Sudah memanfaatkan Facebook sebagai media iklan dan promosi, namun hasil kampanye iklan tidak mendatangkan banyak klik? Mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan Facebook Pixel.
Sudah memanfaatkan Facebook sebagai media iklan dan promosi, namun hasil kampanye iklan tidak mendatangkan banyak klik? Mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan Facebook Pixel.
Memanfaatkan Facebook Pixel menjadi solusi yang bisa membantu Anda meningkatkan performa iklan, mendapatkan konversi, dan insight yang lebih optimal.
Cari tahu apa itu Facebook Pixel, fungsi, dan alasan pebisnis perlu menggunakannya di Redcomm Knowledge kali ini.
Meta atau Facebook Pixel adalah kode yang dipasang pada situs web untuk mengetahui, mengukur, dan mengoptimalkan audience insight atau konversi dari penayangan iklan di Facebook.
Untuk bisa menggunakan Facebook Pixel, Anda perlu terlebih dahulu memasangnya di situs web milik Anda. Berikut langkah-langkahnya:
Agar bisa meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis secara digital, pemasangan iklan di media digital akan membantu mempermudah proses mendapatkan keuntungan.
Kenapa bisa begitu? Karena saat memasang iklan di internet, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan memperbesar peluang mendapatkan konversi yang tinggi.
Meski begitu tetap saja ada risiko iklan yang Anda pasang tidak menunjukkan hasil yang maksimal. Jangankan mendapatkan konversi, terkadang angka traffic kunjungan ke website bisnis justru sangat kecil.
Solusinya, Anda perlu memanfaatkan fitur Facebook Pixel yang akan membantu iklan bekerja lebih optimal. Menggunakan Meta Pixel memungkinkan Anda memantau customer journey, jumlah klik iklan, dan data insight lainnya.
Semua data tersebut sangat penting karena bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi marketing di masa mendatang. Namun sebelum membaca lebih lanjut tentang fungsi Facebook Pixel, ada baiknya Anda membaca dulu beberapa artikel rekomendasi berikut ini:
Ada banyak fungsi dan manfaat Facebook Pixel. Tidak hanya untuk mengoptimalkan iklan atau mendapatkan konversi yang maksimal saja.
Namun jika Anda rutin melakukan analisis, Anda jadi tahu cara menjangkau target pelanggan potensial.
Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat Facebook Pixel dalam optimalisasi iklan.
Ketika membuat iklan di Facebook Ads, Anda tentu harus melakukan pengaturan iklan dan menargetkannya ke pelanggan yang sesuai dengan bisnis, produk, jasa, maupun layanan yang Anda tawarkan.
Penargetan iklan biasanya berdasarkan pada minat, lokasi, bahasa, dan preferensi lainnya.
Nah, untuk bisa menargetkan iklan berdasarkan data tersebut, mau tidak mau Anda perlu memiliki data pelanggan yang lengkap dari pemasangan Facebook Pixel di situs web bisnis.
Meskipun kampanye iklan sudah berhasil menjangkau audiens yang tepat. Belum tentu Anda akan mendapatkan konversi sesuai harapkan. Mengapa begitu? Karena mungkin saja Anda menemukan tipe audiens berikut:
Kedua tipe audiens di atas sebenarnya sudah memiliki minat, namun belum melakukan konversi. Supaya bisa mendorong mereka mengambil tindakan, lakukan retargeting campaign menggunakan Facebook Pixel.
Melalui data yang ada di Facebook Pixel, Anda dapat mengoptimalkan iklan menggunakan strategi baru. Tujuannya agar audience insight Facebook meningkat, dan proses mendapatkan konversi jadi lebih mudah dari sebelumnya.
Hal ini berkaitan dengan cara kerja Facebook Pixel yang memungkinkan Anda menampilkan iklan di halaman pengguna Facebook sesuai perilaku dan tindakan yang pernah mereka lakukan.
Bahkan, Anda bisa mengetahui perjalanan audiens mulai dari membuka tab, menutup, hingga melakukan pembelian.
Fungsi Facebook Pixel dapat membantu Anda melakukan penargetan iklan terhadap audiens yang sama, terutama mereka yang sudah pernah melihat iklan Anda, melakukan klik, namun belum melakukan konversi.
Tujuan retargeting iklan ini untuk mempengaruhi dan mendorong audiens sehingga mereka akhirnya memutuskan melakukan transaksi pembelian.
Pada dashboard Pixel Facebook, Anda dapat melihat total traffic atau kunjungan audiens ke website. Data ini perlu dianalisis supaya Anda paham cara audiens berinteraksi dan menggunakan situs web Anda.
Dalam proses analisis, pastikan Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berguna untuk pemasangan iklan di Facebook Ads pada kampanye iklan selanjutnya.
Anda bisa juga mengatur pelanggan yang sudah ada maupun pelanggan baru secara bersamaan dengan lebih efektif, kalau Anda menggunakan Facebook Pixel.
Hal tersebut bisa dilakukan karena Facebook Pixel akan bekerja secara optimal dalam mendatangkan pelanggan baru yang memiliki kesamaan minat dengan pelanggan yang ada.
Dengan catatan, Anda perlu menampilkan iklan yang relevan sesuai target audiens yang Anda tentukan berdasarkan data pelanggan yang sudah Anda miliki.
Melalui penggunaan Meta Pixel, Anda dapat membuat kategori pemirsa khusus dengan memanfaatkan fitur retargeting dinamis, yaitu menampilkan iklan secara otomatis berdasarkan perilaku pengunjung pada website.
Facebook Pixel akan merekam berbagai informasi yang dilakukan pengunjung, seperti produk yang dilihat atau yang masuk ke keranjang belanja.
Jadi, ketika pengunjung tersebut mengakses situs web lain yang serupa dengan produk atau layanan Anda, iklan Anda bisa muncul di situs tersebut.
Optimasi iklan di internet untuk meningkatkan insight dan membuka peluang terjadinya konversi bisa sangat mudah Anda lakukan asalkan Anda memasang Facebook Pixel di website bisnis. Lalu saat pemasangan iklan, pastikan sesuai dengan langkah-langkah yang benar.
Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency terpercaya, seperti Redcomm Indonesia yang sudah berpengalaman dalam strategi digital marketing. Konsultasikan masalah Anda dengan mengisi Kontak Redcomm, agar Tim Redcomm bisa membantu Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC