MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Strategi Pemasaran Digital yang Dapat Menghemat Waktu Anda 20 Jam Setiap Minggu

 · 
1 min read
 · 
eye 1.064  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Sebagai seorang pengusaha, Anda menyadari bahwa waktu adalah uang. Itulah mengapa menghemat 20 jam per minggu sangat penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dengan lebih cepat dan mudah dengan proses pemasaran digital otomatis. Dengan menerapkan tiga strategi otomatisasi berikut ini, Anda dapat membebaskan waktu berharga Anda untuk fokus pada aspek lain dalam bisnis Anda. Mari kita mulai!

1. Otomatisasi Pemasaran Media Sosial


Buatlah Kalender Berisi Rencana Ide Konten untuk 30 Hari

Mengotomatisasi pemasaran media sosial adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghemat waktu dalam pemasaran digital. Ada banyak alat yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting, memantau interaksi, dan lainnya.

Di awal setiap bulan, buatlah kalender dengan merencanakan ide konten media sosial selama 30 hari. Misalnya, setiap hari dalam seminggu, variasikan jenis konten Anda (edukatif, menghibur, menginspirasi, tips dan trik, di balik layar, dan lainnya.). Ini akan membantu menjaga minat dan keterlibatan audiens media sosial, sambil memudahkan Anda dan tim dalam membuat konten.

Alih-alih membuat konten pemasaran dari awal dan mempostingnya ke jaringan sosial setiap hari, kelompokkan pekerjaan Anda dengan memproduksi konten dalam satu sesi dan kemudian jadwalkan postingan untuk sisa minggu. Ini akan memudahkan Anda dan menghemat banyak waktu sehingga Anda dapat beralih ke area lain dalam bisnis.

Maksimalkan Konten dan Gunakan UGC untuk Menghemat Waktu 

Saat merekam video atau mengambil foto untuk media sosial, usahakan untuk mengambil berbagai konten yang dapat digunakan kembali dan dimanfaatkan untuk berbagai postingan. Ini akan mengurangi waktu pembuatan konten, karena Anda menggunakan satu sesi pemotretan untuk beberapa konten.

Anda juga dapat membagikan konten yang dibuat pengguna (User-Generated Content) yang menampilkan produk atau layanan perusahaan Anda, baik oleh kreator konten yang dipekerjakan atau pelanggan nyata. Hal ini menunjukkan bukti sosial sambil memberikan konten asli yang mudah diposting dan tidak memerlukan usaha tambahan dari Anda.

2. Otomatisasi Pemasaran Melalui Email

Mengotomatisasi pemasaran melalui email adalah cara yang baik untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi sambil tetap berhubungan dengan pelanggan dan prospek Anda. Anda dapat menggunakan platform otomatisasi email seperti Flodesk, Mailchimp, atau Constant Contact untuk membuat kampanye otomatis yang mengirimkan email personal kepada pelanggan berdasarkan preferensi dan minat mereka.

Misalnya, membuat alur kerja urutan email yang dijadwalkan secara otomatis untuk dikirim kepada orang yang mendaftar ke daftar email Anda adalah cara terbaik untuk menyederhanakan proses pemasaran melalui email Anda. Penting juga untuk membagi daftar audiens agar Anda dapat mengoptimalkan alur kerja email. Dengan cara ini, Anda tahu di mana setiap orang berada dalam perjalanan pengalaman pelanggan.

Sebagai perbandingan, jika Anda membuat daftar audiens dari pelanggan yang telah membeli sebelumnya, Anda dapat memasarkan kepada mereka dengan menawarkan promosi berbasis penghargaan, seperti kode kupon terima kasih eksklusif untuk mendorong mereka untuk membeli lagi.

3. Mengimplementasikan Alat Kurasi Konten

Alat kurasi konten memungkinkan Anda dengan mudah mencari konten terbaik yang berhubungan dengan target audiens, menyimpannya untuk penggunaan di masa mendatang, dan membagikannya di media sosial. Dengan menggunakan alat kurasi konten seperti Buzzsumo atau Curata, Anda dapat dengan cepat menemukan berbagi konten relevan dalam industri tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk penelitian artikel. 

Anda juga dapat membagikan kutipan inspiratif yang berkaitan dengan pola pikir audiens target Anda, seperti tokoh-tokoh terkenal. Audiens dapat terinspirasi oleh pesan motivasi dari sosok-sosok tersebut dan sering berinteraksi dengan jenis konten ini di media sosial. Ini adalah cara yang mudah dan efektif untuk membuat konten yang memberikan hasil dengan cepat.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER