MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Melakukan Riset Pasar Menggunakan FGD

03 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 8.989  
CRM & Loyalty Programs

redcomm

Riset pasar menjadi salah satu proses penentu kesuksesan suatu bisnis. Kegiatan ini berisi serangkaian proses sistematis dalam mengumpulkan data dan fakta di lapangan, melakukan analisis, menafsirkan informasi terkait target, konsumen, pesaing, hingga untung rugi secara keseluruhan. 

Fungsinya, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kemajuan bisnis di saat ini. Kemudian hasil dari analisisnya untuk menyusun rencana pengembangan bisnis di masa depan. Pelajari cara melakukan riset pasar dengan FGD di bawah ini.

Metode dan Implementasi Focus Discussion Group

Anda dapat melakukan riset pasar melalui berbagai metode. Salah satu pendekatan yang paling mudah diterapkan adalah Focus Group Discussion (FGD). 

Metode FGD bersifat fleksibel dan merupakan cara riset pasar yang efektif. Anda bisa menggunakan metode ini dalam berbagai bidang, seperti penelitian sosial, kegiatan promosi dan pemasaran, serta pengembangan produk.

FGD bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis berbagai aspek yang masyarakat inginkan dari suatu perusahaan, sekaligus mengumpulkan informasi terkait penerapan strategi yang kompetitor lakukan.

Prosedur FGD melibatkan pembentukan grup diskusi, yang umumnya terdiri dari 15 orang atau lebih, tergantung pada minat partisipasi. Untuk itu, pilih peserta FGD berdasarkan karakteristik khusus yang relevan dengan penelitian.

Lalu, undang peserta terpilih untuk berbagi pandangan, pengalaman, serta persepsi terkait dengan topik yang sedang Anda teliti. Agar diskusi berjalan lancar, harus ada moderator yang nanti tugasnya merinci berbagai sudut pandang dan membantu membangun interaksi antara peserta.

Setelah proses analisis selesai, perusahaan dapat merancang rencana baru dan melakukan inovasi terkait bisnis yang lebih tepat sasaran, baik dalam produk, jasa, maupun layanan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.

Tahapan dan Cara Riset Pasar dengan FGD

1. Tentukan Tujuan Riset

Sebelum memulai FGD, Anda harus menentukan tujuan mengapa FGD dan riset perlu dilakukan. 

Jika fokusnya adalah riset pasar, pastikan dulu apa yang ingin dicapai? Apakah butuh wawasan baru mengenai kondisi pasar? 

Riset pasar bisa pula untuk mencari tahu persepsi masyarakat terhadap produk dan bisnis, atau ada masalah lain yang membutuhkan penanganan agar bisnis bisa berjalan optimal.

2. Identifikasi Kelompok Sasaran

Tahapan kedua, lakukan identifikasi kelompok peserta yang tepat untuk mengikuti FGD. Artinya, Anda harus memastikan peserta FGD merupakan perwakilan audiens dari target market yang ingin Anda jangkau.

Misalnya, produk atau layanan bisnis Anda untuk kaum milenial, maka peserta yang mengikuti FGD haruslah dari kalangan milenial. Hal ini untuk memastikan semua informasi dan data yang Anda dapatkan dalam FGD mencerminkan pandangan mayoritas dari segmen pasar yang relevan.

3. Pilih Moderator yang Kompeten

Moderator FGD memegang peran penting dalam memandu diskusi dan menggali informasi yang Anda butuhkan. 

Maka mau tidak mau Anda harus memilih moderator yang kompeten dan memiliki pemahaman mendalam tentang industri dan bisnis yang Anda jalankan.

Moderator yang baik akan mampu menciptakan suasana nyaman dan interaktif bagi peserta FGD, sehingga mereka semua mau berbagi pendapat, opini, hingga pengalaman dengan jujur.

4. Merumuskan Masalah

Tahap selanjutnya dalam melakukan riset pasar menggunakan metode FGD adalah merumuskan masalah. 

Maksudnya, Anda perlu menyusun berbagai pertanyaan yang relevan dan mendalam untuk mencari tahu permasalahan yang banyak orang hadapi di luar sana.

Di saat yang sama, bahas pula solusi yang paling memungkinkan untuk diterapkan dalam upaya menyelesaikan masalah tersebut.

Pembahasan mengenai masalah ini merupakan tahapan penting karena menjadi penentu langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan, sekaligus sebagai bahan masukan untuk melakukan inovasi selanjutnya.

5. Pengumpulan Data & Analisis

Seluruh pendapat, opini, dan masukan yang peserta berikan dalam tahap sebelumnya, harus Anda kumpulkan dengan baik tanpa terkecuali.

Lalu, lakukan analisis data yang teliti dan identifikasi pola, maupun tren yang muncul selama diskusi. Data ini akan menjadi dasar strategi bisnis Anda kedepannya.

6. Penyusunan Data dan Pelaporan

Seluruh data yang sudah dianalisis dan evaluasi harus Anda susun dalam bentuk data terstruktur. Jika perlu lakukan segmentasi dan pengelompokkan berdasarkan topik tertentu.

Dengan cara ini, Anda jadi tahu apa yang sebenarnya pelanggan butuhkan, masalah apa saja yang mereka hadapi, dan bagaimana perusahaan mengambil peran sebagai pemberi solusi. Nantinya semua data dalam laporan ini bisa Anda gunakan untuk merancang langkah-langkah yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

7. Penerapan Temuan dalam Strategi Bisnis

Terakhir, implementasikan temuan dari FGD menjadi strategi bisnis. Bekerjasamalah dengan tim pemasaran dan pengembangan produk untuk mengoptimalkan hasil riset pasar. 

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan, Anda harus memahami pentingnya pendekatan yang terarah dan interaktif dalam memahami kebutuhan konsumen. 

Bisa dikatakan, data yang didapatkan dari FGD akan membantu Anda menyusun rencana baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.


Dengan mengikuti 7 tahapan riset pasar dengan FGD di atas, semoga Anda bisa melakukan riset pasar yang lebih komprehensif sehingga meningkatkan daya saing perusahaan. Selanjutnya, terapkan juga Agile Branding di Pasar yang Semakin Dinamis agar bisnis tetap berkelanjutan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER