Anda pasti sudah pernah mendengar tentang LinkedIn. Untuk yang belum mengenalnya, LinkedIn adalah platform media sosial bagi para profesional.
Anda pasti sudah pernah mendengar tentang LinkedIn. Untuk yang belum mengenalnya, LinkedIn adalah platform media sosial bagi para profesional.
Saat ini, LinkedIn telah memiliki lebih dari 433 juta pengguna di seluruh dunia dan terus bertambah setiap tahunnya, terutama di kalangan generasi milenial hingga Gen Z.
Meski penggunanya tak seramai Facebook, ada banyak pebisnis yang menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan penjualan.
Ini fakta baru yang ternyata sudah banyak yang membuktikan hasilnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan penjualan di LinkedIn? Simak cara ampuh yang sudah banyak buktinya di bawah ini.
Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum bisa berjualan di LinkedIn, cari tahu dulu cara membuat akun di LinkedIn dan manfaatnya bagi bisnis. Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk memahami kelebihan LinkedIn untuk membangun bisnis.
Sudah dibaca semua artikel rujukan mengenai LinkedIn di Redcomm Knowledge? Ok, kalau sudah, mari kita lanjutkan mempelajari cara meningkatkan penjualan di LinkedIn.
Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjalin koneksi secara organik adalah bergabung dengan banyak grup, terutama grup yang sesuai dengan niche atau expertise Anda.
Ketika bergabung dalam suatu grup, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari saling menyapa, menjawab pertanyaan, menunjukkan keahlian, dan mengunggah konten yang Anda miliki.
Ingat, kebanyakan orang terbiasa membeli atau menggunakan produk dan jasa dari brand yang mereka kenal dengan baik. Bisa pula dari orang yang sudah mereka kenal.
Semakin luas jaringan pertemanan yang Anda miliki di LinkedIn, semakin besar pula peluang terjadinya penjualan.
LinkedIn ini memang sangat unik. Pihak LinkedIn memiliki 10 aplikasi resmi, yang mana 3 di antaranya merupakan aplikasi berbayar.
Adapun bagi Anda yang bergerak di bidang marketing, aplikasi yang cocok dan penting untuk Anda gunakan, seperti LinkedIn, LinkedIn Pulse, dan LinkedIn Groups.
Layaknya kebanyakan platform media sosial, LinkedIn juga memiliki versi desktop. Namun, menggunakan versi ini seringkali membuat pengguna menghadapi kendala, terkait alamat email yang tak diketahui saat hendak terhubung dengan pengguna lain.
Contoh kasusnya, kurang lebih seperti ini. Anda berniat terhubung dengan seseorang, maka Anda akan mendapatkan pertanyaan bagaimana bisa mengenal orang tersebut.
Otomatis, Anda membutuhkan alamat email untuk menyelesaikan permintaan koneksi yang mau dilakukan. Jika tak memiliki email orang yang dituju, maka Anda tak bisa terhubung.
Itu sebabnya, sangat disarankan Anda menggunakan LinkedIn app. Dengan menggunakan aplikasi, jauh lebih mudah membangun hubungan dan interaksi, bahkan dengan orang baru.
Anda tinggal membuka profil seseorang, kemudian klik tombol hubungkan. Setelahnya, Anda langsung bisa terkoneksi dengan orang tersebut.
Memperluas jaringan di LinkedIn menjadi salah satu strategi LinkedIn marketing. Semakin luas networking yang Anda miliki, semakin mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis, jualan di LinkedIn, mendapatkan relasi, dan sebagainya.
Ketika sudah menggunakan LinkedIn, usahakan untuk segera membangun koneksi dengan sebanyak mungkin orang.
Untuk melakukannya, jangan segan memperkenalkan diri lebih dulu ya. Cukup kirimi orang yang ingin Anda ajak berkoneksi, kenalkan diri dan bidang pekerjaan Anda, dan sebagainya.
Hal yang sama berlaku ketika Anda bergabung dalam suatu grup. Berkenalan dengan admin grup juga sangat bagus.
Admin yang kenal dengan Anda akan memudahkan dalam proses mendapatkan persetujuan dan publikasi konten ke dalam grup. Yah, bagaimanapun kekuatan orang dalam masih berlaku juga dalam hal ini.
Lebih bagus lagi, kalau Anda memang sengaja menyediakan waktu untuk berjejaring, saling menyapa, memberi komentar dan like di postingan orang lain di LinkedIn. Ini cara efektif yang bisa meningkatkan jumlah pengikut Anda dengan cepat.
Siapa yang menyangka, jika promosi dan pekerjaan baru yang didapatkan orang lain, ternyata dapat menjadi peluang bisnis baru. Ini juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan di LinkedIn.
Jadi paling tidak setiap satu minggu sekali, Anda harus memeriksa siapa saja yang mendapatkan kenaikan jabatan, pindah pekerjaan, dan aktivitas lainnya. Jadikan kabar baik tersebut sebagai kesempatan untuk terhubung lebih intens dengan orang tersebut.
Kelak, ketika mereka membutuhkan kerja sama yang ternyata masih relevan dengan bisnis yang Anda jalankan, mereka akan langsung teringat kepada Anda.
Maka, rajin-rajinlah membuka LinkedIn app. Biasanya, akan ada pemberitahuan tentang pembaruan baru dalam jaringan Anda.
Coba lihat siapa saja yang berkunjung dan memeriksa profil LinkedIn Anda. Tentu mereka memeriksa bukan sekadar iseng.
Mungkin saja mereka memeriksa profil orang di jaringan pertemanan mereka, termasuk profil LinkedIn Anda, karena sedang mencari sesuatu atau mungkin seseorang.
Sapalah lewat pesan, hubungi mereka, dan tanyakan apakah Anda bisa membantu mereka menemukan sesuatu, atau seseorang yang sedang mereka cari. Dari bertanya, bisa jadi menghasilkan konversi.
Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan orang yang telah Anda kirimi email.
Maka gunakan Rapportive yang memungkinkan Anda mendapatkan tampilan profil LinkedIn dan akun Twitter dari kontak tersebut, juga koneksi bersama yang Anda miliki dengannya.
Untuk dapat menggunakan Rapportive, Anda tinggal memasangnya sebagai add on di browser. Setelah terpasang, gunakan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan jaringan profesional di LinkedIn Anda.
Setiap tahun, LinkedIn selalu berusaha meluncurkan alat baru yang berguna, dan menghapus fitur yang sudah tak relevan.
Salah satu fitur terbaru yang perlu Anda manfaatkan adalah Indeks Penjualan Sosial. Fitur ini masih baru dan memang masih sedikit orang tahu.
Pelajari cara penggunaannya sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan lebih optimal untuk meningkatkan penjualan di LinkedIn.
Meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis memang membutuhkan upaya dan strategi yang bagus, mengingat saat ini ada banyak bisnis di luar sana.
Namanya persaingan, jelas tak terhindarkan. Namun kalau ingin mengoptimalkan cara meningkatkan penjualan di LinkedIn, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta maupun digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm.
Sebagai digital agency Indonesia, Redcomm sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam melakukan berbagai strategi digital marketing yang tepat sasaran, menyelenggarakan social media marketing, bahkan bisa membantu Anda menerapkan KOL dan influencer marketing di LinkedIn.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC