Sementara untuk tren TikTok di tahun 2021, Angga Anugrah, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, mengatakan kepada CNN Indonesia, bahwa fokus tren bisa jadi mengarah pada edukasi dan kecantikan. Untuk tema edukasi, tidak hanya tertuju pada pendidikan saja, tetapi juga tentang bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis UMKM.
Pertanyaannya sekarang, strategi TikTok marketing seperti apa yang perlu direncanakan di tahun 2021 ini agar campaign bisa berjalan sukses?

Tips Planning TikTok Marketing Strategi di 2021 agar Campaign Sukses
-
Ketahui Tujuan Campaign
Sama halnya seperti menerapkan strategi marketing di media sosial lainnya, Anda harus memiliki rencana dan tujuan yang ingin dicapai. Strategi bisa dengan berfokus pada peningkatan keterlibatan atau engagement di media sosial, menjangkau lebih banyak audiens yang berusia muda, serta meningkatkan pengikut atau brand awareness. Dengan mengetahui tujuan dari kampanye marketing yang hendak diselenggarakan, akan lebih mudah juga untuk menyusun strategi marketing campaign yang sukses di TikTok.
-
Hanya Menggunakan Hashtag yang Relevan
Para pengguna TikTok bisa membuat katalog untuk video mereka sendiri berdasarkan subjek, yakni dengan menggunakan hashtag. Anda bisa mengetahui tagar yang sedang tren dan video apa saja yang menggunakan tagar tersebut.
Pastikan hanya menggunakan hashtag yang sesuai dan relevan. Jangan pasang banyak hashtag yang tidak relevan cuma demi mendapatkan audiens. Menggunakan hashtag yang tak berhubungan dengan konten video Anda malah bisa menghalangi visibilitas video Anda.
-
Membuat Tantangan Hashtag Sendiri
Ini adalah cara yang populer di TikTok dan bagus sekali untuk bisnis yang ingin membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan para audiens. Anda tinggal membuat hashtag tertentu dan bikin tantangan. Untuk lebih menarik perhatian dan bisa mendapatkan audiens, cobalah bekerja sama dengan creative agency Jakarta untuk mendiskusikan social media campaign seperti apa yang bisa diterapkan.

-
Gunakan Efek TikTok
Salah satu daya tarik dari TikTok, tersedia banyak sekali efek menarik yang bisa dieksplorasi. Anda bisa dimanfaatkan semua efek tersebut untuk menunjukkan kreativitas yang tidak terbatas. Ada enam kategori yang bisa dipilih, yaitu Trending, New, Selfies, World, Accessories, dan Animal Types. Semua itu, bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk mengkombinasikan beberapa efek sekaligus dalam satu video menggunakan teknik editing sederhana.
-
Pelajari TikTok Analytic
Sama halnya dengan platform media sosial lain yang sudah melengkapi setiap akun dengan analitik, TikTok pun begitu. Tujuannya, agar pemilik akun bisa melihat data keseluruhan dari aktivitas dalam profil mereka. Tidak semua akun terdapat menu analitik, melainkan harus dialihkan dulu menjadi akun bisnis.
Cara agar akun TikTok Anda bisa menjadi akun bisnis atau Pro Account, cukup ikuti petunjuk sederhana yang sudah disediakan pula di akun TikTok Anda. Lakukan pengaturan, terutama pada pemilihan kategori bisnis yang sesuai, lengkapi dengan nomor ponsel aktif untuk verifikasi, dan dalam waktu singkat akun Anda sudah menjadi akun bisnis.
Untuk melihat data analitik akun terbagi menjadi dua kerangka waktu, yaitu 7 hari atau 28 hari. Pantau secara rutin kemajuan dan perubahan mingguan maupun bulanan di akun Anda, maka akan terlihat jelas tingkat keberhasilan Anda dalam menerapkan setiap campaign dan bisa menjadi data tambahan untuk menentukan langkah strategis di kemudian hari.
Apabila Anda melihat overview dashboard atau ringkasan, Anda akan menemukan data mengenai berapa banyak tampilan video, pengikut, juga tampilan profil. Sementara itu, jika beralih pada dashboard konten, data yang muncul adalah gambaran mengenai jumlah postingan yang telah dibuat, juga video mana yang sedang tren.

Terakhir pada tab pengikut, ada data distribusi pengikut Anda menurut wilayah, aktivitas pengikut, dan video yang ditonton oleh para pengikut, bahkan juga suara yang didengarkan oleh para pengikut akun Anda.
Setiap video Tiktok, akan menunjukkan data berikut ini :
- Jumlah suka
- Komentar
- Shares
- Waktu bermain total
- Tampilan total
- Rata-rata jenis sumber lalu lintas waktu menonton
- Wilayah penonton
Semua data tersebut sangat bermanfaat bagi brand yang ingin menggunakan TikTok sebagai salah satu marketing campaign di tahun 2021. Perlu digaris bawahi, jika semua platform media sosial memiliki spesifikasi masing-masing, dan TikTok memang di luar dugaan mampu menguasai pasar dalam waktu yang singkat. TikTok akan tetap bertahan selama para pengguna masih menikmati semua hiburan dan kemudahan yang didapatkan lewat aplikasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan pula di tahun 2021 ini, pihak TikTok akan menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih menarik.
Bergabung dengan TikTok merupakan kesempatan dalam mengembangkan bisnis Anda. Pelajari cara kerjanya untuk membangun strategi terbaik sehingga campaign Anda pun bisa berjalan dengan sukses.