Instagram menghadirkan fitur highlight untuk menyoroti story yang Anda buat di profil akun. Fitur ini memang mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Instagram dan menjadi populer seketika. Sejak diluncurkan pada 2017 silam hingga saat ini, sudah ada kurang lebih 500 juta akun yang melakukan highlight story setiap hari. Lalu bagaimana caranya fitur baru ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online atau pelaku UKM? Pada artikel ini, Redcomm akan berbagi 5 cara efektif meningkatkan penjualan melalui fitur highlight story Instagram.

 

Highlight Story Instagram Adalah ...

Sorotan cerita atau highlight story adalah kumpulan gambar, video, dan kiriman yang telah Anda posting ke snapgram Anda di masa lalu. Koleksi ini sering pula disebut sebagai “album” yang bisa dibuat dengan menuliskan kategori atau topik yang berbeda-beda.

 

Tidak seperti snapgram yang menghilang setelah 24 jam, highlight story bisa tetap tampil secara permanen di profil, dan memungkinkan Anda untuk menambah atau menghapus konten di dalamnya kapan saja. Album-album ini berada tepat di bawah bagian bio profil.

 

 

Cara Terbaik Menggunakan Sorotan Cerita Instagram untuk Bisnis Anda

  1. Gunakan Cerita Instagram Anda untuk Menyoroti Produk

Jika akun bisnis Anda memiliki produk atau layanan tertentu, Anda bisa menggunakan Instagram story secara rutin dan terjadwal untuk menampilkannya. Kemudian sebelum waktu tayangan story berakhir, yaitu 24 jam setelah Anda mempostingnya, masukkan story tersebut ke bagian highlight sesuai dengan kategori masing-masing yang sudah Anda tentukan. Misalnya: 

 

  • Koleksi
  • Produk baru
  • Barang yang laku keras
  • Konten behind the scene tentang proses bisnis Anda
  • Anggota tim
  • Membuat lookbook dari koleksi baru yang akan dirilis

 

  1. Jawab Pertanyaan Pengikut Anda

Pada tahun 2018, platform Instagram memperkenalkan stiker “Pertanyaan”, yang memungkinkan pengikut Anda mengirimkan pertanyaan untuk lebih mengenal tentang bisnis yang sedang Anda jalankan beserta produk dan layanannya. Fitur unik dari stiker Q&A adalah Anda dapat melihat profil pengguna yang menjawab, membagikan pertanyaan, atau komentar seseorang, tetapi foto, profil, dan nama pengguna tidak akan ditampilkan.

 

Cara kerjanya, ada pelanggan yang ingin tahu tentang produk atau layanan dari bisnis Anda. Maka ketika Anda menampilan postingan Q&A, mereka akan dengan senang hati mengajukan pertanyaan. Nanti, seluruh pertanyaan dan jawaban yang Anda berikan bisa disimpan di highlight story. Kelak ketika ada pelanggan baru yang ingin mengetahui bisnis Anda, biasanya mereka dengan senang hati akan masuk ke sorotan Q&A ini.

 

 

  1. Highlight Testimonial Pelanggan Anda

Memposting ulang tangkapan layar atau testimonial pelanggan yang menggunakan produk atau layanan brand Anda, dan menyorotnya di profil akun Anda adalah cara yang bagus untuk berbagi cerita tentang kepuasan pelanggan Anda. Testimoni pelanggan sangat berharga karena menjadi bukti manfaat dan keuntungan yang didapatkan pelanggan dari produk dan layanan bisnis Anda. 

 

Testimoni pelanggan ini juga merupakan peluang bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, terutama pelanggan baru, juga memperbesar peluang lebih maksimalnya penggunaan tombol “Lihat Lebih Banyak” atau fitur Instagram “geser ke atas” yang bisa mengarahkan pelanggan ke website atau halaman produk, dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi sesegera mungkin. 

 

  1. Berbagi Tutorial

Membuat album khusus untuk tips dan tutorial dengan menggunakan produk atau layanan Anda dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan pada merek Anda. Di dalam album ini, Anda juga dapat menampilkan influencer yang sedang menggunakan produk atau layanan Anda dan menunjukkan kemudahan penggunaan produk.

 

Highlight story Instagram ini juga memungkinkan Anda untuk memperkenalkan lebih dalam tentang fungsi produk atau layanan dan memberi gambaran kepada pelanggan tentang apa yang akan mereka dapatkan sehingga peluang terjadinya transaksi menjadi lebih besar. 

 

 

  1. Promosikan Acara

Jika bisnis Anda menyelenggarakan acara, lokakarya, atau pelatihan, memanfaatkan highlight story untuk menyimpan secara eksklusif terkait acara, juga keberhasilan dari acara tersebut. Ini bisa menjadi salah satu strategi promosi yang bisa meningkatkan penjualan di masa mendatang. Bahkan, bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan atau malah rekan bisnis yang bisa diajak kerja sama sehingga bisnis pun semakin berkembang.