Anda pasti sudah pernah mendengar tentang LinkedIn. Untuk yang belum mengenalnya, LinkedIn adalah platform media sosial bagi para profesional. Saat ini, LinkedIn telah memiliki lebih dari 433 juta pengguna di seluruh dunia.

 

Meski penggunanya tak seramai Facebook, ada banyak pebisnis yang menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan penjualan. Ini fakta baru yang ternyata sudah banyak yang membuktikan hasilnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan penjualan di LinkedIn

 

Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan di LinkedIn

Hal pertama sebelum Anda bisa berjualan di LinkedIn, Anda perlu tahu cara membuat akun di LinkedIn dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk memahami lebih dulu mengenai berbagai kelebihan LinkedIn dan membangun bisnis di LinkedIn

 

Sudah dibaca semua artikel rujukan mengenai LinkedIn di Redcomm knowledge? Ok, kalau sudah, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai tips ampuh meningkatkan penjualan di LinkedIn. 

 

Untuk diketahui, LinkedIn memiliki cara kerja yang lumayan berbeda dibandingkan dengan platform media sosial lain. Bahkan bisa dikatakan, menggunakan LinkedIn jauh lebih rumit, dibandingkan dengan penggunaan Facebook untuk berbisnis atau menggunakan Instagram sebagai media promosi.

 

 

Namun, jangan khawatir. Anda hanya perlu memahami cara kerjanya dulu, kemudian tinggal manfaatkan platform ini untuk mengembangkan bisnis. Ada beberapa tips jualan di LinkedIn yang bisa Anda ikuti, antara lain:

 

  1. Bergabung dengan 100 Grup

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjalin koneksi secara organik adalah lewat grup. Ketika bergabung dengan grup, Anda mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari saling menyapa, menjawab pertanyaan, menunjukkan keahlian, dan mengunggah konten yang Anda miliki.

 

Salah satu cara jualan di LinkedIn, bisa Anda mulai dengan memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya. Kemudian, bergabunglah ke dalam grup-grup yang sesuai dan relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Hal ini karena, LinkedIn membuat aplikasi dengan tujuan untuk memperluas jaringan grup. Tak heran jika grupnya menjadi sangat powerful.

 

  1. Gunakan LinkedIn App untuk Tetap Terhubung jika Tak Tahu Alamat Email

LinkedIn ini memang sangat unik. Pihak LinkedIn memiliki 10 aplikasi resmi, yang mana 3 di antaranya merupakan aplikasi berbayar. Adapun bagi Anda yang bergerak di bidang marketing, aplikasi yang cocok dan penting untuk Anda gunakan, seperti LinkedIn, LinkedIn Pulse, dan LinkedIn Groups.

 

Layaknya kebanyakan platform media sosial, LinkedIn juga memiliki versi desktop. Namun, menggunakan versi ini seringkali membuat pengguna menghadapi kendala, terkait alamat email yang tak diketahui saat hendak terhubung dengan pengguna lain. 

 

Contoh kasusnya, kurang lebih seperti ini. Anda berniat terhubung dengan seseorang, maka Anda akan mendapatkan pertanyaan bagaimana bisa mengenal orang tersebut. Otomatis, Anda membutuhkan alamat email untuk menyelesaikan permintaan koneksi yang mau dilakukan. Jika tak memiliki email orang yang dituju, maka Anda tak bisa terhubung.

 

Itu sebabnya, sangat disarankan Anda menggunakan LinkedIn app. Dengan menggunakan aplikasi, jauh lebih mudah membangun hubungan dan interaksi, bahkan dengan orang baru. Anda tinggal membuka profil seseorang, kemudian klik tombol hubungkan, dan Anda pun siap menjalin koneksi dengan orang tersebut.

 

Memperluas jaringan di LinkedIn merupakan salah satu strategi LinkedIn marketing. Semakin luas networking Anda, semakin mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis, jualan di LinkedIn, mendapatkan relasi, dan sebagainya.

