Riset pasar adalah salah satu poin penting dalam perencanaan bisnis yang tidak boleh Anda abaikan, baik Anda sebagai pebisnis pemula maupun pemilik bisnis yang sudah eksis.
Riset pasar adalah salah satu poin penting dalam perencanaan bisnis yang tidak boleh Anda abaikan, baik Anda sebagai pebisnis pemula maupun pemilik bisnis yang sudah eksis.
Bahkan proses riset pasar perlu Anda lakukan secara berkala untuk terus memantau dan menganalisis target pasar, strategi pemasaran, inovasi produk, dan lain-lain.
Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara melakukan riset pasar yang efektif, efisien, dan tepat sasaran? Bukankah riset pasar merupakan aktivitas yang kompleks dan mahal?
Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, Anda harus memahami terlebih dahulu apa arti dari riset pasar, jenis, dan cara melakukannya.
Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku target konsumen.
Beberapa alasan pentingnya melakukan riset pasar karena proses ini akan sangat membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk:
Berdasarkan pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta, cukup banyak bisnis yang gagal karena tidak adanya kebutuhan pasar terhadap produk mereka.
Oleh karena itu, riset pasar menjadi langkah krusial yang perlu pemilik bisnis lakukan agar bisnis bisa terus memenuhi kebutuhan, preferensi, dan ekspektasi pasar.
Bahkan hasil penelitian riset pasar menggunakan FGD, misalnya, bermanfaat untuk membangun strategi pengembangan bisnis yang efektif.
Nah, cara melakukan riset pasar yang efektif bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Sebelum memulai riset pasar, Anda perlu menentukan tujuan utama dari riset yang mau Anda lakukan terlebih dahulu.
Beberapa tujuan utama riset pasar perlu benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, misalnya:
Kalau Anda sudah menentukan tujuan dari riset pasar sejak awal, maka bisnis bisa lebih fokus dalam mengumpulkan data yang relevan dan menggunakannya untuk strategi yang lebih efektif.
Dalam salah satu artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review, ada penjelasan mengenai pentingnya menggunakan jenis riset pasar yang tepat sesuai kebutuhan bisnis.
Hal ini karena akan mempengaruhi hasil dari segmentasi pasar yang Anda lakukan, bahkan dampak selanjutnya juga akan mempengaruhi Return on Investment (ROI) usaha.
Saat ini, ada empat jenis riset pasar dengan tujuan berbeda yang bisa Anda gunakan, di antaranya:
Keempat faktor di atas sudah selayaknya Anda pertimbangkan secara matang agar implementasi strategi bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan pasar.
Tentunya cara ini akan berdampak positif bagi proses pengembangan bisnis berjalan lebih lancar.
Ada berbagai metode yang bisa Anda gunakan dalam pengumpulan data riset pasar. Beberapa di antaranya, yaitu:
Kenapa sih mengumpulkan data secara online penting? Jawabannya seharusnya Anda sudah paham, bahwa konsumen era digital saat ini sudah sangat terbiasa melakukan riset juga secara online terlebih dahulu sebelum membuat keputusan pembelian.
Jadi mau tidak mau mengumpulkan data digital perlu Anda lakukan sesegera mungkin ya.
Sumber pengumpulan data dapat dilakukan secara acak atau simultan dan secara keseluruhan. Pastikan Anda memilih sumber data yang relevan dan sesuai dengan target pasar untuk merepresentasikan tujuan bisnis yang Anda rencanakan.
Misalnya, jika ingin mengembangkan produk untuk wanita dewasa, tidak mungkin Anda memilih data responden dari para remaja atau pria, kan?
Prinsipnya, memilih sumber pengumpulan data asal-asalan hanya akan menghasilkan strategi bisnis yang buruk.
Agar hasil riset pasar yang Anda lakukan dapat mengumpulkan data yang akurat dan relevan, coba gunakan sumber data kredibel, seperti:
Setelah data terkumpul, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisis data demi mendapatkan insight yang bisa Anda tindaklanjuti.
Beberapa metode analisis yang umum digunakan, antara lain:
Rekomendasi apa yang cocok dengan seluruh data yang telah Anda analisis? Perencanaan dan pengumpulan data yang Anda lakukan tidak akan ada gunanya jika tidak ada rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan.
Oleh karena itu buatlah rekomendasi strategis untuk pengembangan bisnis berdasarkan analisis data yang sudah Anda lakukan, misalnya:
Pada intinya, Anda perlu tahu dan memiliki perencanaan yang jelas mengenai tindakan selanjutnya yang harus dilakukan berdasarkan hasil analisis data.
Meskipun telah mempelajari langkah demi langkah dalam melakukan riset pasar ini, pasti akan ada beberapa kesalahan yang terjadi.
Namun, hal tersebut bukan masalah dan merupakan sesuatu yang wajar. Seiring berjalannya waktu, penelitian yang dilakukan akan membantu Anda menentukan target pasar secara tepat.
Ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk melakukan riset pasar secara lebih efektif dan tepat sasaran, terutama kalau Anda merasa riset pasar terlalu kompleks.
Bekerja sama dengan digital agency Jakarta bisa menjadi solusi praktis, sebab tim profesional dari digital agency dapat membantu dalam:
Salah satu digital marketing agency Jakarta yang bisa Anda hubungi adalah Redcomm group dengan klik Kontak Redcomm.
Untuk diketahui, Redcomm merupakan Integrated Impact Driven Digital Agency yang telah berdiri lebih dari 17 tahun di Indonesia.
Hingga saat ini, Redcomm telah menangani lebih dari 500 perusahaan dari seluruh Indonesia, dengan berbagai kategori produk dan segmen pasar yang bervariasi.
Redcomm selalu memberikan strategi marketing digital yang menghasilkan market winning dan award winning campaign bagi klien.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC