Apakah selama ini Anda sudah memanfaatkan Facebook sebagai media iklan dan promosi? Bagaimana hasilnya? Jika kampanye iklan di Facebook tidak mendatangkan banyak klik, mungkin sudah waktunya Anda mempertimbangkan penggunaan Facebook Pixel. Memanfaatkan Facebook Pixel akan membantu meningkatkan performa iklan yang Anda pasang sehingga bisa mendapatkan konversi dan insight yang ditargetkan. 

Berkenalan dengan Facebook Pixel

Facebook Pixel adalah kode yang dipasang pada situs web untuk mengukur dan mengoptimalkan audience insight Facebook. Agar insight atau konversi dari audiens lebih optimal, Anda perlu mengetahui dan mengukur hasil penayangan iklan yang Anda selenggarakan dengan cara memasang Facebook Pixel pada situs web Anda. Mengapa hal ini penting?

Semua pebisnis, marketer, atau siapa pun yang menjalankan bisnis secara digital, pastilah menginginkan bisnisnya bisa berkembang dengan pesat. Itulah sebabnya, pemasangan iklan di media digital dilakukan untuk mempermudah proses mendapatkan keuntungan. 

Selain itu, memasang iklan di internet memiliki tujuan untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan mendapatkan konversi yang tinggi. Akan tetapi, iklan yang Anda pasang malah tidak menunjukkan hasil yang maksimal. Jangankan mendapatkan konversi, kadang angka traffic kunjungan pun sangat kecil.

apa itu facebook pixel

Solusinya, Anda perlu memanfaatkan fitur Facebook Pixel yang akan membantu iklan dapat bekerja lebih optimal sehingga menghasilkan pencapaian seperti yang Anda inginkan, di mana Anda bisa pula melakukan pemantauan terkait customer journey, jumlah klik iklan, dan data insight lainnya, untuk kemudian digunakan pada penyusunan strategi pengiklanan di masa mendatang.

Sebelum membaca lebih lanjut mengenai fungsi Facebook Pixel, Anda bisa pula menambah pengetahuan dan wawasan terkait cara dan tips memasang iklan di Facebook berikut ini:

Fungsi Facebook Pixel

Ada banyak fungsi dan manfaat Facebook Pixel yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya untuk mengoptimalkan iklan atau untuk mendapatkan konversi yang maksimal saja. Namun, Anda bisa menjangkau lebih banyak target pelanggan yang sesuai dan relevan dengan bisnis Anda. Tentunya dengan rutin melakukan analisis dan evaluasi data dari kampanye yang sudah diselenggarakan sebelumnya. 

Adapun manfaat Facebook Pixel dalam optimalisasi iklan, di antaranya:

mengukur konversi

  1. Mengukur Konversi

Ketika membuat iklan di Facebook Ads, Anda tentu melakukan pengaturan iklan dan menargetkannya ke pelanggan yang sesuai dengan bisnis Anda. Penargetan iklan biasanya bisa berdasarkan minat, tempat tinggal, bahasa, dan lainnya. Nah, supaya proses penargetan iklan bisa tepat sasaran, Anda perlu memiliki sebanyak mungkin data terkait pelanggan atau audiens yang Anda miliki. Caranya ya dengan memasang Facebook Pixel pada situs web bisnis Anda.

  1. Mengoptimalkan Tayangan

Kampanye iklan memang sudah menjangkau pemirsa dengan tepat. Akan tetapi, bisa saja audiens hanya melihat iklan, dan belum mau melakukan klik. Dalam kondisi lain, bisa jadi ada audiens yang sudah melakukan klik pada iklan, masuk ke transaksi, tetapi tidak sampai menyelesaikan transaksinya. Maka untuk menjangkau audiens yang sebenarnya sudah ada minat, namun belum melakukan konversi, Anda bisa memaksimalkan iklan dan melakukan retargeting menggunakan Facebook Pixel.

  1. Mengoptimasi Kampanye Facebook Ads

Dari data Facebook Pixel, Anda dapat mengoptimalkan iklan dengan melakukan strategi baru. Hal ini agar audience insight Facebook meningkat, dan proses mendapatkan konversi jadi lebih mudah dari sebelumnya.

Salah satu cara kerja Facebook Pixel memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di halaman pengguna Facebook sesuai perilaku dan tindakan yang pernah mereka lakukan, bahkan Anda bisa mengetahui perjalanan audiens mulai dari membuka tab, menutup, hingga melakukan pembelian.

  1. Menargetkan Ulang Iklan pada Visitor yang Sama

Fungsi Facebook Pixel dapat membantu Anda melakukan penargetan iklan terhadap audiens yang sama, terutama mereka yang sudah pernah melihat iklan Anda, melakukan klik, namun belum melakukan konversi. Tujuan retargeting iklan ini tentu saja untuk mempengaruhi dan mendorong audiens sehingga mereka akhirnya memutuskan melakukan transaksi.

analisis dan evaluasi traffic

  1. Analisis dan Evaluasi Traffic Website

Dari dashboard Facebook Pixel, Anda dapat melihat total traffic atau kunjungan audiens ke website Anda dan memahami lebih dalam bagaimana audiens berinteraksi dan menggunakan situs web Anda. Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang nantinya akan berguna untuk pemasangan iklan di Facebook Ads pada periode kampanye iklan selanjutnya.

  1. Mendapatkan Pelanggan Baru

Menggunakan Facebook Pixel memungkinkan Anda mengatur pelanggan yang sudah ada maupun pelanggan baru sekaligus. Hal ini karena Facebook Pixel akan bekerja secara optimal dalam mendatangkan pelanggan baru yang memiliki kesamaan minat dengan pelanggan yang ada.

  1. Membuat Pemirsa Khusus

Dari pengunjung situs web, Anda dapat membuat kategori pemirsa khusus dengan menampilkan iklan secara otomatis. Misal ketika seseorang mengunjungi suatu situs, maka iklan Anda akan muncul di situs yang berkaitan dengan produk Anda. 

Optimasi iklan di internet untuk meningkatkan insight sangat mudah Anda lakukan dengan memasang Facebook Pixel pada situs web. Anda cukup mempelajari data dan informasi dari hasil kerja Facebook Pixel untuk merencanakan dan mensukseskan strategi pemasaran berikutnya.