Sedang menjalankan digital marketing dan menggunakan website sebagai media promosi produk, namun tak ada kemajuan yang signifikan? Coba analisis dan periksa kembali, mungkin Anda melupakan sesuatu yang penting, seperti conversion rate optimization (CRO) yang dapat membantu efektivitas pada website Anda!

 

Pentingnya Conversion Rate pada Website yang Anda Jalankan untuk Menjaga Keberlangsungan Bisnis

Anda tak bisa menutup mata dengan fakta saat ini ada banyak situs yang menawarkan landing page menarik, dengan berbagai desain colorful, hingga menawarkan promo yang menggiurkan, namun tidak ada produk ataupun jasa yang terjual. Apakah Anda salah satu dari pemilik website seperti ini?

 

Pastinya Anda tidak ingin para pengunjung website hanya sekadar melihat-lihat isi website, lalu meninggalkannya begitu saja, bukan? Itulah pentingnya conversion rate (CR). Sederhananya, conversion rate (CR) adalah sebuah ukuran persentase pengunjung situs yang benar-benar memberikan keuntungan dalam keberlangsungan bisnis Anda. 

 

 

Seseorang yang benar-benar membeli produk Anda, ataupun hanya sekadar membagikan artikel Anda di media sosialnya, lebih memberikan keuntungan daripada pengunjung situs yang hanya singgah sebentar untuk membaca, lantas pergi begitu saja. Sederhananya, CR dapat pula memberikan traffic pengunjung aktif daripada pengunjung pasif.  

 

Lalu, bagaimana cara meningkatkan CR pada situs Anda? 

 

Conversion Rate pada Website untuk Kemajuan Bisnis

Jika Anda seorang pelaku bisnis yang menggunakan internet marketing strategies sebagai cara promosi brand milik Anda, maka jangan pernah melupakan conversion rate website. Untuk itu, Anda perlu melakukan conversion rate optimization (CRO) sebagai indikator kesuksesan website Anda. Begini cara meningkatkan conversion rate.

 

  1. Gunakan Call to Action (CTA)

Call to action (CTA) bertugas sebagai jembatan untuk memberikan jalan kepada pembaca mengenai apa yang harus dilakukan jika tertarik dengan produk Anda. CTA dapat berupa sebuah teks singkat, tombol, ataupun gambar. Anda bisa sematkan di mana saja, namun lebih baik jika ditempatkan di akhir paragraf dengan cara yang mencolok dan terlihat jelas oleh pembaca yang datang ke website Anda.

 

 

  1. Remarketing

Remarketing adalah langkah efektif untuk menaikkan conversion rate situs, di mana iklan akan muncul ketika pengunjung telah meninggalkan website. Harapannya, iklan yang muncul akan membawa pengunjung untuk singgah kembali ke website Anda. Untuk tujuan ini, Anda bisa menggunakan berbagai layanan pengiklanan, seperti Instagram ads, Google ads, atau Facebook ads

 

  1. Tampilkan Layanan Customer Service

Jangan lupa menambahkan layanan customer service. Kadang, ada pertanyaan pengunjung situs yang tidak mendapatkan jawaban dari berbagai artikel yang sudah Anda sediakan di website. Maka, pengunjung situs biasanya akan mencari bantuan untuk mendapatkan jawaban tersebut. Nah, inilah gunanya ada layanan customer service yang dapat menjawab pertanyaan pengunjung, sehingga mereka tidak lantas meninggalkan website Anda.

 

  1. Landing Page yang Menarik

Buat landing page yang menarik, eye-catching, dan nyaman untuk dibaca. Landing page adalah halaman paling utama pada website Anda. Bagian ini bisa diibaratkan sebagai gerbang utama tempat pengunjung akan memutuskan, apakah mereka mau masuk dan mencari tahu lebih banyak di dalam website Anda atau tidak. Jika gerbang utama memiliki desain yang menarik, bisa jadi akan membuat pengunjung semakin penasaran akan produk yang Anda tawarkan.

 

 

  1. Tampilkan Pop-up

Anda bisa menambahkan pop-up yang akan muncul sebelum pengunjung meninggalkan halaman website. Adanya pop-up merupakan langkah efektif untuk meningkatkan CR, terutama jika pengunjung melakukan konversi atau tindakan sesuai dengan yang Anda harapkan, misalnya memasukkan data, email, atau nomor telepon mereka.

 

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pentingnya mengutamakan conversion rate pada website yang sedang Anda jalankan. Jadikan pengunjung pasif situs Anda menjadi pengunjung aktif yang membantu keberlangsungan dan kemajuan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat!