MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Anda Perlu Tahu J...

Anda Perlu Tahu Jenis Kampanye Google Ads Agar Promosi Digital Sukses Besar

02 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 23.721  
SEM

redcomm

Google Ads sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan brand secara digital demi mencapai keuntungan. Supaya strategi digital marketing yang Anda terapkan bisa sukses besar dan memberi dampak maksimal, Anda perlu tahu jenis kampanye Google Ads yang tersedia dan cara memanfaatkannya agar promosi digital sukses besar.

5 Jenis Kampanye Google Ads

Ada 5 jenis kampanye Google Ads yang perlu Anda ketahui, yaitu Google Search Network (Jaringan Penelusuran), Google Display Network (Jaringan Display), Google Shopping, Google Video, dan Google Play (Google Aplikasi). 

Pemilihan dan pemanfaatan masing-masing jenis kampanye akan menentukan tempat audiens bisa melihat iklan yang Anda tayangkan. 

Misalnya pada Jaringan Penelusuran, iklan bisa muncul di mana saja, entah itu di samping, di atas, di tengah, di bawah hasil penelusuran aktual di Google, baik Google Maps, Google Shopping, Google Play, dan Google Gambar. 

Iklan yang ditampilkan pun tak terbatas pada iklan teks saja.

Sementara pada Jaringan Display, iklan akan muncul pada situs-situs favorit, video YouTube, akun Gmail, atau saat sedang menggunakan aplikasi dan perangkat mobile

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajari masing-masing jenis kampanye Google Ads berikut: 

1. Google Search Network

Jaringan penelusuran Google atau Google Search Network adalah sekumpulan situs dan aplikasi yang memiliki hubungan dan relevansi terhadap hasil pencarian tertentu. 

Saat Anda memasang iklan di Jaringan Penelusuran Google, iklan Anda dapat tampil dalam pencarian seseorang yang mengetikkan kata kunci sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. 

Memanfaatkan pemasangan iklan dengan jaringan penelusuran ini memungkinkan iklan tampil dengan jangkauan yang lebih luas. 

Misalnya bisa tampil di samping, di atas, di bawah, atau bisa juga di tengah hasil penelusuran di Google Shopping, Google Map, Google Gambar, Google Play, bahkan di aplikasi yang berpartner dengan penelusuran Google. 

Bentuk iklan yang bisa ditayangkan di Google Search Network ini bisa berupa, iklan dalam bentuk teks yang dilengkapi dengan kata kunci tertentu, iklan shopping yang biasanya menampilkan gambar produk disertai link ke produk tersebut. 

Iklan yang muncul di Google Shopping umumnya disertai label "bersponsor". Selain dalam bentuk teks dan gambar, iklan juga bisa muncul dalam bentuk video.

2. Google Display Network

Jaringan Display Google atau Google Display Network adalah salah satu jenis digital campaign di Google Ads yang bisa membantu Anda menjangkau audiens yang menjadi target market dengan lebih tepat sasaran. 

Cara kerja iklan pada Google Ads yang satu ini akan lebih banyak muncul ketika target audiens menjelajahi situs-situs favorit, saat menggunakan aplikasi tertentu di perangkat seluler, saat memeriksa email di Gmail, bahkan ketika melakukan penelusuran di YouTube. 

Bentuk iklan pada Google Display Network lebih banyak dalam tampilan gambar yang responsif, menarik, bahkan bisa memancing terjadinya engagement atau memungkinkan terjadinya klik iklan oleh audiens. 

3. Google Shopping

Kampanye shopping Google atau Google Shopping adalah jenis kampanye yang menampilkan iklan dalam berbagai format yang lebih visual, lebih mengutamakan foto produk yang dilengkapi dengan judul menarik, harga produk, nama toko (brand), dan sebagainya. 

Menggunakan jenis kampanye yang satu ini akan membuat audiens yang melihat iklan jadi memiliki gambaran lengkap mengenai produk, sehingga memperbesar kemungkinan mereka melakukan pembelian produk.

4. Google Video

Kampanye video Google atau Google Video adalah jenis kampanye yang memungkinkan Anda secara mandiri melakukan pengaturan terhadap iklan video yang ingin Anda tayangkan, baik di YouTube maupun melibatkan jenis kampanye lain di Google Display Network

Bentuk iklan pada Google video ini memiliki format video beragam, mulai dari iklan instream, iklan video discovery, iklan instream yang tidak dapat dilewati, dan iklan bumper

Iklan video discovery hanya dapat ditampilkan di YouTube.

5. Google Play

Pada kampanye aplikasi atau Google Play Campaign, Anda tak bisa mengatur iklan secara bebas seperti pada 4 jenis kampanye sebelumnya. Namun, Google akan membantu Anda mengatur iklan. 

Jadi, Google akan menggunakan ide iklan Anda yang berupa teks, juga aset-aset pendukung iklan lainnya, kemudian Google akan mendesainkan beberapa jenis iklan dalam berbagai format dan jaringan. 

Untuk itu, Anda hanya perlu menyediakan teks ide iklan tadi, bid, dan anggaran awal. Selain itu, Anda perlu memberitahu Google mengenai penggunaan bahasa yang diinginkan dan lokasi prioritas untuk jangkauan iklan yang Anda pasang. 

Solusi Beriklan di Google Ads yang Efektif

Ingin beriklan di Google Ads tapi takut boncos, maka solusinya bekerja sama saja dengan digital marketing agency, baik yang di Jakarta maupun di kota lain di Indonesia. 

Contohnya, Anda bisa bekerja sama dengan Redcomm Indonesia yang sudah menjadi Google Partner Premier, seperti yang tertampil dalam Direktori Google Partner.

Bekerja sama dengan digital agency Jakarta, seperti Redcomm, akan membantu Anda merencanakan hingga mengimplementasi strategi pemasangan iklan di Google Ads dengan efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Untuk menghubungi tim Redcomm, Anda tinggal klik Kontak Redcomm dan jelaskan kebutuhan Anda. Nanti tim Redcomm akan segera memberikan solusi terbaik.


Nah, Anda sudah tahu jenis kampanye Google Ads dan solusi untuk pemasangan iklan yang efektif. Jika tetap ingin mencoba sendiri, maka pastikan Anda sudah menghitung biaya iklan Google Ads agar tidak over budget, kemudian sudah paham Cara Kerja Iklan di Google Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER