Facebook hingga hari ini masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Di antara mereka bahkan masih menggunakan Facebook sebagai media promosi.
Facebook hingga hari ini masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Di antara mereka bahkan masih menggunakan Facebook sebagai media promosi.
Nah, pada bulan Agustus 2019 lalu, Facebook mengumumkan peluncuran Facebook creator studio yang akan memudahkan pengguna Facebook dalam mengelola konten.
Jika baru pertama kali mendengar tentang creator studio, Anda bisa membaca dulu penjelasan mengenai apa itu Facebook Creator Studio, Fitur, dan Manfaatnya.
Kalau sudah selesai membaca artikel tersebut, baru Anda kembali ke artikel ini lagi agar Anda bisa memanfaatkan Facebook Creator Studio untuk membuat jadwal posting konten.
Creator studio adalah tool yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan pengguna melakukan posting, mengelola, mengetahui kinerja postingan dan iklan Anda, bahkan sangat membantu untuk memonetisasi konten.
Adanya tool atau fitur creator studio memungkinkan Anda jadi lebih mudah dalam memantau konten unik yang Anda unggah ke media sosial Facebook dan Instagram.
Penggunaan creator studio saat ini hanya dapat dilakukan pada dua platform tersebut karena berada di bawah perusahaan yang sama.
Banyak kreator konten menggunakan aplikasi creator studio, khususnya untuk posting konten secara terjadwal, mirip seperti kalender konten, yang memungkinkan pengguna membuat jadwal posting konten hingga beberapa bulan ke depan sekaligus.
Tentu hal ini akan menghemat banyak waktu, selain tentu saja hemat karena Anda bisa menggunakannya secara gratis selama Anda memiliki akun Facebook.
Cara menggunakan creator studio cukup mudah. Pertama-tama, pastikan Anda telah memiliki halaman Facebook terlebih dahulu. Tidak ada batasan berapa halaman Facebook yang dimiliki.
Anda bahkan boleh saja menjadwalkan konten untuk satu atau banyak halaman sekaligus. Kalau sudah memiliki akun Facebook, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Untuk Anda yang memiliki akun Instagram, Anda juga bisa melakukan posting konten menggunakan creator studio.
Facebook Creator Studio adalah satu-satunya tool penjadwalan resmi yang disediakan oleh Facebook. Jadi tak perlu khawatir lagi karena akun Instagram Anda aman saat menggunakannya.
Ikuti panduan di bawah ini:
Untuk bisa membuat jadwal posting konten Instagram menggunakan Facebook Creator Studio, pastikan akun Instagram Anda sudah terhubung dengan Facebook ya.
Jika belum terhubung maka mau tidak mau Anda perlu menghubungkan terlebih dahulu akun Instagram Anda melalui tab Instagram accounts.
Setelah terhubung, klik create post > Instagram feed. Selain Instagram feed, tersedia juga opsi postingan untuk Instagram Reels yang bisa Anda manfaatkan.
Pilih akun Instagram yang akan Anda buat jadwal posting kontennya. Siapkan kontennya, kemudian optimasi konten dengan menulis caption pada kolom teratas.
Jika sudah, klik add content untuk menambahkan foto maupun video.
Setelahnya, Anda bisa langsung klik ikon yang ada di samping kanan tombol publish, kemudian pilih schedule.
Sesuaikan tanggal dan jam yang diinginkan untuk posting konten Anda. Kemudian, klik schedule.
Setelah menekan tombol schedule, konten otomatis akan terjadwal dan terposting otomatis pada waktu yang telah ditentukan.
Bahkan otomatisasi ini akan tetap berlangsung meskipun laptop Anda dalam keadaan offline. Anda dapat melihat daftar konten yang telah terposting, terjadwal, maupun draft di bagian content library.
Untuk posting di halaman Facebook, tersedia juga beberapa opsi, bukan hanya untuk postingan biasa. Anda dapat menjadwalkan story, satu video, banyak video, hingga melakukan posting ke banyak halaman sekaligus.
Anda bisa membaca referensi terkait konten di media sosial yang tersedia RedComm Knowledge demi peningkatan dan pengembangan bisnis Anda. Beberapa artikel yang bisa menjadi rujukan, antara lain:
Demikian cara membuat jadwal posting konten yang paling mudah menggunakan Facebook Creator Studio.
Selanjutnya, perkembangan konten yang terposting dapat Anda evaluasi melalui tab Insight, seperti jumlah jangkauan, jumlah like, hingga waktu menonton video.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC