Strategi pemasaran yang tepat dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dua pendekatan yang efektif dalam dunia periklanan digital adalah Search Engine Marketing (SEM) dan Google Display Network (GDN).
Strategi pemasaran yang tepat dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dua pendekatan yang efektif dalam dunia periklanan digital adalah Search Engine Marketing (SEM) dan Google Display Network (GDN).
Keduanya memiliki keunggulan masing-masing untuk efektivitas promosi, membantu menjangkau audiens yang lebih luas, dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.
Dalam artikel ini, Anda dapat membaca jenis-jenis campaign SEM dan GDN yang dapat Anda gunakan untuk promosi bisnis dan meningkatkan penjualan.
Anda pasti pernah melihat toko offline yang sangat lengkap, tapi kurang laris, kan? Kondisi ini bisa terjadi karena lokasi toko yang kurang strategis dan tidak dibarengi dengan promosi yang bagus.
Begitu pula dengan bisnis online yang tidak dibarengi dengan marketing campaign yang mumpuni. Sebagus apapun konten yang dibuat, selengkap apapun produk yang ditawarkan, tanpa kampanye yang tepat, maka semua sia-sia.
Padahal, untuk mempromosikan bisnis dan mengupayakan terjadinya peningkatan penjualan, ada banyak sekali online advertising yang bisa Anda pilih.
Salah satu online advertising yang direkomendasikan adalah Google ads, yang di dalamnya terdapat dua bentuk iklan, yakni Search Engine Marketing (SEM) dan Google Display Network (GDN).
Tujuan dari keduanya, sama, yaitu meningkatkan traffic sebagai upaya promosi untuk meningkatkan penjualan produk barang dan jasa.
Nah, agar bisa memaksimalkan penerapannya dalam campaign bisnis Anda, pahami terlebih dahulu mengenai marketing campaign SEM dan GDN ini.
Search Engine Marketing (SEM) adalah upaya memasarkan situs melalui mesin pencari dengan cara menawarkan layanan yang tersedia dalam web bisnis menggunakan kata kunci yang banyak dicari calon pelanggan.
Peran dan manfaat Search Engine Marketing dapat membantu Anda menjangkau target market yang lebih spesifik dan mendapatkan calon konsumen yang sudah memiliki minat atau sering melakukan pencarian produk maupun bisnis Anda.
Untuk itu, Anda sebagai pemilik web perlu memilih kata kunci yang mewakili produk maupun layanan bisnis, dan banyak dicari pengguna internet.
Apabila Anda menerapkannya dengan benar, maka bisnis yang Anda miliki bisa berkembang pesat. Jika bingung dan masih belum paham dalam penerapannya, Anda bisa mencari tahu lebih banyak dengan menghubungi Kontak Redcomm.
Atau Anda bisa juga bekerja sama dengan jasa digital agency dari top 10 advertising agencies di Indonesia dan internet marketing strategies yang sudah berpengalaman dalam mengelola campaign search engine marketing dan online marketing campaign.
Google Display Network (GDN) adalah jaringan website yang menjalin partnership dengan Google, dan disebut sebagai publisher Google. Contohnya, seperti berbagai situs berita, media online, blog, dan sebagainya.
Memanfaatkan jaringan Google yang kuat ini akan membuat iklan Anda bisa tampil di 90% pengguna internet yang telah ditargetkan.
Otomatis Anda jadi lebih mudah menjangkau pelanggan dengan pengaturan tempat dan waktu yang tepat.
Supaya bisa mendapatkan manfaat dari kedua jenis campaign Google ads tersebut, lebih baik Anda mengenal jenis-jenis campaign yang ada terlebih dahulu.
Lalu, apa saja jenis campaign yang tersedia dalam SEM dan GDN? Berkut penjelasannya.
Bagi Anda yang masih baru menggunakan iklan Google ads, sangat disarankan untuk menggunakan tipe kampanye yang satu ini.
Anda bisa memanfaatkan iklan teks dengan menargetkan keyword tertentu, kemudian menampilkan iklan tersebut dalam pencarian Google. Bukan cuma mencakup teks saja, namun juga multimedia, video, serta gambar.
Jenis marketing campaign SEM dan GDN berikutnya ada search network only. Jika Anda memilih jenis ini, maka iklan akan ditampilkan dengan posisi di sebelah hasil penelusuran.
Jadi, cara kerjanya dengan mencocokkan halaman hasil penelusuran dengan frasa atau istilah yang sedang ditelusuri oleh pengguna internet.
Adapun manfaat yang akan Anda dapat kalau menggunakan tipe kampanye ini, yaitu:
Untuk kampanye jenis display network only, iklan akan tampil di Google Display Network. Artinya, iklan tidak hanya memiliki satu lokasi penempatan saja, namun pada jutaan penempatan dalam jaringan Google partner.
Karena cara kerja kampanye ini mencocokkan situs dengan penempatan iklan yang Anda buat, maka Anda perlu memilih keyword yang relevan dengan bisnis sekaligus berkaitan dengan konten yang ada di dalam website bisnis.
Memahami minat pengguna yang menjelajahi website Anda juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih keyword agar bisa memenangkan posisi di mesin pencari.
Dengan cara ini, Anda bisa menunjukkan semua layanan dan produk bisnis dalam bentuk gambar statis atau dalam bentuk iklan animasi (.gif dan flash).
Jenis kampanye berbentuk video ads juga bisa jadi pilihan dengan performa yang cukup menjanjikan. Anda bisa menayangkan iklan video secara streaming di YouTube atau dalam semua Google Display Network.
Jika menggunakan jenis kampanye ini, akan lebih mudah bagi Anda menjangkau audiens yang lebih suka menonton tayangan video daripada membaca teks.
Keunggulan iklan video yang Anda tampilkan di YouTube maupun di situs web bisnis dalam jaringan GDN, antara lain:
Pemilik toko maupun ritel, cocok menggunakan jenis kampanye shopping ads, karena efektif untuk mempromosikan bisnis hingga meningkatkan traffic ke situs bisnis, atau ke toko online milik Anda.
Dengan memaksimalkan penggunaan jenis kampanye shopping, iklan Anda bisa muncul pada mesin pencari Google dan menjangkau target audiens, sehingga mereka lebih mudah menemukan produk dan layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Jenis kampanye aplikasi universal cenderung digunakan para kreator aplikasi Android maupun iOS.
Mereka memanfaatkan kampanye ini untuk mempromosikan aplikasi mereka dalam berbagai properti unggulan Google. Contohnya, dalam penelusuran Google, YouTube, Google Display Network, dan Google Play.
Remarketing search ads adalah jenis iklan yang menargetkan kembali pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs web Anda.
Keunggulan jenis marketing campaign ini, antara lain:
Menurut data Google, 65% pelanggan yang melihat iklan remarketing lebih mungkin melakukan pembelian karena mereka sudah mengenal produk atau layanan bisnis yang ditawarkan.
Setelah mengenal 7 jenis marketing campaign SEM dan GDN untuk promosi dan peningkatan penjualan di artikel ini, sekarang waktunya Anda memilih dan memutuskan tipe iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Lalu setelah pemasangan iklan, pastikan Anda Mengukur ROI pada Kinerja dan Hasil Google Ads dan pastikan Anda juga menghindari Kesalahan Pemasangan Iklan Google Ads agar iklan Anda memberi hasil terbaik.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC