Media sosial menyediakan akses instan ke banyak orang yang mencari konten. Di saat yang sama, para pengguna media sosial di berbagai platform yang ada juga membagikan konten mereka sendiri dalam banyak tema, mulai dari tema personal, tema umum, bahkan ada pula tema khusus dan yang berpotensi viral. Dalam satu hari, dunia maya dipenuhi dengan jutaan konten baru sehingga menimbulkan persaingan konten. Lalu, bagaimana caranya agar konten yang Anda buat bisa lebih menonjol dibandingkan konten lain? Adakah cara mudah menemukan topik media sosial untuk meningkatkan engagement?

 

Cara Mudah Menemukan Topik Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement

  1. Gunakan Keywords

Ketika berbicara tentang keyword atau kata kunci, kebanyakan orang pasti langsung menghubungkannya dengan website. Padahal, dalam membuat konten di media sosial pun diperlukan penentuan keyword yang tepat. Menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari pengguna internet akan membuat konten Anda bisa muncul di mesin pencari. 

 

 

Jadi, jika saat ini Anda sedang merencanakan membuat konten untuk media sosial bisnis yang bisa mendatangkan lebih banyak engagement, maka buatlah konten berdasarkan kata kunci dengan angka pencarian yang besar. Cara melakukan analisis kata kunci, Anda bisa menggunakan berbagai tools, baik yang gratis maupun yang berbayar, seperti SEMrush, Google suggest, Google trend, SocialPilot, Quora, ahrefs, dan sebagainya.

 

  1. Lakukan Riset dan Analisis

Setelah melakukan analisis keyword atau kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, Anda perlu pula melakukan riset dan analisis di berbagai akun media sosial dari kompetitor, trending topic di Twitter dan Instagram, atau menggunakan kata kunci yang sudah Anda tentukan untuk melakukan gerak kompetitor di jejaring Facebook. 

 

Kumpulkan semua data yang bisa Anda temukan dan coba cari relevansinya dengan produk, layanan, maupun brand Anda. Dari proses ini nantinya Anda bisa menemukan ide-ide baru yang lebih segar untuk Anda eksekusi dan berbeda dengan strategi yang sudah diterapkan para pesaing di luar sana. Dalam proses ini, jangan lupa untuk mengamati dan mendata perilaku calon konsumen yang Anda jadikan target market, bagaimana interaksi dan keterlibatan mereka pada kata kunci yang hendak Anda gunakan, serta pertimbangan cara terbaik untuk memikat mereka agar memberi perhatian pada konten Anda. 

 

 

Untuk mengetahui topik atau tema konten seperti apa yang sedang diminati dan menjadi tren di kalangan pengguna media sosial, Anda bisa pula melakukan pengamatan dan analisis secara langsung di berbagai platform yang khusus menayangkan review dan testimoni dari pengguna internet, seperti Quora, Reddit, Google Review, adalah tempat di mana seseorang dapat menemukan banyak permasalahan yang dibahas oleh pengguna internet.

 

Apa yang harus Anda cari? Perhatikan review dan feedback, komentar dan pertanyaan, testimonial, dan lain-lain. Semua itu dapat ditelusuri, catat, dan manfaatkan untuk menemukan strategi digital marketing yang paling tepat untuk pengembangan bisnis Anda. 

 

  1. Hashtag Media Sosial

Biasanya, aktivitas utama seseorang di media sosial berputar pada mencari tahu apa yang orang lain lakukan. Dan sebagian besar orang menggunakan hashtag secara acak tanpa mengetahui relevansi antara satu hashtag dengan yang lainnya. Tetapi bagi mereka yang tahu, ini bisa menjadi alat digital marketing yang hebat untuk meraih keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi. 

 

Hashtag membuat kata kunci dan postingan media sosial Anda jadi lebih menonjol. Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa hashtag yang lagi trending sebagai ide untuk membuat konten baru yang lebih gres, lebih lengkap, dan lebih informatif dari yang sudah ada. 

 

Gunakan alat yang efektif untuk mengetahui hashtag populer di Facebook, Twitter, dan Instagram. Analisis di SocialPilot memungkinkan Anda melacak dan mengawasi hashtag yang paling sering digunakan di halaman Anda. 

 

 

  1. Buat Mind Map

Pikiran adalah gudang terbesar dari ide dan kreativitas. Ide-ide tersebut tidak akan keluar jika Anda tidak memaksanya untuk keluar. Salah satu cara untuk memancing ide-ide brilian dari pemikiran Anda adalah dengan membuat mind map, untuk kemudian dibuat menjadi konten yang unik. 

 

Dengan kemajuan teknologi internet saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi, software, maupun perangkat pendukung untuk membuat mind map secara online demi membantu Anda menggali ide-ide yang ada di kepala Anda dan menyelaraskan pikiran dengan produk maupun bisnis yang sedang Anda jalankan. 

 

Coggle dan Mindmaple adalah dua perangkat lunak pemetaan pikiran online yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk membuat mind map. Cara terbaik lainnya, gunakan pena, kertas, dan tangan Anda, untuk membuat peta pikiran Anda sendiri dan mendapatkan ide.

 

Keempat strategi ini secara khusus dimaksudkan untuk membantu Anda tetap fokus menghasilkan ide konten yang unik dan berbeda dengan yang sudah banyak digunakan kompetitor atau pengguna internet lainnya. Ikuti tips ini dan semoga Anda dapat menciptakan konten yang bisa membangun engagement yang erat, kohesif, dan konsisten dengan calon pelanggan potensial bisnis Anda.