knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Memaksimalkan Fit...

Memaksimalkan Fitur Fleet untuk Tren Twitter Marketing Terkini

02 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 5.688  
Social Media

Memaksimalkan Fitur Fleet Untuk Tren Twitter Marketing Terkini

Twitter menjadi salah satu platform media sosial yang sangat berpengaruh di dunia, terutama di kalangan Gen Z. Salah satu fitur yang sempat menjadi sorotan adalah Fleet

Meskipun fitur Fleet Twitter sudah dihapus pada tahun 2021, namun konsep konten singkat yang menghilang dalam 24 jam, masih menjadi favorit, terutama untuk membangun kedekatan dengan audiens yang menyukai interaksi cepat dan visual yang menarik.

Nah pada artikel Redcomm Knowledge kali ini, mari kita bahas bagaimana konsep dari fitur Fleet dapat Anda terapkan dan maksimalkan dalam strategi Twitter marketing. 

Terutama kalau target market yang mau Anda jangkau dari kelompok milenial dan Gen Z. Yuk, langsung saja baca artikelnya sampai selesai.

Mengapa Twitter Masih Menjadi Platform Promosi bagi Milenial dan Gen Z?

Pada November 2020 lalu, pihak Twitter secara resmi merilis fitur terbaru, yaitu fleet. Fitur ini akan menampilkan konten selama 24 jam, seperti halnya yang biasa Anda gunakan di Instagram, Facebook, maupun aplikasi perpesanan WhatsApp. 

Ya, fleet sama seperti Instagram stories yang Anda gunakan untuk promosi, Facebook stories, dan WhatsApp story untuk Whatsapp marketing

Tapi karena fleet sudah tidak ada, Anda tetap bisa memanfaatkan berbagai fitur Twitter untuk membagikan video, foto, atau teks, untuk berbagai kepentingan. 

Apalagi kalau melihat hasil survei dari Statista yang dirilis pada awal 2023 menyebutkan ada lebih dari 38% pengguna Twitter berusia antara 18-29 tahun. 

Bagi Gen Z, Twitter menjadi platform efektif untuk mendapatkan informasi terbaru, berinteraksi dengan tren, dan mengikuti isu-isu yang sedang hangat dibicarakan.

Selain itu, storytelling di Twitter tidak hanya terletak pada teks, tetapi juga pada penggunaan visual, seperti gambar dan video, yang bisa Anda publikasikan di Twitter dengan fitur berbeda, namun tetap mengusung konsep fleet.

Nah, jika Anda ingin memaksimalkan digital marketing campaign di Twitter, cobalah beberapa cara promosi di bawah ini!

Mengadaptasi Konsep Fleet ke Strategi Twitter Marketing Terbaru

Meskipun Twitter telah menonaktifkan Fleet, Anda masih dapat memaksimalkan strategi serupa untuk menciptakan interaksi dengan audiens. Berikut beberapa ide Twitter campaign yang bisa Anda selenggarakan:

1. Gunakan Twitter Moments

Twitter Moments adalah fitur di Twitter yang bisa Anda gunakan untuk merangkum berbagai tweet menjadi satu rangkaian cerita yang dapat diikuti oleh audiens. 

Anda bisa membuat cerita yang menggambarkan perjalanan produk, testimoni pengguna, atau kisah sukses brand

Di dalamnya, Anda tak hanya menyajikan konten berupa teks saja, tetapi juga dapat menambahkan konten visual yang dapat menarik perhatian lebih besar dari audiens.

Contoh penggunaan fitur Twitter Moments, bisnis Anda memiliki produk skincare unggulan. Nah, buatlah konten di Twitter Moments yang mengisahkan perjalanan audiens menyelesaikan tantangan 30 hari melakukan perawatan kulit menggunakan produk Anda.

Untuk mendukung cerita, tampilkan foto before dan after penggunaan produk ya.

2. Membuat Flash Sale

Flash sale menjadi salah satu momen belanja yang saat ini ditunggu-tunggu oleh pecinta belanja online

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan trending topic di Twitter untuk membuat event flash sale secara khusus di tanggal-tanggal atau jam-jam tertentu. 

