Tahukah Anda jika fitur reach and frequency sangat diperlukan untuk brand yang sedang mengembangkan sebuah bisnis, khususnya bagi brand yang menginginkan tercapainya brand awareness. Kedua fitur tersebut memungkinkan pebisnis, penjual, atau pemasar dapat menampilkan iklannya pada pengguna Facebook dengan cara yang lebih efektif. Namun dalam penggunaannya memang membutuhkan trik tersendiri agar campaign iklan Facebook Ads yang dijalankan bisa tepat sasaran.

 

Pengertian Reach and Frequency             

Sebelum pembahasan menuju ke cara memaksimalkan campaign di Facebook dengan menurunkan jumlah Frequency, ada baiknya kita mengingat kembali pengertian reach and frequency

 

Reach atau jangkauan adalah istilah yang digunakan dalam media sosial Facebook dengan tujuan menggambarkan jumlah pengguna unik yang sudah melihat iklan di laman Facebook. Mengapa disebut pengguna unik? Reach dalam Facebook akan menghitung satu pengguna yang melihat iklan sebagai satu meski pengguna tersebut melihat iklan yang sama hingga 2-3 kali. 

 

 

Sementara, frequency adalah istilah yang digunakan untuk pemberian informasi mengenai seberapa sering seorang pengguna unik melihat rata-rata iklan Anda di Facebook. Tentu saja informasi mengenai frekuensi pengunjung iklan sangat perlu diketahui, sehingga Anda mudah dalam memaksimalkan strategi pemasaran media sosial di Facebook. Anda dapat pula menentukan mana iklan yang berpotensi dan harus dipertahankan, mana iklan yang harus diakhiri. 

 

Keuntungan Menggunakan Fitur Reach and Frequency

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur reach and frequency memungkinkan Anda menghitung perkiraan jumlah penayangan iklan secara lebih baik, sekaligus membantu memaksimalkan jumlah tayangan yang dilihat pengguna. Lebih jauh lagi, fitur reach and frequency membantu memaksimalkan tampilan iklan kepada target audiens yang ingin dicapai.

 

 

Saat ini, campaign Facebook Ads dengan fitur reach and frequency juga bisa ditempatkan di seluruh platform yang bernaung dalam satu payung bersama Facebook, seperti Instagram hingga audience network. Artinya, penggunaan fitur ini bisa digunakan di beberapa platform sejenis sekaligus. 

 

Perlu diketahui pula, tujuan utama dari pengembangan fitur reach and frequency ialah untuk menampilkan iklan pada target audience dalam jumlah maksimum serta memaksimalkan jumlah tayangan iklan yang bisa dilihat audience atau pengguna. Berdasarkan beberapa tujuan yang telah disebutkan, berikut ini keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan fitur reach and frequency di Facebook, antara lain:

  1. Jadi lebih mudah dalam perkiraan reach and frequency dari campaign brand yang telah atau sedang Anda kembangkan. Hasilnya juga lebih akurat.
  2. Membantu menghitung jumlah pengguna yang berpotensi melihat iklan Anda dan nanti bisa dijadikan target iklan berikutnya, dengan harapan mereka akan menjadi pelanggan potensial Anda.
  3. Membantu menetapkan batas anggaran perusahaan dengan jumlah keseluruhan yang Anda rencanakan. Dengan kata lain, Anda bisa membuat anggaran belanja iklan yang lebih proporsional dan sesuai target yang diharapkan. 
  4. Memudahkan proses perencanaan campaign sesuai dengan waktu yang diinginkan atau tentukan.
  5. Total frekuensi iklan yang memungkinkan dilihat oleh setiap pengguna Facebook untuk waktu yang lama, bahkan selamanya, bisa menjadi data terbaik bagi Anda dalam merencanakan iklan dan promosi di kemudian hari.

 

Sebagai salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan orang, Facebook bisa menjadi media promosi digital yang mampu mendatangkan keuntungan bagi bisnis, asalkan Anda bisa memanfaatkan setiap fitur yang tersedia, termasuk fitur reach and frequency yang bisa memaksimalkan social media campaign. Nanti di artikel selanjutnya, Redcomm Knowledge akan memberikan artikel lain mengenai hal ini. 

 

 

Demikianlah ulasan mengenai fitur reach and frequency dalam memaksimalkan strategi media sosial campaign di Facebook sehingga bisa meningkatkan keuntungan bisnis. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan mengenai penyelenggaraan social media campaign yang tepat sasaran, Anda bisa menghubungi social media agency berpengalaman yang sudah banyak mensukseskan kampanye berbagai brand di media sosial dalam penyelenggaraan social media strategy. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya!