MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Employer Branding: Pengertian dan Manfaatnya

21 Jun  · 
1 min read
 · 
eye 3.198  
Business

redcomm

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan suatu perusahaan adalah bagaimana branding perusahaan di mata masyarakat umum, calon karyawan, bahkan karyawannya sendiri. 

Untuk bisa membangun branding yang konsisten dan berkesinambungan, penting banget perusahaan memulai employer branding. Namun sebelum itu, cari tahu dulu apa itu employer branding dan manfaatnya di artikel ini. 

Apa yang Dimaksud Dengan Employer Branding?

Employer branding adalah citra dan reputasi suatu perusahaan di mata calon karyawan, karyawannya, serta masyarakat umum, sebagai tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan. 

Hingga hari ini, strategi membangun employer branding dianggap menjadi salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan talenta berkualitas dan berpengalaman dengan mudah. Ini ada benarnya. 

Namun selain mendapatkan karyawan potensial, membangun branding yang kuat juga dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat, relasi, bahkan pelanggan.

Logika sederhananya kembalikan kepada diri Anda sendiri. Produk maupun layanan bisnis dari perusahaan seperti apa yang akan Anda gunakan? 

Pastinya dari perusahaan dengan reputasi dengan citra yang bagus, kan? Nah, begitu pula dengan masyarakat maupun konsumen di luar sana.

5 Manfaat Employer Branding

1. Lebih Mudah Menarik Karyawan Berkualitas

Sebelum memasukkan lamaran kerja, kebanyakan karyawan akan melakukan survei mengenai perusahaan dan lebih memilih perusahaan dengan citra serta reputasi yang baik.

Di saat yang sama, karyawan berkualitas tadi juga akan berlomba-lomba mendapatkan kesempatan untuk masuk ke suatu perusahaan yang menawarkan pengembangan karir, lingkungan kerja positif, benefit kompetitif, dan memiliki branding yang kuat.

2. Meningkatkan Retensi Karyawan

Retensi karyawan adalah strategi perusahaan untuk mempertahankan karyawan potensial sekaligus menekan angka turnover.

Ketika karyawan merasa puas dengan lingkungan kerja, benefit, dan value perusahaan, mereka cenderung menjadi lebih loyal dalam bekerja. 

Bahkan kebanyakan di antara mereka bekerja dalam waktu yang lama di perusahaan. Ini tentu saja akan menguntungkan perusahaan karena bisa memiliki karyawan-karyawan yang ahli untuk waktu lama.

3. Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan

Saat perusahaan berhasil membangun employer branding, maka citra dan reputasi perusahaan jadi meningkat di mata banyak orang. 

Hal ini akhirnya akan meningkatkan kepercayaan sekaligus dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Karena memang yang umum terjadi, konsumen cenderung lebih mendukung dan memilih produk atau layanan dari perusahaan dengan citra yang kredibel serta terpercaya.

4. Mengurangi Biaya Rekrutmen dan Iklan

Anda pasti pernah membaca pemberitaan mengenai perusahaan dengan budaya kerja yang menarik sehingga karyawannya menjadi lebih kreatif dan produktif bekerja. 

Perusahaan dengan branding yang sebagus itu tentu tak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya rekrutmen dan iklan. Mengapa? 

Sebab, secara otomatis para pencari kerja berkualitas akan berlomba-lomba menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Di saat yang sama, konsumen juga lebih senang berbisnis dan berbelanja dengan perusahaan yang memiliki branding kuat.

5. Meningkatkan Daya Saing Menjadi Lebih Kompetitif

Di era digital saat ini, perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. 

Salah satu caranya bisa melalui employer branding yang kuat, sehingga perusahaan bisa lebih unggul dalam mendapatkan talenta terbaik dengan keahlian mumpuni.

Selain itu, dapat mempertahankan karyawan loyal dan berkualitas, bisa terus mengembangkan bakat secara berkesinambungan, tanpa harus memboroskan banyak biaya untuk promosi, iklan, dan rekrutmen.

Saat pengeluaran bisa dihemat dan keuntungan meningkat karena konsumen banyak yang menggunakan produk maupun layanan bisnis yang ditawarkan, jelas ini bisa membantu perusahaan untuk terus mengembangkan usaha, tetap relevan, dan inovatif, di pasar yang terus berubah.

Nah, Anda sudah tahu apa itu employer branding dan manfaat employer branding secara umum. Lalu, ada alasan lain tidak mengapa perusahaan perlu membangun employer branding? Cek di sini jawabannya, yuk: Ini Lho Pentingnya Perusahaan Membangun Employer Branding.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC