knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Arti & Manfaat Cross Channel Marketing untuk Meningkatkan ROI

28 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 1.772  
Digital Marketing

Cross Channel Marketing Meningkatkan Roi

Pengalaman positif bagi pelanggan sangat penting dalam memperluas jangkauan brand dan meningkatkan Return on Investment (ROI). Namun memberikan pengalaman terbaik hanya akan tercipta kalau Anda mengenali siapa target audiens Anda!

Oleh karena itu, menggunakan cross channel marketing dapat membantu Anda tidak hanya memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi pelanggan saja, tetapi juga memungkinkan Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik. 

Yuk, temukan cara membuat strategi cross channel marketing yang sukses dan manfaat yang bisa Anda dapatkan di artikel Redcomm Knowledge ini.

meningkatkan Return on Investment

Apa itu Cross Channel Marketing?

Cross channel marketing adalah aktivitas mempromosikan pesan brand Anda secara konsisten melalui berbagai platform pemasaran digital, termasuk pemasaran di media sosial, website, email marketing, blog, pemberitahuan teks, aplikasi, dan lainnya. 

Kegiatan Ini juga harus melibatkan pertukaran data dan metrik antara berbagai saluran serta mengatur komunikasi di antaranya. Inilah yang kemudian dapat menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dan personal di semua platform.

Strategi cross channel marketing yang efektif dapat terlihat seperti ini: seorang pelanggan mengunjungi situs web Anda > melihat produk > secara khusus melihat casing iPhone terbaru. 

Kemudian, pelanggan tersebut meninggalkan situs web Anda tanpa melakukan pembelian, yang memicu sistem email marketing yang menargetkan pengunjung website. Pada saat itu juga, pelanggan yang sama menerima email dari Anda dengan foto casing iPhone yang mereka lihat tadi.

Cross channel marketing adalah

Manfaat Cross Channel Marketing untuk Meningkatkan ROI

Menerapkan strategi cross channel marketing menjadi langkah awal yang bagus jika Anda mencari cara untuk meningkatkan ROI

Ada empat manfaat utama dari cross channel marketing yang mengarah pada lebih banyak keterlibatan dan penjualan, yaitu:

Manfaat Cross Channel Marketing

1. Cross Channel Marketing Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pertama dan terutama, cross channel marketing meningkatkan pengalaman pelanggan karena personalisasi pengalaman tersebut. 

Dalam contoh pembeli yang melihat casing iPhone, Anda bisa melihat bagaimana “setiap channel saling berkomunikasi” sehingga pelanggan menerima surel personal dengan menampilkan produk yang menarik minat mereka

Sudah banyak penelitian yang membuktikan strategi personalisasi seperti ini mampu meningkatkan profitabilitas karena pelanggan lebih cenderung berinteraksi dengan konten personal daripada iklan umum. 

Bahkan, pelanggan mengatakan kalau mereka cenderung menjadi pelanggan berulang ketika pengalaman berbelanja mereka dipersonalisasi. 

Secara sederhana, upaya cross channel marketing yang efektif meningkatkan personalisasi, kemudian personalisasi meningkatkan ROI.

Menerapkan strategi cross channel marketing untuk brand

2. Meningkatkan Paparan Merek dan Kesadaran

Di mana pun target audiens mencari Anda, mereka harus dapat menemukan Anda. Strategi cross channel marketing memungkinkan Anda mewujudkan hal ini.

Ketika Anda mempromosikan bisnis melalui media sosial, web, surel, teks, dan lainnya, Anda memperluas paparan merek kepada lebih banyak orang. Hal ini secara alami akan meningkatkan kesadaran merek

Ketika ada lebih banyak kesadaran, maka akan terjadi lebih banyak keterlibatan, yang mengarah pada peningkatan ROI.

Cross Channel Marketing Menjaga Audiens

3. Cross Channel Marketing Menjaga Audiens Tetap Terlibat

Alih-alih muncul di email dengan pesan umum setiap beberapa bulan, strategi cross channel marketing membantu Anda bisa terus “terlihat” oleh audiens dengan konten yang lebih personal dan relevan bagi mereka. 

Cara ini dapat membantu Anda membangun kepercayaan. Lalu jika dilakukan dengan konsisten, bisa mendorong peningkatan keterlibatan

Nah, tinggal bagaimana Anda memproduksi konten yang bagus secara teratur sehingga memberikan alasan lebih kepada audiens untuk terus datang kembali.

Cross Channel Marketing Menyediakan Data & Insight

4. Cross Channel Marketing Menyediakan Data & Insight

Ketika mempromosikan brand, produk, atau layanan bisnis melalui berbagai saluran, Anda dapat memperoleh data dan insight berharga tentang audiens Anda dan perilaku mereka

Informasi yang Anda kumpulkan ini akan memberi gambaran yang lebih baik tentang jenis konten dan iklan yang paling menarik bagi audiens. 

Dengan informasi ini, Anda dapat menyesuaikan kampanye cross channel marketing Anda untuk terhubung lebih baik dengan audiens dan menargetkan mereka dengan cara yang terbukti berhasil.

Sebagai contoh, Anda dapat mengumpulkan data tentang di mana email blast banyak klik dan dibuka, apakah melalui desktop atau perangkat seluler. Lalu, pelajari saja preferensi audiens dan sesuaikan strategi Anda.

Anda bahkan dapat membagi email di masa depan berdasarkan informasi ini, memberikan pengalaman yang disesuaikan bagi mereka yang membuka email melalui desktop, serta mereka yang membuka email melalui perangkat seluler.

Cross Channel Marketing yang Sukses

Cara Mengembangkan Kampanye Cross Channel Marketing yang Sukses

1. Ciptakan Konsistensi

Salah satu aspek paling penting dari kampanye cross channel marketing yang sukses adalah pengalaman yang terpadu, maka Anda perlu menciptakan konsistensi. 

Ketika seorang pelanggan berinteraksi dengan Anda di platform mana pun, segala sesuatu, mulai dari suara dan nada Anda, tampilan dan nuansa merek Anda, serta prinsip-prinsip merek hingga strategi pemasaran konten Anda harus konsisten.

2. Waktu yang Tepat

Aspek penting lainnya dalam mengembangkan cross channel marketing yang sukses adalah waktu. Kapan tepatnya audiens menerima pesan personal mereka, memainkan peran penting dalam seberapa efektif pesan tersebut dalam meningkatkan ROI Anda. 

Jadi, pastikan Anda mengirimkan email marketing ketika pelanggan aktif dan isi emailnya harus sesuai dengan apa yang pelanggan tersebut butuhkan. 

Pada contoh di atas, pelanggan sedang mencari casing iPhone. Lalu pelanggan menerima email personal dengan foto produk yang mereka lihat di situs web Anda segera setelah mereka meninggalkan situs tanpa melakukan pembelian.

3. Otomatisasi

Penggunaan strategi otomatisasi akan membantu proses mencapai pelanggan yang tepat dengan pesan personal yang tepat pada waktu yang tepat.

Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi atau software otomatisasi. Cara lain, Anda bisa berkonsultasi dan bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm. Anda bisa klik Kontak Redcomm, dan nanti tim Redcomm akan segera menghubungi Anda.

Selain strategi cross channel marketing yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran untuk meningkatkan ROI. Cari tahu dan terapkan juga Jenis Digital Campaign untuk Pemasaran Digital.

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER