MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Promosi di Podcast untuk Jangkau Pasar Milenial

27 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 5.619  
Social Media

redcomm

Podcast adalah siaran audio menggunakan web atau platform digital lainnya dan menjadi tren di kalangan milenial. Mereka senang mendengarkan berbagai topik layaknya mendengarkan radio pada masa lalu, namun dibawakan dengan lebih asyik dan kekinian oleh Podcaster (orang yang siaran di Podcast).

Topik-topik yang sering diangkat pada Podcast biasanya bertemakan bisnis, lifestyle, musik, film, motivasi, dan masih banyak lagi lainnya. 

Tren terkini, Podcast sangat digemari generasi milenial. Nah, Anda bisa perlu memaksimalkan promosi di Podcast jika ingin menjangkau pasar milenial. Pelajari caranya di sini, yuk.  

5 Cara Promosi di Podcast untuk Jangkau Pasar Milenial

1. Harus Punya Akun Podcast

Untuk bisa melakukan promosi di Podcast, Anda harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Untuk itu, Anda perlu daftar dulu di platform yang menyediakan fitur Podcast. Misalnya di Spotify, Podbean, Anchor, SoundCloud, dan sebagainya. Salah satu panduan yang bisa Anda ikuti, yaitu Cara Mudah Membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify.

Jika sudah memiliki akun, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memperkenalkan akun Podcast Anda untuk mendapatkan pengikut. Maka lakukan siaran pertama dan perkenalkan secara singkat mengenai diri Anda, juga bisnis yang Anda jalankan.

Anda juga boleh kok memberitahu pendengar tentang pembahasan apa saja yang akan tersedia di channel Podcast Anda ini. Namun perlu diingat, hindari melakukan promosi produk dan bisnis pada beberapa episode awal ya, mengingat Anda perlu mengumpulkan sebanyak mungkin pengikut terlebih dahulu.

2. Pilih Topik yang Relevan dan Menarik

Untuk menarik perhatian pasar milenial, coba pilih berbagai topik yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka. 

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai tren yang sedang berlangsung di kelompok pendengar milenial, isu-isu terkini, dan topik yang relate dengan kehidupan milenial.

Dengan memilih topik yang menarik, Anda dapat lebih mudah menarik pendengar dan mempertahankan mereka sehingga mau menjadi pendengar setia channel Podcast Anda.

Beberapa contoh channel Podcast yang inspiratif, misalnya:

3. Produksi Konten Audio Berkualitas Tinggi

Kualitas produksi konten Podcast sangat penting untuk mempertahankan minat pendengar. Oleh karena itu, beberapa hal berkaitan dengan kualitas konten audio yang perlu Anda perhatikan, antara lain: 

  • Suara jelas dan bersih.
  • Musik latar tidak mengganggu.
  • Konten bernilai dan bermanfaat. 
  • Wawancara atau diskusi berjalan dengan lancar. 

Suara yang berkualitas tinggi akan membuat pendengar lebih nyaman mengikuti setiap episode dalam channel Anda. Bahkan mereka cenderung akan berusaha untuk terus terhubung dan tak sampai ketinggalan dengan episode terbaru dari Podcast Anda.

4. Jelaskan Promosi dengan Singkat

Jika sudah memiliki banyak pengikut dan produksi konten sudah banyak, Anda boleh mulai menyisipkan konten promosi di Podcast. Untuk melakukannya, Anda harus berpromosi dengan singkat dan padat agar mudah dipahami dan tidak membuat pendengar merasa jenuh. 

Hindari pula memberikan pembahasan yang berputar-putar atau penggunaan bahasa yang tidak familiar. Hal ini bertujuan agar jangan sampai pendengar merasa terganggu dengan iklan sisipan atau malah berhenti menjadi pendengar channel Anda.

Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan agar melakukan promosi di Podcast berjalan lancar, misalnya:

  • Catatlah dulu poin-poin penting yang akan Anda bicarakan.
  • Pastikan isi iklan singkat, namun menyampaikan pesan yang clear kepada audiens.
  • Lakukan latihan terlebih dahulu sebelum mulai merekam. 

Selain itu, tentukan juga jumlah episode yang akan Anda buat untuk promosi produk bagian pertama atau topik pertama. Jika semuanya telah siap, barulah Anda mulai melakukan rekaman.

5. Tempatkan Promosi di Bagian Tengah

Cara promosi di Podcast yang terakhir bisa Anda coba dengan menempatkan kalimat promosi di tengah-tengah pembahasan. Misalnya, Anda membahas seputar film, di tengah-tengah bisa Anda selipkan kalimat seperti berikut:

Nonton film rasanya ada yang kurang kalau tidak ditemani makanan ringan. Apalagi kalau nontonnya sendirian. Saya biasanya memilih keripik singkong dari brand A karena keripiknya renyah dan gurih. 

Intinya, pilihlah kalimat yang mengundang pendengar untuk memvisualisasikan produk Anda dan mendorong mereka untuk membelinya. Tapi tetap ya, dengan soft selling yang manis dan halus agar pendengar tidak terlalu merasa Anda sebenarnya sedang mempromosikan produk atau jasa.

Anda bisa juga mempromosikan produk atau brand melalui Podcast dengan mengundang seseorang / bintang tamu. Lebih bagus jika seorang influencer

Jadi, Anda mempromosikan produk melalui perbincangan / interaksi, entah di bagian tengah maupun akhir Podcast. 

Dengan cara ini, akan semakin banyak pendengar yang tertarik untuk mendengarkan Podcast Anda hingga akhir, dan semakin penasaran dengan bisnis Anda. 


Semoga 5 cara promosi di Podcast yang sudah Anda baca bisa membantu Anda menjangkau pasar milenial. Selain untuk promosi, Podcast juga bisa lho untuk meningkatkan brand awareness. Cek di sini: Cara Memanfaatkan Podcast untuk Meningkatkan Brand Awareness.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC