Metode dan Implementasi Focus Discussion Group
Anda dapat melakukan riset pasar melalui berbagai metode. Salah satu pendekatan yang paling mudah diterapkan adalah Focus Group Discussion (FGD).
Metode FGD bersifat fleksibel dan merupakan cara riset pasar yang efektif. Anda bisa menggunakan metode ini dalam berbagai bidang, seperti penelitian sosial, kegiatan promosi dan pemasaran, serta pengembangan produk.
FGD bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis berbagai aspek yang masyarakat inginkan dari suatu perusahaan, sekaligus mengumpulkan informasi terkait penerapan strategi yang kompetitor lakukan.
Prosedur FGD melibatkan pembentukan grup diskusi, yang umumnya terdiri dari 15 orang atau lebih, tergantung pada minat partisipasi. Untuk itu, pilih peserta FGD berdasarkan karakteristik khusus yang relevan dengan penelitian.
Lalu, undang peserta terpilih untuk berbagi pandangan, pengalaman, serta persepsi terkait dengan topik yang sedang Anda teliti. Agar diskusi berjalan lancar, harus ada moderator yang nanti tugasnya merinci berbagai sudut pandang dan membantu membangun interaksi antara peserta.
Setelah proses analisis selesai, perusahaan dapat merancang rencana baru dan melakukan inovasi terkait bisnis yang lebih tepat sasaran, baik dalam produk, jasa, maupun layanan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.
Tahapan dan Cara Riset Pasar dengan FGD
1. Tentukan Tujuan Riset
Sebelum memulai FGD, Anda harus menentukan tujuan mengapa FGD dan riset perlu dilakukan.
Jika fokusnya adalah riset pasar, pastikan dulu apa yang ingin dicapai? Apakah butuh wawasan baru mengenai kondisi pasar?
Riset pasar bisa pula untuk mencari tahu persepsi masyarakat terhadap produk dan bisnis, atau ada masalah lain yang membutuhkan penanganan agar bisnis bisa berjalan optimal.