 

 

  1. Perkenalkan Diri ke Moderator Grup

Ketika Anda baru bergabung dalam sebuah grup, upayakan untuk memiliki pertemanan dengan moderator grup yang Anda ikuti. Hal ini, akan membantu dalam meningkatkan penjualan di LinkedIn. 

 

Di dalam grup, moderator sering disebut sebagai admin. Cukup kirimi mereka pesan yang berisi perkenalan diri, kemudian tanyakan apa saja aturan dalam grup tersebut. Apabila Anda dekat dan berteman dengan admin, Anda jadi lebih gampang untuk mendapatkan persetujuan dan publikasi konten ke dalam grup. Sebaiknya, Anda menyediakan waktu khusus untuk lebih akrab dengan admin dari grup yang Anda masuki.

 

  1. Beri Perhatian Saat Anda Orang dalam Jaringan Berganti Pekerjaan

Siapa yang menyangka, jika promosi dan pekerjaan baru yang didapatkan orang lain, ternyata dapat menjadi peluang bisnis baru. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan penjualan. Paling tidak, setiap satu minggu sekali, Anda harus memeriksa siapa saja yang mendapatkan kenaikan jabatan, pindah pekerjaan, dan aktivitas lainnya. Jadikan kabar baik tersebut, sebagai kesempatan untuk terhubung lebih intens dengan orang tersebut.

 

Kelak, ketika mereka membutuhkan kerja sama yang ternyata masih relevan dengan bisnis yang Anda jalankan, mereka akan langsung teringat kepada Anda. Maka, rajin-rajinlah membuka LinkedIn app. Biasanya, akan ada pemberitahuan tentang pembaruan baru dalam jaringan Anda. 

 

Anda bisa mengklik tombol, ucapan selamat, saat ada teman yang mendapatkan promosi dalam pekerjaan mereka. Melalui ucapan sederhana ini, Anda bisa membuat hubungan yang lebih dekat lagi dengan orang lain.

 

  1. Lihat Siapa yang Melihat Profil Anda dan Kirimi Pesan

Coba lihat siapa saja yang berkunjung dan memeriksa profil LinkedIn Anda. Tentu mereka memeriksa bukan sekadar iseng. Mereka pasti sedang mencari sesuatu atau mungkin seseorang. Sapalah lewat pesan, hubungi mereka, dan tanyakan apakah Anda bisa membantu menemukan sesuatu, atau seseorang yang sedang mereka cari. Dari bertanya, bisa jadi menghasilkan konversi.

 

  1. Ketika menggunakan Gmail di Firefox atau Chrome, Gunakan Rapportive

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan orang yang telah Anda kirimi email. Dengan Rapportive, Anda akan mendapatkan  tampilan profil LinkedIn dan akun Twitter dari kontak tersebut, juga koneksi bersama yang Anda miliki dengannya. 

 

Untuk dapat menggunakan Rapportive, Anda tinggal memasangnya sebagai add on di browser. Setelah terpasang, gunakan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan jaringan profesional di LinkedIn Anda.

 

 

  1. Have Fun dengan Indeks Penjualan Sosial Anda

Setiap tahun, LinkedIn selalu berusaha meluncurkan alat baru yang berguna, dan menghapus fitur yang sudah tak relevan. Salah satu fitur terbaru yang perlu Anda manfaatkan adalah Indeks Penjualan Sosial.

 

Ini merupakan salah satu alat yang baru dan masih sedikit yang tahu. Pelajari cara penggunaannya sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan lebih optimal untuk meningkatkan penjualan di LinkedIn.

 

Meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis memang membutuhkan upaya dan strategi yang bagus, mengingat saat ini ada banyak bisnis di luar sana. Namanya persaingan, jelas tak terhindarkan. Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta, seperti Redcomm. 

 

Mereka sudah berpengalaman dalam melakukan digital marketing strategist yang tepat sasaran, menyelenggarakan social media marketing, bahkan bisa membantu Anda menerapkan KOL dan influencer marketing di LinkedIn.

 

Demikian beberapa cara meningkatkan penjualan di LinkedIn. Semoga bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis lewat platform khusus networking profesional ini.