Penggunaan hashtag menjadi penting di media sosial karena membuat konten jadi lebih mudah ditemukan audiens.
Penggunaan hashtag menjadi penting di media sosial karena membuat konten jadi lebih mudah ditemukan audiens.
Hal ini tak hanya mendatangkan traffic, tetapi juga dapat meningkatkan tampilan, likes, dan shares.
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan hashtag secara tepat, bahkan bisa berdampak besar pada penerapan strategi media sosial yang Anda terapkan.
Berikut beberapa tips umum penggunaan hashtag:
Jangan berlebihan dalam menggunakan hashtag setiap beberapa kata. Jumlah hashtag yang dapat digunakan tergantung pada platform yang Anda gunakan.
Tetapi dalam sebagian besar kasus, satu hingga tiga hashtag dapat memiliki dampak lebih besar daripada banyak dari mereka.
Gunakan hashtag yang singkat dan mudah diingat daripada mencoba menggunakan banyak kata dalam satu tag. Cara ini ampuh untuk mendorong audiens mengingat hashtag Anda.
Jangan mencoba memilih hashtag yang secara sembarangan atau tidak jelas. Jika Anda memilih tagar yang tidak akan dicari oleh siapa pun, itu tidak akan menguntungkan pemasaran Anda karena tidak akan ditemukan.
Untuk memastikan Anda memilih hashtag yang tepat, coba gunakan saja hashtag generator.
Ada baiknya, Anda mempertimbangkan untuk menggunakan hashtag yang spesifik karena ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada yang luas.
Istilah umum kemungkinan besar tidak akan dicari, dan jika Anda menggunakannya, konten Anda kemungkinan akan hilang di tengah konten yang tidak terkait.
Menggunakan hashtag yang relevan di Twitter dapat meningkatkan keterlibatan Anda, asalkan Anda tidak berlebihan. Satu atau dua hashtag per unggahan seharusnya sudah cukup.
Ketika Anda menggunakan beberapa hashtag dan secara khusus meminta pengikut Anda untuk me-retweet, ini dapat menghasilkan lebih banyak keterlibatan.
Penggunaan hashtag di Twitter akan membuat unggahan Anda dapat diakses saat orang mencari tagar atau topik tertentu. Ini juga dapat membantu Anda menemukan percakapan untuk terlibat.
Nah, supaya dampak promosi dan pemasaran yang Anda lakukan lebih besar di platform ini, pastikan Anda memilih hashtag yang sedang tren.
Lihat daftar hashtag di Twitter analitik atau gunakan saja alat analisis tren di Twitter bernama Twitonomy. Perencanaan yang baik akan meningkatkan engagement di Twitter jadi lebih baik pula.
Di Facebook, penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak hashtag. Biasanya, disarankan hanya menggunakan satu atau dua hashtag saja.
Lebih dari itu akan membuat Anda terlihat tidak profesional dan dapat mengganggu audiens yang membaca unggahan Anda.
Anda dapat menemukan hashtag yang relevan dengan hanya mengetik kata kunci ke dalam pencarian.
Mungkin juga layak untuk kembali ke unggahan Facebook yang paling sukses dan memposting ulang konten tersebut dengan hashtag yang relevan.
Ini tidak hanya mengulang konten lama yang beresonansi dengan pengikut Anda, tetapi juga dapat menarik audiens baru, terutama audiens yang sudah memiliki minat terhadap produk atau layanan Anda.
Di LinkedIn, orang tidak selalu menggunakan hashtag, tetapi meski fungsi hashtag sama seperti platform lainnya.
Sampai saat ini, LinkedIn tidak mengizinkan hashtag yang dapat diklik di dalam isi artikel sehingga Anda perlu menggunakan hashtag di dalam isi unggahan untuk membuat artikel Anda ditemukan.
Jadi saat Anda membangun personal branding di LinkedIn, cukup gunakan satu hingga tiga hashtag relevan saja. Caranya, tinggal klik tombol “Add” di bawah “Hashtags”.
Manfaat penggunaan hashtag di LinkedIn, antara lain:
Pada prinsipnya, penggunaan hashtag tak terbatas menjangkau lebih banyak audiens, tetapi juga dapat meningkatkan kredibilitas konten dan keterlibatan audiens.
Menggunakan hashtag di Instagram dapat meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.
Jadi bebas menggunakan sepuluh atau sebelas hashtag yang relevan dan populer untuk Instagram Stories dan mencapai audiens terluas.
Di Instagram tidak ada batasan jumlah hashtag yang boleh atau tidak boleh digunakan. Namun pada prinsipnya, semakin banyak menggunakan hashtag yang relevan, maka potensi jangkauan konten pun jadi semakin luas.
Gunakan kotak pencarian untuk melihat hashtag apa yang digunakan oleh influencer atau pesaing untuk berinteraksi di Instagram.
Karena ini adalah platform terbaik untuk banyak hashtag, coba berbagai macam dan gunakan pada unggahan, foto, dan komentar.
TikTokers menggunakan hashtag pada video mereka untuk mengkategorikan konten. Hashtag ini juga dapat diklik artinya konten Anda akan muncul bersama video relevan lainnya.
Seperti platform sosial lainnya, menggunakan hashtag di TikTok berguna untuk:
Batas untuk keterangan pada TikTok adalah 100 karakter, jadi tetap berada dalam batas itu untuk setiap hashtag.
Meski begitu sebenarnya jumlah karakter tersebut masih cukup Anda manfaatkan untuk bereksperimen dalam menggunakan hashtag populer dan niche untuk mencapai jangkauan paling luas.
Perhatikan juga perubahan hashtag di TikTok yang sangat cepat dengan cara memantau halaman Explore. Di halaman ini, Anda juga bisa menganalisis tren apa yang sedang populer.
Dalam mencapai kesuksesan pemasaran, penggunaan hashtag secara efektif menjadi strategi yang ampuh untuk pencapaian tujuan campaign.
Nah, selain memahami cara penggunaannya di artikel ini, pelajari juga Cara Brand Memanfaatkan Top Hashtag dalam Penerapan Influencer Marketing.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC