MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Tools Digital Marketing: Fitur dan Cara Kerjanya

23 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 6.543  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Alat yang dapat Anda gunakan untuk memantau kinerja strategi digital marketing ada banyak macamnya, tergantung jenis pemasaran digital yang Anda gunakan. 

Beberapa tools digital marketing, antara lain Google Analytics, SEMrush, Ahrefs, Canva, Google Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi. Baca penjelasan mengenai fitur pada setiap tools digital marketing dan cara kerjanya.

9 Aplikasi & Tools Digital Marketing Beserta Fitur dan Cara Kerjanya

1. Google Analytics

Google Analytics adalah platform analisis web yang disediakan oleh Google dan bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja situs web, identifikasi sumber traffic, performa iklan yang di pasang di web atau aplikasi. 

Fitur-fitur yang tersedia dalam Google Analytics, antara lain pelacakan pengunjung, analisis perilaku pengguna, pengukuran efektivitas kampanye pemasaran, hasil ads campaign, dan sebagainya.

Untuk bisa menggunakan Google Analytics, Anda perlu memasang kode pelacakan di situs web atau aplikasi yang ingin Anda pantau. 

Setelah kode pelacakan terpasang, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data, seperti jumlah pengunjung, halaman yang dikunjungi, dan perilaku pengguna lainnya. 

2. Google Ads

Penggunaan Google Ads memungkinkan Anda menampilkan iklan di berbagai situs web dan aplikasi yang terhubung dengan Google. 

Fitur-fitur yang tersedia dalam Google Ads cukup banyak, seperti penargetan audiens, pemasangan dan pengelolaan iklan, pengukuran efektivitas iklan, dan kontrol atas anggaran iklan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan, menentukan kata kunci atau audiens yang relevan, dan menentukan anggaran iklan harian atau total. 

Setelah iklan diaktifkan, Google Ads akan menampilkan iklan tersebut pada situs web atau aplikasi yang relevan dengan kata kunci atau audiens yang ditargetkan. 

Ketika audiens melakukan klik pada iklan, Anda akan dikenakan biaya per klik (CPC) atau biaya per ribuan tayangan (CPM). Pengenaan biaya iklan ini tergantung pada jenis iklan yang Anda pilih.

Rekomendasi artikel lain mengenai Google Ads yang sudah tersedia di website Redcomm, antara lain:

3. Facebook Ads

Facebook Ads adalah platform iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook dan berguna untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis. 

Menggunakan Facebook ads memungkinkan Anda menampilkan iklan pada feed, sidebar, maupun di aplikasi Facebook. 

Anda dapat menargetkan pengunjung berdasarkan minat, usia, dan lokasi. Selain itu, Anda juga dapat menentukan budget untuk iklan, jangka waktu iklan tayang, dan jenis iklan yang diinginkan

4. Hootsuite

Hootsuite adalah alat manajemen media sosial yang dapat membantu Anda untuk mengatur dan mengelola akun media sosial dalam satu dashboard

Anda dapat mengatur postingan, mengukur performa kampanye, dan memantau interaksi audiens pada semua platform media sosial yang Anda gunakan untuk melakukan promosi dan pemasaran bisnis.

5. Mailchimp

Ingin menerapkan strategi email marketing? Nah, Anda bisa menggunakan Mailchimp untuk cara yang lebih praktis.

Mailchimp adalah platform email marketing yang akan membantu Anda mengirim email ke daftar pelanggan. 

Beberapa fiturnya yang mumpuni, antara lain pembuatan email, pengiriman email otomatis, dan pelacakan performa kampanye.

6. Google Tag Manager

Menggunakan Google Tag Manager akan memudahkan Anda memasang script dan tag pada website bisnis. Penggunaan tools ini mudah karena sudah ada petunjuk yang tinggal Anda ikuti saja.

Selain itu, tools digital marketing ini juga dapat membantu Anda melacak konversi, retargeting, remarketing, juga custom tracking pada website.

7. Canva

Canva adalah alat desain grafis online yang dapat membantu Anda membuat dan memproduksi konten untuk media sosial dan situs web dengan lebih efektif dan efisien. 

Dengan menggunakan Canva, Anda jadi lebih mudah membuat gambar, infografis, dan materi pemasaran visual lainnya. Bahkan, Anda dapat memilih dari berbagai template atau membuat desain Anda sendiri.

8. Hotjar

Hotjar adalah platform yang membantu Anda dalam melakukan analisis website dari sudut pandang audiens yang mengunjungi situs web Anda. 

Beberapa hal yang membuat Hotjar sangat berguna, seperti:

  • Mudah mendapatkan informasi mengenai behavior audiens.
  • Mempercepat mendapatkan data halaman mana yang paling sering audiens kunjungi.
  • Hotjar dapat memberi saran dan rekomendasi dalam meningkatkan user experience pada situs.

9. Buffer

Buffer adalah alat manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal postingan Anda di berbagai platform media sosial. 

Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk postingan Anda, dan Buffer akan mempostingkan konten Anda secara otomatis.


9 tools digital marketing di atas hanya sebagian kecil, mengingat masih banyak tools lain yang tersedia untuk memudahkan Anda menjalankan strategi digital marketing. Sementara jika Anda membutuhkan alat untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, coba pelajari Penggunaan AI Writer dan AI Design Tools. Yuk, ikuti terus Redcomm Knowledge yang akan mengulas berbagai tips dan trik seputar digital marketing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER