MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tren TikTok Marketing 2021 dan Tips Memanfaatkannya untuk Promosi Bisnis

22 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 5.010  
Social Media

redcomm

Kenapa TikTok bagus untuk marketing? TikTok bagus untuk marketing sebab jumlah pengguna TikTok terus bertambah bahkan sudah mencapai satu miliar pengguna aktif per bulan. 

Selain itu, tersedia berbagai fitur yang memungkinkan Anda melakukan promosi dan pemasaran dengan cara lebih baik. Untuk bisa memanfaatkan TikTok sebagai media promosi, baca artikel ini sampai selesai.

Tips Memanfaatkan TikTok sebagai Media Promosi dan Pemasaran

1. Lakukan Analisis Terhadap Tren TikTok Marketing Terbaru

Untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan TikTok sebagai media promosi, Anda perlu melakukan analisis terkait jenis dan tema konten yang sedang tren dan digemari pengguna TikTok. 

Catat pula video dengan tema apa yang lebih mudah viral dan mendapatkan atensi besar dari masyarakat pengguna TikTok. Dari analisis ini, Anda bisa menemukan strategi marketing lewat TikTok yang paling relevan dengan bisnis Anda.  

Contoh, jika sebelumnya banyak video joget yang beredar dan menjadi viral, maka Anda bisa memikirkan cara baru promosi produk dengan joget sambil pegang produk, misalnya. Cara lain, bikin challenge terkait penggunaan produk dan siapkan hadiah bagi peserta yang bisa menghasilkan konten unik.

2. Gunakan Background Musik Populer

Laura Savu, selaku Global Community Manager TikTok, sudah memberi kisi-kisi terkait tren TikTok Marketing 2021. 

Dalam bahasannya, Laura menyebutkan kalau butuh cara baru untuk memanfaatkan TikTok. Misalnya membuat video tutorial yang bermanfaat bagi audiens, video how to, dan lainnya. Jadi, jangan hanya mengikuti tren joget-joget semata. 

Apalagi sejak 2017, TikTok telah mengakuisisi layanan Musical.ly sehingga tersedia banyak pilihan musik background yang bisa Anda gunakan dalam video marketing Anda.

3. Maksimalkan Penggunaan Fitur Kategori untuk Memperkuat Konten

TikTok terus melakukan pengembangan kategori konten, seperti fashion, teknologi, kecantikan, olahraga, dan masih banyak lagi. Nah, pastikan Anda menyesuaikan konten yang Anda buat dengan kategori yang tersedia. 

Dengan cara ini, konten Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh audiens karena relevansi yang kuat antara niche kategori dengan produk atau layanan bisnis.

4. Optimalkan Kualitas Video dengan Fitur Editing

TikTok menawarkan kemudahan dalam mengedit video. Tanpa perlu langkah yang panjang, maupun menghabiskan waktu lama, Anda bisa melakukan editing video dalam satu aplikasi. Cara ini termasuk sangat praktis dalam upaya menghasilkan video promosi yang unik dan menarik.

 Di saat yang sama, TikTok juga memungkinkan penggunanya untuk merekam video dengan kamera bawaan aplikasi. Lalu, Anda tinggal mengeditnya menggunakan berbagai tools yang ada di dalam aplikasi. Ini sudah lengkap dengan penambahan musik dan berbagai efek lainnya. 

5. Tersedia Berbagai Alat Pengiklanan yang Efektif

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai alat untuk beriklan yang sudah TikTok sediakan di dalam aplikasinya. Dengan memanfaatkan iklan, Anda bisa menargetkan konten Anda untuk audiens yang tepat sehingga aktivitas promosi menjadi lebih efektif.

6. Partnership dan Berkolaborasi dengan Redcomm

Redcomm Digital Marketing Agency Indonesia yang berlokasi di Jakarta juga bisa menjadi partner bisnis Anda lho. Berkolaborasi dengan digital marketing agency Indonesia, maupun digital marketing agency Jakarta, akan membantu Anda mengoptimalkan kualitas video dan konten yang mau diunggah di TikTok.

Berdasarkan pengalaman, digital agency Redcomm memiliki tim yang berfokus pada video production, konten building, SEO, SEM, digital marketing strategist tepat sasaran, bahkan sudah tersedia pula tim yang fokus mengelola social media campaign brand. 

Bekerja sama dengan Redcomm akan membuat Anda bisa berfokus pada pengembangan bisnis alih-alih menghabiskan waktu untuk mengelola media sosial saja. Selain itu, kerja sama ini juga akan menghindarkan Anda dari terjadinya kesalahan promosi di TikTok.

7. Perhatikan Durasi Video dan Rutin Membagikan Konten

Durasi video yang diizinkan memang terbilang singkat. Maksimal, hanya satu menit untuk setiap video. Namun, ini ternyata menjadi nilai lebih bagi layanan TikTok. Pengguna bisa mendapatkan informasi penting hanya dengan menonton satu video singkat.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu menjadi pengikut suatu akun terlebih dahulu untuk bisa melihat video tersebut. Hal ini, menjadi peluang yang sangat bagus bagi Anda, sebab siapa pun bisa menyimak video promosi Anda dan mendapatkan pesannya.

Dengan terus membagikan konten yang menarik dan berkualitas secara rutin, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang agar mengikuti akun Anda. Selain itu, Anda sekaligus bisa meningkatkan penjualan dengan menyisipkan promosi produk atau jasa lewat video yang dibagikan.

Tren TikTok Marketing untuk Cara Promosi Bisnis Tepat Sasaran

Dua tahun terakhir, aktivitas seperti live streaming memang menjadi salah satu kebiasaan yang berkembang dalam masyarakat. Bahkan TikTok memberikan banyak dukungan yang memudahkan para pengguna dalam menggunakan fitur satu ini. 

Anda sebagai brand bisa memanfaatkan fitur live streaming untuk membangun branding Anda sendiri. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh brand sebelum memutuskan bergabung dengan TikTok. 

Brand tidak perlu mengubah tipe konten yang biasa Anda gunakan untuk promosi. Anda hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengubah konten tersebut menjadi format vertikal (mengingat konten TikTok semuanya dalam format video vertikal).

Pastikan juga Anda memikirkan strategi yang baru dan unik untuk memasukkan iklan secara softselling dan membuat konten evergreen. Sebab, iklan tradisional dinilai sudah tidak efektif. Semakin kreatif brand dalam menciptakan konten promosi, maka semakin efektif dan efisien pula iklan yang Anda jalankan dalam upaya mengambil hati audiens.


Bagaimana? Tertarik memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan bisnis dan produk Anda? Jika iya, baca juga artikel tentang Cara Mempromosikan Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial serta Tips Planning TikTok Marketing Strategi di 2021 agar Campaign Sukses.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC