Ketika memutuskan hendak menjalankan suatu bisnis, salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menarik minat konsumen. Di kota mana pun Anda ingin membangun bisnis, terutama di Jakarta, Anda perlu memperhatikan hal ini, mengingat perilaku calon pelanggan sangat selektif dalam memutuskan mana produk yang akan mereka beli. 

 

Anda perlu mengetahui, apa saja yang harus dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, bukan tidak mungkin closing atas produk yang Anda tawarkan akan sangat besar. Sebagai tips menarik minat konsumen agar bisnis berkembang pesat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

 

Tips Menarik Minat Konsumen agar Bisnis Berkembang Pesat

Jika saat ini Anda sedang berusaha menarik perhatian konsumen agar melirik bisnis Anda, coba lakukan beberapa tips berikut:

 

 

  1. Kenali Target Market

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah mengenali calon konsumen Anda. Tanpa kenal perilaku, kebutuhan, keinginan, atau berbagai faktor yang memberi pengaruh kepada pelanggan dalam memutuskan melakukan pembelian, Anda bagai berada di labirin yang gelap. Anda meluncurkan produk, tapi tidak tahu produk itu mau dijual ke siapa.

 

Ada banyak tipe konsumen yang akan Anda temui di luar sana beserta dengan kebutuhan mereka masing-masing. Dengan mengetahui tipe konsumen, nantinya Anda bisa tahu produk seperti apa yang sebenarnya cocok untuk mereka dan bagaimana cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka agar tertarik membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

  1. Berikan Informasi secara Lengkap

Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk yang ditawarkan memiliki pengaruh yang besar dalam mempengaruhi dan mendorong pembeli untuk melakukan transaksi. Misalnya, Anda memberikan spesifikasi dengan jelas, kelebihan produk, warna yang bisa dipilih, dan sebagainya. Lebih bagus lagi, Anda sertakan juga review atau ulasan dari pelanggan yang sudah menggunakan produk Anda. Dengan informasi yang selengkap ini, sudah pasti bisa membuat calon pelanggan yang sebenarnya sudah berminat, jadi semakin yakin untuk melakukan pembelian.

 

 

Memberikan informasi yang lengkap merupakan salah satu strategi digital marketing yang berdampak bagus, apalagi kalau Anda menerapkannya di berbagai platform digital yang Anda miliki serta menerapkan social media campaign secara terarah. 

 

  1. Sediakan Sample Produk untuk Konsumen

Menyediakan sample produk untuk pelanggan dapat menarik minat mereka. Cara ini juga bisa dilakukan saat sedang berupaya membangun kepercayaan dan kenyamanan mereka pada bisnis Anda. Dengan merasakan produk Anda secara langsung, konsumen memiliki pengalaman tersendiri dengan produk tersebut dan bisa mengetahui secara langsung kualitas produk Anda. Jika memang produk Anda sesuai dengan yang mereka harapkan, dapat dipastikan mereka akan membeli produk tersebut.

 

  1. Minta Konsumen Memberikan Review

Ulasan atau review dari pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap calon konsumen lain untuk membeli produk Anda. Jika produk Anda mendapat banyak review negatif, calon pelanggan tentu akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Sementara jika lebih banyak review positif, kemungkinan calon pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda semakin besar.

 

Untuk menampilkan ulasan pelanggan, Anda bisa membuat sebuah website yang sudah mengunggah dan menayangkan semua review positif dari pelanggan yang pernah membeli produk Anda. Lakukan hal yang sama di sosial media brand Anda.

 

Dengan kata lain, review positif maupun negatif memberi pengaruh besar pada psikologi konsumen atas keputusan mereka dalam membeli suatu produk. Semakin banyak review positif maka akan semakin banyak closing. Lalu bagaimana caranya mendapatkan banyak review positif? Anda bisa menghubungi salah satu digital agency Jakarta, digital agency Indonesia, atau langsung hubungi Redcomm yang sudah berpengalaman sebagai digital marketing agency Jakarta.

 

 

  1. Manfaatkan Sosial Media Semaksimal Mungkin

Saat ini sosial media banyak digunakan sebagai salah satu alat untuk mendapatkan pelanggan potensial. Sosial media bukan hanya tempat berkumpul dan berkomunikasi, melainkan sudah menjadi salah satu pasar online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online. Nah, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai media promosi produk Anda. Melalui sosial media, Anda dapat melibatkan pelanggan atau calon pelanggan untuk lebih dekat dengan Anda dan mengenal produk Anda.

 

Itulah tips dan trik untuk menarik minat konsumen yang bisa Anda lakukan. Di mana pun bisnis Anda, termasuk Anda yang ingin membangun bisnis di Jakarta sekalipun, cara-cara tersebut tetap bisa diterapkan pada bisnis Anda.