knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Twitter (X) Ads M...

Twitter (X) Ads Masih Efektif? Ini 5 Strategi Powerful untuk ROI Tinggi

09 Apr  · 
4 min read
 · 
eye 1.499  
Social Media

Twitter

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif per bulan, Twitter yang berganti nama menjadi X ternyata masih menjadi ruang ideal untuk menjangkau audiens secara real time, terutama kalau Anda tahu strategi promosi dan iklan seperti apa yang efektif di Twitter.

Artikel Redcomm Knowledge kali ini akan mengupas tuntas 5 strategi Twitter Ads paling ampuh yang bisa membantu Anda meningkatkan engagement, klik, dan konversi iklan. 

Yuk, simak agar budget iklan Anda bisa digunakan secara maksimal.

Masih Worth It Tidak Sih Pasang Iklan di Twitter (X)?

Saat membaca judul artikel ini, pasti pertanyaan di atas melintas dalam kepala Anda. Memangnya masih menguntungkan pasang iklan di Twitter?

Jawabannya: YES, masih sangat worth it, asalkan Anda tahu cara mainnya.

Alasan Twitter Ads masih worth it dan menguntungkan sebagai media sosial untuk marketing karena beberapa alasan berikut ini:

1. User Aktif Masih Tinggi

Walau sempat terjadi penurunan pengguna setelah rebranding ke “X”, cukup banyak data yang dirilis di sepanjang tahun 2024 hingga awal 2025 ini menunjukkan jumlah pengguna aktif Twitter masih terus meningkat.

Bahkan, di beberapa negara seperti Jepang, India, dan Indonesia, Twitter tetap jadi salah satu platform utama untuk diskusi publik, tren, dan berita terkini. 

Anda pasti pernah melihat berita-berita terkini yang dirilis oleh media online papan atas yang sumbernya dari platform X, kan? Nah, itu salah satu buktinya.

2. Kompetitor Belum Sepenuhnya Menggeser Twitter

Salah satu pesaing Twitter (X), yaitu Meta Threads memang sempat menghebohkan dan menarik perhatian banyak netizen.

Tetapi ternyata Twitter tetap jadi tempat real time conversation, terutama untuk topik seperti politik, sport, pop culture, dan event.

Bisa dikatakan, Twitter masih menjadi real time voice bagi brand yang ingin relevan dan cepat berinteraksi dengan audiens.

3. Biaya Iklan Relatif Murah Dibandingkan Meta Ads

Biaya per klik (CPC) di Twitter Ads rata-rata masih 15–30% lebih murah dibandingkan Meta (Facebook & Instagram), terutama untuk niche B2B dan tech-savvy audience.

Jadi kalau Anda ingin beriklan demi bisa menjangkau audiens seluas mungkin, tetapi dengan biaya yang hemat, maka Twitter menjadi pilihan terbaik.

4. Audiensnya Lebih Engaged dan Cerdas

Twitter dikenal punya user base dengan karakteristik lebih aktif berdiskusi, mengikuti tren, dan cepat bereaksi.

Jika brand Anda berorientasi pada kecepatan tren, interaksi yang solid, atau personalisasi real time, maka Twitter Ads bisa jadi salah satu kanal terbaik.

5. Mendukung Berbagai Format Iklan Interaktif

X tetap mempertahankan format-format iklan unggulan, seperti conversation cards, poll ads, live video dengan ads placement, bahkan branded hashtag with emoji.

Fitur-fitur ini belum tentu tersedia di semua platform lain dan cocok banget untuk brand yang ingin engagement tinggi, bukan cuma impresi kosong.

5 Strategi Twitter Ads yang Powerful & Sukses

Memasang iklan di Twitter Ads menjadi salah satu cara tercepat dalam mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda, termasuk untuk memperkenalkan brand atau produk baru, saat launching produk, dan sebagainya.

Agar penerapannya bisa memberi hasil terbaik, meningkatkan Return on Investment (ROI), dan mendatangkan lebih banyak keuntungan, ikuti tips di bawah ini.

1. Optimalkan Twitter Cards

Twitter Cards bukan hanya alat visual, tetapi menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak klik dan konversi.

Ketika Anda membagikan tautan beserta caption sebanyak 140 karakter, Twitter secara otomatis mengambil gambar utama dari halaman yang Anda tautkan dan menyertakan gambar tersebut dalam Tweet visual, yang juga dikenal sebagai Twitter Cards.

Jika Anda tidak menampilkan gambar pada konten yang dibagikan di Twitter, maka kartu akan kosong. Padahal Tweet dengan gambar masih menjadi tren yang berpotensi mendatangkan leads.

Tips mengoptimalkan Twitter Cards, antara lain:

  • Gunakan “Summary Cards” dengan gambar berkualitas tinggi berukuran 560x750 piksel untuk meningkatkan visibilitas.
  • Tambahkan tag “twitter:site” dan “twitter:creator” untuk mencantumkan dua nama pengguna dalam satu kartu agar promosi yang Anda lakukan lebih efisien dan akun lebih mudah dikenali audiens.
  • Maksimalkan teks hingga 250 karakter dengan copywriting yang persuasif.
  • Uji coba Multi-image Cards hingga 4 gambar untuk produk atau promosi yang lebih detail.

