LinkedIn adalah jejaring sosial yang banyak digunakan untuk menghubungkan para pekerja profesional di dunia maya.
LinkedIn adalah jejaring sosial yang banyak digunakan untuk menghubungkan para pekerja profesional di dunia maya.
Pada umumnya, pengguna saling berinteraksi untuk bertukar informasi, berbagi pengetahuan serta peluang kerja, membangun bisnis, mencari partner kerja, dan sebagainya.
Namun selain berguna sebagai media untuk berinteraksi dan berbagi informasi, ada banyak manfaat lain LinkedIn bisa membantu Anda membangun dan mengembangkan bisnis lho.
Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Memang selama ini LinkedIn lebih terkenal sebagai platform mencari dan membagikan peluang kerja.
Tetapi sejalan dengan waktu, platform ini berkembang dengan banyak fitur mumpuni yang mendukung perkembangan bisnis.
Beberapa kelebihan LinkedIn untuk membangun dan mengembangkan bisnis, antara lain:
Kebutuhan perusahaan dalam mendapatkan tenaga kerja berkualitas sudah tak terelakkan lagi, mengingat saat ini persaingan bisnis semakin ketat.
Nah, memanfaatkan kelebihan LinkedIn untuk mendapatkan talenta terbaik jelas lebih efektif. Sebab, komunitas profesional di LinkedIn sangat besar dan berasal dari berbagai industri.
Tinggal manfaatkan saja fitur LinkedIn Recruiter yang bisa membantu Anda menemukan orang-orang dengan keahlian terbaik dari berbagai belahan dunia.
Bahkan Anda bisa menyesuaikan pencarian dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan.
Memanfaatkan LinkedIn memungkinkan Anda menjadi thought leader di industri yang Anda geluti.
Anda bisa berbagi insight dan hasil analisis dalam bentuk artikel case study, atau konten yang bernas, untuk membangun reputasi perusahaan sebagai pakar di bidang tersebut.
Cara ini tidak hanya menarik perhatian calon konsumen yang mungkin membutuhkan produk atau layanan bisnis dari Anda, namun juga bisa memikat profesional lain untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda.
Hal penting yang perlu Anda sadari saat ini, persaingan bisnis tidak hanya berdasarkan luas pasar yang bisa Anda dapatkan, melainkan juga berkaitan dengan kualitas bisnis dan para pekerjanya.
Artinya, bisnis yang berkualitas pastilah didukung dengan tim kerja yang juga berkualitas. Nah di sinilah employer branding berperan penting.
Employer branding adalah bagaimana para pekerja merepresentasikan brand atau perusahaan tempat mereka bekerja.
Untuk membangun employer branding yang kuat, Anda bisa memanfaatkan fitur LinkedIn, yaitu employer advocacy.
Menggunakan fitur ini memungkinkan Anda mendorong karyawan membagikan konten perusahaan dalam jaringan relasi mereka.
Cara ini termasuk ampuh kalau Anda ingin:
Kenapa penting mendorong karyawan ikut membagikan konten perusahaan?
Menurut situs Everyone Social, konten perusahaan yang ikut dibagikan karyawan bisa menghasilkan engagement 8x lebih besar dibandingkan konten yang hanya dipublikasi di situs perusahaan.
Marketing B2B adalah istilah yang mengarah pada praktik pemasaran bisnis dengan target market bisnis lain. Artinya pemasaran berlaku antar sesama bisnis, bukan langsung ke end user.
Di era digital seperti sekarang, sudah banyak perusahaan B2B (business to business) memanfaatkan berbagai fitur iklan di dalam LinkedIn ads, guna menjangkau calon pelanggan agar tepat sasaran.
Dalam praktiknya, tujuan dari pemasaran adalah memperluas jangkauan pemasaran, termasuk menjangkau pelanggan potensial demi peningkatan keuntungan bisnis.
Kelebihan LinkedIn berikutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk pertumbuhan bisnis adalah adanya fitur analitik.
Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui:
LinkedIn dipercaya dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk bisa saling terhubung dengan pelaku usaha lainnya di seluruh dunia.
Sebagai pebisnis pemula yang masih dalam tahap mulai membangun bisnis, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur beberapa informasi bisnis di LinkedIn, seperti: profil, kompetensi, daftar pendidikan, serta pengalaman.
Nanti secara otomatis, Anda langsung disuguhkan dengan daftar orang-orang atau bisnis yang serupa dengan bisnis Anda agar dapat saling terhubung.
Setelah melakukan pengaturan profil pribadi, selanjutnya Anda perlu mengatur profil perusahaan atau bisnis yang Anda bangun dengan semenarik mungkin.
Pastikan seluruh data sudah terisi secara lengkap dan benar, sehingga ketika ada orang lain yang kebetulan membutuhkan jasa atau produk yang sesuai dengan bisnis Anda, mereka bisa langsung menghubungi Anda.
Nah, Anda sudah tahu betapa banyaknya manfaat dan kelebihan LinkedIn bagi bisnis. Kalau saat ini Anda belum memiliki akun di platform ini, ikut langkah-langkahnya yang ada di artikel berjudul: Cara membuat Akun LinkedIn. Sementara bagi Anda yang sudah punya akunnya, langsung saja lakukan upaya Meningkatkan Penjualan di LinkedIn.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC