Suatu bisnis bisa berjalan dengan lancar jika ada upaya untuk melakukan kegiatan promosi secara tepat, baik secara offline maupun online.
Suatu bisnis bisa berjalan dengan lancar jika ada upaya untuk melakukan kegiatan promosi secara tepat, baik secara offline maupun online.
Untuk saat ini, penerapan digital marketing lebih banyak memanfaatkan berbagai platform media sosial.
Hal ini karena Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya aktif menggunakan platform sosial media, seperti Facebook.
Pertanyaannya, pernahkah Anda mencoba Facebook Ads sebagai media promosi? Sudah tahukah Anda cara menjalankan iklan di Facebook Ads? Jika belum, baca artikel ini sampai selesai ya.
Facebook Ads adalah suatu media untuk melakukan promosi atau pemasangan iklan yang ditujukan kepada semua orang yang menggunakan Facebook. Iklan biasanya tampil pada bagian sidebar atau di antara post.
Selain itu, bentuk dari iklan yang ada di Facebook biasanya banyak ragamnya, mulai dari teks, foto, banner, video, dan sebagainya.
Tujuan pemasangan iklan di Facebook Ads juga beragam. Ada brand yang hanya ingin meningkatkan impression dan brand awareness. Sementara ada lagi yang menginginkan peningkatan traffic, leads, dan sebagainya.
Karena pengguna Facebook makin lama makin banyak, tak heran jika semakin lama jumlah pebisnis yang melakukan promosi menggunakan media Facebook juga semakin banyak.
Keuntungan yang didapatkan dari penerapan digital marketing menggunakan Facebook bisa dibilang sangat menguntungkan.
Otomatis jika Anda tidak ikut memanfaatkan Facebook Ads sebagai media promosi dan menyelenggarakan social media campaign, Anda bisa tertinggal dari kompetitor.
Ketika ingin melakukan promosi dan pemasangan iklan yang lebih tersistematis, Anda bisa menggunakan Facebook Ads. Nah inilah cara menjalankan iklan di Facebook Ads dan cara setting Facebook Ads:
Langkah pertama, buka halaman Facebook Ads milik Anda. Tentunya Anda harus log in ke akun Facebook yang Anda miliki.
Di halaman Facebook terdapat halaman kampanye. Masuklah ke halaman tersebut dan lihat pilihan yang tersedia, seperti pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat.
Anda bisa mulai dengan memilih pembuatan iklan terpadu. Mengapa? Pemilihan iklan terpadu memungkinkan Anda melakukan pengaturan secara spesifik, iklan seperti apa yang ingin Anda buat, dan siapa target iklannya.
Jika sudah memilih pembuatan iklan secara terpadu, Anda bisa mulai melanjutkan dengan menentukan tujuan dari iklan yang mau Anda pasang.
Tujuan yang bisa dipilih, antara lain peningkatan kesadaran akan merek atau brand awareness, traffic ke website, dan jangkauan yang lebih luas, ataukah peningkatan konversi.
Kalau sudah menentukan tujuan iklan, tinggal klik saja pilihan tujuan sesuai dengan kebutuhan.
Pada halaman pembuatan iklan yang ada di Facebook, tersedia dua pilihan jenis iklan, iklan uji split dan iklan pengoptimalan anggaran.
Anda hanya bisa memilih salah satu karena kedua jenis iklan ini tak bisa dijalankan dalam waktu bersamaan.
Setiap pemasangan iklan atau saat menjalankan campaign, perlu ada pemberian nama demi memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan dan analisis hasil iklan.
Selanjutnya jangan lupa menentukan tujuan traffic. Tujuan traffic atau kunjungan audiens ini bisa diarahkan ke salah satu platform media sosial milik Anda, seperti Instagram, menuju website, Whatsapp, messenger, dan sebagainya.
Jika bisnis yang Anda jalankan memiliki beberapa promo, maka Anda bisa mencentang pilihan promo yang tersedia di dalam halaman iklan Facebook.
Promo biasanya mampu mengundang ketertarikan audiens untuk melakukan konversi dan pembelian.
Penentuan target audiens sangat penting Anda lakukan agar pemasangan iklan lebih terarah. Sebaiknya, sesuaikan produk atau brand yang hendak diiklankan dengan target audiens yang tepat.
Misalnya, makanan sehat untuk bayi atau mainan anak edukatif ditargetkan kepada para ibu muda usia 20 hingga 30 tahun.
Sementara fashion trendy bisa diarahkan ke remaja milenial usia 17 tahun hingga 25 tahun. Selain berdasarkan usia, penentuan target audiens bisa pula berdasarkan lokasi (kabupaten, kota, negara), profesi, hobi, jenis kelamin, dan sebagainya.
Selanjutnya, akan ada pilihan penempatan atau lokasi pemasangan iklan. Nah, bagian ini sebaiknya pilih yang otomatis saja.
Biarkan Facebook yang mengaturkan hal ini untuk Anda karena Facebook akan menempatkan iklan Anda pada area terbaik.
Pemilihan jadwal iklan tayang berkaitan dengan berapa lama iklan yang Anda miliki akan ditampilkan di Facebook.
Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan serta sesuai pula dengan anggaran belanja iklan yang sudah Anda siapkan.
Sementara pengaturan format iklan bisa dalam bentuk, karosel, gambar tunggal, video, koleksi, tayangan slide, dan sebagainya.
Ketika membuat deskripsi iklan, pastikan deskripsi yang Anda buat benar-benar menarik, informatif, dan bisa memberikan gambaran lengkap kepada audiens mengenai produk atau brand yang Anda iklankan.
Selanjutnya, Anda bisa mulai dengan pemilihan gambar, penulisan judul dari iklan yang Anda buat, dan memasukkan link atau tautan yang ingin dituju dari iklan tersebut.
Iklan telah siap dan kini saatnya melakukan pembayaran iklan. Maksudnya, Anda perlu melakukan top up di akun Facebook Ads Anda.
Nanti Facebook tinggal mengurangi saldo yang tersedia sesuai dengan anggaran iklan yang juga sudah Anda tetapkan sendiri.
Pembayaran iklan Facebook bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, debit card, menggunakan aplikasi pembayaran pihak ketiga, seperti Doku, dan sebagainya.
Setelah membaca dan mengikuti panduan memasang iklan di Facebook Ads dalam artikel ini, seharusnya sudah membuat Anda pasang iklan di Facebook ya. Namun kalau masih ragu dan butuh bantuan ahli, Anda bisa klik Kontak Redcomm.
Sebagai digital marketing agency Indonesia dengan kantor berlokasi di Jakarta, Redcomm Indonesia sudah berpengalaman dalam membantu lebih dari 500+ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000++ digital campaign dengan hasil yang baik. Jadi, Anda bisa mempercayakan iklan Anda kepada Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC