Fitur DM Instagram tak hanya berguna untuk berkomunikasi, chat, atau menjawab pertanyaan pelanggan saja.
Fitur DM Instagram tak hanya berguna untuk berkomunikasi, chat, atau menjawab pertanyaan pelanggan saja.
Namun Instagram Direct Messages (DM) ini bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk menarik pelanggan baru dan membangun hubungan yang lebih personal dengan audiens bahkan dapat menciptakan lebih banyak konversi.
Hal ini karena pada fitur DM Instagram tersebut, Anda bisa membantu pelanggan melakukan pemesanan produk, melakukan penawaran, dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya, baca ulasannya di bawah ini.
Sebelum membahas tips memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru, tentu Anda perlu tahu dulu, apa saja yang bisa Anda kirim melalui fitur DM di Instagram?
Fitur direct message pada Instagram tak hanya berguna untuk berkirim pesan teks saja, namun bisa pula mengirimkan beberapa hal berikut:
Menggunakan direct message juga memungkinkan Anda membuat grup dan mengirimkan pesan dalam grup tersebut, bahkan bisa melakukan panggilan video.
Dengan fitur yang cukup lengkap dari Instagram, berikut ini cara memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru yang bisa Anda implementasikan:
Quick replies adalah fitur yang memudahkan Anda menyimpan beberapa balasan pesan yang sering digunakan untuk merespon pertanyaan umum, seperti informasi harga, jadwal, atau detail produk.
Fitur Instagram yang satu ini tidak hanya menghemat waktu Anda, tetapi juga memastikan semua calon pelanggan mendapat respons cepat dan konsisten.
Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa memenuhi ekspektasi pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Anda.
Pada percakapan pesan teks atau secara tulisan, sebenarnya sama saja dengan obrolan lisan. Anda harus menyesuaikan gaya bahasa dengan lawan bicara.
Hanya saja untuk pengelolaan DM akun bisnis, Anda bisa membedakannya dari produk atau jasa apa yang Anda tawarkan, dan siapa target market yang mau Anda jangkau.
Untuk produk makanan dan minuman kekinian, misalnya, Anda bisa memilih bahasa nonformal dalam menawarkan produk kepada remaja atau kaum dewasa muda.
Sebab, jika Anda menggunakan bahasa formal untuk hal yang santai begini, apalagi target market masih muda, jelas terasa membosankan.
Berbeda saat Anda menjual produk kantoran maupun barang branded, seperti fashion high class yang target promosinya kaum urban, kaum dewasa, sosialita, selebriti, dan pekerja kantoran.
Tentu penggunaan bahasa formal dan lebih tertata akan menjadi nilai tambah bagi Anda di mata konsumen.
Jadi, gunakan gaya bahasa yang tepat dengan apa yang Anda tawarkan di media sosial agar calon pelanggan merasa senang dan tak lari ke tempat lain, hanya karena pemilihan bahasa Anda yang sulit mereka mengerti.
Anda sudah mengaktifkan fitur quick replies, dan sudah juga menentukan gaya bahasa yang mau digunakan.
Selanjutnya, lakukan pengaturan untuk balasan cepat pada DM Instagram bisnis. Hal ini, akan memudahkan pekerjaan Anda. Sebab, tak jarang calon pelanggan umumnya mengajukan pertanyaan yang sama.
Seperti kapan produk ini tersedia kembali? Ada berapa koleksi warna dan ukuran yang bisa dipilih? Apakah ada diskon? Apakah gratis ongkos kirim? Dan lain sebagainya.
Cara untuk mengatur balasan cepat ini sangat mudah. Ikuti langkah-langkah setting quick replies di DM Instagram berikut ini:
Nantinya, ketika Anda membutuhkan balasan dengan pertanyaan yang sama, Anda hanya perlu menekan tanda (+) pada kolom chat.
Setelahnya, pilih gambar pesan, dan pilih balasan mana yang Anda butuhkan. Ketuk, lalu pesan tersebut akan berpindah ke kolom chat Anda, dan siap untuk dikirim.
Dengan cara ini, Anda tak perlu repot mengetik berulang kali atau melakukan copy paste kalimat. Sementara, calon pelanggan akan sangat senang karena Anda bisa menanggapi mereka dengan cepat.
Selain fitur balasan cepat, Anda bisa pula menggunakan fitur filter pesan saat menggunakan fitur DM Instagram.
Layanan ini akan membuat Anda tak melewatkan satupun pesan yang masuk dari calon pelanggan.
Cara menggunakannya:
Selain menjawab setiap DM Instagram yang masuk, tak ada salahnya Anda juga berinisiatif mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada calon pelanggan yang sering berinteraksi dengan akun Anda.
Misalnya, ketika ada produk baru yang Anda rasa sesuai dengan karakteristik pelanggan tertentu, Anda bisa mengirimkan foto produk atau katalog terbaru melalui direct message.
Siapa tahu, calon pelanggan Anda melewatkan momen ketika Anda mempromosikannya di feed, story, maupun saat promosi di Reels Instagram.
Lakukan pengiriman pesan secara rutin, dan di waktu yang tepat. Seperti weekday, pada jam 08.00 hingga 17.00 WIB, di mana menjadi jam kerja normal setiap hari.
Tapi ingat, jangan terlalu sering ya mengirimkan pesan promosi seperti ini supaya tidak menimbulkan efek negatif, atau Anda dianggap sebagai spammer.
Itulah 5 tips memaksimalkan fitur DM Instagram untuk mendapatkan pelanggan baru yang terbukti aman. Terapkan tips di atas dan semoga akan ada lebih banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan
Oh ya, supaya promosi dan pemasaran yang Anda lakukan di Instagram bisa sukses dan memberi hasil sesuai harapan, pastikan Anda Menghindari Penyebab Kegagalan Instagram Marketing dan paham tentang Algoritma Instagram yang Fokus pada Views Sebagai Metrik Utama.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC