Untuk melakukan internet marketing strategies yang mampu meningkatkan brand awareness dari suatu produk, brand, maupun perusahaan, tentunya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

 

Salah satunya, dengan memanfaatkan fitur dari berbagai platform media sosial yang tersedia. Seperti misalnya, saat Anda mempromosikan produk atau brand melalui Twitter. Kini, Anda tak hanya bisa berpromosi dengan mengunggah foto atau video di tweet, penggunaan hashtag, atau menggunakan Twitter ads saja.

 

Twitter kini memiliki fitur bernama fleet Twitter. Fitur fleet pada Twitter bisa dikatakan sebagai fitur story seperti halnya di Instagram. Anda bisa memaksimalkan fitur fleet untuk tren Twitter marketing terkini

 

Dengan kata lain, bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin memperluas jangkauan pemasaran produk, menggunakan fleet Twitter merupakan salah satu solusi yang bisa dicoba. Bagaimana caranya? Redcomm Knowledge kali ini akan mengulas cara lengkapnya untuk Anda.

 

 

Tips Konten Fitur Fleet Twitter sebagai Tren Marketing Terkini

Pada November 2020 lalu, pihak Twitter secara resmi merilis fitur terbaru, yaitu fleet. Fitur ini akan menampilkan konten selama 24 jam, seperti halnya yang biasa Anda gunakan di Instagram, Facebook, maupun aplikasi perpesanan WhatsApp. Ya, fleet sama seperti Instagram stories, Facebook stories, dan WhatsApp story untuk Whatsapp marketing

 

Melalui menu fleet di Twitter, Anda dapat membagikan video, foto, atau teks, untuk berbagai kepentingan. Nah, jika Anda ingin menggunakan fitur ini untuk memaksimalkan digital marketing campaign, cobalah beberapa cara promosi di bawah ini!

 

  1. Membuat Flash Sale

Flash sale menjadi salah satu momen belanja yang saat ini ditunggu-tunggu oleh pecinta belanja online. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fitur fleet sebagai media promosi untuk membuat event flash sale secara khusus di tanggal-tanggal atau jam-jam tertentu. Hal ini akan berguna untuk mengundang lebih banyak lagi warganet mengikuti promo yang akan Anda lakukan. 

 

Konten yang Anda ungguh ke fleet di Twitter hanya akan tampil dalam kurun waktu 24 jam saja, sehingga konsumen akan merasakan sense of urgency dalam melakukan pemesanan atas produk yang dijual melalui sistem flash sale tersebut.

 

  1. Mengumumkan Giveaway Melalui Fleet

Kuis ataupun giveaway merupakan salah satu cara meningkatkan engagement, menambah jumlah pengikut, dan juga brand awareness bagi produk maupun brand. Jika Anda dan tim digital marketing agency Indonesia sering mengadakan giveaway untuk menarik calon pelanggan. Maka ada baiknya, Anda mencoba memanfaatkan fitur fleet Twitter ini sebagai salah satu strategi Twitter marketing

 

Dengan menayangkan informasinya melalui story, Anda dapat menambahkan teks, foto, maupun video yang menjelaskan tentang giveaway yang sedang berlangsung kepada netizen. Hingga akhirnya, event ini bisa menarik lebih banyak orang untuk mengikuti kegiatan bagi-bagi hadiah tersebut.

 

Jika masa giveaway telah habis, Anda dapat mengumumkan siapa yang menjadi pemenangnya melalui fitur fleet juga. Ini bisa menjadi pilihan Anda saat menginformasikan giveaway melalui Twitter, selain penggunaan fitur tweet. Namun yang perlu Anda perhatikan, usahakan membuat kuis yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dimiliki.

 

 

  1. Memberitahukan Event Terbaru

Jika bisnis yang sedang Anda rintis mengadakan acara online, seperti webinar atau seminar, fleet dapat menjadi salah satu alternatif tempat menginformasikan berbagai kegiatan yang berlangsung tanpa perlu membuat tweet

 

Melalui penggunaan fleet juga, informasi seputar acara akan lebih banyak meraih tayangan dari pengikut Anda dibandingkan tweet yang terkadang mudah terkubur oleh tweet lain. 

 

  1. Lebih Mudah dalam Mengunggah Infografis

Ketika Anda membuat konten infografis untuk diunggah melalui tweet, Anda harus merangkum terlebih dahulu kalimatnya agar tidak melebihi 280 karakter dengan unggahan foto maksimal hanya 4 foto saja .

 

Berbeda dengan menggunakan fleet. Ketika mengunggah foto melalui fitur cerita atau story tersebut, Anda tidak akan dibatasi terkait jumlah gambar atau video yang diunggah. Selain itu, konten infografis pun bisa dilihat oleh audiens secara berkesinambungan.

 

 

Selain Fleet, Cobalah Memaksimalkan Seluruh Fitur yang Tersedia

Selain penggunaan fitur fleet, tentunya jangan melupakan cara lain dalam memaksimalkan promosi produk Anda di media sosial Twitter. Anda bisa tetap mengunggah tweet secara teratur dengan konten menarik. Lalu, penggunaan top hashtag tertentu yang memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui keberadaan produk Anda.

 

Jangan lupa, memanfaatkan fitur ads atau iklan agar informasi produk bisa ditayangkan di beranda pengguna Twitter yang relevan. Pastikan, akun Twitter bisnis Anda pun berinteraksi dengan followers untuk mempertahankan engagement, dan tak menutup peluang untuk menghasilkan konversi atau pembelian. 

 

Anda juga dapat menggunakan fitur siaran langsung, dan mencoba menyapa pelanggan melalui direct message atau DM. Namun, pastikan Anda tidak terlalu sering melakukannya agar tak dianggap spam. Langkah-langkah ini dapat mempercepat perkembangan produk yang Anda jual. 

 

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara memaksimalkan fitur fleet Twitter untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang bermanfaat untuk Anda. Jika Anda masih merasa bingung mencoba fitur tersebut, cobalah bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman melakukan digital marketing social media.