MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Bagaimana Cross-Channel Marketing dapat Meningkatkan ROI

 · 
2 min read
 · 
eye 853  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Pengalaman positif bagi pelanggan sangat penting dalam memperluas merek Anda dan meningkatkan Return on Investment. Cross-channel marketing membantu Anda tidak hanya memahami pelanggan Anda dengan lebih baik tetapi juga melayani mereka dengan lebih baik. 

Temukan bagaimana cara membuat strategi cross-channel marketing yang sukses dan manfaat yang didapat darinya.

Apa itu Cross-channel marketing?

Cross-channel marketing melibatkan promosi pesan merek Anda yang konsisten melalui berbagai platform pemasaran digital, termasuk media sosial, web, surel, blog, pemberitahuan teks, aplikasi, dan lainnya. 

Ini juga harus melibatkan pertukaran data dan metrik antara berbagai saluran ini serta mengatur komunikasi di antara mereka. Itulah yang menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dan personal di semua platform.

Strategi cross-channel marketing yang efektif terlihat seperti ini: Seorang pelanggan mengunjungi situs web Anda dan melihat produk Anda. Secara khusus, mereka melihat casing telepon untuk iPhone terbaru. 

Kemudian, pelanggan tersebut meninggalkan situs web Anda tanpa melakukan pembelian, yang memicu sistem email Anda. Pada saat itu juga, pelanggan yang sama menerima email dari Anda dengan foto casing iPhone yang mereka lihat tadi. 

Manfaat cross-channel marketing untuk Meningkatkan ROI

Menerapkan strategi cross-channel marketing merupakan langkah awal yang bagus jika Anda mencari cara untuk meningkatkan ROI Anda. Ada empat manfaat utama dari pemasaran melintang yang mengarah pada lebih banyak keterlibatan dan penjualan.

1. Cross-channel marketing meningkatkan pengalaman pelanggan

Pertama dan terutama, cross-channel marketing meningkatkan pengalaman pelanggan karena personalisasi pengalaman tersebut. Dalam contoh di atas, karena saluran-saluran berkomunikasi, seorang pelanggan menerima surel personal yang menampilkan produk yang menarik minat mereka

90% pemasar menggunakan personalisasi dan, dengan melakukannya, mereka secara signifikan meningkatkan profitabilitas karena pelanggan lebih cenderung berinteraksi dengan konten personal daripada iklan umum. 

Bahkan, pelanggan mengatakan bahwa mereka cenderung menjadi pelanggan berulang ketika pengalaman berbelanja mereka dipersonalisasi. Secara sederhana, upaya pemasaran melintang yang efektif meningkatkan personalisasi, dan personalisasi meningkatkan ROI.

2. Cross-channel marketing meningkatkan paparan merek dan kesadaran

Di mana pun target audiens Anda mencari Anda, mereka harus dapat menemukan Anda. Strategi pemasaran melintang membuat hal itu terjadi. 

Ketika Anda mempromosikan bisnis melalui media sosial, web, surel, teks, dan lainnya, Anda memperluas paparan merek Anda kepada lebih banyak orang dan secara alami meningkatkan kesadaran merek. Dengan lebih banyak kesadaran, akan terjadi lebih banyak keterlibatan, yang mengarah pada peningkatan ROI.

3. Cross-channel marketing menjaga audiens Anda terlibat

Alih-alih muncul di email dengan pesan umum setiap beberapa bulan, strategi cross-channel marketing menjaga Anda berada di depan audiens Anda di berbagai platform dengan pesan yang konsisten dan relevan bagi mereka. 

Ini meningkatkan keterlibatan dan akan membantu Anda membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Temukan dan berinteraksi dengan mereka untuk mendorong peningkatan keterlibatan. Produksi konten yang bagus secara teratur memberikan alasan lebih kepada audiens Anda untuk terus datang kembali.

4. Cross-channel marketing menyediakan data berharga

Ketika Anda mempromosikan merek Anda melalui berbagai saluran, Anda dapat memperoleh data dan wawasan berharga tentang audiens Anda dan perilaku mereka

Informasi yang dikumpulkan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang jenis konten dan iklan yang paling menarik bagi audiens. Dengan informasi ini, Anda dapat menyesuaikan kampanye cross-channel marketing Anda untuk terhubung lebih baik dengan audiens dan menargetkan mereka dengan cara yang terbukti berhasil.

Sebagai contoh, Anda dapat mengumpulkan data tentang di mana email dibuka, apakah melalui desktop atau perangkat seluler. Dengan informasi ini, Anda dapat mempelajari preferensi audiens Anda. 

Anda bahkan dapat membagi email di masa depan berdasarkan informasi ini, memberikan pengalaman yang disesuaikan bagi mereka yang membuka email melalui desktop, serta mereka yang membuka email melalui perangkat seluler.

Bagaimana mengembangkan kampanye cross-channel marketing yang sukses

Karena salah satu aspek paling penting dari kampanye cross-channel marketing yang sukses adalah pengalaman yang terpadu, Anda perlu menciptakan konsistensi. 

Ketika seorang pelanggan berinteraksi dengan Anda di platform mana pun, segala sesuatu mulai dari suara dan nada Anda, tampilan dan nuansa merek Anda, serta prinsip-prinsip merek dan strategi pemasaran konten Anda harus konsisten.

Aspek penting lainnya dalam mengembangkan cross-channel marketing yang sukses adalah waktu. Kapan audiens Anda menerima pesan personal mereka memainkan peran penting dalam seberapa efektif pesan tersebut dalam meningkatkan ROI Anda. 

Anda ingin mengirimkan pemberitahuan ketika seorang pelanggan aktif. Pada contoh pelanggan yang berbelanja casing iPhone, mereka menerima email personal dengan foto produk yang mereka lihat segera setelah mereka meninggalkan situs web tanpa melakukan pembelian. 

Membuat proses otomatisasi akan membantu Anda mencapai pelanggan yang tepat dengan pesan personal yang tepat pada waktu yang tepat.


Selain strategi cross-channel marketing yang dapat digunakan dalam pemasaran untuk meningkatkan ROI. Ketahuilah 7 Jenis Digital Campaign untuk Pemasaran Digital.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER