelanggan yang sudah berinteraksi di website atau aplikasi mobile milik Anda sebelumnya, namun tidak menghasilkan konversi. 

Untuk menindaklanjuti hal ini, Anda perlu menempatkan iklan secara strategis dengan target audiens yang lebih terarah. 

Jadi, ketika calon pelanggan yang belum melakukan konversi tadi berselancar di internet, ada kemungkinan mereka kembali melihat iklan remarketing Anda.  

Melakukan pemasaran ulang bisa membantu meningkatkan brand awareness, sekaligus mengingatkan pelanggan keberadaan merek, produk, maupun jasa yang Anda sediakan. 

Anda bisa menggunakan jenis kampanye Google display network (jaringan display Google) untuk melakukan remarketing

Dengan menggunakan jenis kampanye jaringan display Google, Anda bisa menargetkan audiens atau kata kunci tertentu. Di saat yang sama, Anda juga dapat menampilkan iklan di situs yang pernah dijelajahi calon pelanggan. 

Jaringan display Google ini nanti akan bekerja sama dengan Google search network (jaringan penelusuran) untuk memunculkan perintah klik pada iklan, sehingga pelanggan memiliki kemungkinan untuk melakukan pembelian.

2. Pelajari Peringkat Iklan

Berada di posisi empat teratas akan jauh lebih baik daripada berada di halaman yang sama, namun di posisi paling bawah. 

Artinya, kalau iklan Anda berada di peringkat paling atas, iklan tersebut akan lebih mudah terlihat oleh audiens ketika mereka melakukan penelusuran pada halaman Google. 

Peringkat iklan ini adalah nilai yang Google buat dan gunakan untuk menentukan posisi serta memvalidasi iklan Anda (valid tidaknya iklan Anda untuk ditampilkan). 

Nilai iklan didapatkan setelah melalui proses lelang atau bid, yaitu proses membandingkan iklan Anda dengan iklan lain yang serupa. 

Pertanyaannya sekarang, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat iklan? Anda bisa membaca faktor yang mempengaruhi peringkat iklan pada bagian lain di artikel ini.

3. Memperhatikan Skor Kualitas 

Penentuan skor dimulai dari teks iklan, kata kunci, hingga landing page. Ini adalah skor umum untuk memberikan gambaran tentang seberapa baik iklan yang Anda kerjakan. 

Iklan dengan skor kualitas tinggi bisa membuat Anda mendapatkan posisi iklan yang lebih baik, namun dengan biaya lebih murah. 

Tentu hal ini lebih menguntungkan untuk penerapan strategi digital marketing bisnis Anda.

Anda dapat melihat skor pada kolom skor kualitas yang Anda tambahkan ke laporan. Skor 1-10 (dengan sepuluh adalah yang terbaik) berkaitan dengan estimasi kualitas setiap iklan. Laporannya nanti mencakup rasio klik atau tayangan yang diharapkan, relevansi iklan, juga kualitas landing page

Sementara relevansi iklan dapat Anda lihat dari seberapa spesifik iklan terhadap tawaran dan ajakan untuk melakukan tindakan. 

Jika iklan mengatakan, “kunjungi toko sekarang”, tetapi Anda hanya menjual produk online, tentunya relevansi iklan Anda akan rendah. 

Begitu pula dengan halaman landing. Anda bisa melihat apakah halaman landing mengkomunikasikan informasi yang sama dengan iklan? Tawaran yang sama? Kata kunci yang sama? Jika tidak, skor kualitas iklan Anda mungkin rendah juga.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peringkat Iklan

Pada penjelasan sebelumnya di poin 2 ada disebutkan bahwa peringkat iklan dipengaruhi berbagai faktor. Nah, faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat iklan, antara lain:

1. Jumlah Bid

Bidding lebih tinggi berarti peringkat lebih tinggi. Sebab, Anda telah memberitahu Google tentang jumlah maksimum yang akan Anda bayar untuk setiap klik pada iklan. 

Tetapi tentu saja, sekadar penawaran tinggi tidaklah cukup karena ada faktor pendukung lain yang juga memberi pengaruh terhadap iklan.

Contohnya, ketika kompetitor memberi penawaran harga yang jauh lebih tinggi, Anda tetap memiliki kesempatan untuk memenangkan posisi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih rendah, asalkan Anda mampu membidik kata kunci iklan yang relevan. 

Selain itu, Google akan melihat tingkat kesesuaian serta kebergunaan iklan dan website yang tertaut, yang kemudian diringkas dalam skor kualitas.

Jadi bijaksanalah untuk mengelola budget dan jumlah bid. Bagus lagi kalau Anda terlebih dahulu menghitung biaya iklan Google Ads agar tak over budget.

2. Memenuhi Nilai Minimum yang Ditetapkan

Google menetapkan nilai minimum yang harus dipenuhi untuk memastikan iklan yang Anda pasang berkualitas tinggi.

3. Konteks Penelusuran

Dalam lelang iklan, konteks ini sangat penting karena saat Google menghitung peringkat iklan, Google juga memperhatikan istilah penelusuran yang digunakan audiens, lokasi, jenis perangkat, waktu, dan sebagainya, yang berkaitan dengan iklan Anda. 

4. Dampak Ekstensi Iklan beserta Formatnya

Ekstensi iklan adalah pilihan untuk menambahkan informasi yang lebih detail dalam iklan, seperti nomor telepon atau tautan yang bisa terhubung ke situs Anda. 

Dari sini, Google Ads bisa memperkirakan, apakah ekstensi dan format iklan yang Anda gunakan akan mempengaruhi performa iklan atau tidak. 

Pada dasarnya, penawaran bukanlah segalanya. Tawaran yang lebih tinggi memang memberi pengaruh sehingga peringkat iklan Anda juga jadi lebih tinggi daripada iklan lain. 

Tetapi, jika menginginkan tempat pertama atau kedua, Anda perlu mengingat semua faktor yang tercantum di atas. 

Dengan kata lain, iklan Anda harus memiliki skor berkualitas tinggi, pencocokan informasi kontekstual, dan CTR yang lebih tinggi daripada rata-rata. Selain itu, jangan lupa manfaatkan juga fitur terbaru Google Ads untuk memaksimalkan iklan Anda.

 

Faktor-faktor di atas sangat penting dan perlu Anda perhatikan dengan baik untuk membuat iklan Google ads bekerja dengan maksimal, sehingga bisa mengkonversi lebih banyak pengguna. 

Jika masih ragu menjalankan iklan dengan pengetahuan yang Anda miliki, lebih baik berkonsultasilah dengan tim dari digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm. Apalagi saat ini Redcomm sudah menjadi Google Partner Premier yang bisa membantu mensukseskan iklan digital bisnis Anda. Langsung saja hubungi di Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER