Tidak bisa dipungkiri, social media strategy merupakan bagian yang memiliki peran besar dalam berbagai strategi digital marketing yang diterapkan suatu brand, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan dengan menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta. Hal ini karena sosial media menjadi sarana yang sangat efektif dan terbilang ampuh dalam melakukan pemasaran. Meski demikian, sosial media tidak dapat berperan secara maksimal jika Anda selaku pemilik brand atau tim pemasaran tidak memiliki strategi.

 

Seperti Inilah Tips Menyusun Media Planning Strategy

Berikut sejumlah strategi yang perlu dilakukan dalam media planning agar pemasaran yang dilakukan melalui sosial media dapat  berhasil sesuai harapan:

 

 

  1. Memahami Komponen dalam Media Planning

Ada beberapa komponen dalam media planning yang perlu Anda pahami sebelum menjalankan strategi media planning. Beberapa komponen media planning tersebut, antara lain: 

 

  • Audience. Anda sebagai pemilik perusahaan perlu memahami dengan baik siapa audiens bagi brand, produk, maupun layanan yang Anda tawarkan. Itu sebabnya, Anda perlu pula terlebih dahulu melakukan analisis behavior dan customer journey dari audiens bisnis Anda. Hasilnya nanti, bisa Anda gunakan untuk menargetkan iklan pada audiens yang tepat. 
  • Marketing Cost. Marketing cost atau biaya marketing perlu dihitung dengan baik sebelum melaksanakan tahapan media planning dan menyelenggarakan internet marketing campaign, baik melalui penyelenggaraan campaign di website maupun social media campaign. Tujuannya, agar dalam perencanaan media planning semuanya sudah dipikirkan, dipertimbangkan, dan diperhitungkan dengan matang. 
  • Conversion Goals. Pembuatan dan penyusunan rencana promosi di media apapun harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, mulai dari tujuan penyelenggaraan, apakah peningkatan brand awareness atau mencapai conversion goals tertentu, termasuk KPI social media campaign yang ingin dicapai.
  • Message Frequency. Message frequency berhubungan dengan jumlah tayangan iklan yang disebar kepada audiens yang menjadi target market. Dalam media planning, jumlah iklan yang mau disebar dan berapa sering iklan disebar, juga harus dicantumkan dengan disertai perhitungan yang matang.
  • Message Reach. Ini berhubungan dengan jangkauan iklan yang ingin dicapai, apakah hanya secara lokal, berdasarkan demografi tertentu, atau secara luas di seluruh Indonesia.

 

 

  1. Memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerapan Media Planning Strategy

Setelah mengetahui berbagai komponen dalam media planning, selanjutnya, Anda juga perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya penerapan media planning strategy. Adapun faktor-faktor tersebut, meliputi:

 

  • Riset Pasar - Riset pasar mempengaruhi sukses tidaknya pelaksanaan media planning yang sudah Anda buat, mengingat hal ini berhubungan dengan audiens yang menjadi target market yang Anda bidik. Dalam penerapan social media strategy, Anda perlu mengetahui siapa saja audiens yang cocok dengan produk, brand, dan layanan bisnis Anda.
  • Tujuan Media Planning - Penggunaan media tertentu untuk pemasaran tidak akan dapat berjalan maksimal tanpa adanya tujuan yang jelas. Misalnya, bertujuan untuk mengalihkan perhatian publik agar dapat tertarik dengan produk yang diiklankan, alih-alih tertarik dengan produk kompetitor. Maka pada tahap ini, Anda perlu menetapkan tujuan yang spesifik, yang ingin dicapai perusahaan, dalam menyelenggarakan berbagai campaign yang dirancang dalam media planning
  • Template Media - Tetapkan template tertentu yang nantinya akan menjadi ciri khas dari brand maupun produk Anda. Penggunaan template ini akan mempermudah penyelenggaraan kampanye di berbagai media promosi yang hendak digunakan. Alangkah baiknya, jika Anda juga menggunakan content calendar atau social media calendar, dan template editorial calendar.
  • Tentukan Anggaran - Menetapkan anggaran yang dibutuhkan dalam proses promosi dan pemasaran tidak boleh dilewatkan ketika melakukan perencanaan media. Sebab, kegiatan pemasaran tentu akan membutuhkan biaya. Jangan sampai gara-gara kurang perhitungan, Anda jadi menghabiskan banyak budget yang tidak perlu. Padahal, promosi di media sosial bisa dilakukan dengan biaya yang hemat.

 

 

Hal Penting Lain dalam Media Planning Strategi

Hal lainnya yang juga tidak kalah pentingnya diperhatikan dalam penyusunan media planning terkait jangkauan dan frekuensi. Anda perlu mengetahui seberapa banyak orang yang telah melihat iklan yang Anda tampilkan dalam waktu tertentu. Selain itu, Anda pun dapat mengetahui seberapa sering konsumen tertentu melihat iklan yang ditayangkan tersebut. 

 

Berikutnya, jangan lupakan tahap evaluasi. Dengan melakukan evaluasi di setiap akhir kampanye yang dilakukan, Anda harus memahami, apakah perencanaan pemasaran yang dilakukan melalui media planning strategy bisa dikatakan berhasil atau tidak. Selain itu, ada pembahasan mengenai media planning yang juga perlu Anda baca dan pelajari, antara lain: 

 

 

Semoga setelah membaca artikel mengenai cara menyusun media planning strategy yang tepat sasaran ini, Anda bisa terbantu untuk lebih memahami cara membuat media planning yang tepat, yang bisa membantu Anda mencapai tujuan pengembangan bisnis yang lebih baik.