Memanfaatkan fitur “Multi-image Card” yang memungkinkan Anda membagikan empat gambar sekaligus dalam satu tweet menjadi cara terbaik untuk mendorong audiens melakukan klik.

2. Gunakan Video Ads untuk Engagement yang Lebih Tinggi

Twitter melaporkan bahwa Tweet dengan video menghasilkan 10x lebih efektif dalam meningkatkan engagement dibandingkan Tweet biasa.

Selain itu, konten dalam format video juga memperkuat storytelling dan membantu brand lebih relatable.

Strategi video ads yang bisa Anda coba di Twitter Ads, di antaranya:

  • Buat kampanye Video Views untuk membangun awareness di awal campaign.
  • Gunakan video berdurasi pendek, idealnya 15 detik.
  • Pastikan ukuran video di bawah 30MB.
  • Tambahkan closed caption (CC) atau teks overlay karena 85% pengguna menonton tanpa suara.
  • Maksimalkan teks di dalam Tweet, sekitar 250 karakter jika ada tautan atau maksimal 280 karakter tanpa tautan.

Anda juga dapat membuat Pre-roll Views Campaign, di mana iklan video akan diputar di awal video yang ingin ditonton oleh pengguna. 

Twitter akan mencocokkan konten Anda dengan konten lain dari 200 mitranya, kemudian iklan Anda pun akan diputar sebelum video mitra yang relevan.

3. Gunakan Fast Delivery untuk Hasil Cepat

Jika kampanye Anda sensitif terhadap waktu, misalnya saat melakukan promosi flash sale, event, atau launching produk baru, sebaiknya hindari menggunakan opsi pengiriman iklan standar.

Karena kalau parameter Twitter Ads campaign Anda di kategori standar, Twitter akan meratakan pengeluaran iklan Anda sepanjang hari.

Contohnya, jika anggaran harian kampanye Anda adalah $100, maka akan didistribusikan secara merata dalam 24 jam, yaitu sekitar $4 per jam.

Lalu untuk mempercepat kampanye dan mencapai hasil lebih cepat, Anda dapat mematikan opsi Standard Delivery Option dan memilih Fast Delivery.

Bisa dikatakan Fast Delivery adalah fitur yang memungkinkan Twitter menghabiskan anggaran harian Anda secepat mungkin untuk menjangkau audiens secara cepat dan masif.

Pro Tips: Pastikan copy dan visual Anda optimal sebelum memilih opsi Fast Delivery ya karena iklan akan menyebar cepat dalam waktu singkat.

4. Strategi Hashtag: Jangan Asal Tempel

Menambahkan hashtag ke dalam teks iklan Twitter dapat memiliki dampak signifikan pada kampanye jika Anda memanfaatkannya dengan baik. 

Hashtag yang tepat dapat mendorong calon pelanggan untuk mengklik iklan Anda sama baiknya dengan bermitra dengan publisher tanpa biaya tambahan. 

Tapi ingat, penggunaannya harus Anda perhitungkan dengan matang karena akan mengurangi jumlah karakter untuk teks atau caption.

Untuk bisa menggunakan hashtag secara efektif, ikuti panduan berikut:

  • Membuat dan menggunakan hashtag bermerk, seperti #namaperusahaanmu atau frasa unik yang terkait dengan bisnis atau industri. Contoh: #XiaomiChallenge.
  • Gunakan 1-2 hashtag per Tweet sesuai yang Twitter rekomendasikan untuk performa lebih optimal.
  • Cek dulu hashtag mana yang sedang tren dan trending topic di tab Explore agar konten Anda tetap relevan dan sesuai trend yang sedang berlangsung.
  • Memeriksa hashtag yang digunakan oleh pesaing juga menjadi insight yang berguna.
  • Hindari hashtag panjang dan tidak umum

5. Gunakan Insight Data Twitter untuk Optimasi Berkelanjutan

Kesuksesan iklan bukan hanya soal peluncuran, namun juga berkaitan dengan cara Anda melakukan evaluasi dan optimasi. 

Untungnya, Twitter memudahkan hal ini dengan menyediakan dashboard yang cukup komprehensif melalui Twitter Ads Manager.

Di dashboard tersebut, Anda bisa menganalisis Click Through Rate (CTR), view rate, cost per result untuk analisis efisiensi iklan, hingga engagement rate.

Nanti hasil dari analisis ini bisa Anda manfaatkan untuk menduplikasi iklan berkinerja tinggi pada penyelenggaraan iklan selanjutnya. Sementara iklan berkinerja rendah bisa segera Anda matikan agar tidak menghabiskan budget sia-sia.

Tren media sosial yang terus berubah merupakan kesempatan bagi Anda untuk menciptakan iklan yang menarik perhatian dengan cermat.

Dengan mengikuti perkembangan terbaru, tren, dan penawaran, Anda dapat terus meningkatkan kampanye Twitter  dan meningkatkan ROI sebagai hasilnya.

Nah, Anda sudah paham strategi powerful beriklan di Twitter Ads dari penjelasan di atas. Lengkapi pengetahuan Anda dengan Kesalahan dalam Twitter Marketing yang Harus Dihindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER