Riset pasar adalah salah satu poin penting dalam perencanaan bisnis yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Setelah Anda mendirikan bisnis, fokus selanjutnya adalah melakukan penelitian untuk mengetahui target pasar, strategi pemasaran, inovasi produk, dan lain-lain.

 

Bagaimana cara melakukan riset pasar yang efektif, efisien, dan tepat sasaran? Bukankah riset pasar merupakan aktivitas yang kompleks dan mahal? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, Anda harus memahami terlebih dahulu apa arti dari riset pasar. 

 

Tips Melakukan Riset untuk Menentukan Target Pasar

Riset pasar adalah kegiatan mengumpulkan dan melakukan analisis data yang berkaitan dengan target pasar. Hasil penelitian riset pasar bermanfaat untuk membangun strategi bisnis yang efektif. Berikut adalah pembahasan lengkap bagaimana cara melakukan riset pasar yang efektif dan sederhana.



  1. Menentukan Tujuan Utama Riset Pasar

Ingin tahu apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa diterima oleh masyarakat? Atau, apakah Anda kebingungan di mana area atau lokasi yang tepat untuk membuka bisnis? Tentukan tujuan utama riset pasar terlebih dahulu agar Anda lebih fokus dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

  1. Jenis Riset Pasar yang Digunakan

Ada empat jenis riset pasar dengan tujuan berbeda yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

 

  • Pengujian produk.
  • Segmen pasar.
  • Analisis kepuasan pelanggan.
  • Riset harga.

 

Keempat faktor di atas sudah selayaknya dipertimbangkan secara matang agar strategi yang diterapkan dalam bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga proses pengembangan bisnis berjalan lebih lancar.

 

 

  1. Penentuan Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dapat dilakukan dengan sembilan cara yaitu:

 

 

  1. Sumber Pengumpulan Data

Sumber pengumpulan data dapat dilakukan secara acak atau simultan dan secara keseluruhan. Pastikan Anda memilih sumber data yang relevan dan sesuai dengan target pasar untuk merepresentasikan tujuan bisnis yang Anda rencanakan. 

 

Misalnya, jika ingin mengembangkan produk untuk wanita dewasa, tidak mungkin Anda memilih data responden dari para remaja atau pria. Memilih sumber pengumpulan data asal-asalan hanya akan menghasilkan strategi bisnis yang buruk.

 

 

  1. Data Anaӏіѕis

Setelah melakukan pendataan, saatnya melakukan analisis data. Untuk menganalisis data secara kuantitatif biasanya menggunakan software khusus, sedangkan untuk data kualitatif perlu dikembangkan metode analisis mandiri, seperti anaӏіsis S.W.O.T (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman).

 

  1. Rekomendasi dari Hasil Riset Pasar

Rekomendasi apa yang cocok dengan seluruh data yang telah dianalisis? Perencanaan dan pengumpulan data yang Anda lakukan tidak akan ada gunanya jika tidak ada rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan. 

 

Jika hasil analisis menunjukkan adanya kekurangan pada produk yang Anda tawarkan, segera lakukan penyesuaian untuk memperbaiki kekurangan tersebut. 

 

Jika produk ini ternyata tidak sesuai dengan pangsa pasar, Anda bisa menggantinya dengan produk lain dan mengemas produk yang sesuai dengan kebutuhan, atau mungkin mencari target pasar baru. 

 

Anda harus melakukan tindakan selanjutnya berdasarkan hasil data yang dianalisis. Meskipun telah mempelajari langkah demi langkah dalam melakukan riset pasar ini, pasti akan ada beberapa kesalahan yang terjadi. 

 

Namun, hal tersebut bukan masalah dan merupakan sesuatu yang wajar. Seiring berjalannya waktu, penelitian yang dilakukan akan membantu Anda menentukan target pasar secara tepat.

 

 

Bekerja sama dengan Digital Agency Jakarta untuk Riset Pasar

Ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk melakukan riset pasar secara lebih efektif dan tepat sasaran. Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam melakukan riset pasar, mengumpulkan data, melakukan data driven marketing, hingga membantu Anda menentukan target pasar yang lebih spesifik untuk mengembangkan bisnis berkelanjutan.

 

Salah satu digital marketing agency Jakarta yang bisa Anda hubungi adalah Redcomm Indonesia. Untuk diketahui, Redcomm merupakan Integrated Impact Driven Digital Agency yang telah berdiri lebih dari 17 tahun di Indonesia. Hingga saat ini, Redcomm telah menangani lebih dari 500 perusahaan dari seluruh Indonesia, dengan berbagai kategori produk dan segmen pasar yang bervariasi. Redcomm selalu memberikan strategi marketing digital yang menghasilkan market winning dan award winning campaign bagi kliennya.