Memaksimalkan Performa Akun TikTok dengan Analytics TikTok
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun TikTok yang menjadi media promosi dan pemasaran bisnis Anda.
1. Harus Menggunakan Pro Account
Untuk bisa memanfaatkan fitur analytics yang tersedia di TikTok, Anda harus membuat akun bisnis atau Pro Account terlebih dahulu. Cara membuatnya mudah kok, cukup ikuti petunjuk sederhana yang sudah disediakan pula di akun TikTok Anda.
Lakukan pengaturan, terutama pada pemilihan kategori bisnis yang sesuai, lengkapi dengan nomor ponsel aktif untuk verifikasi, dan dalam waktu singkat akun Anda sudah menjadi akun bisnis.
2. Pantau Data Analitik
Untuk melihat data analitik akun terbagi menjadi dua kerangka waktu, yaitu 7 hari atau 28 hari. Pantau secara rutin kemajuan dan perubahan mingguan maupun bulanan di akun Anda.
Dengan cara ini, Anda bisa melihat dengan jelas tingkat keberhasilan setiap campaign yang Anda selenggarakan. Bahkan Anda bisa mempelajari performa setiap kontan yang Anda publikasikan di akun TikTok bisnis.
3. Manfaatkan Data Overview Dashboard
Apabila melihat overview dashboard atau ringkasan, Anda akan menemukan data mengenai berapa banyak tampilan video, pengikut, juga tampilan profil.
Sementara jika beralih pada dashboard konten, data yang muncul adalah gambaran mengenai jumlah postingan yang telah dibuat, juga video mana yang sedang tren.
Manfaatkan semua data yang Anda dapatkan untuk merancang strategi konten dan memastikan konten berikutnya sesuai dengan preferensi dan keinginan audiens yang masuk ke akun TikTok Anda.
4. Pelajari Perilaku Audiens
Terakhir pada tab pengikut, ada data distribusi pengikut menurut wilayah, aktivitas pengikut, dan video yang ditonton oleh para pengikut. Bahkan tersedia pula data suara yang banyak pengikut akun Anda dengarkan.
Bisa dikatakan, setiap video Tiktok akan menunjukkan data berikut ini:
- Jumlah suka
- Komentar
- Shares
- Waktu bermain total
- Tampilan total
- Rata-rata jenis sumber lalu lintas waktu menonton
- Wilayah penonton
Semua data tersebut sangat bermanfaat bagi brand yang ingin menggunakan TikTok sebagai salah satu marketing campaign di tahun ini. Perlu di garis bawahi, jika semua platform media sosial memiliki spesifikasi masing-masing. Nah, TikTok memang di luar dugaan mampu menguasai pasar dalam waktu yang singkat.
TikTok akan tetap bertahan selama para pengguna masih menikmati semua hiburan dan kemudahan yang didapatkan lewat aplikasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan di tahun yang akan datang pihak TikTok menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih menarik.
Anda sudah tahu tips planning dan strategi Tiktok marketing, selanjutnya, pelajari dan terapkan 5 Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial dan sebagai cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.