Hal ini akan berguna untuk mengundang lebih banyak lagi warganet mengikuti promo yang akan Anda lakukan. 

Semakin banyak yang berpartisipasi dalam event ini, apalagi kalau Anda berhasil memasukkan sense of urgency, maka bisa saja kampanye ini akan berdampak besar pada angka penjualan.

3. Tweet dengan Countdown untuk Meningkatkan FOMO

Fleet memanfaatkan konsep Fear of Missing Out (FOMO) dengan cara yang efektif. Anda dapat menggunakan strategi serupa dengan mengatur tweet countdown atau waktu terbatas untuk acara atau promosi tertentu. 

Misalnya saat Anda meluncurkan produk baru, tweet countdown yang berisi detail waktu peluncuran dapat memicu audiens untuk terus memantau pembaruan. 

Sifat sementara dari pengumuman ini mendorong audiens agar cepat berinteraksi. Contoh lainnya, misalnya Anda membuat kampanye di Twitter tentang produk edisi terbatas dengan tweet countdown

Sebutkan juga jumlah stok produk yang tersedia sehingga audiens bergegas segera bertindak sebelum produk habis.

4. Bikin Giveaway

Kuis maupun giveaway menjadi cara efektif meningkatkan engagement, menambah jumlah pengikut, juga untuk membangun brand awareness bagi produk maupun brand

Jika Anda dan tim digital marketing agency Indonesia sering mengadakan giveaway untuk menarik calon pelanggan, ada baiknya gunakan data analytics untuk mendukung strategi Twitter marketing

Misalnya, Anda bisa menggunakan fitur GoLive di Twitter atau Spaces untuk menginformasikan tentang giveaway yang sedang berlangsung kepada netizen.

Lalu ketika masa giveaway telah habis, Anda dapat mengumumkan siapa yang menjadi pemenang di post yang dilengkapi dengan foto atau video interaktif. 

Cara ini dipercaya lebih mampu menarik perhatian, bisa meningkatkan jumlah followers, dan merekatkan hubungan audiens dengan brand Anda.

5. Memberitahukan Event Terbaru

Jika bisnis yang sedang Anda rintis mengadakan acara online, seperti webinar untuk promosi bisnis atau seminar, Twitter dapat menjadi salah satu alternatif tempat menginformasikan berbagai kegiatan yang berlangsung. 

Bentuk informasinya bisa berupa video pendek, banner acara, hingga konten infografis, lalu unggah dalam bentuk tweet. Untuk mengunggah foto atau video, Twitter mengizinkan hingga maksimal 4 foto / video ya, jadi maksimalkan saja hal tersebut.

Maksimalkan Fitur Twitter Lainnya Selain Fleet

Selain penggunaan fitur fleet, tentunya jangan melupakan cara lain dalam memaksimalkan promosi produk Anda di media sosial Twitter. 

Anda bisa tetap mengunggah tweet secara teratur dengan konten menarik. Lalu, penggunaan top hashtag tertentu yang memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui keberadaan produk Anda.

Jangan lupa, memanfaatkan fitur Twitter ads atau iklan agar informasi produk bisa ditayangkan di beranda pengguna Twitter yang relevan. 

Pastikan, akun Twitter bisnis Anda pun berinteraksi dengan followers untuk mempertahankan engagement, dan tak menutup peluang menghasilkan konversi atau pembelian.  

Anda juga dapat menggunakan fitur siaran langsung, dan mencoba menyapa pelanggan melalui direct message atau DM. Namun, pastikan Anda tidak terlalu sering melakukannya agar tak dianggap spam. Langkah-langkah ini dapat mempercepat perkembangan produk yang Anda jual. 

 

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara memaksimalkan fitur Twitter untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang bermanfaat untuk Anda. Jika Anda masih merasa bingung mencoba fitur tersebut, cobalah bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman melakukan digital marketing social media.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER