Facebook hingga hari ini masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Di antara mereka bahkan masih menggunakan Facebook sebagai media promosi. Nah, pada bulan Agustus 2019 lalu, Facebook mengumumkan peluncuran Facebook creator studio yang akan memudahkan pengguna Facebook dalam mengelola konten.

 

Apa Sebenarnya Creator Studio Facebook?

Jika Anda baru pertama kali mendengar tentang creator studio, Anda bisa mengenal Facebook creator studio dan fungsinya dengan klik link tautan yang akan mengantarkan Anda ke artikel terkait. Kalau sudah membaca artikel tersebut, baru Anda kembali ke artikel ini lagi.

 

Creator studio adalah tool yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan pengguna melakukan posting, mengelola, mengetahui kinerja postingan dan iklan Anda, bahkan memonetisasi konten.

 

Dengan bantuan tool ini, pengguna akan lebih mudah memantau konten yang mereka unggah ke media sosial Facebook dan Instagram. Penggunaan creator studio saat ini hanya dapat dilakukan pada dua platform tersebut karena berada di bawah perusahaan yang sama.

 

Banyak kreator konten menggunakan aplikasi creator studio khususnya untuk posting konten mereka secara terjadwal, mirip seperti kalender konten, yang memungkinkan pengguna membuat jadwal posting konten hingga beberapa bulan ke depan sekaligus. Tentu hal ini akan menghemat banyak waktu. Untuk Anda ketahui, tool ini dapat digunakan secara gratis selama Anda memiliki akun Facebook.

 

 

Cara Membuat Jadwal Posting Konten Menggunakan Creator Studio

Cara menggunakan creator studio cukup mudah. Anda dapat mengikuti panduan detail membuat jadwal posting untuk halaman Facebook. Pertama-tama, pastikan Anda telah memiliki halaman Facebook terlebih dahulu. Tidak ada batasan berapa halaman Facebook yang dimiliki. Anda boleh saja menjadwalkan konten untuk satu atau banyak halaman sekaligus.

 

  1. Masuk menggunakan akun Facebook.
  2. Buka halaman creator studio di https://business.facebook.com/creatorstudio/home terlebih dahulu. 
  3. Perhatikan ikon di bagian atas halaman. Anda harus berada di halaman Facebook untuk menjadwalkan postingan.
  4. Setelah itu, klik create new > create post.
  5. Pilih halaman di mana konten akan dijadwalkan untuk di-posting.
  6. Lalu, isi kolom yang tersedia dengan teks yang akan di-posting. Anda juga dapat menambahkan berbagai opsi, seperti video, foto, produk, lokasi, dan sebagainya.
  7. Kemudian, klik ikon yang berada di samping kanan tombol publish, pilih schedule.
  8. Tentukan tanggal dan jam berapa konten Anda akan di-posting, lalu klik schedule.

 

 

Membuat Jadwal Posting Akun Instagram

Untuk Anda yang memiliki akun Instagram, Anda juga bisa melakukan posting konten menggunakan creator studio. Creator Studio adalah satu-satunya tool penjadwalan resmi yang disediakan oleh Facebook. Jadi tak perlu khawatir lagi karena akun Instagram Anda aman saat menggunakannya.

 

Ikuti panduan di bawah ini:

 

  1. Anda hanya dapat melakukan penjadwalan ke akun Instagram yang sudah terhubung dengan creator studio. Oleh sebab itu, hubungkan terlebih dahulu akun Instagram Anda melalui tab Instagram accounts.
  2. Setelah terhubung, klik create post > Instagram feed. Selain Instagram feed, tersedia juga opsi postingan IGTV yang bisa dimanfaatkan.
  3. Pilih akun Instagram yang akan dijadwalkan kontennya.
  4. Tulis caption pada kolom teratas, lalu klik add content untuk menambahkan foto maupun video.
  5. Setelahnya, Anda bisa langsung klik ikon yang ada di samping kanan tombol publish, kemudian pilih schedule.
  6. Sesuaikan tanggal dan jam yang diinginkan untuk posting konten Anda. Kemudian, klik schedule.

 

Setelah menekan tombol schedule, konten otomatis akan terjadwal dan posting pada waktu yang telah ditentukan. Semua akan berjalan secara otomatis, meski laptop Anda dalam keadaan offline. Anda dapat melihat daftar konten yang telah ter-posting, terjadwal, maupun draft di bagian content library.

 

 

Untuk posting di halaman Facebook, tersedia juga beberapa opsi, bukan hanya untuk postingan biasa. Anda dapat menjadwalkan story, satu video, banyak video, hingga melakukan posting ke banyak halaman sekaligus.

 

Anda bisa membaca referensi terkait konten di media sosial yang tersedia RedComm Knowledge demi peningkatan dan pengembangan bisnis Anda. Beberapa artikel yang bisa menjadi rujukan, antara lain:

 

 

Demikian cara membuat jadwal posting konten yang paling mudah menggunakan creator studio. Selanjutnya, perkembangan konten yang ter-posting dapat Anda evaluasi melalui tab Insight, seperti jumlah jangkauan, jumlah like, hingga waktu menonton video. Creator studio adalah tool yang lengkap dan wajib digunakan oleh kreator konten di kedua platform tersebut agar kinerja mereka makin maksimal.