Tahukah Anda jika fitur reach and frequency sangat diperlukan untuk brand yang sedang mengembangkan bisnis, khususnya bagi brand yang menginginkan tercapainya brand awareness.
Tahukah Anda jika fitur reach and frequency sangat diperlukan untuk brand yang sedang mengembangkan bisnis, khususnya bagi brand yang menginginkan tercapainya brand awareness.
Kedua fitur tersebut memungkinkan Anda sebagai pebisnis, penjual, atau pemasar dapat menampilkan iklan kepada pengguna Facebook dengan cara yang lebih efektif.
Namun dalam penggunaannya memang membutuhkan trik tersendiri agar campaign iklan Facebook Ads yang dijalankan bisa tepat sasaran.
Caranya bagaimana? Simak pengertian reach and frequency, fungsi, dan keuntungan menggunakan fitur tersebut dalam penjelasan di bawah ini.
Sebelum membahas tentang cara memaksimalkan digital campaign di Facebook dengan menurunkan jumlah Frequency, ada baiknya Anda memahami dulu apa itu reach and frequency?
Jangkauan atau reach adalah istilah yang digunakan dalam media sosial Facebook dengan tujuan menggambarkan jumlah pengguna unik yang sudah melihat iklan di laman Facebook.
Mengapa disebut pengguna unik? Reach dalam Facebook akan menghitung satu pengguna yang melihat iklan sebagai satu, meski pengguna tersebut melihat iklan yang sama hingga 2-3 kali.
Sementara, frequency adalah istilah yang merujuk pada pemberian informasi mengenai seberapa sering pengguna unik melihat rata-rata iklan Anda di Facebook.
Tentu saja informasi mengenai frekuensi pengunjung iklan sangat perlu Anda ketahui, supaya Anda bisa lebih mudah memaksimalkan strategi pemasaran media sosial di Facebook.
Insight tersebut juga akan membantu Anda menentukan mana iklan yang berpotensi dan harus dipertahankan, serta mana iklan yang harus diakhiri.
Fitur reach dan frequency adalah dua elemen kunci yang memainkan peran penting dalam strategi periklanan di Facebook.
Kedua metrik Facebook ads ini memungkinkan Anda memprediksi jangkauan iklan, yang dapat mempengaruhi seberapa luas dan sering iklan tampil kepada target audiens.
Saat ini, campaign Facebook ads dengan fitur reach and frequency juga bisa Anda tempatkan di seluruh platform yang bernaung dalam satu payung bersama Facebook, seperti Instagram hingga audience network.
Artinya, kedua fitur tersebut juga akan sangat berguna ketika Anda pasang iklan di Instagram, atau platform lain yang masih berada dalam naungan Meta Ads.
Memang, tidak semua kampanye yang Anda jalankan bisa memberi hasil sempurna sesuai harapan. Terkadang, fitur reach and frequency tidak memberikan hasil apa pun akibat pengaturan yang kurang tepat.
Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah menetapkan frekuensi yang tepat.
Frekuensi yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kejenuhan. Sebaliknya, frekuensi yang terlalu rendah bisa membuat audiens melupakan brand Anda.
Meski begitu, pada data yang berhasil dihimpun Meta for Business, cukup banyak pengiklan yang sudah menggunakan fitur tersebut ternyata berhasil mencapai ROI yang lebih tinggi hingga 20% dibandingkan dengan kampanye yang menggunakan metode bidding otomatis.
Berdasarkan beberapa tujuan yang telah disebutkan di atas, berikut keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan fitur reach and frequency di Facebook, antara lain:
Fitur reach dan frequency memungkinkan Anda merencanakan kampanye dengan tingkat keberhasilan tinggi, yang tidak dapat Anda temukan di opsi bidding otomatis.
Anda bisa memastikan iklan ditampilkan kepada audiens yang tepat dan pada waktu yang tepat. Hal ini sangat penting kalau Anda menargetkan kelompok audiens dari kalangan Gen Z, yang sering kali dibombardir iklan dari berbagai platform.
Pada prinsipnya, penerapan strategi yang tepat akan membantu Anda menghindari ad fatigue atau kejenuhan terhadap iklan.
Menggunakan kedua fitur Facebook ini dapat membantu Anda menghitung jumlah pengguna yang berpotensi melihat iklan.
Nantinya perhitungan tersebut bisa Anda gunakan untuk target iklan berikutnya dengan harapan target audiens tersebut akan menjadi pelanggan potensial Anda.
Bisa dikatakan, Anda jadi lebih mudah dalam perkiraan berapa reach dan berapa frekuensi ideal dari kampanye brand yang telah atau sedang Anda kembangkan. Hasilnya juga lebih akurat.
Menggunakan reach dan frequency, Anda bisa memperkirakan hasil yang akan dicapai dengan anggaran yang Anda miliki.
Alih-alih melakukan bidding yang tidak menentu, fitur ini memberikan prediksi yang lebih stabil, sehingga Anda dapat menetapkan batas anggaran perusahaan dengan jumlah keseluruhan dana yang Anda rencanakan untuk iklan.
Anda juga jadi bisa membuat anggaran belanja iklan yang lebih proporsional sesuai target yang ingin dicapai, sekaligus mengelola ekspektasi hasil kampanye dengan lebih baik.
Data dari Meta sendiri menunjukkan kalau penggunaan fitur ini bisa meningkatkan efisiensi pengeluaran iklan hingga 30% dibandingkan metode iklan Facebook lainnya.
Untuk bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness, mengontrol frekuensi iklan sangat penting.
Pastinya, Anda tidak mau, kan, calon pelanggan hanya sekali melihat iklan Anda, kemudian melupakannya?
Itulah sebabnya, penentuan frekuensi yang tepat memungkinkan identitas brand Anda terus berada di benak konsumen tanpa membuat mereka bosan.
Dalam salah satu penelitian yang dilakukan Facebook IQ, kampanye dengan frekuensi optimal menghasilkan peningkatan ad recall hingga 22% dibandingkan kampanye dengan frekuensi yang terlalu tinggi atau rendah.
Total frekuensi iklan yang memungkinkan dilihat oleh setiap pengguna Facebook untuk waktu yang lama, bahkan selamanya, bisa menjadi data terbaik bagi Anda dalam merencanakan iklan dan promosi di kemudian hari.
Tentunya hal ini akan memudahkan dalam proses perencanaan campaign sesuai dengan waktu yang Anda inginkan atau tentukan.
Nah, sebagai salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan orang, Facebook bisa menjadi media promosi digital yang mampu mendatangkan keuntungan bagi bisnis, asalkan Anda bisa memanfaatkan setiap fitur yang tersedia, termasuk fitur reach and frequency.
Jika ada yang belum Anda pahami, atau Anda masih bingung cara menggunakannya, hubungi saja Kontak Redcomm dan diskusikan lebih lanjut kebutuhan Anda dengan tim dari digital marketing agency Indonesia.
Jika ingin mencoba menjalankan kampanye iklan di Facebook, pastikan Anda menerapkan Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran. Kemudian coba Menggali Consumer Insight dari Data Facebook untuk Membidik Konsumen Premium.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC