Ketika Anda ingin melakukan strategi digital marketing melalui media sosial, maka Anda bisa memaksimalkan semua fitur yang ada pada platform tersebut. Khusus pada Instagram, Anda bisa memanfaatkan feed, story, IGTV, juga fitur swipe up di story untuk akun yang sudah mencapai minimal 10 ribu pengikut, hingga direct message atau DM Instagram.

 

Fitur DM Instagram tersebut bisa Anda gunakan tak hanya untuk menjawab pertanyaan atau melakukan pemesanan produk yang Anda tawarkan. Lebih dari itu, Instagram direct message bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Apa Saja yang Bisa Dikirim Melalui Direct Message?

Sebelum membahas tips memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru, tentu Anda perlu mengenal terlebih dahulu, hal apa saja yang bisa dikirim melalui layanan pesan pribadi di media sosial tersebut. 

 

Fitur direct message pada Instagram tak hanya digunakan untuk berkirim pesan teks saja. Anda bisa mengirimkan gambar atau video yang ditangkap secara langsung oleh kamera smartphone. Kemudian, Anda pun dapat menambahkan gambar dan video dari galeri, emoticon GIF yang tersedia, sticker love, pesan suara yang direkam langsung, balasan dengan pesan khusus untuk pertanyaan yang sering diberikan kepada Anda.

 

Selain itu, Anda dapat mengirimkan story dan unggahan pada feed Instagram melalui DM. Menggunakan direct message memungkinkan Anda membuat grup dan mengirimkan pesan dalam grup tersebut, bahkan bisa melakukan panggilan video.

 

Cara Mendapatkan Pelanggan Baru Melalui DM Instagram

Dengan fitur yang cukup lengkap dari Instagram, berikut ini adalah cara memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru yang bisa Anda aplikasikan pada bisnis Anda!

 

 

  1. Pilih Gaya Bahasa yang Sesuai

Pada percakapan pesan teks atau secara tulisan, sebenarnya sama saja dengan obrolan lisan. Anda harus menyesuaikan gaya bahasa dengan lawan bicara Anda. Hanya saja, untuk pengelolaan DM akun bisnis, Anda bisa membedakannya dari produk atau jasa apa yang Anda tawarkan, dan siapa target marketing Anda.

 

Untuk produk makanan dan minuman kekinian misalnya, Anda tentu akan memilih bahasa nonformal dalam menawarkan produk tersebut kepada remaja atau kaum dewasa muda. Sebab, jika Anda menggunakan bahasa formal untuk hal yang santai begini, apalagi target marketnya masih muda, jelas terasa membosankan.

 

Berbeda saat Anda menjual produk kantoran ataupun barang-barang branded, seperti fashion high class yang target promosinya kaum urban, kaum dewasa, sosialita, selebriti, dan pekerja kantoran. Tentu penggunaan bahasa formal dan lebih tertata akan menjadi nilai tambah bagi Anda di mata konsumen.

 

Jadi, gunakanlah gaya bahasa yang tepat dengan apa yang Anda tawarkan di media sosial agar calon pelanggan merasa senang dan tak lari ke tempat lain hanya karena pemilihan bahasa Anda yang sulit mereka mengerti.

 

  1. Lakukan Pengaturan untuk Balasan Cepat

Setelah menentukan gaya bahasa yang tepat, lakukan pengaturan untuk balasan cepat pada DM Instagram bisnis Anda. Hal ini, akan memudahkan pekerjaan Anda, ataupun admin sosial media yang mengelola akun dari brand milik Anda. Sebab, tak jarang calon pelanggan umumnya mengajukan pertanyaan yang sama atau senada.

 

Seperti kapan produk ini tersedia kembali? Ada berapa koleksi warna dan ukuran yang bisa dipilih? Apakah ada diskon? Apakah gratis ongkos kirim? Dan lain sebagainya. Cara untuk mengatur balasan cepat ini sangat mudah. Anda bisa menambahkannya melalui pilihan garis tiga pada profil, kemudian pilih pengaturan, lanjut ke menu bisnis, dan tekan balasan tersimpan.

 

Anda bisa membuat balasan tersimpan dengan memilih tanda (+). Lalu, ketikkan pesan balasan Anda pada kolom kirim pesan, serta menambahkan pintasan keyboard untuk pesan tersebut. Langkah terakhir, ketuk tanda centang biru di bagian kanan atas layar, agar pesan balasan cepat tersebut tersimpan.

 

 

Nantinya, ketika Anda membutuhkan balasan dengan pertanyaan yang sama, Anda hanya perlu menekan tanda (+) pada kolom chat, lalu pilih gambar pesan, dan pilih balasan mana yang Anda butuhkan. Ketuk, lalu pesan tersebut akan berpindah ke kolom chat Anda, dan siap untuk dikirim. Dengan begini, Anda tak perlu repot mengetik berulang kali ataupun melakukan copy paste kalimat. Sementara, calon pelanggan akan sangat senang karena Anda bisa menanggapinya dengan cepat.

 

  1. Gunakan Filter Pesan

Selain fitur balasan cepat, Anda bisa pula menggunakan fitur filter pesan saat membuka direct message. Layanan ini akan membuat Anda tak melewatkan satupun pesan yang masuk dari calon pelanggan.

 

Cara menggunakannya sangat mudah, ketuk garis tiga yang ada bulatannya di samping kanan kolom pencarian. Kemudian, pilih pesan yang belum dibaca. Anda bisa mendahulukan pesan mana yang menjadi prioritas untuk dibaca dan dibalas.

 

  1. Mengirimkan Pesan kepada Pelanggan secara Rutin

Selain menjawab setiap DM Instagram yang masuk, maka tak ada salahnya jika Anda berinisiatif untuk mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada calon pelanggan yang sering berinteraksi dengan akun Anda. Misalnya, ketika ada produk baru yang Anda rasa sesuai dengan karakteristik pelanggan tertentu, Anda bisa mengirimkan foto produk atau katalog terbaru melalui direct message. Siapa tahu, calon pelanggan Anda melewatkan momen ketika Anda mempromosikannya di feed, story, maupun IGTV.

 

 

Lakukan pengiriman pesan tersebut secara rutin, dan di waktu yang tepat. Seperti weekday, pada jam 08.00 hingga 17.00 WIB, di mana menjadi jam kerja normal setiap hari. Namun, lakukan dengan jeda, jangan terlalu sering, supaya tidak menimbulkan efek negatif, atau Anda dianggap sebagai spammer.

 

Itulah 4 tips memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru yang terbukti aman. Apakah Anda sudah melakukannya pada bisnis Anda? Jika belum, mulailah dari sekarang!